PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Alasan Wisata Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) Menjadi Paket Wisata yang Lengkap

Ada yang pernah mendengar istilah wisata Joglosemar sebelumnya?, yaa betul ini adalah akronim atau singkatan dari Jogja, Solo, Semarang. Ketiganya memang menjadi destinasi favorit di area Jawa. Dimana karakteristik Wisata di Jawa direpresentasikan oleh tiga kota kecil tersebut. Brand Joglosemar ini diresmikan secara resmi oleh Kementrian Pariwisata di Juni 2017 silam sebagai destinasi yang akan dipromosikan. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan menjadi satu alur wisata yang layak untuk dimaksimalkan promosi dan pengembangan nya.

Joglosemar sangat cocok untuk wisatawan yang menghendaki paket lengkap berwisata dalam waktu yang cenderung sempit. Selain itu, bagi wisatawan luar Jawa ataupun turis asing juga agaknya tepat jika memilih Joglosemar sebagai paket wisata. Tidak hanya paket wisata Jogja atau paket wisata Solo dan paket wisata Semarang yang berdiri sendiri. Tetapi ketiganya menjadi satu kesatuan destinasi yang komplit untuk dikunjungi. Yuks kita simak 10 alasan mengapa wisata Joglosemar merupakan paket wisata alternatif yang lengkap.

10 Alasan Wisata Joglosemar Menjadi Paket Wisata All in One Jawa Tengah

wisata joglosemar

 

1. Lokasi nya Berdekatan dan Terakses Dalam Satu Alur Circle

Ketiga kota Jogja Solo dan Semarang ini memang sangat terjangkau aksesnya secara waktu. Kita cukup mebutuhkan waktu satu jam dari Jogjakarta menuju Solo. Begitupun jika titik poin pertama destinasi adalah Jogja dan menghendaki ke Semarang, maka jarak tempuhnya sekitar empat jam saja. Menarik bukan? Di hari yang sama di sore harinya kita sudah berpindah kota untuk melanjutkan wisata berikutnya. Jika kita datang dari Jakarta atau Bandung, maka Jogja bisa dipilih sebagai tujuan pertama wisata pertama. Dilanjutkan Solo dan Semarang di hari berikutnya atau kita bisa lebih berlama-lama di Jogja yakni sekitar dua hingga tiga hari jika waktu yang kita punya memang cukup.

 

2. Lengkap secara variasi Destinasi Wisata

Wisata yang benar-benar komplit pit dan sangat lengkap variannya ya Joglosemar ini. Berbagai potensi wisata alam yang ada di Jogja seperti Wisata Hutan Pinus Imogiri, Pantai di Gunungkidul, Kalibiru di Kulon Progo dan Jeep Lava Tour Merapi di Sleman. Belum lagi Wisata Budaya dan Sejarah di masing-masing kota seperti Kraton Jogja dan Solo serta kota Tua Semarang yang eksotik. Tempat mengenal Batik lebih dalam di Solo dengan banyak sentra membatik yang bisa dikunjungi sambil praktik membatik.

3. Masing-masing Kota Unggul Dengan Keunikan Dan City Brandingnya yang Khas

Dari tiga kota wisata tersebut, masing-masing mempunyai kekhasan tersendiri yakni Jogja sebagai kota Budaya dan Pelajar, Solo sebagai Kota Batik dan Semarang dengan julukan Venesia nya Jawa karena banyak dialiri sungai dan city Branding lainnya yang cukup kuat. City Branding tersebut jelas sangat mendukung dan mensupport semakin berkembangnya potensi wisata di masing-masing kota.

 

4. Kekayaan Kuliner yang Memanjakan Lidah Traveller

Memilih paket wisata Joglosemar ini, jangan lupa untuk menikmati sajian kulinernya yang khas dan memanjakan lidah. Betapa tidak, tiga kota tersebut masing-masing memiliki kekayaan kuliner yang unik dan ngangeni. Gudeg dan Bakmi Jowo yang cukup melegenda di Jogja terkesan dengan makanan yang serba manis tapi juga laris. Solo dengan Timlo dan Nasi Liwet tradisional nya yang khas dan enak. Serta kuliner tahu gimbal dan Bandeng Juwana nya Semarang yang membuat kita tersihir untuk menikmatinya.

 

5. Bisa dijangkau Dalam Waktu Yang Relatif Pendek

Jika anda hanya mempunyai tiga atau empat hari saja untuk berwisata dan ingin yang tidak biasa-biasa maka Paket Joglosemar itu jawabannya. Betapa tidak, dalam waktu satu hari kita bisa berkeliling di satu kota dan sore harinya kita sudah menginap di hotel yang berbeda kota dengan sebelumnya. Pagi hari kita bisa sampai di Jogja dan mengambil wisata Borobudur dan Lava tour Merapi serta kuliner dan Oleh, maka sore hari satu jam kita menuju Solo. Pagi harinya kita berwisata Batik klasik di Laweyan, Wisata Budaya di Kraton Solo dan Menikmati Sajian kuliner nasi liwetnya. Sedikit waktu sempatkan ke Pusat Grosir Solo untuk berbelanja. Malam harinya sediakan waktu untuk tiga jam menuju Semarang dari Solo.

 

6. Surga Belanja dan Kawasan Shopping Dengan Harga Terjangkau

Wisata Batik di Beringharjo dan beberapa kawasan oleh-oleh Bakpia25. Kemudian Pasar Klewer Solo dan Pusat Grosir Solo yang bisa kita kunjungi karena menawarkan harga yang cukup murah dengan produk-produknya. Di Semarang, Bandeng Juwana dan Lumpia merupakan oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk dibeli wisatawan.

 

7. Akomodasi atau Hotel yang Bagus dan Murah

Berada di tiga Kota Jogja Solo Semarang dan mengambil paket wisata Joglosemar tidak akan menguras kantong. Ketiga kota tersebut memiliki rate biaya hidup yang tidak terlalu tinggi dibandingkan kota-kota besar lainnya. Akomodasi atau hotel tersedia dengan harga kamar yang relatif terjangkau dengan fasilitas yang sudah sedemikian baiknya.

 

8. Mempunyai Candi-Candi yang Fenomenal Sebagai Wisata Heritage

Berwisata heritage dan menjelajah sisa-sisa sejarah yang masih terlihat saat ini juga bisa dieksplore di paket wisata Joglosemar. Dan masing-masing kota tersebut memiliki candi yang mendunia dan fenomenal dikenal oleh hampir sebagian besar masyarakat dunia. Terutama candi Borobudur yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Candi Sukuh yang ada di Solo sebagai kekayaan Candi Hindhu. Serta candi Gedong Songo yang termasuk dalam kategoti candi Hindhu juga. Ketiga kota ini memiliki candi-candi yang mendunia sebagai kekayaan Nusantara yang harus dilestarikan.

 

9. Masyarakat Jawa yang Ramah dan Welcome dengan Wisatawan

Dalam hal ini tidak perlu ditanyakan lagi seberapa ramahnya penduduk Jogja Solo dan Semarang dalam kesehariannya. Selain karena nilai-nilai jawa yang sudah melekat kuat dengan kelembutan dan kesopanan nya, Joglosemar adalah kota Wisata. Demikian sebagai kota wisata tentunya masyarakat sudah tidak begitu asing dengan pendatang atau wisatawan. Mereka dapat menyatu kepada  wisatawan yang datang dengan bentuk keramahan nya dan pelayanan nya. Jangan sungkan untuk  bertanya atau meminta bantuan ketika kita dalam perjalanan di paket wisata Joglosemar ini.

 

10. Flexible Dikunjungi Dari Jalur Solo atau Jogja Atau Semarang Terlebih Dahulu

Bingung mau memulai darimana? Kita bisa memulai salah satu dari ketiganya. Bisa dari Jogja dahulu atau Solo dahulu atai kemudian Semarang sebagai destinasi pertama yang dikunjungi. Ini tergantung dengan flexibiltas kita sebagai traveller tertarik untuk mengunjungi kota yang mana terlebih dahulu. Ketiganya bisa membentuk circle atau lingkaran untuk kunjungan wisata yang merupakan alur yang ideal untuk membuat jalur atau rundown wisatanya. Saran kami, Solo akan lebih nyaman jika berada di destinasi tengah antara Jogja dan Semarang. Karena jika kita punya cukup banyak waktu, yakni sekitar 5 hari 4 malam, Jogja dan Semarang bisa 2 hari kunjungan masing-masingnya dan satu harinya di Solo.

Demikian, selamat memilih paket wisata Joglosemar via Jogjakartour.com, rajanya tour jogja 🙂

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja