PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

10 Alasan yang Melatarbelakangi Jogja Sebagai Kota Pariwisata yang Potensial

Pertumbuhan suatu daerah dan suatu lingkungan pasti akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal mendasar yang ada. Bisa karena kebijakan yang diterapkan, sumber daya alamnya, atau kualitas Sumber Daya Manusia yang kompeten. Dari hal tersebut tercipta beberapa prestasi lokal daerah maupun lingkungan untuk menjadi semakin sejahtera. Begitu juga kita tahu bahwa Daerah Istimewa Jogjakarta dikenal sebagai destinasi wisata yang paling banyak diminati oleh masyarakat domestik dari Indonesia. Karena nya sektor pariwisata di Jogja ini menyumbang sangat besar hampir 60% Pendapatan Asli Daerah di Jogja ini didukung dari wisata. Sehingga, ada banyak hal yang berperan pastinya dalam pertumbuhan pariwisata di Jogjakarta. Apa saja yang melatarbelakangi Jogja bisa menjadi kota priwisata yang potensial ? Simak faktornya:

10 Alasan Jogja Menjadi Kota Pariwisata yang Potensial

kota pariwisata

1. Jogja Terletak Sangat Statregis

Benar sekali jika Jogja ini sangat strategis dan bisa terakses dari berbagai jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan darat berupa bus dan kereta serta kendaraan udara melalui pesawat. Sehingga aksesnya sangat mudah untuk dijangkau. Alhasil, paket wisata Jogja cukup dimintai bagi para wisatawan entah dari domestik maupun Internasional. Paket Tour Jogja bisa dikemas untuk siapa saja yang menghendaki wisata dengan mudah.

 

2. Jogja Disinggahi bnayak Kawula Muda

Tidak bisa dipungkiri, Jogja adalah kota pelajar. Jogja memiliki penduduk dengan usia muda yang banyak.  Selain itu, banyak pelajar dan mahasiswa yang sengaja datang ke kota Jogja untuk menempuh pendidikan. Bisa disebut, anak muda dan mahasiswa adalah kaum intelektual yang melek teknologi. Kehadiran kaum muda, cukup membantu mempromosikan wisata setempat, dengan cara upload, posting dan share. Bentuk sederhana, namun bermanfaat untuk pariwisata jogja.

 

3. Jogja Mempunyai Destinasi Wisata Beragam

Ada beberapa jenis dan varian obyek wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kerajinan hingga wisata kuliner. Semuanya hadir untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang ingin menikmati Jogja. Keberagaman destinasi wisata ini tersebar di beberapa wilayah kabupaten di kota Jogja. Mislanya; Gunung kidul, Kulon progo, sleman, bantul dan kota madya sendiri.

4. Jogja Memiliki Adat dan Budaya Yang Masih Kental

Adat dan Budaya yang masih kental masih bisa didapatkan dalam kehidupan masyarakat sehari –hari. Terutama kalangan Kraton Jogja yang identik dengan budaya Jawa nya yang masih murni. Budaya memili daya tarik wisata. Bahkan wisatawan asing, sangat antusias dalam mempelajari budaya daerah khususnya daerah istimewa Yogyakarta.

 

5. Jogja Sangat Ramah Penduduknya membuat Wisatawan Betah

Siapa yang pernah merasakan keramahan para penduduk Jogja dan kemudian membuat ingin datang lagi kedua dan ketiga kalinya. Itulah mengapa sebabnya menagapa banyak wisatawan yang ingin kembali lagi ke jogja. Bahkan sempat ada istilah “Jogja adalah kota yang paling ngangenin”. Tidak hanya itu, kondisi kehidupan sosial yang ramah tamah pun menjadikan alasan beberapa mahasiswa asal luar kota, yang menetap permanen tinggal di Jogja.

 

6. Harga Paket Wisata di Jogja Cenderung Murah

Biaya hiudup di Jogja relatif kecil. Bahkan Jogja sempat masuk dalam beberapa kota dengan biaya hidup termurah. Karena biaya hidup di Jogja murah, hal ini cukup mempengaruhi harga paket wisata. Harga paket tour pun ikut jadi murah, karena beberapa kononen tour di dalamnya juga memiliki harga ekonomis.

7. Jogja Merupakan Miniatur Indonesia

Disebut miniatur sebab Jogja ini terdiri dari beberapa suku dan orang yang datang ke Jogja dari beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, beragamnya destinasi dari pantai, gunung, kota, desa, semua ada di Jogjakarta. So, menghabiskan akhir pekan di Jogja, solusi terbaik jika kalian belum punya cukup dana untuk liburan keliling Indonesia.

 

8. Jogja Memiliki Banyak Seniman Berprestasi

Seniman berprestasi ikut menyemarakkan berbagai event lokal di Jogja. Karya mereka menghiasi sudut kota Jogja dan nol kilometer kota Jogja. Bahkan, disepanjang jalan malioboro sering dihadirkan karya-karya terbaik seniman. Dihiasi dengan sorot lampu yang indah, yang dpaat dijadikan sebagai spot berfoto.

 

9. Banyak Event Pendukung Wisata Sering Diadakan di Jogja

Faktor lain yang mendukung Jogja sebagai kota pariwisata yang potensial adalah, banyaknya event yang diselenggarakan di jogja. baik event kedaerahan yang bersifat ceremony, maupun event modern seperti konser. Beberapa destinasi besar, yaitu Candi borobudur dan Candi prambanan, sering dugunakan untuk event konsep kelas nasional. Hadirnya event-event tersebut dapat memicu kenaikan kunjungan wistawan ke Kota Jogja.

 

10. Jogja Memiliki Banyak SDM Unggul di Bidang Pariwisata

SDM Jogja banyak mengisi berbagai peran strategis di akademis, profesional dan juga di pemerintahan. Mereka banyak menelurkan prestasi dan temuan untuk semakin memajukan Jogja dari sisi Pariwisata dan Perekonomian nya. Jogja juga memiliki beberapa universitas jurusan pariwisata.

 

Demikianlah 10 alasan Jogjakarta menjadi kota pariwisata yang potensial dan ramah wisatawan. Jadi, Apakah anda belum pernah ke Jogja? Tengoklah Jogja guys, pasti kalian akan pengen datang lagi dan lagi. 😀 Salam, Wisata Jogja

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja