PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

10 Destinasi Wisata untuk City Tour Jogja

Jogjakarta, terus menjadi destinasi wisata yang masih digemari banyak wisatawan. Terutama kawasan wisata di area kota Jogja yang terkenal dengan kawasan Belanja Malioboro. Tempat ini senantiasa menjadi magnet bagi wisatawan yang sedang dalam agenda wisata di Jogja. Paket Wisata Jogja yang beragam, selalu dan hampir semuanya tidak melewatkan wisata di Malioboro. Sebab selain destinasi ini sangat terkenal, Malioboro bisa disebut sebagai jantungnya kota Jogjakarta. Malioboro sebenarnya tidak hanya berdiri sendiri, ada banyak tempat wisata menarik di sekelilingnya. Sebut saja kawasan Nol kilometer, Taman Pintar dan beberapa destinasi lainnya. Yuk, kita kepoin 10 obyek wisata di area kota, bisa dijadikan referensi untuk city tour jogja kalian.

10 Destinasi City Tour Jogja

1. Keraton Ngayogyakarta

Berdiri sejak tahun 1755 yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwana I. Keraton Ngayokyakarta merupakan istanan resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan keluarganya. Sebagaian kompleks keraton dijadikan museum yang menyimpan berbagai barang koleksi milik kesultanan.

Ditempat wisata ini anda bisa melihat koleksi – koleksi barang milik kesultanan tersebut, lukisan – lukisan dan benda pusaka khas Yogyakarta juga dipamerkan disini. Ada juga koleksi dari benda – benda pemberian raja – raja dari Eropa. Keraton Ngayogyakarta berlokasi disebelah setatannya titik kilometer kota Yogya. Buka dari jam 08.00 sampai 14.00, dibuka setiap hari dan khusus untuk hari jumat museum dibuka dari pukul 08.00 – 12.00 WIB saja.

 

2. Kawasan Sepanjang Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo

Malioboro sangat terkenal dengan pusat oleh – oleh khas Jogjakarta. Di sepanjang jalan malioboro terdapat banyak sekali pedagang kaki lima, warung – warung lesehan, hotel berbintang serta perbelanjaan. Ketika malam hari tiba tempat ini akan dipenuhi dengan para seniman yang sering mengekspresikan kemampuannya seperti bermain music, melukis, dan pantonim disepanjang jalan ini.

Jalan ini tampak lebih lebar sebab tempat parkir dipusatkan di area kawasan parkir Abu Bakar Ali. Sehingga pengunjung dapat lebih leluasa berkunjung ditempat ini. Di tempat ini anda akan menjumpai objek bersejarah yaitu Monumen Serangan 1 Maret, Bnteng Vredebrug, Pasar Beringharjo, dan Gedung Agung.

 

3. Museum Vredeburg

Benteng Vredebrug adalah sebuah benteng yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Terletak di jalan malioboro, depan Gedung Agung Jogja dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Pada awalnya benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan Belanda dengan  dikelilingi dengan sebuah parit.

Tempat ini menyimpan banyak peninggalan sejarah milik Belanda.  Museum benteng ini memiliki empat diaroma yang menggambarkan perjuangan sebelum proklamasi kemerdekaan sampai dengan masa orde baru. Buka dari hari selasa – jumat, pukul 07.30 pagi sampai  16.00 sore. Tiket masuk untuk onjek ini yaitu Rp 3000,- per orang dan Rp 10.000 khusus untuk turis asing.

5. De Mata Trick Eye

De mata trick eye merupakan museum yang berada di XT Square jogja. Wisata ini sangat unik dan spektakuler untuk dikunjungi karena wahana ini adalah salah satu yang pertama di Yogyakarta dan di Jawa Tengah.  Spot selfie 3D disediakan dengan dua tipe yaitu de mata 1 dan de mata 2.

Untuk lebih berhemat anda dapat membeli paket terusan dengan De Archa Statue Museum, pada umumya museum ini memiliki benda – benda bersejarah yang tersimpan disana. Keduanya terletak dalam satu kompleks di XT Square Jogja. Letakya di Jalan Veteran No.150 – 151,Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Destinasi ini cocok untuk paket wisata keluarga ketika di Jogja.

 

6. Tamansari

Sesuai dengan namanya, tamansari ini adalah bekas taman atau kebun istana kesultanan Ngayogyakarta. Memiliki luas kurang lebih 10 hektar dengan dilengkapi bangunan seperti gedung, kolam pemandian, lorong bawah air, dan kanal air. Namun saat ini, yang dapat dilihat dengan jelas  hanyalah kolam pemandian dan lorong bawah tanahnya saja. Buka dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB. Kompleks tamansari terletak disebelah selatan keraton Yogyakarta.

 

7. Alun-Alun Selatan Jogja

 Alun-alun selatan Jogja juga termasuk wisata di tengah kota yang bisa dikunjungi. Terutama untuk paket wisata keluarga di Jogja, tempat ini bisa didatangi di sore dan malam hari. Alun-alun Jogja bisa menjadi alternatif wisata malam di Jogja bersama pasangan atau keluarga. Semacam mobil gowes yang penuh dengan lampu warna warni bisa kita sewa untuk meriahkan malam di sana. Ada jagung bakar, ada roti bakar dan aneka kuliner yang bisa dinikmati. Datang dan coba rasakan wisata malam di Jogja di alun-alun selatan ini.

 

8. Gedung Agung Jogjakarta

Gedung Agung Jogjakarta ini bisa dikunjungi dalam paket wisata bertema edukasi. Bangunan bersejarah ini dulunya merupakan pusat pemerintahan ketika Jogja menjadi Ibukota Indonesia untuk sementara. Terletak di ujung Malioboro sebelah selatan.

 

9. Museum Anak Kolong Tangga

Destinasi wisata satu ini termasuk wisata edukasi yang bisa didapatkan di area kota. Museum anak Kolong Tangga ini memiliki beberapa koleksi mainan anak tempo dulu. Mulai Dakon, bekel, boneka, gerabah, dan berbagai jenis permainan dolanan atau mainan anak. Untuk paket wisata Jogja khusus buat keluarga yang mengajak serta anak kecil cocok berkunjung ke tempat ini.

 

10. Kawasan Nol Kilometer Jogja

Kawasan Nol Kilometer Jogja, juga menjadi magnet bagi wisatawan dan banyak orang untuk datang ke Jogja. Nol kilometer inilah destinasi pusat kota Jogja yang tepat berada di titik nol atau zero kilometer. Tepatnya di ujung selatan Malioboro dan sebelah utara Alun-Alun Selatan Jogjakarta.

Nol kilometer memiliki pemandangan yang etnik dengan beberapa bangunan atau gedung tempo dulu. Gedung-gedung tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda sehingga beraksitektur Belanda. Gedung –gedung tersebut antara lain Gedung Bank Indonesia, Gedung BNI dan juga Kantor Pos Besar.

Itu semuanya beberapa destinasi wisata di Jogja  yang berada di kawasan nol kilometer Jogja. Pas banget untuk city tour Jogja dalam paket wisata yang cenderung singkat atau short trip. Jogjakarta dan terutama Malioboro terus berbenah memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Seperti halnya penataan kawasan untuk pejalan kaki dan Jalan Malioboro bebas kendaraan Bermotor.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja