PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Gunung Bagus di Gunung Kidul Yogyakarta, Indahnya Hamparan dan Perbukitan Hijau

Gunung Bagus – Berwisata tidak harus mahal dan tidak mesti jauh-jauh. Wisata menurut teori adalah gerak perpindahan dari suatu tempat menuju tempat lainnya. Dengan tujuan berlibur, menikmati keindahan alam dan juga keelokan sebuah destinasi wisata. Era sekarang dimana akses hiburan bisa didapat dengan mudah melalui media informasi. Termasuk juga informasi mengenai sebuah destinasi wisata baru sangat cepat berkembang. Sebuah kawasan yang indah, memukau dan bisa menjadi spot foto ciamik, sekarang ini akan mudah diburu untuk didatangi. Kepenatan, ketertarikan terhadap sesuatu yang baru, dorongan untuk eksis di media sosial dan lainnya. Adalah semacam motivasi yang mendorong seseorang untuk mendatangi suatu kawasan yang bisa dibilang sebagai tempat wisata.

Kemudahan mendapatkan informasi dan akses menuju ke suatu kawasan wisata juga menjadi pemicu lainnya. Sehingga membuat seseorang ingin menjadi refreshment atau semacam hal yang memberikan relaksasi. Itulah, makanya seseorang bisa kembali segar selepas mengunjungi suatu daerah baru yang menarik. Sebab mereka baru saja melakukan aktifitas bernama wisata. Ya benar, kegiatan wisata adalah bersenang-senang dan juga untuk menghibur diri agar mendapat kebahagiaan.

Istilah wisata tidak harus mahal, bisa menjadi moto bagi kalangan pecinta wisata backpacker. Yakni bagi mereka yang menginginkan wisata dengan harga yang cenderung terjangkau. Pilihan destinasi wisatanya pun cenderung obyek wisata dengan harga tiket masuk yang tidak terlalu tinggi. Apalagi mengenai akomodasi atau hotel tempat menginap akan dipilih yang seekonomis mungkin. Nah, ini dia pusat destinasi wisata murah yakni kota wisata bernama Jogjakarta.

Destinasi Terbaru Jogja Di Awal Tahun 2019

gunung bagus

Gunung Bagus, Lokasi: Gunung Kidul Yogyakarta

Jogja sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata yang cukup digandrungi anak muda. Berbagai potensi wisata baru terus bermunculan. Apalagi jika ditambah dengan destinasi wisata kekinian dan wisata hitsnya yang tidak pernah habis. Belum juga dengan potensi budaya dan kearifan lokal yang mengisyaratkan Jogja sebagai kota Istimewa. Pas banget lah jika Jogja menjadi tujuan wisata Favorit di Indonesia ini. Berbagai paket wisata baru juga bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pasar wisatawan yang terus bertumbuh.

Bicara mengenai potensi wisata Jogja baru, sudah sangat banyak rerata didominasi oleh wisata alam. Seperti halnya hutan pinus dan jajarannya di area Dlingo Imogiri. Kali ini ada salah satu tempat menarik yang sedang viral-viralnya untuk dikunjungi di daerah Gunungkidul. Gunung Bagus, hamparan tanah luas yang menghijau dengan beberapa gundukan-gundukan tanahnya. Seolah berbentuk jejeran gunung dengan bentuk yang mini. Mau kesana? Pasti dong, jangan lewatkan ketika kalian sedang berada di Jogjakarta saat ini. Tempat ini memiliki rimbunan pohon jagung yang cukup apik menambah kesan eksotis dan segar. Pas banget buat poto wisata yang kekinian untuk update agenda wisatamu di instagram.

Gunung Bagus, Hamparan Luas Hijaunya Perbukitan

Gunung Bagus adalah sebuah area hutan rakyat yang ada di desa Giring kecamatan Paliyan. Berada di ujung paling timur kota Jogja dan membutuhkan jarak tempuh kesana sekitar dua jam perjalanan. Gunung Bagus ini bukanlah sebuah destinasi wisata atau tempat wisata, akan tetapi akhir- akhir ini sangat viral di media sosial. Banyak yang membicarakan dan membahas mengenai gunung yang mirip dengan gunung yang ada di Sumba Nusa Tenggara Timur. Dahulunya tempat ini merupakah hutan jati yang sangat lebat. Akan tetapi sekitar satu tahun terakhir rimbunan hutan jati ini akan dengan varietas baru yang lebih unggul. Selama menunggu ditanamnya kembali varietas pohon jati baru, tempat ini ditanami oleh para petani dengan tanaman jagung. Sehingga sekarang ini hamparan tanah tersebut terlihat sangat segar dan hijau dengan pepohonan jagung yang terhampar.

Dimana asal muasal gundukan kecil berbentuk gunung yang terlihat sangat menawan seperti halnya gunung Wairinding di Sumba. Awalnya pemandangan hijau berupa hamparan rumput dan gundukan tanah seperti gunung itu tak terlihat. Akan tetapi setelah dibukanya lahan seluas 82 hektar ini, terlihat paparan pemandangan menghijau yang elok. Melalui media sosial dan internet lah akhirya tempat ini makin terkenal dan didatangi pengunjung.

Jadi, gak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan inspirasi wisata yang menarik ya. Cukup datang saja ke Paliyan Gunung Kidul disana kita bisa bebas dan puas berfoto. Jika di Gunung Wairinding Sumba dipenuhi dengan ilalang yang menghijau, di sinii kita melihat hamparan pohon jagung yang menghijau. Karena hamparan jagung ini ditanam oleh petani dan dirawat, maka tidak boleh untuk kita sembarangan merusaknya. Ketika pengunjung penasaran dengan tempat ini, mereka boleh datang asal bisa menjaga lingkungan dengan baik.

gunung bagus jogja

Sejarah Gunung Bagus

Sebelum tempat ini viral karena adanya perbukitan hijau segar yang elok, tempat ini dikenal sebagai petilasan. Tempat ini juga disebut sebagai patilasan karena ditemukan 3 makam yang berada di puncak gunung. Umumnya orang-orang di masa lalu sering semedi untuk mendapatkan ilmu atau pemahaman. Berdasarkan sumber dari penduduk setempat terdapat seorang tokoh pada jaman dahulu yang sempat melakukan tapa brata atau semedi di tempat ini. Nisan yang ada di atas bukit bertuliskan nama Bondan Gejawen, Joko Tarub dan Dewi Nawangsih. Untuk dua nama terakhir kita sangat hafal dengan kisah atau legenda Jawa seseorang yang mencuri selendang bidadari bernama Nawang Wulan. Untuk Dewi Nawangsih ini adalah anak dari Jaka Tarub dan Nawangwulan. Kisah detail dan legendanya seperti yang biasa kita dengar dari kisahan atau cerita rakyat. Seorang laki-laki yang mencuri selendang bidadari dan akhirnya menikah dengannya. Entahlah..bisa jadi tempat ini memiliki kaitannya dengan kisahan tersebut.

Satu lagi nama yang terdapat di petilasan Gunung Bagus yaitu Bondan Gejawen. Beliau adalah putra seorang Raja Mataram Surakarta, Sri Susuhunan Pakubuwana II. Karena pada waktu itu beliau menderita sakit cacar, mengharuskan untuk menjauh dari kalangan istana. Agar penyakitmya tidak meluas, Beliau diminta untuk menjauh sementara dari istana. Maka putra Raja ini mengembara didampingi oleh pengawal kerajaan. Hingga kemudian sampai di titik perjalanan pengembaraan di Gunung Giring yang sekarang bernama Gunung Bagus ini. Beliau melakukan laku prihatin atau bersemedi agar penyakitnya bisa segera sembuh. Sehingga menyepilah Beliau untuk semedi di sana hingga sampai wafatnya.

Gunung Bagus, Melengkapi Tour Di Gunung Kidul Yogyakarta

Hamparan Gunung Bagus yang membentang hijau ini bisa membikin penasaran untuk dikunjungi. Sehingga ketika berada di Jogja tidak ada salahnya mencoba menengok ke sana. Terutama jika sedang mengambil paket wisata Jogja. Paket ini seringkali menyertakan destinasi wisata Gunung Kidul seperti Pantai Indrayanti, Kalisuci dan Gua Pindul. Alokasikan mengunjungi Gunung Bagus untuk bisa berfoto dengan puas di beberapa spot foto menarik di sana. Yakni dilatarbelakangi bukit-bukit kecill hijau selayaknya bukit teletubbies. Atau juga bukit Sumbanya Jogjakarta J

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja