PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Klasifikasi Paket Wisata Berdasarkan Tujuan Wisatanya

Wisatawan dalam agenda wisatanya, jelas untuk bersenang-senang atau mengakses pengalaman bahagia dan fun. Akan tetapi menurut teori Pariwisata yang diambil dari Materi Perencanan Perjalanan Wisata karya Tata Nuriata terbitan Departemen Pendidikan  Dan Kebudayaan, mengatakan beberapa teori tentang wisata. Sebuah perjalanan wisata selain mempunyai tujuan untuk berlibur, juga bisa mempunyai tujuan – tujuan lainnya, antara lain sebagai berikut. Lebih detailnya dalam pembahasan klasifikasi paket wisata berdasarkan tujuannya:

Klasifikasi Paket Wisata

 

1. Bentuk Perjalanan Wisata Berdasarkan Tujuan Bisnis

Orang mengadakan perjalanan wisata selain untuk tujuan berlibur, juga bertujuan untuk bisnis. Perjalanan wisata yang termasuk dalam kelompok tersebut di atas adalah sebagai berikut:

1. Trade fair tour atau expo tour, adalah acara perjalanan yang mengunjungi kegiatan pamerann dagang yang ada kaitannya dengan kegiatan usaha dari wisatawan. Diharapkan setelah mengikuti tour usaha dagangnya akan lebih meningkat. Kunjungan kepada fair itu dimanfaatkan sebagai ajang promosi atau penjualan.

2. Incentive tour, yaitu perjalanan isata yang diadakan oleh perusahaan bagi para karyawannya sebagai insentive untuk meningkatkan produktivitas kerja para karyawan agar hasil produksi dapat ditingkatkan.

3. Familirization tour yaitu suatu perjalanan khusus bagi para tour operator atau perusahaan perjalanan yang dirancang untuk lebih mengenal berbagai tujuan wisata beserta fasilitas yang tersedia yang merupakan produk terbaru dari tour operator setempat, dengan harapan produk tersebut dapat dibeli atau dipromosikan kepada wisatawan.

Jogja sebagai destinasi wisata, dan kota dengan tingkat kreatifitas yang tinggi dijadikan rujukan oleh para pebisnis. Banyak pengusaha muda potensial dari Ibukota sengaja mengakses atau mesurvey produk bahkan uji coba produk di Jogja. Kawasan Malioboro, pasar Beringharjo dan beberapa spot nongkrong anak muda bisa menjadi opsi untuk wisata jenis ini. Selain itu Jogja Expo Center disingkat JEC adalah venue yang cukup mendukung untuk digelar berbagai even pameran, bazar dan sejenisnya. Kalian bisa booking paket wisata Jogja dalam rangka menjadi peserta Jogja Fashion Week atau Jogja Trade and Expo lainnya.

2. Bentuk Perjalanan Wisata Berdasarkan Tujuan Konvensi

Bentuk perjalanan wisata berdasarkan ujuan konvensi merupakan bentuk perjalanan wisata yang bukan bertujuan untuk bisnis. Ada dua kemungkinan perjalanan wisata dengan tujuan konvensi sebagai berikut.

1. Seluruh perjalanan wisata termasuk di dalamnya kegiatan konvensi merupakan satu paket ( package convention tour )

2. Kegiatan perjalanan wisata sebagai penunjang aktivitas konvensi, ada tiga bentuk yaitu :

3. Perjalanan pra – konvensi ( pre – convention tour ) diadakan sebelum konvensi dimulai

4. Perjalanan purna konvensi ( post convention tour ) diadakan setelah konvensi selesai

5. Perjalanan selama konvensi berlangsung ( during convention tour ), dapat berupa :

-Tour yang berkaitan dengan kegiatan konvensi ( official convention tour ), materi konvensi menjadi objek kunjungan.

-Wisata yang bersifat santai tidak ada kaitan dengan materi konvensi.

-Tour untuk istri – istri peserta konvensi ( ladies programme tour ), selain kegiatan tour biasa juga sering diisi dengan acara khas wanita ( peragaan busana ) atau kegiatan social.

Adanya waktu yang tidak begitu longgar selama kegiatan konvensi berlangsung, sebaiknya dimanfaatkan dengan baik. Peserta konvensi bisa memilih post atau pre convention tour dengan mengunjungi sedikit destinasi. Mencoba pengalaman wisata kuliner di Jogja merupakan salah satu paket wisata Jogja yang cocok untuk tema konvensi ini.

 

3. Bentuk Perjalanan Wisata Berdasarkan Tujuan Kesehatan

Perjalanan wisata dengan tujuan kesehatan dampaknya dapat yang diperoleh setelah mengadakan perjalanan, yaitu kesehatan bagi para peserta tour. Misalnya, tradisi orang Eropa mencari panas di Mediterania ( mandi matahari ). Banyak juga orang mengadakan perjalanan untuk berendam di sumber air panas alam untuk tujuan kesehatan, karena selain air yang bersuhu panas juga air tersebut mengandung unsur yang sangat baik bagi keehatan.

Dengan ini banyak tour yang diselenggarakan dengan alasan untukk kesehatan, seperti tour  ke Singapura untuk general check – up dan pengobatan lainnya.

Hal ini jika kita sederhanakan ke dalam bentuk paket wisata Jogja bertema kesehatan tentu ada banyak ragamnya. Misalkan dengan mencoba pemandian di Parangendog sebagai sumber air panas yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Datang ke industri herbal dan pengobatan tradisional juga bisa menjadi alternatif wisata untuk tujuan kesehatan.

 

4. Bentuk Perjalanan Wisata Berdasarkan Tujuan Olahraga

Ada dua bentuk perjalanan wisata dengan tujuan olahraga, yaitu :

1. Menjadi pemain olahraga

2. Menjadi penonton olahraga

Kegiatan perjalanan dengan tujuan olahraga merupakan aktivitas tour yang ramai pada masa sekarang ini. Terutama pada puncak event olahraga ( pesta sukan ) yang dapat mengundang para pecinta atau pendukung pujaan olahraganya untuk berbondng – bondong datang ke tempat pertandingan tersebut berlangsung.

Wisatawan berbondong – bondong datang ke Swiss untuk bermain ski di pegunungan Alpen.

Pada waktu olimpiade diselenggarakan di Seoul banyak tour ke Korea yang dijuall  untuk menjadi penonton sukan akbar tersebut sekaligus menjadi supporter bagi tim Indonesia yang ikut dalam olimpiade tersebut untuk memberi semangat kepada para olahragawan. Contoh yang paling dekat misalnya penyelenggaran ASIAN GAMES di Jakarta tahun 2018 ini. Tentu banyak paket wisata Jakarta yang bisa dijual sembari menawarkan jenis wisata kesehatan ini.

 

5. Bentuk Perjalanan Wisata Berdasarkan Tujuan Pendidikan

Belajar merupakan motif yang tinggi. Banyak perjalanan yang dirancang yang dikaitkan dengan masalah pendidikan untuk meningkatkan kemampuan peserta tour dalam bidang tertentu.

Di Indonesia pada saat sekarang bentuk perjalanan wisata tujuan pendidikan popular sekali. Misalnya, perjalanan ke Inggris untuk belajar bahasa Inggris atau perjalanan ke Jepang untuk belajar origami ( kesenian melipat kertas ) dan masih banyak lagi.  Bentuk – bentuk perjalanan yang dikaitkan dengan pendidikan ini, meskipun tidak seluruh acara perjalanan hanya mengunjungi objek pendidikan.

Selain acara diatas, juga dapat dikelompokkan ke dalam bentuk perjalanan ini, tour yang popular diseut widya wisata atau study tour bagi pelajar atau mahasiswa selama mereka menempuh pendidikan.

Jogjakarta, sebagai kota pendidikan dan wisata memang sangat familiar sebagai destinasi wisata pendidikan. Banyak study tour ke Jogja dari kalangan sekolah menengah hingga tingkat kampus dan pemerintahan. Mereka datang ke Jogja untuk menimba ilmu di kampus, Dinas maupun industri. Setelahnya, agenda dilanjutkan dengan berwisata ke berbagai destinasi wisata di Jogja yang sesuai. Paket Wisata Jogja Study Tour adalah julukan yang biasa kita pilih untuk diselenggarakan di Jogja ini.

 

6. Bentuk Perjalanan Wisata Berdasarkan Tujuan Ziarah

Wisata ziarah atau pilgrimage tour  ini tujuannya berkaitan dengan agama atau kepercayaan dari peserta tour.

Bentuk perjalanan wisata tujuan ziarah merupakan perjalanan yang mempunyai motivasi tinggi Spesifikasi dari tour ini adalah kepasrahan dari peserta selama mengikuti perjalanan bila perlu fasilitas tidak menjadi masalah karena tujuan pokok adalah mencapai sesuatu menurut keyakinan agama atau kepercayaannya.

Banyak sekali manfaat mengunjungi wisata ziarah  maupun religi ini. Sebab akan banyak nilai yang bisa diambil. Kepasrahan dan ketenangan serta bertambahnya nilai-nilai keimanan bisa menjadi poin plus yang diperoleh dari aktifitas ini. Banyak masjid bersejarah maupun makam orang terkenal yang bisa dikunjungi untuk paket wisata ziarah Jogja.

Itu tadi beberapa jenis dan klasifikasi paket wisata khususnya Jogja disesuaikan dengan tujuan perjalanannya. Ada baiknya sebagai seorang wisatawan sudah lebih dahulu menentukan tujuan wisata selain untuk liburan. Sehingga travel agent terbaik di Jogja bisa melengkapi agenda tujuan perjalanan yang diikutkan dalam paket tersebut. Selamat Mencoba..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja