PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Pelajari 7 Tips Belanja di Pasar Beringharjo

Liburan dan wisata memang menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh semua kalangan. Tidak hanya dari golongan anak-anak, remaja, bahkan orangtua dan dewasa pun tidak ada yang menolak jika diajak piknik. Kecuali jika dalam keadaan sakit atau hal lainnya yang berhalangan, maka apa boleh buat kalau tidak bisa mengagendakan liburan. Karena jika kurang piknik, katanya tubuh akan gampang stress sebab hormon endorfin dan dopamin yang menjadi stimulus kebahagiaan akan kurang. So, jika kalian suntuk nih terutama kaum hawa biasanya mencari alternatif hiburan dengan belanja atau pergi ke tempat-tempat yang indah. Belanja apalagi ya akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kaum wanita karena dari aktivitas ini konon katanya bisa bikin happy.

Mengapa berbelanja bisa bikin bahagia? Padahal kita mengeluarkan uang dan tenaga. Ya, itulah misterinya karena dengan belanja kita bisa menyalurkan energi bahagia dan positif. Lantas gimana ya asiknya berbelanja sembari wisata atau berwisata sekaligus belanja. Tentu akan memberikan kepuasan tersendiri apalagi jika jiwa mu adalah berjiwa pedagang. Sekalian aja yaa kulakan untuk dijual kembali dari hasil belanjanya. Terutama jika belanja di pasar Beringharjo yang merupakan pasar tradisional terbesar di Jogjakarta. Pasar Beringharjo memiliki item dan varian jenis barang dagangan yang sangat lengkap. Jangan lupa mampir ke tempat ini dalam agenda wisatamu di Jogja. Sebab, Paket Wisata Belanja Jogja seringkali menyertakan Malioboro sebagai destinasi.

Nah, karena Malioboro ini sangat dekat dengan pasar Beringharjo, maka sekalian saja tinggal ke ujung Malioboro kita akan menemukan Pasar ini. Pasar tradisional terbesar di Jogja yang pasti selalu disambangi oleh wisatawan terutama ibu-ibu. Sebab, harga nya sungguh ciamik jika dibandingkan dengan harga yang ada di luar Jogjakarta. Lantas, gimana ya caranya berbelanja dan tips belanja di Pasar Beringharjo agar pas dan nyaman. Nyaman di Perjalanan dan nyaman di kantong pastinya. Yuks kita perhatikan tips berbelanja di pasar Beringharjo.

 

7 Tips Belanja di pasar Beringharjo

pasar beringharjo

1. Pelajari Kluster Dan LOS Pasar Beringharjo

Saking besarnya komplek Pasar Beringharjo ini kita baiknya mempelajari terlebih dahulu peta los Pasar Beringharjo. Juga kita mempelajari dahulu jenis barang apa yang akan dibeli dan terletak di Los sebelah mana. Ada los khusus jamu-jamuan, khusu baju Batik dan segala perlengkapan khas Jawa, juga ada kerajinan antik yang bisa dibeli di sana. Pada tahun 2013, pasar Beringahrjo ini pernah mendapat predikat sebagai pasar terbaik Nasional.

 

2. Belanja Setelah Jam Buka Jam 9.00 Pagi Agar Dapat Lebih Murah

Pasar beringharjo buka jam berapa? Mulai dini hari sudah buka, ini biasanya para pedang sayur. Jika pedagang pakaian, biasnaya buka jam 9.00/10.00 pagi. Ketika para pedagang baru saja membuka kios nya pada pukul 09.00 pagi, kita bisa berbelanja dan menjadi yang pertama. Biasanya pedagang akan memberikan harga lebih murah karena belum banyak pembeli. Kata mereka adalah agar nanti jualan nya laris, maka diberi diskon dan harga yang murah untuk pembeli pertama. Jika dalam Paket Wisata Jogja, hotel yang diambil adalah di area Malioboro, maka kita hanya perlu berjalan kaki. Atau jika tidak, kita bisa memakai becak sebagai kendaraan tradisional dari hotel menuju Beringharjo.

 

3. Belanja Mendekati Jam 21.00 malam Agar Dapet Lebih Murah

Belanja di jam 21.00 malam dimana Pasar Beringharjo mendekati jam tutup, akan membuat kita mendapat harga lebih rendah. Sebab, jika pedagang hampir mendekati jam pulang mereka akan buru-buru dan segera menutup los nya. Jika demikian, mendekati jam tutup pasar kita bisa menawar harga untuk segera mendapatkan barang belanjaan. Pasar Beringahrjo ini buka dari jam 09.00 pagi dan tutup jam 21.00 malam di setiap harinya. Dahulunya, pasar ini buka hanya sampai pukul 04.00 sore hari. Akan tetapi sekarang ini Beringharjo buka hingga pukul 21.00 malam agar wisatawan bisa punya waktu lebih panjang lagi. Menarik bukan? Belanja bisa di sore hingga malam hari selepas agenda berkeliling wisata di Jogja.

 

4. Menawar Harga Pastinya Dengan 1/3 Harga ditambah Sedikit

Strategi menawar harga berikutnya untuk mendapatkan harga lebih murah adalah dengan menawar di 1/3 harga. Ditambahkan sedikit dari 1/3 harga tersebut maka biasanya pedangan akan membolehkan kita mendapat harga ½ nya. Harga setengah dari harga yang ditawarkan ditambah sedikit asudah cenderung murah dan termasuk pandai menawar. Jika tidak cukup terampil dalam menawar ini sampaikan saja dan minta harga pas dari pedagang. Sampaikan berapa harga grosir atau harga lebih murah yang paling rendah.

 

5. Beli Grosir atau Lusinan Pasti Lebih Murah

Membeli batik dan sejenisnya memang sangat tepat jika di Pasar Beringharjo. Sebab, batik bisa menjadi semacam oleh-oleh yang dibawa wisatawan selepas agenda trip di Jogja. Batik memiliki beberapa jenis dari baju batik, daster, celana batik, seragam dan sebagainya. Batik yang dibeli dengan harga lusinan atau setengah lusin akan mendapat harga yang jauh lebih murah. Tentu dibandingkan jika membeli batik eceran satu atau dua potong saja. Saat ini, Batik sudah menjadi semacam kebutuhan personal dan termasuk pakaian yang universal. Artinya bisa dipakai oleh semua kalangan dan sangat cocok sebagai merchandise atau oleh-oleh wisata.

 

6. Sedikit Pake Bahasa Jawa Agar semakin Akrab

Trik berikutnya yang cukup ampuh untuk dipakai berbelanja di pasar Beringharjo adalah gunakan bahasa lokal yakni bahasa Jawa. Jika kita sudah belajar bahasa Jawa sebelumnya hal ini akan membuat pedagang mengira kita lancar berbahasa Jawa. Jika tidak, pakai kata-kata umum yang penting dan bisa jadi andalan semacam regane piro buk? Yang bermakna harga nya berapa?. Dan istilah lainnya yang dirasa cukup membantu untuk agenda wisata belanja mu di Jogjakarta.

 

7. Selepas Belanja, Cobain Gado-Gado Di  Food Court Lantai Atas Malioboro

Satu lagi yang tidak ketinggalan dan merupakan tips tambahan selepas berbelanja adalah makan. Makan atau berwisata kuliner bisa dicari di area lantai atas atau Food Court nya Pasar Beringharjo. Tersedia berbagai varian menu makan siang atau makan sore yang bisa dicoba di lantai atas ini. Yang tidak kalah enaknya ada gado- gado  Bu Hadi yang bisa dicoba untuk mengisi perut yang keroncongan sehabis berjuang menawar harga. Lainnya adalah empal dan iso bu Warno yang patut dicoba untuk memuaskan lidah kuliner mu. Cocok banget jika Selepas belanja kita menyempatkan diri menikmati berbagai kuliner yang ada di dekat Pasar Beringharjo.

Demikian, 7 tips belanja di pasar beringharjo yang bisa dicoba ketika berbelanja di pasar Beringharjo. Pastikan kamu mendapat harga belanja yang pantas dan tidak kemahalan. Jika sedang trip di Jogja bersama rombongan dalam agenda Family Gathering Trip Jogja, Beringharjo juga bisa masuk dalam daftar wisata. Ajak saja Guide atau pemandu wisata yang menemani wisatamu untuk membantu menawarkan harga. Cara ini lebih manjur dan palimg top untuk membantumu berkomunikasi ke para pedagang di sana. Selamat Mencoba..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja