PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Lagi Liburan di Jogja dan Pengen Makan Mie? Nih 10 Mie Ayam Jogja Rekomended

Kuliner dan wisata adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Kebutuhan makan bagi seseorang masuk dalam urutan primer. Entah sedang bepergian atau tidak sedang menjalani aktifitas wisata. Kita semua tentu butuh asupan makanan untuk bisa menjadi energi untuk beraktifitas sehari-hari. Makanan dan kuliner di destinasi wisata seringkali menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Sebab biasanya mereka tidak menemuinya di tempat atau daerah asalnya.

Bagi para traveler yang mengelola anggaran wisatanya dengan minimalis atau biasa disebut dengan backpaker, makan juga perlu dihemat. Apalagi di suatu daerah atau kawasan wisata yang biasanya memiliki harga relatif lebih tinggi. Wisatawan backpaker, tentu harus memilih dan memilah makan siangnya selama berwisata.

Jogja, sebagai kota pelajar tentu memiliki biaya hidup yang cukup terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Beberapa harga makanan dan biaya hidup di sini jauh lebih murah dibanding kota lainnya. Hal ini juga menguntungkan buat wisatawan yang datang ke Jogja. Sebab, harga-harga fasilitas wisata terutama makan juga akan sangat terjangkau.

Paket wisata Jogja khusus untuk backpacker, tidak merekomendasikan makan di hotel dan di resto. Karena mereka memilih anggaran makan yang sesuai dengan kantong dan juga sesuai dengan anggaran wisata. Berikut ini ada salah satu menu rakyat yang cenderung masuk ke semua kalangan. Mie ayam, seperti halnya bakso memiliki harga terjangkau dan cocok di lidah hampir semua masyarakat Indonesia. Jogja sendiri memiliki puluhan warung Mie Ayam yang terkenal enaknya. Berikut ini ada 10 Daftar Mie Ayam Terenak di Jogja dan Kalian Wajib Coba..

10 Kuliner Mie Ayam Terpopuler di Jogja

1. Mie Ayam Tumini

Mie Ayam yang legendaris berdiri lebih dari 20 tahun lamanya. Sangat terkenal dan Selalu ramai di setiap cabangnya. Menyajikan mie buatan sendiri dan memiliki ukuran cukup tebal dan kenyal. Mie dibuat dan diproduksi sendiri, sehingga tanpa bahan pengawet. Rasanya makin mantab dengan disiram kuah kaldu yang pekat dengan rempah – rempah yang lengkap. Cita rasanya semakin enak dengan potongan – potongan ayam yang menggugah selera. Selain mie ayam yang biasa, kamu juga dapat memesan mie ayam dengan berbagai varian seperti mie ayam ceker, mie ayam jumbo, mie ayam ekstra ayam atau sawi serta varian mie ayam lainnya.

Lokasi : Jl. Imogiri Timur No.18, Umbulharjo, Yogyakarta (Utara Terminal Giwangan)

 

2. Mie Ayam Afui

Berbeda dengan sajian mie ayam lainnya, mie ayam afui menyajikan mie ayam dengan ukuran lebih kecil dari mie ayam biasanya namun disajikan dalam porsi jumbo. Penyajiannya juga berbeda dengan sajian kuah yang terpisah dengan mienya  sangat menarik ditambah dengan potogan daging ayam yang pas. Ada beberapa varian mie ayam yang dapat dipilih yaitu mie ayam biasa, mie ayam mini jumbo, mie ayam monster. Sesuai dengan namanya, mie ayam monster menyajikan porsi empat kali lipat dari ukuran biasa. Wahhh bisa dibayangkan nihh seberapa banyaknya mie ayam monster ini :)).

Lokasi : Jl. Tambak Bayan VII daerah Babarsari, Depok, Sleman (belakang kampus Atmajaya).

3. Mie Ayam Tunggal Rasa

Mie ayam yang dijual unik dan berbeda dari mie ayam lainnya. Dijual dengan warna hijau sebagai ciri khasnya serta disajikan dengan mangkok yang berupa pangsit. Hal ini yang membuat para penggemar mie ayam penasaran dengan mie ayam tunggal rasa. Disajikan lengkap dengan potongan – potongan ayam yang menggoda serta warna hijau sawinya yang menarik dan terlihat sangat segar, bakso hingga varian pangsit basah dan pangsit kering. Mie ayam ini juga menyediakan 2 varian warna mie yaitu putih dan hijau.

Lokasi : Jl. Serma Taruna Ramli No.3, Kotabaru, Yogyakarta (Depan SD Unggaran)

 

4. Mie Ayam Goreng Mekaton, Seyegan

Mie Ayam Goreng Seyegan, sesuai dengan namanya tempat ini menyajikan kuliner  khasnya mie ayam tanpa kuah dan cenderung kering seperti digoreng. Dibuat sendiri oleh pemiliknya maka tidak heran apabila mienya relatif lebih besar dari mie ayam biasanya. Rasanya cenderung manis dan hangat dengan tambahan taburan merica yang dominan. Topping ayam yang dikecapin membuat rasanya seperti ayam panggang. Irisan sawi dan acarnya menambah kelezatan di mie ayam goreng mekaton.

Lokasi : Jl. Kebon Agung, Pasar Srikaton, Margoagung, Seyegan, Sleman.

 

6. Mie Ayam Bendung Tegal

Bagi kalian yang mengunjungi desa wisata Kebonagung bisa menikmati lezatnya mie ayam buatan Ibu Edi Sutrisno yang akan menggoda lidah Anda. Berbeda dengan mie ayam lainnya, mie ayam ini menyediakan gerainya dengan nuansa rumah Joglo. Walaupun tempatnya berada ditengah desa namun mie ayam ini selalu dipadati oleh pengunjung bahkan ketika hari libur tiba, kalian bisa mengantri sampai berjam – jam untuk menikmati lezatnya mie ayam bendung tegal ini. Tempat ini dekat dengan Desa Wisata Kebonagung. Sehingga wisata di Jogja bisa mengunjungi Kebonagung sekaligus makan siang di sana.

Lokasi : Jl. Imogiri-Siluk, Desa Bendung Tegal, Kebon Agung, Imogiri, Bantul.

 

6. Mie Ayam Pak Apo

Mie Ayam Pak Apo ini menyuguhkan kuliner lezatnya dengan tauge rebus yang akan menambah sensasi krenyes – krenyes ketika makan. Selain itu tekstur mie-nya juga sangat lembut dan juga kenyal. Ditambah dengan kaldu ayam yang akan menendang – nendang dilidah. Warung Pak Apo ini menyediakan mie ayam dalam porsi sedang dan jumbo dengan harga yang terjangkau untuk kalian. Paket wisata Jogja edisi Backpacker sangat cocok untuk mencoba menu mie ayam sebagai pengobat rasa lapar.

Lokasi : Jl. Titi Bumi No.139, Banyuraden, Gamping, Sleman.

 

7. Mie Ayam Grabyas “Red Door”

Mie ayam yang buka tengah malam (Jam 23.00 – 04.00 WIB) ini memang terkenal karena memiliki perbedaan dari mie ayam yang lainnya. Yang membedakan mie ayam ini adalah topping mie ayam diberi grabyas alias kulit ayam yang digoreng kering dan dicacah kasar. Biasaya orang yang membeli mie ayam grabyas ini akan ditemani oleh jenifer si minuman favorit dari kedai ini. Jadi jenifer ini merupakan es jeruk nipis peras yang diberi tambahan sirup. Wahh pastinya akan asyik sekali menyantap mie ayam bareng jenifer hehehee

Lokasi : Jalan Malioboro (Depan Pintu Hotel Inna Garuda)

8. Mie Ayam Pak Waldi

Buat kalian nihh para penggemar mie bisa mengunjungi mie ayam Pak Waldi. Mie ayam ini menyuguhkan semangkuk mie ayam dengan kuahnya yang bening dan gurih. Maka kebanyakan orang tidak akan meragukan mie ayam ini. Saat menyantap pun rasanya akan terasa segar dan gurih banget. Yang sangat istimewa nihh tersedia juga mie ayam balungan yang rasanya nikmat banget bagi para penggemar mie ayam.

Lokasi : Jalan Perumnas Seturan

 

9. Mie Ayam Wiyono

Mie ayam wiyono akan menyuguhkan mie dengan porsi mantap dan harga yang hemat. Pak Wiyoro menawarkan menu yang banyak atau sering disebut dengan porsi kuli. Saking banyaknya tak sedikit dari pengunjung sering kesusahan mengaduk mie yang ada didalam mangkuk. Kalau soal rasa jangan ditanya lagi tentunya akan enak dan mantab. Paket Wisata Jogja yang mengunjungi destinasi bagian utara Jogja bisa mencoba mencicip mie ini.

Lokasi : Jl.Sendowo, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman.

 

10. Mie Ayam 59

Mie ayam ini merupakan mie ayam khas Bandung yang ada di Jogja. Tempat makan yang satu ini menawarkan pilihan mie ayam dengan aneka rasa mulai dari rasa manis pedas, rasa asin pedas, serta rasa asin manis. Mie akan dibumbui terlebih dahulu baru disajikan dengan potongan ayam dan kuah yang sedap. Wisata di Jogja selalu bawa oleh-oleh khas Jogja yakni Bakpia. Sehingga jika sedang belanja oleh-oleh dan butuh untuk mengisi perut, kalian bisa mencoba icip mie ayam satu ini.

Lokasi : Jl. Beskalan (samping pasar pathuk Yogyakarta)

Yummy.. dari tadi berjelajah mie ayam di jogja menggugah hasrat kita untuk mencicipi satu persatu mie ayam yang sudah dijelaskan diatas tadi. Nggak nyangka ternyata kota yang terkenal kuliner Gudeg-nya namun masih memiliki kuliner yang lainnya juga.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja