PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Soto di Jogja yang Wajib Dicoba, Karena Rasanya yang Tak Biasa

soto di jogjaSoto di Jogja – Soto adalah salah satu jenis masakan khas Indonesia yang sangat familiar di lidah masyarakat. Tidak sedikit pecinta soto yang rela berburu dari berbagai jenis soto di Indonesia. Makanan berciri khas soup yang segar dengan berbagai rempah dan sayuran ini memang menunjukkan cita rasa khas Indonesia. Disinyalir juga, Soto ini merupakan makanan yang cepat sekali membudaya dan menyatu dengan berbagai daerah di Indonesia. Kita mengenal ada Soto Lamongan dari Jawa Timur, Soto Banjar dari Kalimantan Selatan, Soto Kudus dan Soto Betawi. Hampir semua jenis soto memang menampilkan nama asal asli daerahnya. Karena jenis kuliner ini memang bisa dipastikan akrab dan mudah diterima oleh lidah orang Indonesia.

Meski begitu, dari sumber dan sejarah Nusantara soto ini adalah hasil dari perpaduan yang apik antara budaya China, India dan Indonesia. Adanya pertukaran dan akulturasi budaya kala itu karena Indonesia menjadi jalur perdagangan yang strategis. Nusantara atau Indonesia menjadi tempat bertemunya jenis dan karakter budaya, selera, menu, dan cita rasa masing-masing negara. Jika diperhatikan dengan sesama, percampuran tiga citarasa negara itu ada dalam makanan khas berupa soto. Sebut saja dengan Mie dan kuahnya adalah biasanya menjadi bagian dari menu masyarakat China. Sedangkan campuran Kunir dan bumbu khas menyerupai kari kental nya adalah berasal dari India. Terakhir, beberapa rempah atau empon-empon yang ada dalam kuliner soto ini jelas ciri khas masakan Indonesia. So, kaya sekali ya dan melalui perjuangan panjang sebuah kuliner Soto ini hingga bisa menjadi selezat dan seenak ini. Harus melalui percampuran tiga citarasa yang berbeda dari tiga negara di Nusantara lalu. Well, Jika kita sedang wisata di Jogja dan menginginkan Kuliner yang populer dan akrab dengan selera kita, soto lah salah satunya. Yuks kita samperin beberapa jenis Soto yang Wajib dicoba ketika kita sedang liburan di Jogja. Checkidot :

Daftar Soto di Jogja, Menikmati Soto Terkanal di Jogja

 

1. Soto Kadipiro

Soto Legendaris di jogja yang selalu diburu traveller yang datang ke Jogjakarta adalah Soto Kadipiro ini. Terletak di sebelah barat Malioboro tepatnya di Jalan Wirobrajan sejak tahun 1921 ini memang pantas menjadi legend. Yang lebih istimewa adalah kita bisa menikmati minuman tradisioanal yang sangat segar dan enak yang bersoda yakni Sarsaparilla. Yuks cobain Soto Kadipiro ini.

 

2. Soto Batok

Lelah berwisata di Candi Sambisari, jangan lupa mampir ke Soto Bathok mbah Katro yang terkenal ini. Berada di tempat yang nyaman dengan saung bambu dan pemandangan persawahan menghijau merupakan daya tarik dari soto Bathok ini. Kenapa dinamakan Bathok? Karena pengganti piringnya berasal dari tempurung kelapa yang biasa disebut dengan Bathok.

 

3. Soto Sampah

Soto di jogja yang satu ini namanya agak aneh. Aneh dan gimana gitu ya rasanya mendengar nama soto yang satu ini. Soto sampah ini berada di Stasiun Tugu Jogjakarta ini memang sangat strategis dan memanjakan para traveller yang baru saja sampai ke Jogja. Pasti ada nih yaa hal yang menyebabkan soto ini dinamakan soto sampah. Ternyata dari Soto yang disajikan tidak menggunakan Daging Sapi, tetapi Lemak atau Gajih yang tak lazim digunakan pada menu soto. Lauk nya juga dicampur jadi satu sehingga secara penampakan memang mirip dengan sampah….

 

4. Soto Pak Sholeh

Soto Pak Sholeh ini adalah jenis kuliner Soto yang Jogja banget rasanya. Karena campuran atau perpaduan antara gurih dan manisnya. Proses memaskanya juga masih tradisional dengan menggunakan arang sehingga rasanya pasti lebih enak. Awalnya soto ini hanya berupa soto pikulan yang dijajakan dengan berkeliling pada tahun 1952. Cobain yaa, rasa daging sapi nya yang gurih dan enak menambah citarasa soto yang fenomenal ini.

 

5. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto jenis ini adalah soto khas Madura dengan citarasa ala Madura yang menjadi primadona dan favorit di Jogjakarta. Ke khasan soto ini adalah perpaduan antara jeroan sapi, babat dan rempah nya yang kaya adalah menjadi citarasa sendiri. Beberapa cabang sudah tersebar di Jogjakarta karena soto ini memiliki sudah berdiri sejak tahun 1962.

 

6. Soto Djiancuk

Jika di atas ada nama soto sampah, kali ini nama soto di jogja yang satu ini agak nyeleneh. Mungkin memiliki arti yang lain untuk bahasa di wilayah jawa timur. Namun Di jogja ada soto yang namanya demikian. Soto khas Blitar yang ada di jalan Sonopakis ini memang sangat unik. Sebab berbagai bongkahan kayu dan juga rongsokan mobil sehingga tempat ini lebih mirip dengan bengkel dibanding warung soto ya. Dinamakn Djianchuk karena sebutan ini adalah jenis umpatan dari Jawa Timur yang semakin menambah kekentalan atau khas nya Soto ini berasal. Cobain yaaa

 

7. Soto Kemasan

Soto Kemasan ini diambil dari salah satu nama daerah di Jogjakarta yakni Kemasan yang menjadi bagian dari daerah Kotagede. Jangan mengharapkan daging, ayam ataupun jeroan sapi ya di soto kemasan ini. Karena soto ini menawarkan irisan tahu bacem sebagai pengganti dari daging dan ayamnya. Soto ini juga bertabur kemangi sehingga rasanya segar dan sedap pastinya.

 

8. Soto Lamongan Hijroh

Soto khas dari Jawa Timur atau Lamongan ini bertaburkan Koya sebagai ciri khas dari Soto Lamongan. Sehingga citarasa yang ada menjadikan lebih gurih dan enak. Soto ini komposisinya cukup lengkap karena terdapat ayam kampung, kol, bihun, dan juga potongan telur ayam rebus. Soto Lamongan ini merupakan soto lamongan terenak di Jogja. Dinamakan Hijroh atau Hijrah karena pemiliknya memang berhijrah dari profesi sebelumnya sebagai bandar judi menjadi penjual soto demi mendapatkan rezeki yang halal.

 

9. Soto Pak Marto

Soto di jogja yang  legendaris ada di Jalan S. Parman Jogja ini selalu ramai setiap paginya. Soto dengan kuah yang bening dan irisan daging sapi ini sangat lezat dengan banyak sekali penggemarnya. Tersedia lauk pauk yang lengkap dari daging, ayam, tahu dan jeroan.

 

10. Soto Ayam Pak Dalbe

Sot Ayam Pak Dalbe terletak di Jl.Babrsari dan nyempil lokasinya. Sehingga pengunjung selalu meluber ke arah trotoar.Kuah kuning dan potongan ayamnya menjadikan soto ini istimewa.

 

Well, itu tadi ya guys berbagai opsi soto di Jogjakarta untuk menikmati sarapan pagimu di Jogja yang istimewa. Mulai dari soto dengan varian ayam, kampung dan tahu bacem sebagai ciri khas masing-masing sotonya. Jangan lupa untuk mencicipi soto di pagi hari sebelum memulai aktifitas wisata Jogjakarta. Masing-masing soto jogja di atas memiliki ciri khas yang membedakan satu dengan yang lainnya. Soto juga termasuk menu makan yang murah dan sangat terjangkau sehingga cocok di semua kantong traveller. Mau backapcker trip ke Jogja, Wisata Family di Jogja maupun wisata Family Gathering dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak. Jika Gathering trip di Jogja sekitar 15 hingga 25 orang , masih bisa mencoba sarapan pagi dengan soto Kadipiro nya yang melegenda. Selamat berwisata dan berkuliner soto yaa..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja