PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Wisata Kuliner di Obyek Wisata, Gali Informasi Sebelum Mencobanya

Ada kalanya, ketika kita sedang berwisata kita ingin berburu kulinernya sekaligus. Sebab wisata kuliner atau kebutuhan makan menjadi kebutuhan primer kita saat berwisata sekalipun. Jika sedang dalam keadaan berwisata, kita biasanya ingin menikmati pengalaman baru mengenai cita rasa kuliner suatu daerah. Sebab, kuliner ini juga menjadi daya tarik bagi sebuah kawasan wisata. Segala sesuatu yang ada di obyek wisata, jika dikemas dengan menarik akan menjadi suguhan tersendiri bagi wisatawan. Termasuk juga potensi makanan khas, maupun kuliner lokal yang dikelola dengan baik bisa menjadi bagaian dari destinasi wisata itu sendiri.

Pengalaman berwisata akan menjadi lengkap jika wisatawan bisa sekaligus mencicipi potensi kulinernya. Sebab tidak hanya memori dan indera penglihatan saja yang dimanjakan ketika berwisata. Harus ada pengalaman melalui indera pengecap yang bisa dirasakan oleh wisatawan yang datang melalui makanan. Karenanya, pengalaman ini bisa memantik seorang wisatawan untuk datang kembali suatu saat. Alasannya sepele, hanya ingin bisa menikmati dan mencicipi pengalaman kuliner lagi seperti sebelumnya. Apalagi tempat makan tersebut memiliki suasana yang khas daerah setempat. Misal; angin yang sejuk, suara khas musik daerah, atau bentuk bangunan khas.

wisata kuliner

Nah, misal perut sudah keroncongan nih ya dan kita sedang berada di daerah yang jauh dari tempat tinggal seperti halnya kawasan wisata. Bagaimana caranya kita bisa memperoleh rekomendasi tempat makan yang enak. Sebab, jika tidak hati-hati ada kalanya juga kita akan mendapati harga makanan yang cukup mahal di area wisata. Ada banyak cara agar kita tidak salah pilih dan bisa mendapatkan tempat makan yang enak di destinasi wisata. Kali ini kita akan kupas 5 cara mendapatkan tempat makan rekomended di Destinasi wisata.

 

Tips Memilih dan Menentukan Wisata Kulier di Obyek Wisata

 

1. Cari Tahu Dari Internet Mengenai Kuliner Lokalnya

Internet adalah sumber dari sumber data yang cukup massif dan hampir semua informasi bisa kita dapatkan di sana. Termasuk juga mengenai potensi wisata kuliner suatu kawasan wisata. Jika kita jeli, kita bisa mencari tahu satu per satu via internet berkaitan dengan destinasi wisata sekaligus kulinernya. Bagi wisatawan, sebelum membeli paket wisata biasanya mereka akan memastikan terlebih dahulu via web atau ulasan yang ada di internet.

 

2. Baca Review Dari Para Blogger

Review atau ulasan lengkap mengenai sesuatu biasanya banyak dilakukan oleh para blogger. Cari banyak review mengenai kualitas kuliner suatu daerah wisata berikut dengan rekomendasinya. Blogger kuliner dan blogger wisata atau travel blogger lah yang paling sering mengupas jalan-jalan dan kulineran.

3. Intip IG khusus Kuliner dan Website Kuliner Nusantara

Ada lagi media terpercaya yang bisa kita jadikan referensi untuk memilih kuliner yang direkomendasikan. Testimoni rasa dan tempat paling banyak dan jujur direview dari para pelanggan. IG khusus kuliner dan website kuliner Nusantara bisa menjadi panduan wisata kulinermu.

4. Minta Rekomendasi Kepada Travel Agent Terpilih

Jika pilihan wisatamu kali ini menggandeng travel agent pilihanmu, ada baiknya sekaligus meminta masukan dari travel. Sehingga pilihan tempat makan nanti benar-benar tepat dan sesuai di lidah. Travel juga bisa sekaligus memasukkan tempat makan dalam rangkaian wisata. Sehingga selama perjalanan wisata kita tidak perlu repot lagi mencari tempat makan di daerah destinasi wisata. Pemilihan tempat makan pasti juga akan dipilihkan yang arahnya sejalur dengan destinasi tujuan. Sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga selama menjalani wisata tersebut.

 

5. Menanyakan Kepada Penduduk Lokal

Hal terakhir yang juga bisa dilakukan ketika berada di obyek wisata adalah tentu bertanya kepada penduduk lokal. Dimanakah rekomendasi kuliner yang enak dan terjangkau serta sekaligus menjadi pengalaman mencicipi kuliner khas. Penduduk setempat kebanyakan sudah hafal dan faham harus menunjukkan ke mana. Jika tidak, misalkan kita menyewa mobil saja kita bisa menanyakan kepada driver yang membawa kita berkeliling.

Jika dalam paket wisata Gathering perusahaan, tetap ada waktu di malam hari ketika waktu bebas agar kita bisa jalan-jalan. Pilihan berwisata kuliner ini bisa kita tuju dengan berjalan kaki atau bisa juga dengan becak maupun gojek. Selain itu, penduduk lokal juga bisa berarti teman kita yang berasal dari daerah wisata tujuan. Sehingga sebelum mengunjungi kota tersebut,kita sudah lebih dahulu mengumpulkan informasi wisata kuliner. Jika kita sedang mengambil paket wisata Jogja, maka pilihan untuk mencoba kuliner khas bisa kita temui di sepanjang Malioboro.

 

Gali Informasi Seputar Wisata Kuliner Tersebut

 

Wisata kuliner ini menjadi alternatif juga ketika kita masih memiliki cukup waktu dalam rangkaian acara wisata. Sehingga bisa di sore hari atau malam hari ataupun juga ketika sisa waktu dari selisih perjalanan kita. Jika pun tidak, waktu-waktu makan bisa kita gunakan untuk menikmati wisata kuliner ini. Seperti halnya waktu makan siang dan waktu makan malam yang ada di destinasi wisata. Sebelum berencana memutuskan jenis wisata kuliner yang akan kita pilih, sebaiknya kita kumpulkan beberapa informasi mengenai kuliner seperti berikut..

1. Jenis Dan Nama Kuliner

Jenis kuliner dan Nama Kuliner menjadi penting untuk diketahui di awal. Sehingga kita dengan mudah bisa menemukan reviewnya. Pasti akan sangat mudah untuk mencari penjelasan dan detail informasi setelah kita tahu apa nama kuliner khas.

 

2. Lokasi Kuliner

Lokasi wisata kuliner bisa menjadi informasi kedua yang harus kita cari dan kita fahami. Sebab jangan sampai jika kita memilih jenis wisata kuliner tetapi secara lokasi terletak jauh dari destinasi wisata. Lokasi kuliner ini akan menjadi pertimbangan driver atau Pemandu Wisata yang membawa trip kita.

 

3. Harga Makanan

Harga Makanan dan menu kuliner yang ada perlu kita ketahui sejak awal. Sehingga kita bisa menyiapkan budget wisata kuliner dari awal. Hal ini juga untuk menghindari jika kita mendapati harga yang dimahalkan atau melambung tinggi di obyek wisata. Kita bisa menyampaikan keluhan atas kondisi tersebut. Jika wisata di Jogja yang diambil, tenang saja sebab hampir semua wisata kuliner di kota ini memiliki harga terjangkau.

 

4. Keunikan dan Ke Khasan

Yang menjadi keunikan dan pembeda dengan daerah lain salah satunya adalah jenis kuliner. Nah, di sini pastikan dlu dari manakah keunikan yang bisa dirasakan dan dinikmati. Sehingga kuliner tersebut bisa menjadi unggul dan dicari oleh wisatawan. Dengan mengetahui keunikah tersebut setidaknya bisa menghilangkan rasa penasaran yang muncul.

 

5. Halal Atau Tidak

Bagi wisatawan muslim, pilihan jenis bahan makanan yang halal menjadi sarat utama untuk makan. Sehingga pastikan dulu bahwa jenis kuliner yang kita pilih memang berasal dari bahan-bahan yang jelas halalnya. Sehingga wisatapun akan menjadi nyaman dan tenang.

Selamat mencoba, menemukan destinasi wisata kuliner di tempat wisata tujuanmu. Jangan  sampai salah pilih yang bikin sakit perut dan sejenisnya. Pastikan wisata kuliner menjadi pengalaman berharga yang membuat kita kangen dengan suatu daerah wisata. Sehingga suatu saat kita menginginkan untuk datang kembali

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja