PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Prambanan

CANDI PRAMBANAN “CANDI RORO JONGGRANG YANG MELEGENDA”

candi prambanan

Candi Prambanan ini disebut juga candi Shiwa. Terkenal dengan kisah Cinta Bandung Bondowoso yang disyaratkan membangun seribu candi untuk Roro Ronggrang dalam waktu satu malam. Hingga akhirnya gagal upaya itu karena Roro jonggrang tidak mencintainya. Maka Roro Jonggrang mengatur siasat dengan cara membangunkan penduduk untuk menumbuk padi sebagai tanda bahwa pagi sudah datang. Hal tersebut membuat para jin yang membantu Bandung Bondowoso berhenti membangun seribu candi. Karena Bandung Bondowoso mengetahui hal tersebut, ia marah dan dan akhirnya Roro Joggrang lah yang diubah menjadi patung untuk melengkapi Candi tersebut sehingga genap berjumlah seribu. Patung Roro Jonggrang biasa disebut juga patung durga yang berdiri setinggi 47 m.

Sejarah Candi Prambanan

Candi ini  merupakan Candi Hindhu terbesar di dunia yang terletak di daerah kalasan. Sebelah timur kota Yogyakarta sekitar 17 km dari pusat kota. Candi ini dibangun oleh Rakai pikatan pada tahun 856 Masehi. Awal mula cerita sebelum dibangun Candi Prambanan ini adalah berkaitan dengan Kerajaan Mataram Jawa Kuno pada tahun 732 Masehi. Saat itu Mataram diperintah oleh Sanjaya , Bangsawan pemeluk agama Hindhu yang mempunyai wilayah kekuasaan di daerah antara sungai Opak dan Progo, daerah yang relatif sangat subur. Akan tetapi Dinasti Syailendra yang beragama Budha mengusir Sanjaya beserta keluarganya pada tahun 750 Masehi. Mereka diharuskan mengasingkan diri di dataran tinggi di luar batas kerajaan Mataram.

Seabad kemudian Rakai pikatan, anak dari Sanjaya menikah dengan keturunan dari kerajaan Budha Syailendra. Rakai Pikatan memegang tampuk kekuasaan yang bagus sehingga pengaruh Hindhu kembali tampak dan dimunculkan. Sehingga banyak didirikan bangunan bernafaskan Hindhu berupa komplek Candhi Prambanan. Pembangunan ini bertujuan untuk memperingati kembalinya kekuasaan Dinasti Sanjaya. Akan tetapi seabad kemudian setelah berpindahnya kerajaan Mataram ke Jawa Timur, Candi ini menjadi terbengkalai. Pemugaran Candi juga pernah dilakukan pada tahun 1930 setelah Gempa bumi dahsyat pada abad ke 16.

Baca juga tentang: candi Borobudur, candi ratu boko, candi plaosan

Description by: Jogjakartour.com

UPCOMING EVENT

© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja