PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Menabung untuk Liburan Akhir Tahun

tips menabungTahun 2018 memasuki periode tengah tahun yang berarti separuh perjalanan tahun 2018 sudah hampir terlewati. Sudahkan Plan Liburanmu terlaksana dengan baik di awal tahun ini?. Jika belum, yuks dievaluasi jangan-jangan salah satu kendalanya adalah faktor keuanganmu. Ya, meskipun finansial memegang peranan yang sangat penting dalam liburanmu, kita bisa tidak memulu berpaku pada trip yang mahal. Atau, jika masih tersisa satu semester lagi untuk menghabiskan tahun 2018 ini yuk kita mulai menabung untuk traveling. Apa saja ide dan tips menabung yang bisa dilakukan jika kita berkeinginan keras untuk bisa traveling di 2018 ini. Simak ulasannya dan bang bing bung ..yuk kita nabung.. tang ting tung ting…ayo travelling…



10 Tips Menabung untuk Liburan




1. Mulai Menabung Dari Sekarang Ini

liburanLiburan akhir tahun 6 bulan lagi. Satu semester ini jika kalian serius dan disiplin, pasti bisa!. Yes, memulai kebaikan dan niat baik janganlah di tunda tunda termasuk dalam hal menabung ini. Apalagi jika hasrat liburanmu sudah sedemikian tinggi dan sudah punya jadwal cuti dari kantor yang harus dimanfaatkan. Menabung lebih dini pasti lebih baik disamping akan menjadikan kebiasaan, hal ini juga semakin mempercepat tercapainya tujuan dan cita-cita travelingmu. Jadi, kapan mulai menabung? Ya, sekarang ini. Setelah membaca artikel ini, niatkan yang kuat dan “go action”.




2. Tabung Mulai Dari Nilai Yang Kecil Tapi Rutin

cara menabungKadangkala, hal- hal kecil yang dilakukan secara rutin tapi berkesinambungan akan jauh lebih baik dibanding hal besar yang dilakukan sekaligus. Demikian juga dalam hal menabung dari nilai-nilai yang kecil yakni Rp 10.000 atu Rp 20.000 per hari. Atau setiap kita menemukan pecahan tertentu kita menyepakati dalam diri untuk menabungnya setiap hari. Nah, cara ini lumayan cukup efektif karena tahu-tahu jumlah tabungan yang terkumpul sudah mendekati target. Sebab, hal- hal kecil yang rutin seperti ini tidak akan terasa berat dan hasilnya akan kelihatan jika kita rajin.




3. Sisihkan dari Gaji Per Bulanmu

kiat-kiat menabungBerapa persen baiknya dari penghasilan bulanan yang harus disave menjadi tabungan? Dan Tentunya tidak dapat digunakan untuk yang lainnya. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, bisa 10% bisa 20%. Hanya kalian lah yang tahu. Bersikap dewasa dan bijaksana dalam penggunaan uang. Bagaimana pun menabung adalah perilaku yang baik. Berapa pun uang (freecash) yang ada, bisa kalian tabung. Dan biasakan ini setiap bulannya. Maka akan menjadi pola displin yang baik dalam hal menabung.





4. Ikutilah Arisan Dan Semacamnya

menabung arisanTips menabung berikut ini cukup ampuh, yaitu mengikuti arisan. Mengikuti arisan dan semacamnya adalah cara lain dari menabung. Bisa disebut juga dengan menabung yang dipaksa. Sebabnya, mau tidak mau kita harus menyetor sejumlah uang sebagai arisan yang disepakati. Di akhirnya nanti kita akan membuka dan mendapat jatah arisan tersebut sebanyak dari yang sudah dikumpulkan dan disepakati kelompok. Tidak aneh juga, jika pendapatan kita dari hasil arisan inilah nanti yang akan membiayai trip kita. Menarik bukan?





5. Pisahkan Rekening Pribadi Dengan Rekening Traveling

menabung di rekeningTips menabung kali ini sangat membantu kalian mendukung perilaku menabung. Nah, pemisahan rekening ini sangat cocok untuk kalian yang tidak sanggup menahan diri dari godaan. Terlebih lagi bagi mahasiswa berapa pun uang yang ada di atm akan selalu terpakai. Jadi pemisahan rekening antara rekening pribadi dan rekening liburan mu akan membantu mu memilah-milah dan mengaturnya dengan baik. Kita kemudian harus disiplin untuk tidak mengambil uang dari rekening liburan selama jangka waktu tertentu. Nikmati prosesnya dan segalanya akan terbayarkan begitu kita sudah sampai di destinasi wisata yang dikunjungi.




6. Ikuti Program Tabungan Berjangka Untuk Yang Sulit Menyisihkan Uang

tabungan berjangkaSelain pemisahan rekening untuk liburan yang dipisah dengan rekening sehari-hari, ternyata ada cara lainnya yang juga efektif. Cara ini yakni dengan mengikuti program tabungan berjangka yang diadakan oleh Bank Konvensional di Indonesia. Hampir semua Bank memiliki program semacam ini. Program semacam ini sudah cukup berhasil membantu orang-orang yang ingin membeli barang tertentu, liburan, Haji dan Umroh. Tabungan berjangka adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk kita punya bekal uang cukup selama liburan.




7. Menabung Dalam Bentuk Lain

tips menabung emasBagi kalian yang suka tergoda dengan uang cash atau uang yg ada di atm, ada baiknya kalian menabung dalam bentuk benda, seperti emas. Ada banyak keuntungan yang didapat apabila kalian menabung dalam bentuk emas, misalnya; nilainya tidak akan susut. Hal ini dikarenakan nilai emas akan mengikuti pertumbuhan nilai mata uang. Beda halnya dengan uang yang ditabung di rekening. Nilainya akan menyusut meski jumlahnya tidak. Selain itu, menabung emas tidak akan terkena administrasi bunga, beda halnya menabung di bank.





8. Hindari Belanja Yang Tidak Urgent

tips hemat menabungTips menabung juga harus didukung oleh perilaku. Nah perilaku yang sering menggagalkan kita menabung adalah perilaku boros dan sering berbelanja yang tidak penting. Seringkali dalam penggunaan keuangan harian, kita lebih banyak membeli barang-barang yang ingin dibeli. Bukan pada apa-apa yang seharusnya dibeli yang menjadi kebutuhan. Sehingga secara tingkat urgensinya barang tersebut belum mendesak untuk dibeli. Nah, baiknya alokasi belanja yang seperti ini yang jauh lebih banyak untuk bisa dihemat dan alokasikan untuk wisata di Jogja. Ya, wisata ke Jogja tidak membutuhkan banyak pengeluaran dibanding alokasi trip ke kota lainnya apalagi keluar negeri. Penuhi kebutuhan hidupmu dan bukan gaya hidupmu.

 

9. Pilih Destinasi Terjangkau Budget dan Dekat

menabung agar bisa liburan ke luar negeriDestinasi wisata yang kita pilih pastikan yang sesuai dengan isi kantong kita dan tidak membutuhkan cost yang mahal. Sebab, dalam agenda wisata pasti kita akan membutuhkan tiket atau transportasi. Jika berhasil mendapatkan promo tiket pesawat, kita bisa memanfaatkan  kondisi ini. Kalaupun tidak, pilihan kereta api bisa menjadi solusi untuk menjangkau destinasi wisata yang akan kita tuju.

Jogjakarta adalah daerah tujuan wisata yang sangat terakses dari kota-kota besar di Indonesia dan memiliki biaya hidup yang tidak mahal. Otomastis, jika kita menginventasikan biaya untuk menikmati perjalanan paket tour Jogja, kita akan mendapati harga makanan dan penginapan yang tidak terlalu tinggi. Selain penginapan dan tempat makan, kita butuh juga untuk mengeluarkan biaya di obyek wisata. So, irit irit yaa kalo kantong kamu lagi sempit.

 

10. Pilih paket wisata atau Request Paket

paket tour ke jogjakarta

paket tour ke jogjakarta

Sebelum liburan tiba, usahakan 2 bulan sebelumnya sudah mencari travel agen profesional yang siap menjadi konsultan liburanmu. Menemukan tour and travel terbaik tidaklah sulit, kalian bisa searching di google. Dari website tersebut pasti tersedia paket-paket wisata yang available untuk di booking. Pastikan paket yang dipilih sesuai dengan budget liburan. Atau jika tidak ada paket yang sesuai kalian juga bisa request paket wisata jogja dan berkonsultasi kepada travel agent. Mintalah dibuatkan paket yang fleksibel dengan budget.

 

Langsung klik di sini untuk melihat: PAKET LIBURAN JOGJA

Itu tadi adalah tips menabung untuk liburan, jika dilaksanakan dengan displin maka akan tercapai. Semuanya tadi butuh effort sehingga kita bisa memetik hasilnya. Karena kadang-kadang kondisi keuangan kita mendukung untuk kita bisa berfoya-foya. Tetapi kadangkala juga kita harus mengencangkan ikat pinggang untuk bisa mencapai harapan yang sudah diimpikan. Sehingga strategi semacam menabung ini adalah cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan agenda trip mu ke Jogja tahun ini. Well, mengapa Jogja? Karena trip ke Jogja tidak membutuhkan budget yang melambung tinggi, hanya butuh niat dan sedikit keberanian serta uang jajan yang pas. Pilih Travel Terbaik di Jogja untuk menjadi partner liburanmu.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja