PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Pedoman dan Etika Menginap di Hotel

etika menginap hotelHotel adalah salah satu komponen atau fasilitas yang ada dalam sebuah industri pariwisata. Penginapan/hotel disebut juga akomodasi yang di dalamnya terdapat banyak fasilitas yang disewakan untuk para tamu. Sebuah hotel memiliki produk utamanya yang disewa atau dijual kepada tamu atau wisatawan berupa kamar. Kamar hotel adalah produk utama yang memang disediakan untuk para tamu yang menginap. Hotel kan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk tamunya. Namun, bukan berarti tamu dapat melakukan seenakny sesuai ayang yang diinginkan, Hotel juga memiliki aturan dan etika menginap di hotel. Mau tau seperti apa? yuk simak agar tidak kudet.

Ada banyak jenis atau tipe hotel yakni mulai dari hotel melati atau hotel yang tidak berbintang. Jelas dari sisi fasilitasnya hotel melati bisa dibilang sangat minim dan standarnya sangat minimalis. Kita tidak bisa menuntut banyak fasilitas di hotel dengan sebutan hotel melati ini. Sebab dari sisi harga juga sangatlah murah dan terjangkau. Tidak ada fasilitas AC, TV, hot n cold water dalam standar hotel bintang Melati. Kecuali untuk jenis hotel bintang Melati Plus yang memang sudah mendekati fasilitas hotel bintang 1.

8 Etika Menginap Di Hotel

Menginap di suatu hotel adalah pilihan seseorang ketika sedang melakukan traveling. Karena hotel merupakan tempat yang paling nyaman untuk digunakan sebagai tempat beristirahat. Tetapi bukan berarti ketika kita menginap di hotel, kita boleh seenaknya saja. Ada beberapa etika dan pedoman yang harus dijaga ketika kita sedang menginap di hotel. Yuk simak 10 etika menginap di Hotel sebagai berikut :

1. Tidak Memakai sandal Ketika Keluar Kamar

Banyak orang yang ketika menginap di hotel selalu menggunakan sandal yang telah disediakan oleh hotel untuk keluar kamar. Ternyata hal ini sering dianggap tidak sopan apalagi jika kita berada di luar negeri. Selain tidak sopan menggunakan sandal hotel ketika keluar kamar juga tidak enak dipandang lho, sandal yang rancang tipis dan berbahan lembut hanya cocok digunakan untuk lantai karpet atau hanya lantai dikamar saja. Bukannya malah untuk beraktifitas. Jika ingin keluar kamar pakailah sendal atau sepatu milik anda sendiri.

2. Jangan Membawa Benda/Perabot Milik Hotel

Jika kalian sedang menginap di hotel, kalian harus tahu barang apa saja yang boleh dibawa pulang misalnya sikat gigi, sampo, sabun dan sandal. Jangan membawa pulang benda yang tidak boleh dibawa pulang karena bisa saja kita dianggap mencuri dan kita akan dikenai sanksi oleh pihak hotel. Contohnya adalah handuk hotel, fasilitas ini harus ditinggal di kamar hotel dan tidak boleh dibawa pulang.

3. Bersikap Sopan Kepada Staf Hotel

Ketika kita menginap di hotel kita harus bersikap professional dan harus tetap ramah kepada staf hotel. Walaupun ketika kita sedang capek kita harus tetap bersikap ramah. Khususnya pada staf hotel yang bertugas dibagian front desk. Karena bersikap ramah ternyata mempunyai banyak keuntungan lho. Maka dari itu kita harus tetap menjaga sikap seperti bersikap ramah meskipun kita telah membayar.

4. Jangan Asal Membawa Makanan

Setiap hotel pasti mempunyai peraturan dan ketentuan yang harus ditaati oleh tamu. Contohnya hotel melarang tamunya membawa makanan yang berbau misalnya adalah durian. Kita sebagai tamu yang baik seharusnya kita mentaati peraturan yang sudah ditentukan. Jika kita tidak mentaati kita akan mendapatkan denda selain itu akibat dari membawa makanan yang berbau, bau makanan tersebut dapat menganggu kenyamanan tamu yang lain.

5. Mengkondisikan Kamar Sebelum Melakukan Check Out

Bukan berarti ketika kita menginap di hotel kita boleh menggunakan fasilitas hotel dengan sepuasnya?. Iya itu memang benar karena kita sudah membayar jasa hotel. Akan tetapi alangkah baiknya jika fasilitas tersebut tetap dijaga dalam kondisi yang rapi dan jangan sampai ada yang rusak. Caranya yaitu tidak membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya, tidak menaruh barang sembarangan. Kita juga tidak boleh meruisak barang yang disediakan di hotel tersebut.

6. Dilarang Membiarkan Barang Berharga Bergeletakan Di Kamar Hotel

Hal ini sangat penting untuk dilakukan ketika sedang menginap di hotel. Yaitu jangan membiarkan barang berharga bergeletakan di kamar. Maksudnya adalah ketika kita sedang menginap di hotel dan kita membawa benda yang mempunyai nila berharga kita. Jangan asal menaruh barang-barang berharga tersebut sembarangan. Lebih baik simpanlah barang berharga tersebut dibrankas yang sudah disediakan. Jika tidak ada brankas khusus kita bisa menyimpannya dikoper yang terkunci. Hal ini sangat penting dilakukan karena untuk menghindari orang lain berbuat jahat kepada kita, terutama bagi para pembersih atau room service.

7. Tidak Membuat Gaduh

Meskipun ruang kamar didesain dengan redaman suara, namun bukan berarti suara tidak terdengar dari luar. Jika anda terlalu gaduh dan bercanda dengan suara keras tentu hal ini akan terdengar oleh kamar sebelah. Oleh karenanya, penting untuk bertoleransi terhadap tamu hotel yang lainnya. Jika kalian membutuhkan bantuan staff, bisa memanfaatkan telepon yang tersedia di dalam kamar untuk menghubungi petugas hotel.

8. Jaga Kebersihan Kamar

Setalah Checkout maka petugas hotel akan segera melakukan clean up, atau pembersihan. Meskipun akan dibersihkan oleh petugas, kalian juga harus tetap menjaga kebersihan kamar. Ingat, kepribadian seseorang dapat tercermin dari kamarnya. Jika kalian membiarkan kamar kotor dan berserakan sampah, tentu itu dapat mencerminkan pribadi Anda. Setiap kamar hotel pasti disediakan tempat sampah. Oleh karenanya buanglah sampah pada tempatnya.

Berikut di atas tadi merupakan etika dan pedoman ketika kita sedang menginap di hotel. Hal ini perlu dilakukan karena untuk menjaga kenyamanan tamu yang lain. Karena hotel adalah tempat umum, banyak orang yang datang untuk menginap dan beristirahat. Seseorang menginap di hotel bisa dalam rangka tugas kerja ketika berada di luar kota. Memang, mayoritas tamu yang menginap di hotel hanyalah dalam waktu sebentar atau singkat. Karena hotel hanya digunakan atau disewakan kepada para tamu yang membutuhkan akomodasi sementara.

Jogja, Punya Banyak Hotel Rekomended Di Dekat Malioboro

Jika kalian berwisata ke Jogja dan menikmati paket wisata Jogja, kami sarankan untuk memilih hotel yang strategis. Hotel strategis di Jogja berada di kawasan Malioboro atau pusat kota Jogjakarta. Sebab di malam harinya, kalian bisa menikmati jalan-jalan santai di Malioboro. Kawasan Malioboro memang terdapat banyak sekali hotel berbintang yang selalu penuh ditinggali wisatawan.
Selain memang berada di area strategis, menginap di hotel area Malioboro memudahkan kita untuk kemanapun. Akses transportasi dan jalan sangatlah mudah karena Malioboro berada di tengah kota Jogjakarta. Paket wisata Jogja yang dijual kepada wisatawan banyak merekomendasikan hotel area Malioboro. Khususnya untuk para tamu dari perusahaan dalam rangka outing kantor mereka menghendaki acara santai di malam harinya. Dan jalan-jalan seputaran Malioboro adalah ide tepat untuk mengisi malam selama di Jogja.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja