PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Study Tour Jogja

PAKET WISATA STUDY TOUR JOGJA 3H2M

HOTEL

  15-19 Pax

1.215.000 /pax

1.285.000 /pax

1.325.000 /pax

  20-29 Pax

1.260.000 /pax

1.330.000 /pax

1.370.000 /pax

  30-39 Pax

1.135.000 /pax

1.210.000 /pax

1.255.000 / pax

  40-50 Pax

1.133.000 /pax

1.203.000 /pax

1.242.000 /pax

  <50 Pax

Call us

Call us

Call us

DESTINASI WISATA

  Visit Campus
  Praktek Membatik
  Praktek Membuat Coklat
  Rumah Hobbit
  Candi Borobudur
  Kraton Jogjakarta
  Studio Alam Gamplong
  Rumah Hobbit

FASILITAS

  Transport AC
  Transfer in/out
  Parking fee
  Full Musik Audio
  Guide
  Banner Photo
  Hotel 2 malam
  Tiket masuk
  Breakfast 3x
  Mineral water
  Lunch 3x
  P3K
  Dinner 2x
  Asuransi
  Fotografer
  Flashdisk Foto

Download tour itinerary paket wisata di atas melalui link whatsapp berikut, Jadikan lebih mudah dengan berkonsultasi bersama kami disini:

Untuk melakukan reservasi paket wisata di atas, isi form berikut ini:

study tour jogja

Setiap sekolah pasti memiliki program jalan-jalan sambil mengunjungi tempat-tempat yang bisa memberikan wawasan bagi para siswanya. Program terrsebut dikenal dengan study tour yang biasanya mengambil tujuan tempat-tempat yang mengandung unsur sejarah, budaya, dan juga bermanfaat bagi siswa. Study Trip ini diagendakan secara rutin oleh sekolah di tingkatan tertentu untuk para siswanya.

Penyelenggaraan study tour harus secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik. Khususnya untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian. Hal ini sesuai dengan bakat minat dan perkembangan, sebagaimana yang telah ditetapkan pemerinttah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2015 pasal 19.

Pengertian Study Tour

Study tour merupakan kegiatan diluar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan. Tour diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung. Hal tersebut diadakan karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati.

Pilihan destinasi wisata untuk study trip ini dipilih yang memiliki unsur edukasi atau pengetahuan. Jogjakarta sebagai daerah tujuan wisata juga dikenal sebagai kota pelajar. Banyak sekolah dan universitas yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk study banding. Selain itu, destinasi wisata semacam museum, tempat bersejarah dan destinasi budaya bisa dijadikan sebagai tujuan wisata.

Umumnya paket wisata study tour Jogja dilakukan 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Paling ideal dilakukan di akhir pekan atau ketika liburan sekolah. Bisa juga dilaksanakan saat bertepatan dengan jadwal ujian Nasional kakak kelas. Untuk waktu wisata study trip 4 hari 3 malam, seringkali diambil oleh sekolah di luar Jawa sehingga bisa maksimal agenda wisatanya.

Tema Study Tour

paket study tour jogjaAda banyak jenis tema study trip yang bisa dipilih oleh sekolah. Inti dari setiap agenda wisata sekolah adalah adanya nilai edukasi yang bias diambil. Beberapa kunjungan wisata

A. Perjalanan Warisan Budaya (Cultural Trip)

Warisan budaya atau sejarah bisa menjadi sebuah tema untuk kunjungan sekolah. Mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas bisa memilih tema budaya ini. Beruntungnya Jogjakarta sebagai kota wisata memiliki benyak sekali destinasi wisata budaya dan warisan dunia bahkan. Seperti halnya Candi Prambanan, Borobudur dan Kraton Jogjakarta.

B. Wisata Desa (Live In Desa Wisata)

Wisata sekolah berikutnya adalah mencoba sesuatu yang berbeda dari wisata kebanyakan. Yakni tinggal, bermalam dan menikmati wisata desa di desa wisata. Konsep seperti ini dikenal dengan Live In desa wisata. Ada kegiatan bermalam, cocok tanam, menikmati tradisi atau budaya setempat dan tinggal di homestay. Homestay yang ada menyatu dengan masyarakat setempat sehingga bisa berinteraksi secara langsung.

C. Kunjungan Industri (Industri Visit)

Wisata untuk rombongan sekolah lainnya bisa dilakukan dengan mengunjungi kawasan industri. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang dunia kerja khusus untuk anak SMK. Biasanya dari kalangan kampus juga seringkali melakukan kegiatan field trip seperti ini.

D. Wisata Petualangan ( Adventure Trip)

Wisata rombongan sekolah bertema adventure atau petualangan adalah dengan mengunjungi tempat wisata outdoor. Ada aktifitas tertentu yang memacu adrenalin yang bisa dilakukan di destinasi wisata. Seperti halnya wisata air di Gua Pindul dan naik jeep di Lava Tour Merapi.

E. Kunjungan Kepedulian Sosial (Social Trip)

Kunjungan sekolah beserta rombongan bisa juga dilakukan di panti social atau panti asuhan. Agar jiwa sosial dan nurani lebih hidup dengan melihat mereka. Anak-anak sekolah bisa belajar secara langsung dengan interaksi di panti sosial. Seperti Yayasan Sayap Ibu dan juga Panti Asuhan Atap Langit di Jogjakarta.

F. Wisata Kerajinan (Art n Craft Trip)

Wisata kerajinan untuk rombongan sekolah ini adalah dengan mengunjungi kantong-kantong atau destinasi kerajinan di Jogja. Seperti halnya desa wisata Batik di Giriloyo dan juga Desa Wisata Kasongan untuk belajar membuat batik.

G. Kunjungan Kampus (Univercity Visit)

visit campus

Wisata kampus atau mengunjungi kampus bisa juga menjadi bagian dari aktifitas kunjungan sekolah. Hal ini bermanfaat untuk siswa SMA yang ingin mencari referensi kampus atau universitas selepas lulus. Jogjakarta sebagai kota pelajar memiliki lebih dari 100 kampus untuk dikunjungi. Kampus terbaik seperti UGM, UNY, UMY bisa menjadi tujuan kunjungan untuk siswa SMA.

F. Outbond (Outbound Trip )

Wisata sekolah berikutnya untuk study trip adalah dengan wisata outbound atau bertema refresh. Ada aktifitas games atau permainan yang bisa menjadi tema wisata study trip ini.

Manfaat Study Tour

Study Tour menjadi ssalah satu kegiatan yang dilakukan oleh sekolah. Apa saja manfaat yang didapat dari study tour? Simak ulasan berikut ini sehingga menjadi tambahan wawasan bahwa study trip penting dilakukan.

  • Mengembangkan rasa ingin tahu siswa/peserta

Dengan mengunjungi tempat dan destinasi yang baru membuat seorang siswa mengalami pengalaman baru. Selain itu juga banyak informasi mengenai destinasi wisata, sebuah kota wisata, budaya dan lainnya yang membuat rasa ingin tahu siswa. Terlebih jika Jogjakarta yang dijadikan destinasi utama dalam agenda study trip sekolah.

  • Menambah wawasan siswa dan sekolah

Selain pengalaman baru, wawasan baru juga bisa didapatkan dari aktifitas study tour ini. Agenda studi wisata sudah dipersiapkan dengan baik dan diagendakan secara rutin. Sehingga pilihan aktifitas wisata maupun kunjungannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Menambah kesadaran siswa untuk cinta lingkungan

Dalam aktifitas wisata, selalu ditekankan untuk menjaga kebersihan dan kesadaran lingkungan. Mulai dari aktifitas wisata di mulai, saat di tempat wisata, di hotel dan selama perjalanan hingga pulang kembali. Agenda wisata juga erat kaitannya dengan sapta pesona dimana kebersihan dan kenyamanan menjadi bagian darinya.

  • Mengenalkan siswa tentang bidang kerja/karir sesuai dengan cita-cita

Study tour tidak jarang mengunjungi sebuah kawasan industry atau destinasi yang pas dengan jurusan siswa kejuruan. Meski demikian, tidak hanya siswa dari kejuruan yang bisa mengunjungi suatu perusahaan untuk studi. Siswa dari Sekolah Menengan Atas bisa mengunjungi kampus atau universitas untuk menambah wawasan. Tingkatan kampus pun masih bisa menjalankan program study trip ini.

  • Mempererat hubungan antar kelas

observasi tripAdanya kegiatan outing class bisa menjadi pilihan untuk memperkuat hubungan dan sosialisasi antar siswa. Kegiatan outing class ini bisa menjadi semacam keakraban dan kebersamaan dengan teman sebaya.

  • Melatih kerjasama

Kebersamaan dan kerjasama bisa terlatih juga dalam aktifitas study trip ini. Bisa jadi aktifitas di destinasi wisata juga nanti membutuhkan kerja kelompok. Seperti halnya dalam pembuatan laporan aktifitas study trip Jogja dan lainnya.

  • Memberikan suasana relaksasi

Adanya refresh atau penyegaran adalah salah satu manfaat dari kegiatan wisata. Setelah setiap hari berkutat dengan kegiatan belajar di sekolah, ada saatnya siswa perlu diagendakan wisata. Relaksasi ini bisa menyegarkan kembali pikiran dan kondisi para siswa.

Destinasi Jogja untuk Study Tour

Jogja kota yang memiliki banyak daya tarik didalamnya. Sultan Hamengku Buwana adalah Raja yang ada di Jogja dan menjadi cikal bakal Kota Jogja. Sebagai kota lama, banyak peninggalan yang dapat ditemukan di Jogjakarta dan sekitarnya. Jogja tetap menjadi destinasi wisata budaya yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Keramahan penduduknya menjadi salah satu ciri khas kota wisata ternyaman ini.

Tak heran jika ada banyak orang yang merencanakan liburan di Jogja. Terlebih saat liburan panjang. Tidak hanya saat liburan saja, rupanya ada banyak pihak dan instansi yang tertarik untuk menjadikan Jogja sebagai tempat wisata study tour di Indonesia. Mengingat banyaknya tempat wisata bernafaskan budaya dan sejarah. Sehingga menambah wawasan dan khasanah bagi para pelajar di Indonesia.

Jogjakarta sebuah kota yang masih mempertahankan nilai-nilai dan tradisi budaya yaitu Jawa. Budaya itulah yag menjadi modal terbesar dalam pengembangan kota dikemudian hari, termasuk dalam dunia kepariwisataan. Saat ini Jogjakarta selalu berbenah dalam mewujudkan dirinya sebagai salah satu tujuan utama wisata Indonesia.

Siapapun yang pernah liburan ke Jogja, pasti setuju jika kota ini memang selalu bikin kangen. Keindahan alamnya dan suasananya yang selalu tenang bisa memberikan energi tersendiri. Sampai sekarang, Jogja masih menjadi tempat wisata yang cocok untuk study tour atau liburan rombongan ala kantoran.

Inilah tempat wisata di Jogja yang cocok untuk study tour :

  1. Museum Ullen Sentalu
  2. Museum Merapi
  3. Candi Prambanan
  4. Candi Borobudur
  5. Museum Affandi
  6. Malioboro
  7. Taman Sari
  8. Keraton Jogjakarta
  9. Kebun Buah Mangunan
  10. Desa Wisata Krebet
  11. Taman Pintar
  12. Monumen Jogja Kembali
  13. Kampung Edukasi Watu Lumbung
  14. Desa Wisata Kasongan
  15. Dll

Perbedaan Study Trip Dengan Wisata Lainnya

Ada beberapa poin yang membedakan antara study trip dengan wisata rombongan lainnya. Tentu saja jika dilihat dari peserta, maka study trip dilakukan oleh para pelajar atau siswa. Perbedaan kedua adalah dari penyelenggara, pihak sekolah lah yang menjadi penyelenggara atau panitia agenda wisata. Bekerjasama dengan travel agent yang sudah ditunjuk sebelumnya.

Hal yang menjadi pembeda berikutnya adalah daerah tujuan wisata atau destinasi mengandung nilai edukasi. Sehingga bisa memberikan wacana pengalaman lebih kepada para pelajar. Kunjungan dan destinasi disesuaikan dengan kebutuhan para siswa dan kurikulum sekolah. Sehingga study tour bisa menjadi bagian pembelajaran luar sekolah yang kondusif.

Pembeda yang ketiga adalah dari sisi harga dan fasilitas tentunya. Dimana paket wisata study trip siswa pasti lebih murah dibandingkan wisata untuk kalangan instansi. Fasilitas mulai dari makan, hotel dan kunjugan juga disesuaikan dengan budget sekolah. Akomodasi atau kamar hotel yang dipilih juga bisa dibuat satu kamar untuk empat hingga enam anak.

Perbedaan lainnya juga dilihat dari jumlah peserta yang massif. Memang ada jumlah peserta study trip tertentu yang tidak sampai ratusan siswa. Yakni hanya diikuti oleh satu atau dua kelas atau satu jurusan saja. Namun, umumnya wisata study tour akan diadakan serempak satu angkatan dari sebuah sekolah. Hal ini biasa disebut dengan massif tour, atau wisata yang diikuti oleh peserta dalam jumlah banyak.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melaksanakan Study Tour

Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menimba ilmu ialah study tour. Selain untuk menimba ilmu, kita juga dapat teman yang banyak. Dimana kita bisa bertukar pikiran, budaya,dan masih banyak lagi yang lainnya.

Acara study tour ini pasti akan diikuti oleh guru atau pembimbing agar terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sebagai siswa tentu harus ada hal yang perlu disiapkan untuk diri sendiri agar jadwal yang ditentukan oleh guru atau pembimbing terlaksana sesuai dengan jadwal.

Apa saja tips untuk persiapan acara study tour? Simak informasi berikut agar agenda wisata bernilai edukasi menjadi berkesan.

1. Melakukan persiapan jauh hari

Persiapan perjalanan harus jauh-jauh hari agar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana. Dengan jangka waktu panjang kamu bisa leluasa mempersiapkan barang yang dibawa. Mempersiapkan barang bawaan jangan mendadak ya kawan, mengapa begitu?. Karena pasti akan ada barang yang terlupa jadi sebaiknya menyiapkan barang itu minim H-2 sebelum acara nya ya kawan,

2. Alat Komunikasi

Alat komunikasi sangatlah penting sekali. Karena sering sekali dari kita terpisah dari rombongan pada saat study tour. Oleh karena itu pada saat study tour jangan lupa menyimpan nomor-nomor penting seperti nomor guide.

Nah, supaya handphone kita tidak lowbat disaat yang tidak tepat maka kita harus pergunakan lat komunikasi yang miliki dengan bijak ya. Selain itu simpanlah handphone di tempat yangg menurut anda aman.

3. Bawa kamera

study trip jogjaWah yang ini jangan sampai ketinggalan yah. Hmm, sangat disayangkan ya jika moment-moment saat study tour tidak diabadikan. Karena akan punya kenangan tersendiri dan suatu saat nanti. Kita dapat menceritakan pengalaman study tour kepada oranglain bahkan pada anak cucu kita nanti.

4. Makanan Ringan

Karena pada saat kita study tour, travel yang digunakan tidak berhenti sesaat. Oleh karena itu, membawa makanan ringan atau camilan sangat diperlukan untuk mengunakanahan rasa lapar ketika di perjalanan.

5. Obat Pribadi

Membawa obat-obatan ini sangat diperlukan, khususnya untuk yang punya penyakit tertentu. Yang terpeting selalu sediakan antimo jika sewaktu-wakttu mabuk dalam perjalanan. Meletakan obat-obatan juga jangan sembarangan, simpanlah obat-obatan ditempat yang mudah diakses.

6. Peralatan Mandi

Bawalah peralatan mandi secukupnya, karena mandi adalah kebutuhan dasar manusia pada umumnya untuk menyegarkan diri setelah perjalanan jauh. Khususnya untuk kaum wanita yang selalu ingin tampil bersih dan perfect.

7. Sandal Jepit dan alat tulis

Kelihatannya sangat sederhana banget, tapi sandal jepi ini sangat berguna sekali untuk kita. Enttah untuk beribadah, mandi, ataupun saat sedang jalan-jalan santai.

Sedangkan untuk alat tulis pada dasarnya kita ikut study tour untuk belajar. Maka jangan lupa membawa peralatan tulis karena sangat penting sekali untuk mencatat segala hal yang kamu temui dan lihat. Membawa buku catatan dan pulpen saaja sudah cukup.

Dan yang paling penting adalah kita harus menjaga diri masing-masing. Terutama untuk menjaga barang bawaan pribadi. Gunakanlah waktu study tour dengan sebaik-baiknya. Karena belum tentu kita bisa ikut study tour yang kedua kalinya hehe. Jangan lupa untuk menjadi kebersihan dan kerapihan selama di tempat wisata dan di hotel serta fasilitas umum lainnya.

cari Paket Study Tour Jogja? Tapi bingung cari travel yang aman, terpercaya dan murah? Segera hubungi admin Jogjakartour.com kami akan melayani client dengan sepenuh hati. Tunggu apa lagi? Pesan sekarang dan lihat study tourmu akan sangat menyenangkan.

© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja