Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Home Belanja Peyek Mbok Tumpuk

Peyek Mbok Tumpuk

peyek mbok tumpukPeyek mbok tumpuk – Jogja adalah sebuah kota yang memiliki banyak potensi wisata dan budaya yang masih melekat di dalam diri masyarakat setempat. Daerah tersebut dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota madya. Letak masing – masing empat kabupaten berada dipinggiran kota dan mengelilingi kotamadya tersebut. Diantaranya ada satu kabupaten yang berada disebelah selatan kota madya yaitu kabupaten Bantul.

Kabupaten Bantul adalah salah satu daerah yang terkenal dengan banyaknya objek wisata terutama wisata baru berupa jajaran hutan pinus. Sehingga akhirnya banyak toko oleh – oleh yang menjajakan makanan ataupun cinderamata di daerah tersebut. Salah satu oleh – oleh khas Bantul yang enak rasanya adalah Peyek Mbok Tumpuk.

Oleh-oleh, menjadi ciri khas dari akhir sebuah perjalanan wisata. Tidak hanya kalangan wisata pelajar dan wisata keluarga saja yang tetap menginginkan oleh-oleh ketika wisata. Hampir semua wisatawan selalu menanyakan dimana bisa membeli oleh-oleh yang khas, unik, enak dan harga terjangkau. Wah, tidak terlalu sulit lah untuk menentukan dimana tempat membeli oleh-oleh wisata ketika di Jogja. Hampir semua tempat yang satu jalur menuju destinasi wisata dapat ditemukan pusat oleh-olehnya.

Jika kalian pernah wisata ke Jogja, pernah pastinya ya kalian datang ke Pantai parangtritis. Pantai ini dari dulu dan sekarang ,anehnya adalah masih terus saja didatangi wisatawan ketika di Jogja. Hal ini bisa jadi karena nilai pesona sunset yang dimiliki pantai Parangtritis sangat memukau. Maka tidak heran, meski sudah banyak destinasi wisata Jogja kekinian muncul, pantai Parangtritis masih saja ramai. Sejalan dengan salah satu oleh-oleh yang terletak di Jalan Bantul yakni Peyek Mbok Tumpuk, hingga kini masih banyak peminatnya. Meskipun oleh-oleh ini bisa kita temukan di pusat oleh-oleh ketika di Jogja, tetapi produksinya berada di Jalan Bantul. Jalan ini adalah jalan menuju ke Pantai Prangtritis yang bisa dilalui wisatawan dari arah utara, pusat kota Jogja.

Peyek Mbok Tumpuk, Oleh-Oleh Beda Yang Banyak Peminatnya

Berlibur di Jogja akan terasa hampa bila tidak membawa oleh – oleh pulang. Peyek Mbok Tumpuk adalah oleh – oleh khas Bantul Jogja dengan penampilannya yang unik. Dikatakan unik karena pada dasarnya peyek akan berbentuk pipih, berbeda dengan Peyek Mbok Tumpuk ini. Peyek Mbok Tumpuk berbentuk tumpuk – tumpuk tidak beraturan dengan tepung dan kacang yang gurih dan kremes. Oleh – oleh ini berbeda dengan bakpia, oleh – oleh yang mengedpankan rasa gurihnya daripada rasa manis, sehingga sangat cocok untuk dinikmati ketika perjalanan pulang maupun saat sampai di kota tujuan.

Ciri Khas Peyek Mbok Tumpuk Yang Gak Ada Duanya

Ciri khas peyek kacang ini adalah cara peletakannya yang disusun bertumpuk – tumpuk. Rasanya yang enak dan gurih ini ternyata memiliki resep tersendiri, terletak pada bahan baku dan cara pemasakannya. Bahan baku yang paling utama pembuatan Peyek Mbok Tumpuk adalah tepung beras dan kacang tanah dengan perbandingan 1 : 2. Dengan perbandingan 1 kg tepung beras, dibutuhkan 2 kg kacang tanah  sehingga rasa kacangnya akan sangat terasa. Dari sinilah peyek kacang ini banyak digemari oleh pengunjung.

Cara pembuatan peyek ini cukup mudah kok caranya dengan setelah bahan utama siap, kemudian beberapa bumbu seperti kemiri, kencur, dan ketumbar ditambahkan kedalamya. Tak lupa ditambahkan dengan sedikit garam dan santan agar peyek terasa gurih. Kemudian tambahkan beberapa butir telur agar adonan menjadi lebih kremes ketika selesai digoreng. Setelah adonan siap kacang tanah kemudian dimasukkan. Tahapan penggorengannya pun tidak sembaragan, ada tiga tahapan dalam penggorengan Peyek Mbok Tumpuk. Pertama, peyek dibentuk terlebih dahulu kemudian digoreng hingga kering. Kemudian, peyek didiamkan selama satu malam. Terakhir, peyek yang sudah didiamkan lalu digoreng kembali dengan minyak yang tidak bersuhu tinggi sehingga tidak mudah gosong walaupun digoreng hingga kering.

Lokasi Produksi dan Oleh-Oleh Peyek Mbok Tumpuk

Pusat oleh – oleh yang beralamat di jalan Wakhid Hasyim No. 14 Bantul, Yogyakarta ini tidak hanya menjual  peyek, tetapi menjual aneka oleh – oleh lainnya seperti Geplak. Peyek yang berdiri sejak tahun 1975 ini tidak hanya dikenal luas di Yogyakarta saja melainkan terkenal hingga di kota – kota besar lainnya karena rasanya yang sangat khas. Meskipun terkenal hingga diluar kota Jogja tetapi tidak ditemukan cabang lain yang menjual peyek dan geplak buatan Mbok Tumpuk ini. Tempat jualan oleh – oleh ini hanya berada di kabupaten Bantul saja. Hal tersebut membuat  pusat oleh – olehh Peyek Mbok Tumpuk ini selalu ramai pengunjung terutama saat high – season tiba.

High Season adalah masa libur panjang yang diiringi dengan banyaknya jumlah wisatawan yang datang. Khususnya ketika musim libur panjang tiba, antrian di oleh-oleh Mbok Tumpuk akan mengular panjang. Sehingga silakan diantisipasi untuk datang lebih pagi jika berniat membeli oleh-oleh khas satu ini. Peyek Mbok Tumpuk cocok untuk semua kalangan dan usia, karena memang enak dan gurih. Hampir seperti peyek biasa hanya saja sangat beda di penampilan dan jumlah takaran antara kacang dan tepung.

Jika di produk peyek biasa kita akan kesulitan menemukan jumlah kacang yang banyak di setiap peyeknya. Tetapi di peyek Mbok Tumpuk ini hampir tidak ada celah untuk jeda dari satu kacang ke kacang lainnya. Tumpukan kacang yang gurih dan banyak ini seolah hanya berisi sedikt tepung saja. Dan memang benar jika adonan atau komposisi peyek adalah dua kali lipat dari bahan tepungnya.

Harga Peyek Mbok Tumpuk

Peyek Mbok Tumpuk yang berada di Jogja bagian selatan ini tadi masih banyak peminatnya hingga sekarang. Peyek Mbok Tumpuk dibandrol dengan harga sekitar Rp.35.000 per kilonya. Cukup murah dan terjangkau ya untuk ukuran harga Ibukota dan luaran Jogja. Dengan oleh-oleh peyek Mbok Tumpuk ini bisa menjadi buah tangan bagi kalian yang sedang berwisata di Jogja.

Peyek Mbok Tumpuk sendiri sudah termasuk oleh-oleh yang melegenda karena sudah berumur sekitar lebih dari 40 tahun lamanya. Posisi secara brand oleh-oleh di Jogja tentunya sudah cukup kuat. Peyek Mbok Tumpuk bisa masuk dalam nominasi oleh-oleh yang dicari ketika di Jogja. Seperti halnya Bakpia, Geplak, Yangko , Gudeg dan yang lainnya.

Peyek Tumpuk ini masuk dalam kategori oleh-oleh yang layak dibawa ketika berwisata di Jogja. Alasannya adalah karena keunikan dan ke khasannya yang tidak ditemukan di tempat lain. Peyek Mbok Tumpuk dari sisi rasa juga sangat gurih dan enak dinikmati. Harganya juga lumayan oke dan gak membuat kantong bocor hehe…

Oleh karena itu idelanya, dalam paket wisata jogja dengan wisata masukkan serta pusat  makanan khas dan oleh-oleh yang bisa dikunjungi.  Seperti halnya Peyek Mbok Tumpuk satu ini yang masuk dalam rekomendasi oleh-oleh yang sebaiknya dibeli ketika wisata di Jogja.

© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
Chat whatsApp