PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Tips Mengatasi Bosan Saat Menunggu Pesawat Delay

Banyak sekali keuntungan jika kita bepergian menggunakan pesawat. Selain karena waktu yang ditempuh relatif lebih cepat, perjalanan juga lebih nyaman dibandingkan transportasi lainnya. Tetapi kadangkala ada sebuah kondisi yang membuat jadwal penerbangan menjadi ditunda atau delay. Sehingga sebagai penumpang kita harus kreatif untuk mengisi waktu menunggu. Agar tidak bosan, sebenarnya ada beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Apa saja kegiatan yang asik dan nggak bikin bosan untuk menunggu penerbangan delay? simak tips menunggu pesawat delay berikut ini.

pesawat delay

 

Pesawat Delay? Lakukan 7 Hal Berikut Ini Untuk Mengatasi Kebosanan di Bandara

1. Membaca Buku atau Berita online

Buku bagi para pecintanya, semacam teman akrab yang bisa diandalkan untuk mengisi waktu dan kebuntuan. Buku macam apapun tentunya yang menjadi favorit dan kegemaran kita. Bisa juga novel yang memang sedang kita baca dan hendak kita rampungkan. Membaca buku ini bukanlah aktifitas yang disukai oleh semua orang. Sebab, tidak semua dari kita sennag membaca. Apalagi jika di Indonesia, minat baca masyarakatnya juga masih sangat rendah dan berada di posisi paling bawah. Sehingga, membaca buku ini tentunya hanya digemari oleh mereka yang memang gemar membaca.

Bagi sebagaian orang memang tidak gemar membaca buku. Ada beberapa orang lebih suka membaca artikel online. Nah ini bisa juga diajdikan aktivitas sembari menunggu pesawat delay. Browsing berita terupdate, atau sekedar membaca postingan yang berisi pengetahuan akan menjadikan waktu lebih bermanfaat.

2. Main Game

Game Favorit tidak hanya menjadi pengisi kekosongan bagi anak kecil karena orang dewasa pun malah yang lebih menjadi penggemar game. Tidak ada salahnya jika kita sedang tidak tertarik untuk berjalan-jalan, dan bergerak maka game lah solusinya. Menunggu pesawat delay yang terjadi di bandara sekitar satu hingga dua jam akan menjadi acara yang membosankan. Tentu, apabila kita tidak pandai-pandai memikih cara mengisi waktu.

 

3. Jalan-jalan Di Area bandara

Berapa lama kira-kira waktu delay pesawat yang diestimasikan. Bisakah kita tinggal sebentar untuk berada di area food court atau area souvenir center yang ada di Bandara. Berjalan berkeliling akan menjadi hal yang mengasikkan apabila ternyata kita membawa serta anak-anak. Sebab, anak-anak pasti akan tidak betah untuk duduk manis di kursi tunggu.

 

4. Menulis

Menulis adalah aktifitas yang tidak jauh-jauh dari membaca. Biasanya seorang penulis yang baik adalah juga pembaca yang tekun. Sehingga bagi seorang penulis, jeda waktu seberapapun akan sangat bisa dimanfaatkan untuk menuangkan ide menulisnya. Sehingga di waiting room bandara, kita bisa menghasilkan karya berupa tulisan tentang apa saja. Sesuai dengan minat penulis.

 

5. Berkenalan Mencari Relasi / Teman Baru

Teman baru bisa didapatkan dimanapun, termasuk ketika waktu menunggu pesawat delay. Ngobrol dengan orang baru yang ada di sebelah kita akan cukup bisa mencairkan suasana. Kecuali orang di sebelah kita ini lebih memilih tidur dan tidak mau diajak kenalan. Tetapi bagi orang yang senang bersosialisasi dan mencari banyak teman, delay adalah kesempatan. Banyak orang mendapatkan informasi baru, pekerjaan baru dan juga akses baru juga dari aktifitas semacam ini. Bisa juga lho dan memungkinkan orang yang diajak kenalan akan menjadi sahabat baru bahkan jodohmu.

 

6. Blogging dan Googling

Blogging merupakan aktifitas yang produktif bagi mereka yang menyenangi dunia tulis menulis digital. Para Blogger senantiasa memberikan informasi terkini tentang aktifitasnya dan lainnya. Nah kesempatan seperti ini bisa digunakan untuk menulis blog ataupun hanya sekedar berselancar blog. Jika agenda penerbangan mu adalah untuk melakukan perjalana n wisata, boleh banget sembari menunggu pesawat delay, kita berselancar di dunia maya. Mencari informasi tentang destinasi wisata yang aka dituju, aktifitas wisata dan akomodasi atau hotel di tempat tujuan. Apabila paket wisata Jogja menjadi pilihan, maka kita bisa memastikan paket yang diambil benar-benar sudah oke. Menghubungi biro perjalanan wisata atau travel agent yang menjemput, akan menjadi informasi yang berharga. Sebab, team dari travel akan mencatat dan menyiapkan diri di bandara untuk jadwal kedatangan pesawat yang sudah fix.

 

7. Melakukan Pekerjaan Kantor

Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan sembari online dan tidak harus berada di tempat. Profesi apapun yang memungkinkan kita terhubung dengan internet dan online masih bisa kita lakukan dimanapun asal ada koneksi. Sehingga melakukan pekerjaan seperti ini bisa kita lakukan sembari menunggu delay pesawat.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan selama menunggu pesawat delay. Jika kalian belum menentukan jadwal tiket pulang dari liburan, hal ini bisa kalian manfaatkan untuk booking tiket. Apalagi jika kalian adalah wirausaha dan pebisnis online, maka setiap waktu akan menjadi berharga untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dimana ada kesempatan kita bisa melancarkan aksi berdagang via media online tentunya. Saat ini, kita tinggal pandai-pandai memanfaatkan waktu dan kesempatan pun juga dalam masalah delay pesawat. Efek dari pesawat yang terlambat, tidak akan terlalu significant sebenarnya kecuali delay nya cukup lama. Biasanya akan dilakukan beberapa penyesuaian berkait dengan terlambatnya pesawat. Jika kita sedang berencana untuk menuju ke destinasi wisata, dan mengikuti paket wisata yang sudah ditentukan. Maka, diperlukan penyesuaian dalam rencana paket wisata atau itinerary. Itinerary yang diharuskan sudah dijadwalkan akan mengalami beberapa penyesuaian dari 3 opsi berikut ini :

1. Cancel, atau tidak jadi dikunjungi.

Destinasi awal yang rencana nya akan dikunjungi pertama kali setelah transfer in akan mengalami pembatalan. Wisatawan biasanya dapat menerima keputusan ini karena memang ada kondisi di luar dugaan / forje majeur.

2. Reschedule

Penjadwalan kembali destinasi yang akan dikunjungi di hari pertama kedatangan wisata. Biasanya akan diberikan opsi di hari kedua pagi sekali sehingga hanya sedikit menggeser jadwal wisata di hari kedua. Tentu tanpa mengurangi target kunjungan destinasi dalam wisata di hari kedua.

3. Optional Destination,

artinya ada semacam tour pengganti atau destinasi pengganti yang akan dipilihkan karena satu obyek tidak bisa dikunjungi. Hal ini tentu tergantung kesepakatan yang terjadi dengan wisatawan atau peserta tour.

 

Ada 3 pilihan dari optional yang bisa dipilih untuk menyesuaikan kondisi karena terlambatnya pesawat di hari pertama trip kita. Asal kan semua dikomunikasikan dengan travel agent, maka akan didapatkan solusinya nya win win solution. Jogja sebagai destinasi wisata memiliki ratusan obyek kekinian dengan tiket masuk wisata yang murah. Sehingga destinasi semacam ini bisa menjadi solusi atau alternatif untuk poin ke tiga. Yakni ada destinasi tambahan atau destinasi pengganti yang masuk dengan budget wisata. Terutama untuk sunrise atau pemandangan matahari terbit akan menjadi kejutan untuk wisatawan jika diberikan. Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan dan juga Punthuk Stumbu juga merupakan destinasi yang cocok untuk optional trip.

Hal lainnya yang dapat dikondisikan untuk wisata tambahan adalah pengalaman wisata sunset. Sunset Tour bisa menjadi alternatif pemandangan yang menarik dan menjadi opsi untuk mengganti destinasi yang tidak bisa dijangkau. Sunset Pantai Parangtritis juga sangat menarik dan rekomended untuk dikunjungi sebagai pengganti obyek wisata yang tidak jadi diambil. Well, have a nice Vacation.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja