Paket Wisata Jogja - Tour Jogja Custom

Liburan Jogja Thematic

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777 & 085 329 196777
Email: [email protected]

Home Tips Wisata PENTING! , Tips Aman Naik Jeep Lava tour Merapi

PENTING! , Tips Aman Naik Jeep Lava tour Merapi

Wisata ke Jogja akan selalu istimewa dan pastinya destinasi  kali ini bakalan bikin kalian merasakan sensasi adventure. Merapi Lava Tour merupakan destinasi yang banyak dicari untuk alternatif wisata petualangan. Sehingga apabila nanti dalam rangkaian agenda wisata di Jogja menghendaki pengalaman berbeda, Jeep Merapi ini bisa dicoba. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan dan dilakukan agar naik jeep menjadi nyaman. Selain pilihan waktu, beberapa hal patut kita catat dan lakukan agar selama ber wisata Jeep Merapi kita bisa merasakan aman. Merapi Lava Tour ini adalah aktifitas wisata outdoor mengelilingi area Merapi dengan track jalan yang tidak mulus. Sehingga kendaraan berupa Jeep lah yang cocok untuk kontur medan yang cukup keras dan terjal. Sebelum masuk pada tips aman naik jeep merapi, sejenak kita kilas balik kapan dimulainya aktivitas jeep di merapi.

FlashBack Jeep Lava Tour Merpai

Merapi lava Tour ini mulai banyak dikembangkan sebagai jenis wisata alam dan wisata petualangan. Kapan mulainya?mulainya adalah selepas erupsi Merapi pada tahun 2010 lalu. Sehingga sisa-sisa lahar vulkanik membentuk jalur baru yang akhirnya dilewati oleh wisatawan dengan Jeep Merapi. Adanya efek perubahan kondisi Lereng , selepas erupsi Merapi di sisi lain menjadikan berkah dan sumber pendapatan masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya aktifitas Wisata Jeep mulai dari tahun 2012 hingga saat ini. Sekitar 500 unit Jeep tersedia di komunitas Operator Jeep wisata di tempat ini. Karenanya, sudah banyak sekali efek ekonomi masyarakat dengan adanya destinasi wisata petualangan Jeep Merapi pasca erupsi.

Tips aman naik jeep

Nah, Saat ini Wisata Jeep Merapi memang dikhususkan untuk berkeliling melihat dan menjelajahi sisa-sisa erupsi Merapi 2010 lampau. Wisatawan yang menikmati Paket liburan ke Jogja dan menyertakan Wisata Jeep Merapi akan diajak mengelilingi laboratorium alam Merapi yang luas. Kita bisa belajar tentang kedahsyatan alam Merapi pada waktu terjadi erupsi. Di sisi lain, kita juga bisa mensyukuri nikmat berlimpah dan nikmat selamat dari adanya erupsi ini. Ada setidaknya 3 jenis pilihan rute wisata Jeep Merapi yang bisa dipilih oleh wisatawan.

Ada rute pendek dengan durasi hanya 1,5 jam saja, kemudian durasi sedang atau Medium yakni sekitar 2,5 jam lamanya. Durasi paling lama ada Wisata Route Long, atau panjang yakni sekitar 4,5 jam lamanya. Ketiganya akan mengantarkan kita menjelajahi panorama alam Merapi yang memukau bahkan setelah erupsi Merapi. Juga jika kita mengambil rute paling panjang, kita akan sampai di puncak tempat bermukim nya Mbah Maridjan yang sudah tiada. Mbah Maridjan ini pernah menjadi sosok yang sangat fenomenal sekali karena kesetian nya menjaga Merapi. Baiklah, agar wisatamu menjadi sedemikian nyaman dan aman selama menaiki Jeep Merapi, berikut ada tips yang bisa diperhatikan dan dijalankan nanti ya. Check it guys…

 

10 Tips Aman Naik Jeep Lava Tour Merapi

1. Moment Naik Jeep Pagi Atau Sore Hari

Karena jenis wisata Merapi ini bersifat di alam terbuka yang memungkinkan kita terkena paparan matahari secara langsung. Maka, pilihan nya adalah lebih baik kita mengambil paket jeep Merapi ini pada pagi hari atau sore hari. Sebab, kondisi matahari sedang sangat baik dan tidak menyengat. Hal ini akan membuat kita lebih bisa menikmati pemandangan alam dan suasananya. Meskipun demikian, jika terpaksa paket jeep Merapi diambil di jam makan siang yang sangat panas sebab rute tidak bisa diotak atik, tidaklah mengapa. Karena suhu udara di Lereng Merapi sangatlah dingin sebab berada di ketinggian atau area pegunungan Merapi.

Jika menghendaki suasana yang lebih manis dan romantis karena mengambil Paket Wisata Jogja Couple, ambil saja sunrise Merapi.  Melihat matahari terbit dari ketinggian Merapi berhawa dingin akan semakin menambah keindahan wisatamu. Oke, pilih waktu yang tepat antara pagi hari sebelum masuk jam 12.00 siang, akan lebih nyaman. Karena biasanya, sore hari area Merapi bisa tiba-tiba mendung dan mengalami hujan lokal.

 

2. Hindari Saat Cuaca Cerah Tidak Mendung

Tips aman naik jeep yang kedua adalah mengenai cuaca. Jika cuaca terlihat sangat cerah dan tidak mendung, maka inilah saatnya yang tepat untuk menikmati wisata Jeep Merapi. Karena jika hujan datang, kita terpaksa harus berhenti dan tidak bisa melanjutkan eksplorasi berkeliling wisata petualangan ini. Area Merapi juga seringkali mengalami kabut yang tebal yang menyebabkan jarak pandang pengemudi berkurang. Oiya, jangan khawatir karena Jeep yang disediakan sudah lengkap beserta dengan driver Jeep Merapi nya juga.

 

3. Pakaian Simple Dan Jaket Juga Butuh

Berpakaian lah yang simple selama mengikuti wisata Jeep Merapi di Jogja ini. Akan lebih nyaman mungkin sejenis bahan kaos atau yang menyerap keringat dan juga celana panjang. Karena kita berada di outdoor dan mengunjungi beberapa spot selama ber Jeep ria tersebut. Kondisi naik turun Jeep ini akan lebih nyaman jika kita menggunakan outfit yang simple. Jangan lupa juga siapkan Jaket agar tidak merasa kedinginan ketika suhu udara Merapi menjadi lebih dingin.

 

4. Kacamata Jangan Lupa Dipakai

Tips aman naik jeep lava tour yang bisa bikin kamu keren nih. Sekali lagi ada atribut lapangan atau aktifitas outdoor yang juga perlu disiapkan untuk wisata Merapi  nanti. Yes, kacamata disamping untuk bergaya juga memiliki fungsi yang melindungi mata dari debu yang berterbangan. Medan lava tour adalah berupa pasir, jadi tentu saja ada banyak debu. Kaca mata akan membantu mengurangi debu masuk ke mata. Benda ini sangat lah cocok dipake untuk berfoto di atas jeep dengan latar puncka merapi. Wow, bayangin saja udah keren ya guys, hehe

 

5. Masker Melindungi Dari Debu

Masker gunanya untuk mereka yang alergi debu dan ingin terhindar dari debu di luar ruangan. Maka, masker ini wajib dibawa untuk jaga-jaga agar kita tidak batuk-batuk selama berkendara Jeep Merapi. Kan gak asik nanti rasanya jika kita tidak bisa menikmati wisata hanya karena alergi debu Merapi. Meski demikian, Masker biasanya juga sudah disiapkan oleh Pengelola operator Jeep Wisata Merapi untuk dibagikan ke peseta.

 

6. Pilih Jeep jenis Hardtop atau Willys ?

Operator jeep di lava tour ada yang menyediakan jeep jenis Hardtop dan Willis. Nah masing-masing memiliki keunggulan. Hartoop ini memang lebih gagah jika dibandingkan dengan Jeep Wilis yang terlihat lebih kecil. Hartoop lebih tangguh dan rawan terpeleset karena susunan kendaraan nya yang cukup kuat. Namun, willys juga keren kok. Pilihan jenis Jeep ini sangat lah penting karena membuat kita merasa aman dan nyaman  selama mengikuti kegiatan wisata.


7. Muatan Tidak Boleh Lebih Dari 4 Orang

Tips aman naik jeep yang sangat penting, yaitu jangan melebihi muatan/penumpang berlebihan. Masih melanjutkan mengenai jenis kendaraan hartoop yang lebih direkomendasikan, satu Jeep hartoop nanti hanya mampu menampung 5 orang. Karena sudah ada satu driver, sisa nya hanya tersedia untuk 4 orang saja setiap jeep nya. Hal ini tentu sudah diperhitungkan demi kenyamanan dan keamanan selama berwisata. Jangan mencoba melebihi muatan Jeep ya, terutama jika peserta trip dari kalangan dewasa. Baiklah, selamat wisata adventure bersama Jeep Lava Tour Merapi Jogjakarta.

 

8. Topi atau Helm

Baru baru ini, Operator lava tour merapi menerapkan standar keselamatan baru. Yaitu, semua peserta yang  naik jeep diharuskan menggunakan helm. Dan semua operator harus menyediakan helm tersebut. Hal ini di rasa penting mengingat, medan lava tour cukup terjal yang memungkinkan benturan kepala dengan bagian body mobil. Dengan memakai helm ini, tentu peserta maupun driver akan lebih aman.

 

9. Siapkan jas Hujan

Jas hujan sering diabaikan, tapi begitu hujan turun baru merasa kebingungan. Oleh karenanya, siapkan jas hujan. Tidak perlu jas hujan seperti jas hujan motor, bawa lah jas hujan plastik. Lebih simpel dan enak di simpan. Bahkan di lipat rapi dan diselipkan di tas cukup mudah. Khusunya untuk wisata rombongan Tour Jogja Gathering atau sejenisnya, biasanya pihak travel agent sudah menyiapkan dan berjaga-jaga.

 

10. Sepatu yang kuat

Nah, sudah membanyangkan medan lava tour? Berpasir dan berbatu. Medan outdor alam di lereng gunung. Di sarankan menggunakan sepatu yang kuat. Agar tidak mudah rusak. Sepatu yang kuat juga memudahkan untuk berpijak di medan berbatu. Jangan lupa memakai kaos kaki untuk melindungi kaki. Selain memudahkan dalam berpijak, penggunakan sepatu kuat dan kaos kaki inim untuk menghindari lecet pada kaki.

 

Itulah informasi tips aman naik jeep di merapi. Dan jangan lupa, perhatikan himbauan standar keselamatan yang diterapkan oleh oeprator jeep. Jaga diri selama berwisata. Tetap santun dengan masyarakat sekitar, penting juga menjaga lingkungan dan salam wisata.

 

Jogjakartour.com

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja