PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Wedang Uwuh, Minuman Raja Terdahulu dan Menjadi oleh-oleh Khas Jogja Saat ini

wedang uwuhSudah pernah dengar atau tahu tentang minuman yang memiliki khasiat manfaat yang ada di Jogja ?. Ya Wedang Uwuh yang merupakan minuman tradisional yang berbahan dasar dari dedaunan yang sama seperti sampah. Tak heran jika ada yang membayangkan sampah bisa dijadikan minuman. Namun bukan sembarang daun yang dapat dibuat untuk membuat wedang uwuh. Tetapi jangan salah wedang ini berasal dari bahan rempah- rempah alami. Wedang uwuh menjadi minuman yang sangat populer dan legendaris di Jogja. Jadi, minuman khas ini bisa dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jogja ketika sedang berwisata di Jogja.

Tak usah bingung mencari wedang uwuh ini karena sangat mudah di temukan Di Jogja. Salah satu tempat yang terkenal dengan wedang uwuhnya terletak di daerah Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Banyak pedagang yang berjejeran menjual wedang tersebut. Karena daerah Imogiri terdapat makam Raja Mataram yang beberapa jenis bahan untuk membuat wedang ini terdapat di makam tersebut. Di daerah Imogiri menjadi pusatnya untuk mengelolaan wedang khas Jogja ini. Yang dari dulu hingga kini di Pasar Imogiri yang sangat terkenal dengan banyaknya pedagang yang menjual hasil wedang uwuh.

Wedang Uwuh, Minuman Legendaris Para Raja Jogja Terdahulu

Dahulu minuman ini menjadi salah satu minuman para Raja dan prajurit kerajaan Mataram. Masyarakat sangat menjaga dan melestarikan minuman khas ini. Masyarakat mempercayai jika dengan ramuan alami ini akan manjur untuk mengatasi berbagai masalah dalam tubuh. Tak salah jika kalian mencoba dan merasakan rasa yang ada pada minuman ini. Hingga kini wedang uwuh sudah jadi minuman tradisional yang ampuh untuk menghilangkan penyakit. Wauw keren sekali..

Wedang uwuh memiliki aroma harum dan menjadi minuman herbal yang populer. Jika kalian tahu, wedang uwuh ini sudah menjadi minuman yang legendaris dan turun temurun. Wedang uwuh sangat berbeda dengan minuman yang lainnya. Wedang uwuh kini sudah sangat mendunia. Dengan cita rasa wedang yang khas dan berbeda. Untuk mendapatkan minuman khas ini cukup murah dan terjangkau. Wedang ini juga bisa dikonsumsi setiap hari. Jika badan terasa tidak enak maka minum wedang uwuh ini secara rutin akan hilang dan membuat tubuh menjadi sehat. Jadi, ketika sedang menikmati paket wisata Jogja, tidak ada salahnya berburu wedang uwuh ini.

Bahan Dasar Wedang Uwuh

Ingin tahu lebih dalam apa saja yang ada di dalam wedang uwuh?. Ini dia bahan bahan yang digunakan dalam wedang uwuh memakai bahan rempah alami seperti cengkeh, kayu manis, daun pala, kayu secang, jahe, daun manis jangan. Selain itu juga akar sereh, kapulaga, gula batu untuk menambah rasa manis. Gimana sih rasa wedang uwuh yang populer di Jogja? Dengan warnanya yang merah berasal dari bahan kayu secang yang menghasilkan warna alami. Rasanya yang agak sedikit pedas dari jahenya menjadi tenggorokan terasa hangat. Aroma sedap yang ditimbulkan oleh pala dan daun pala. Menjadikan wedang uwuh beraroma harum, sedap dengan cita rasa yang sedikit pedas dan hangat.

bahan baku wedang uwuhTak seru jika tidak mencobanya langsung. Cara membuat wedang uwuh sekarang sudah cukup mudah dan praktis. Ada kemasan instan yang bisa langsung dengan mencampurkan bahan bahan yang ada tersebut kemudian dicampur dengan air panas. Dan ditunggu sebentar selanjutnya diaduk lalu tinggal diminum deh. Nah cukup mudah sekalikan. Kita dapat membuatnya kapan dan dimana saja. Jadi kalian tidak perlu lagi untuk mencari bahan dan mengolahnya sendiri. Minuman ini bisa menjadi oleh-oleh khas Jogja yang beda karena diwariskan turun temurun. Manfaatnya sangat banyak untuk menjaga kita dari masuk angin salah satunya. Beberapa yang mengkonsumsinya menjadikan nafsu makan menjadi meningkat.

Alasan Wedang Uwuh Menjadi Oleh-oleh Khas Jogja

Banyak wisatawan yang berwisata di Jogja karena adanya destinasi wisata yang melimpah. Tidak lupa untuk membeli aneka oleh-oleh khas dari Jogja yang wajib dibawa. Wedang uwuh menjadi salah satu oleh oleh Jogja yang tak ketinggalan. Seiring perkembangan zaman sekarang dengan adanya kemasan wedang uwuh yang praktis dan terjangkau untuk mudah untuk dibawa. Ditambah rasanya yang segar karena masih mengunakan rempah rempah alami.

Perkembangan wedang uwuh sangat pesat. Ada banyak kreasi yang bisa dijumpai. Saat ini sudah banyak penjual wedang uwuh yang tersebar di Jogja. Jadi sangat mudah untuk menemukan aneka wedang uwuh. Tak hanya wisatawan lokal yang menyukai minuman ini, wisatawan asing juga tidak mau kalah untuk mencoba mencicipi wedang uwuh. Meskipun ada beberapa yang tidak menyukai tetapi mereka tetap mencoba. Jadi, tak salah untuk membawa minuman herbal ini menjadi oleh-oleh ketika kalian menikmati paket wisata Jogja.

Manfaatdan Khasiat Wedang Uwuh

Beda dengan jamu yang merupakan minuman herbal juga bermanfaat bagi tubuh tetapi  memiliki rasa yang pahit. Sehingga banyak orang yang tidak menyukai. Dengan begitu, adanya wedang uwuh ini banyak yang menjaga kesehatan tubuh mereka tanpa rasa yang pahit. Wedang uwuh jadi racikan minuman alternatif untuk dinikmati. Kalian dapat menyeduhnya setiap saat ingin meminumnya. Banyak wisatawan yang rela jauh jauh datang hanya untuk membeli dan mencicipi wedang ini. Ayo jangan sampai ketinggalan untuk merasakan sensasi rasa yang terdapat dalam wedang uwuh.

Selain untuk oleh oleh wedang uwuh memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Khasiat yang didapatkan sangat banyak yaitu menurunkan koresterol, kaya dengan antioksidan, meningkatkan kestabilan dan kekebalan dalam tubuh, menghangatkan tubuh dan menyegarkan badan. Wah banyak sekali bukan. Wedang uwuh bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit seperti masuk angin, batuk, flu, kembung, capek, pegal, menghilangkan nyeri dan masih banyak lagi. Dengan begitu wedang uwuh bisa menjadi oleh oleh saat wisata di Jogja yang memiliki banyak manfaat. Sehingga oleh-oleh ini cocok untuk buah tangan saat musim dingin melanda.

Belum semua orang tahu, tak hanya rasa enak yang dihasilkan dari wedang uwuh. Khasiat yang terdapat di dalam wedang uwuh berada di bawah tingkat air zam zam yang sangat baik bagi kesehatan. Jadi ayo coba nikmati wedang uwuh ini bersama keluarga, teman, sahabat agar menambah rasa nikmat saat di Jogja. Wedang uwuh pilihan terbaik untuk oleh oleh khas di  Jogja yang berbeda dan enak. Cukup menakjubkan untuk minuman tradisional khas dari Jogja ini. Apa masih ragu untuk membawa buah tangan untuk kerabat dan saudara ketika berkunjung ke Jogja?. Tentu anda dan keluarga akan sehat dengan minuman tradisional yang bermanfaat untuk tubuh yang berasal dari Kota Jogja ini. Nikmati oleh-oleh ini dalam paket wisata Jogja nanti karena banyak resto juga menyediakan minuman herbal ini.

Citarasa Unik Dan Kerarifan Lokal Wedang Uwuh

Kalian dapat juga menikmati ini disela – sela berwisata agar menjaga kestabilan tubuh menjadi segar dan semangat untuk melakukan aktivitas wisata ke Jogja. Jadikan wisata Anda menjadi wisata yang tak terlupakan dengan berbagai destinasi wisata dan kuliner khas Jogja. Apalagi jika sedang suasana dingin di Jogja sangat cocok untuk menikmati wedang uwuh. Karena fungisnya sebagai penghangat badan dan mengatasi masuk angina khususnya di musim penghujan. Jadi kalian harus tahu mana sampah yang berkhasiat bagi tubuh dan sampah yang dibuang sembarangan …. hehehe

Wedang uwuh menjadi minuman dengan kearifan lokal yang mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda dari daerah lainnya. Jangan lupa untuk membeli dan menikmati oleh oleh wedang uwuh khas dari Jogja yang memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Nah apa kalian tertarik untuk mencoba. Jaga kondisi tubuh karena kesehatan penting untuk aktifitas sehari-hari. Jangan lupa belanja oleh-oleh khas Jogja yang unik dan menyehatkan. Terutama ketika kalian sedang menikmati Paket wisata Jogja nantinya.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja