PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Sehat Saat Traveling, Agar Liburan Menjadi Happy Ending

Tips Sehat saat travelingLiburan akhir tahun maupun awal tahun pastinya menjadi momen yang menyenangkan dan selalu dtunggu. Menghabiskan jatah cuti tahunan yang belum diambil, kita bisa mencoba Tour Jogja atau ke destinasi lainnya yang menarik. Banyak paket wisata Jogja yang menyediakan opsi liburan untuk keluarga sesuai dengan keinginan. Apalagi jika trip kali ini memang membawa sang buah hati atau putra putri turut serta tentu akan lebih detail dan panjang-persiapan nya. Mulai dari hal-hal kebutuhan buat putra-putri selama trip di Jogjakarta. Nah, meskipun sedang ber wisata ria, tetapi tetap wajib ya buat terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jangan sampai selepas trip malah letoy dan sakit-sakitan karena kita abai dan tidak memperhatikan kesehatan selama berwisata. Yuks, apa saja tips sehat saat traveling. Check yaa…

Tips Sehat Saat Traveling

 

1. Banyak Minum Air Putih

Ya Pastikan diri kita tidak dehidrasi atau kekurangan cairan selama melakukan perjalanan wisata di sebuah destinasi. Mineral water yang cukup harus selalu tersedia di mobil ataupun di tas jinjing kita. Asupan air yang cukup membuat kita bisa beraktifitas dengan maksimal. Jika sampai dehidrasi kita akan bisa pingsan karena kekurangan cairan. Tubuh kita ini sebagian besar memang berisi cairan atau air sehingga kita terus membutuhkannya untuk membuat semua berjalan seimbang. Hal yang perlu digaris bawahi adalah, selektiflah memilih air minum. Minumlah air yang sehat dan sesuaikan antara suhu tubuh dengan kondisi cuaca.

 

2. Tetap Sarapan Pagi

Sarapan akan membuatmu terus bisa berfikir dan bertindak waras. Eits bukan nya berlebihan ya..tubuh yang tidak cukup asupan nutrisi dan karbo di pagi hari, maka akan kekurangan oksigen di dalam otaknya. Sehingga Sarapan pagi ini mesti kita lakukan. Terlebih lagi sarapan pagi biasanya sudah disajikan lengkap oleh hotel atau homestay dimana kita menginap.

 

3. Minum Multivitamin

Multivitamin ini seperti vitamin C terutama bagus juga untuk menjadi asupan tambahan bagi tubuh. Aktifitas yang padat selama berwisata, tentunya membuat tubuh jadi lebih mudah lelah. Berwisata memang membahagiakan, tetapi juga diperlukan fisik yang sehat dan prima untuk bisa menikmati keindahan sebuah destinasi wisata. Multivitamin seperti vitamin E juga dibutuhkan tubuh lebih banyak karena pasti kulit kita akan terkena paparan matahari yang menyengat di luar sana. Yuks, siapkan multivitamin andalanmu.

 

4. NO Junkfood

Tips sehat saat traveling berikutnya yaitu jangan mengkonsumsi junkfood. Well, meskipun kita sedang berwisata di luar, bukan berarti sulit ditemukan berbagai jenis makanan sehat di luar sana. Kita bisa dengan sengaja memilih resto yang menyediakan makanan sehat, atau makanan berserat lainnya. Jikapun kita ingin wisata kuliner yang memanjakan lidah, jangan lupa imbangi dengan makanan sayur buah yang menyehatkan. Ada juga banyak sekarang ini restauran dengan konsep organik maupun vegetarian. So, No JunkFood adalah pilihan ataupun keharusan selama berwisata. Kalopun ada khilaf-khilafnya karena kita terpaksa mengambil junkfood sebab tidak tahan lapar, maka penuhi nutrisi lainnya yang seimbang.

Baca: 10 Wisata Kuliner di Jogja Terpoluler

 

6. Jaga Istirahat

Walaupun lagi happy-happy nya berwisata dan kita seringkali mengharapkan bisa mengunjungi banyak destinasi dalam satu waktu, kita perlu melihat kondisi tubuh. Idealnya dalam setiap paket wisata sudah ada itinerary atau rundown yang dibuat dengan nyaman untuk jadwal kunjungan selama trip. Sehingga tidak ada aktifitas kunjungan wisata yang amburadul alias tidak menyenangkan. So, dengan dua atau tiga destinasi dalam sehari ini sudah cukup membuat kita puas berwisata, maka sediakan waktu istirahat di sore atau malam harinya. Dalam satu waktu kita butuh free program yang tidak terikat dengan jadwal dari pihak travel. Sehingga kita bisa menikmatinya untuk sekedar jalan-jalan santai dan juga berbelanja yang nyaman. Istirahat yang cukup agar kita tidak kelelahan dan bisa mengikuti perjalanan wisata esok hari berikutnya dengan tenang dan heppy.

 

6. Sempatkan Olahraga

Olahraga singkat dengan jogging di seputaran hotel atau homestay tempat kita menginap, juga bisa dilakukan. Bagi yang sudah terbiasa dengan aktifitas olahraga rutin lainnya maka hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan selama berwisata. Peregangan ringan dan hal-hal yang membuat kita sedikit berkeringat sebelum sarapan pagi di hotel ini bisa kita lakukan. Terutama juga jika kita menginap di Homestay atau di Villa yang bagus pemandangan nya maka ini lebih cocok untuk dilakukan. Lain hal ketika kita memilih hotel di pusat kota yang sudah sangat padat, kita tentu berasa tidak nyaman. Well, take a sport 30 minutes a day in the morning guys..

 

7. Keep Positif

Tetap berfikir positif selama menjalani trip akan membuat kita senantiasa healthy n beauty. Karena kita sudah menyerahkan sepenuhnya paket tour pilihan kepada travel agent profesional yang kita tunjuk maka tak perlu khawatir. Biasanya semua arrangemen dan kebutuhan kita selama berwisata sudah dimanage dan diatur dengan baik. Jika ada kendala sedikit selama berwisata anggap saja ini sebagai iklan atau selingan yang bisa dinikmati. Seperti macet di sepanjang perjalanan, atau padatnya pengunjung di lokasi destinasi wisata dan hal-hal teknis lainnya. Nikmati perjalananmu dan keep positif selalu.

 

8. Skincare dan Sunblock

Tips sehat saat traveling yang wajib di bawa adalah scincare atau sunblock. Skincare andalan bagi wanita sepertinya menjadi tools wajib yang juga harus dibawa selama perjalanan. Termasuk juga tabir surya atau sunblock karena kita akan berkeliling ria bermandikan sinar matahari sepanjang hari. Sunblok dan skincare dengan minimal SPF 15-20 harus terus dipakai dan sebagai senjata pelindung harianmu selama trip.

 

9. Jangan Tidur Larut

Berwisata selalu asik dan menyenangkan yang kadangkala membuat kita kalap dengan menghabiskan seluruh waktu untukĀ  trip dan berbelanja. Seringkali sore dan malam hari masih dilanjutkan dengan free programme oleh para wisatawan untuk menikmati kuliner malam. Hal ini tentu sah sah saja untuk dilakukan asalkan tidak membuat kita begadang semalam suntuk. Apalagi jika pagi hari nya kita harus cepat-cepat check out hotel untuk mengejar pesawat maupun kereta pulang. So, beraktifitas yang wajar dan tidak terlalu larut selama perjalanan wisata membuat kita tetap nyaman dan sehat.

 

10. Payung dan Jaket Sebagai Pelindung

Ada kalanya waktu wisata kita bertepatan dengan musim penghujan yang datang di akhir dan awal tahun. Sehingga bekal berupa jaket dan pakaian tebal mesti kita siapkan ketika packing sebelum keberangkatan wisata. Dan ketika di lokasi ternyata hujan, payung yang mini bisa tetap menjadi teman setia di tas kecil yang kita bawa selama trip. Musim hujan tidak menghalangi kita untuk menikmati indahnya daerah tujuan wisata. Jika berwisata alam, hanya dibutuhkan sedikit waktu bersabar untuk menunggu dan kadangkala kabut yang indah datang selepas hujan bisa menjadi view berfoto kita yang manis. Itu tadi ulasan seputar tips sehat saat traveling. Yuks, siapkan agenda liburan awal tahunmu ke Jogjakarta dan pilih paket wisata jogja terbaik.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja