PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Keris (Imogiri)

KerisAda yang memiliki hobi mengkoleksi keris ?

Yup.. Anda dapat mengunjungi Desa Banyusumurup, Imogiri, Bantul sebuah desa sebagai sentra kerajinan keris. Di Desa Banyusumurup ini pengunjung akan mendapat gambaran bagaimana keris dan aksesorisnya diproduksi. Industri pengrajin keris ini telah berkembang sejak tahun 1950-an lhoo. Uniknya Desa Banyusumurup ini tidak hanya memproduksi model keris dari Yogyakarta saja lhoo. Disini juga memproduksi model keris dari berbagai daerah seperti Solo, Aceh, Semarang,Toraja, Palembang, Jambi, dan model-model lain. Penjualan keris hasil karya pengrajin ini sampai ke luar pulau Jawa.

Berapa Harga Keris ?

Umumnya, konsumen keris-keris cantik ini adalah para perias pengantin adat, kolektor, bahkan sampai abdi dalem keraton. Waah keren yaa.. tapi boleh juga kok berbelanja hanya sebagai cinderamata sebagai kenang-kenangan lhoo. Untuk harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai Rp. 25.000,- hingga puluhan juta rupiah. Harga ini tergantung dari kwalitas produk nya, dari segi bahan, ukiran nan cantik, dan tingkat kehalusan. Nah.. ada satu yang terkenal dengan kerisnya yaitu Pak Jiwo.

Di kediaman Pak Jiwo ini, wisatawan dapat menyaksikan proses pembuatan keris yang umumnya terbuat dari bahan lempengan kuningan. Di sini, wisatawan juga dapat menikmati showroom keris Pak Jiwo. Sempatkanlah untuk jalan-jalan ke rumah-rumah produksi aksesoris lain. Wisatawan juga dapat berkesempatan melihat proses pembuatan pendok (ganggang/tangkai keris). Pendok-pendok ini umumnya terbuat dari kayu asem dan memliki 2 bentuk yaitu gaya Solo yang lebih besar dan lengkung, dan gaya Yogyakarta yang lebih kecil.

Pendok atau tangkai keris ini memiliki desain beragam, mulai dari bentuk binatang seperti naga hingga bentuk manusia. Nah, untuk membuat tangkai keris tadi, kayu-kayu yang telah disiapkan itu perlu diukir terlebih dahulu sesuai desain yang diinginkan.

Nah, pengrajin aksesoris di Banyusumurup ini selalu memproduksi aksesoris keris baru. Rumah-rumah produksi di desa Banyusumurup ini bisa sampai mengirim 3-5 kodi per minggu nya dan dikirim ke Surakarta, Jakarta, Surabaya bahkan hingga ke luar negeri lhoo seperti Singapura, Malaysia, Belanda, dan Perancis. Wuiih keren sekali yaa..

Tunggu apalagi.. ayo berkunjung dan melihat proses pembuatan keris ini !

UPCOMING EVENT

© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja