PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Skill Tour Guide yang Harus Dimiliki untuk Dapat Menghandle Wisata

skill tour guideBeraktifitas wisata atau melakukan perjalanan wisata dapat dilakukan mandiri maupun menggunakan biro perjalanan. Pasti keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, khususnya dalam hal teknis. Jika kegiatan wisata dijalankan secara mandiri, maka kita tidak akan dibersamai oleh pemandu wisata. Pemandu wisata atau yang biasa disebut dengan guide ini memang hanya ada dalam fasilitas dari travel agent. Sehingga secara otomatis, jika kita mengambil paket wisata dari biro perjalanan, maka termasuk pemandu wisata di dalamnya. Pemandu wisata bisa diberikan untuk jenis wisata group atau rombongan. Dan musti diingat, gunakanlah guide berlisensi. Karena guide berlisensi sudah terjamim memiliki skill tour guide yang mumpuni. Namun jika kita wisata dengan hanya 2 atau 5 orang saja maka kita tetap bisa meminta jasa pemandu wisata dengan tambahan biaya. Setidaknya ada 2 jenis wisata dilihat dari penamaan nya berdasarkan jumlah peserta. Berikut penjelasannya:

Jenis Wisata Menurut Jumlahnya

1. Wisata Individual ( Individual Traveller )

Wisata Individual adalah sebutan untuk jumlah peserta dibawah 15 orang sehingga disebut wisata individu. Jenis paket wisata yang biasa diambil untuk jenis wisata individu adalah seperti paket wisata Honeymoon Jogja, Paket Wisata Keluarga dan juga Paket Wisata Friendship. Jenis kendaraan yang digunakan adalah mulai dari avanza, innova, elf short, long elf hingga hiace. Wisata jenis ini tidak termasuk dengan fasilitas pemandu wisata di dalamnya. Akan tetapi jika tamu menghendaki adanya tour guide maka bisa menambahkan dalam fasilitas. Tentunya akan dikenakan biaya tambahan untuk jasa pemandu wisata tadi.

 

2. Wisata Rombongan (Group Tour )

Wisata jenis ini adalah untuk jumlah peserta yang melebihi 15 orang. Sehingga tentunya armada atau transportasi yang digunakan juga berbeda. Biasaya paket wisata rombongan adalah untuk wisata Family Gathering, Wisata Corporate dan juga Community trip. Dan jasa pemandu wisata atau tour guide sudah termasuk sebagai fasilitas di dalamnya. Armada yang digunakan mulai dari micro bus hingga big bus. Untuk bus micro kapasitasnya mulai dari 25-30 orang. Dan untuk big bus biasanya digunakan untuk peserta wisata dengan kapasitas 45-50 orang.

Jasa Tour Guide Wajib Masuk Dalam Fasilitas Wisata Rombongan

Paket Wisata yang dibeli oleh wisatawan yang akan mengadakan perjalanan wisata, komponen nya beragam. Sehingga ini merupakan bentuk kemudahan yang didapatkan oleh wisatawan dengan membeli paket wisata. Contohnya adalah paket wisata Jogja yang cukup laris untuk dijadikan pilihan liburan kebanyakan masyarakat indonesia. Tentu untuk jenis wisata rombongan, sudah termasuk dengan jasa tour guide atau pemandu wisata di dalamnya.

Jasa tour guide ini wajib masuk dalam daftar fasilitas  untuk wisata rombongan. Alasan nya adalah untuk jenis wisata rombongan tentu membutuhkan pengelolaan dan penanganan yang berbeda dibanding wisata individu. Jumlah peserta yang lebih banyak dan komplek maka tentu membutuhkan seorang leader atau koordinator. Dalam hal ini tugas mengelola dan mengarahkan rombongan akan dilakukan oleh pemandu wisata. Selain itu, untuk wisatawan rombongan mereka perlu mendapatkan informasi detil mengenai sejarah, budaya dan pengetahun tentang destinasi wisata. Karena itu, salah satu tugas utama pemandu wisata adalah memberikan penjelasan dan arahan kepada wisatawan selama di perjalanan dan di obyek wisata.

 

Jadilah Pemandu Wisata yang Menyenangkan, Kuasai 7 Skill Tour Guide Berikut ini

Dalam menjalankan peran nya sebagai pemandu wisata, tentu seorang guide akan mengandle wisata dari awal hingga akhir. Mulai dari penjemputan tamu rombongan di bandara atau stasiun hingga mengantarkan group ke bandara atau stasiun lagi. Mengkomunikasikan mengenai rangkaian acara perjalanan dalam paket wisata yang sudah dibeli. Mengkoordinasikan wisatawan ketika berada di tempat makan, obyek wisata dan di pusat oleh-oleh. Nah dalam menjalankan peran nya, tugas Pemandu wisata memang sangat penting dan bisa dibilang sebagai ujung tombak berhasilnya acara wisata. Pemandu wisata atau tour guide ini merupakan perwakilan dari travel agent sehingga merepresentasikan profil dan pelayanan travel agent ketika di lapangan. Lantas apa sajakah 7 skill yang harus dan wajib dimiliki oleh Tour Guide Profesional?

1. Komunikasi yang Baik

Hampir semua tugas dan peran yang dilakukan oleh seorang pemandu wisata adalah berkomunikasi. Dengan komunikasi ini seorang pemandu wisata akan memberikan arahan dan penjelasan kepada wisatawan. Kemampuan menyampaikan informasi mengenai obyek wisata, rangkaian perjalanan wisata dan informasi fasilitas dalam paket wisata harus dimiliki pemandu wisata. Transfer pengetahuan yang baik dan jelas sehingga tamu bisa mengerti atas apa yang disampaikan.

 

2. Luwes, Beretika dan Ramah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ramah tamah adalah bagian tak terpisahkan dalam perjalanan wisata. Tidak mungkin sebuah paket wisata dinilai memuaskan tanpa adanya unsur keramahtamahan ini. Sehingga sering disebut bahwa industri pariwisata adalah industri keramahtamahan. Etika yang baik dan penuh dengan sopan santun harus menjadi ciri khas pemandu wisata dan pelaku wisata lainnya.

 

3. Bahasa Asing dan Bahasa Lokal

Hampir kebanyakan istilah di pariwisata ini menggunakan bahasa asing yakni bahasa inggris. Sehingga ketrampilan berbahasa asing atau bahasa inggris juga merupakan paket lengkap seorang pemandu wisata profesional. Sedikit bahasa lokal daerah seperti bahasa Jawa akan membantu kita menghandle wisatawan yang berasal dari Jawa misalnya begitu.

 

4. Pengetahuan, Sejarah dan Wawasan yang Luas

Modal utama seorang pemandu wisata adalah pengetahuan nya yang luas mengenai sejarah dan budaya indonesia. Terutama adalah berkaitan dengan destinasi wisata yang dikunjungi. Sebab wisatawan juga ingin mendapatkan informasi lengkap selain menikmati keindahan alam di obyek.

 

5. Rasa Humor dan Improvisasi

Ada kalanya ketika berada di dalam bus selama perjalanan, seorang pemandu wisata melontarkan joke atau humor ringan. Hal ini untuk mengantisipasi rasa bosan selama menuju ke obyek wisata selanjutnya. Kemampuan berimprovisasi juga dibutuhkan ketika nanti ada kendala teknis di lapangan. Sehingga secara mendadak pemandu wisata harus mengubah rute atau tujuan destinasi wisata.

 

6. Kemampuan Mengingat, Membaca Peta dan Menguasai Medan

Kemampuan mengingat yang baik akan membantu seorang pemandu wisata profesional. Berkaitan dengan mengingat wajah dan tempat, mengingat informasi dan segala hal mengenai wisata. Terutama mengingat peta dan jalan menuju ke obyek wisata serta membaca peta yang baik. Sehingga perjalanan wisata akan menjadi lancar dengan kemampuan pemandu wisata yang baik ini.

 

7. Mengenal Karakter dan Memahami Selera Wisatawan

Setiap orang tentu berbeda-beda darimana asal nya dan negaranya. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri mulai dari selera destinasi yang dikunjungi hingga selera menu makan. Jangan lupa menyertakan menu serba pedas untuk mereka yang datang dari Sumatera misalnya. Begitupun karakter wisatawan asing yang tentunya jauh sangat berbeda dengan wisatawan domestik.

Demikian, ada 7 skill tour guide atau ketrampilan yang wajib dimiliki oleh tour guide profesional. Mereka adalah ujung tombak dalam pelaksanaan paket wisata di lapangan. Khusus paket wisata Jogja kalian bisa mendapatkannya di Jogjakartour.com

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja