PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Kuliner Sate Kambing Jogja yang Recomended

Berlibur ke Jogjakarta, rasanya sayang sekali dan seolah rugi jika tidak disempatkan berburu wisata kuliner Jogja. Selain destinasi wisatanya yang beragam, Jogja memiliki potensi wisata kuliner yang tidak hanya murah tetapi juga bisa diperhitungkan rasanya. Pas banget kalau sedang wisata di Jogja, kemudian perut keroncongan butuh diisi segeralah merapat ke pusat kuliner Jogja. Kali ini pilihan kuliner serba kambing di Jogja akan melengkapi ide liburan akhir pekan mu. Kenapa Kambing? Sebab jenis daging satu ini dipercaya dan sudah terbukti mampu menaikkan stamina tubuh. Apalagi yang sedang jalan-jalan di Jogja, ada suatu tempat dimana area tersebut dipenuhi oleh pedagang sate kambing. Tepatnya di jalan imogiri timur, sepanjang jalan kanan dan kiri kalian akan menemukan warung-warung sate kambing. Mengapa sate? tempat ini yang paling terkenal adalah sate klathak. Apa itu sate klathak? menu apa saja selain sate kambing? Yuk simak, penjelasannya di bawah ini dalam pembahasan 7 sate kambing jogja yang rekomended:

Rekomendasi 7 Kuliner Sate Kambing Jogja

 

1. Sate Kambing Samirono

warung sate kambing di jogjaSate Kambing Samirono ini terletak di Jalan Colombo, Caturtunggal Depok Sleman. Warung sate ini sangat legendaris dan buka selama 24 jam nonstop. Lokasi ini berada di sebelah selatan GOR Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat UNY. Tempat ini sangat strategis karena dekat dengan salah satu kampus besar di Jogjakarta. Sate kambing Samirono dikenal legend sebab rasanya yang masih asli walaupun sudah berdiri selama puluhan tahun. Tidak hanya sate kambing yang bisa kita temui, sebab ada jenis olahan ayam dan sapi yang juga bisa kita pilih. Untuk menu kambing kita bisa mencoba sate daging kambing, sate daging kambing tanpa lemak, sate goreng kambing, sate buntel kambing, kambing guling, gule, tongseng, tengkleng dan nasi guring kambing. Wuihh..bikin perut makin laper dan keroncongan.




2. Sate Kambing Pak Dakir

sate kambing khas jogjaSate kambing jogja satu ini sudah berusia 50 tahun an atau sekitar sudah lebih dari setengah abad lamanya. Setiap warung atau tempat wisata kuliner pasti memiliki menu ke khas an meskipun sama-sama kambing. Keunikan menu di sini, selain sate klathak nya adalah Nasi Goreng Pliket. Dinamakan Pliket karena nasi goreng ini dicampur dengan sumsum kambing dalam pengolahan nya. Pliket sendiri dari bahasa Jawa yang artinya lengket, seperti karakter sumsum kambing yang lengket di nasi goreng nya.

Warung sate ini buka dari jam 5 sore hingga jam 10 malam. Bertempat di Jl. HOS Cokroaminoto no.75 menjadikan tempat ini startegis karena dekat dengan Nol Kilometer nya kota Jogjakarta. Jika diakses dari Malioboro, kita perlu berjalan ke arah barat sekitar 10 menit perjalanan. Menu selain gulai dan tongseng kambing, terdapat sate hati kambing dan sate bumbu. Dalam hal penyajian nya, sate Kambing yang sudah berdiri sejak tahun 1966 ini menggunak tusuk dari bambu. Jumlah sate yang disajikan sebanyak 5 tusuk, jelas cara ini berbeda dengan sate yang ada di area Jejeran Bantul yang biasanya menggunakan jeruji besi dan disajikan 2 tusuk se porsi nya.


3. Sate Klathak Pak Pong

sate kambing jogjaSate Kambing pak pong satu ini legendaris banget dan yang paling terkenal di antara deretan sate klathak yang ada di Jejeran. Ketenaran Pak Pong ini semakin melejit sejak Pak Bondan Winarno datang meliput bersama salah satu acara kuliner yang terkenal kala itu. Dilihat dari namanya memang unik dan seunik cara memasaknya. Keunikan sate klathak di area Jejeran ini adalah sate khas kambing muda yang dimasak dengan jeruji besi. Biasanya diambil dari Jeruji sepeda yang terbuat dari besi karena bisa menghantarkan panas dengan baik. Selain itu, bumbu sate klathak di sini hanya dibumbui dengan garam dan lada. Sederhana saja tapi rasanya sungguh ciamik, rasa gurih khas kambing muda.

Menu lainnya yang kami sarankan adalah Kicik, semacam tongseng yang dimasak lebih kental dengan kuah yang sedikit. Jangan lewatkan wisata kulinermu di Jogja di sate Pak Pong yang terkenal banget ini. Sate pak pong ini terletak di jalan imogiri timur. Oia, sama dengan kantor jogjakartour yang berada di jalan imogiri timur nih, jadi berdekatan. Jadi bagi yang ingin dibuatkan paket liburan ke jogja, dengan salah satunya wisata kuliner sate klatahak pak pong, bisa kami buatkan.


4. Sate Petir Pak Nano

sate kambing pak nanoAda lagi kuliner sate kambing jogja yang punya nama unik dan ciri khas nya dari sate lainnya. Adalah sate Petir Pak Nano yang berada di daerah Selatan Kota Jogjakarta. Tepatnya di dusun Tirtonirmolo, Kasihan Bantul Jogja. Sate kambing satu ini memiliki irisan cabe rawit yang sangat banyak dalam penyajian nya. Nah, karena saking pedasnya ini asal mula nama sate Petir Pak Nano.

Sate petir ini berdiri sejak tahun 1984 dan resep nya adalah warisan orangtua pak Nano. Menu nyleneh selain daging kambing yang bisa ditemukan di sana adalah tongseng kepala kambing, kikil, jeroan kambing dan otak kambing. Warung yang hanya buka dari jam 12.00 siang hingga jam 18.00 sore ini memiliki level kepedasan dan sebutan nya. Rasa pedas yang paling rendah adalah Level PAUD, kemudian level Playgorup dan yang paling petir banget adalah Level Profesor. Kepedasannya ngebikin lidah seolah tersampar petir. Bagi kalian pecinta kambing dengan masakan pedas, sate kambing jogja pak nano solusinya.


5. Tengkleng Gadjah

tengkleng gajah jogjaTengkleng adalah menu masakan kambing yang bercita rasa rempah dengan potongan-potongan tulang dengan daging yang masih melekat. Kelezatan tengkleng selain dari bumbu rempah nya adalah dari sensasi menikmati daging-daging guring yang melekat di tulang. Well, tengkleng Gadjah ini unik dilihat dari namanya.

Dan karena kita sedang membahas kambing, pastilah tengkleng Gadjah ini diolah dari menu kambing. Hanya saja, porsi yang disediakan dalam bentuk Jumbo sehingga banyak orang menyebutnya dengan nama Tengkleng Gadjah. Terletak di Bulurejo, Minomartani, Ngaglik Sleman ini, dapat kita akses sembari berkunjung ke World Landmark Merapi.






6. Tengkleng Hohah

tengkleng hohahTengkleng satu ini khas anak muda banget, didirikan oleh Saptuari Sugiharto salah satu pengusaha dan Penulis Muda yang berasal dari Jogja. Terletak di bagian timur kota Jogja, tepatnya di Jl,Wonosari Km.7 sehingga tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Nama Hohah yang berarti pedas diambil untuk mencirikan pedasnya menu kambing yang tersedia. Nikmatnya Klamutan Balungan adalah tagline tengkleng Hohah yang diartikan dengan nikmatnya mengicipi tulang belulang.

Hal unik yang ada di wisata kuliner serba kambing Jogja ini adalah Tengkleng Porsi Kingkong. Artinya porsi jumbo yang bisa dimakan oleh 4 hingga 5 orang. Jika tidak terlalu menyukai menu tengkleng hohah, kita bisa pilih kicik balungan yang mirip dengan tengkleng tapi rasanya cenderung agak manis. Hmm.. nyummi




7. Tengkleng BhenJoyo

Tengkleng Bhenjoyo ini menyajikan tengkleng khas Solo, yakni yang dimasak tanpa menggunakan santan. Sedangkan kebanyakan tengkleng lainnya di Jogja menggunakan santan sebagai bahan kuah tengkleng nya. Keunikan tengkleng BhenJoyo yang berada di Jalan Parangtritis ini adalah kita bebas memilih isian tengkleng nya sendiri. Isian kambing sudah disediakan dan diikat dengan tali bambu yang nanti akan dimasak oleh pegawai warungnya. Bagian tubuh kambing yang lain juga disediakan di warung ini seperti lidah, otak, telinga,kaki, ginjal dan jantung kambing. Wah, lengkap yaa untuk menikmati wisata kuliner di Jogja yang menyempurnakan paket tour Jogja kalian.

Itu tadi 7 warung sate kambing jogja yang rekomended untuk menemani liburan di jogja. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, salam wisata.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja