PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Memilih Guide dan Pemandu wisata yang Baik

pemandu wisataWisata merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama mengunjungi suatu tempat dan mempunyai tujuan utama untuk bersenang-senang. Adapun manfaat dari wisata yaitu bisa menambah pengetahuan. Untuk itu jika kita melaksanakan kegiatan wisata alangkah baiknya jika kita dipandu oleh seorang guide. Sebelumnya apa itu guide? guide atau pemandu wisata adalah seseorang yang bertugas untuk menemani, mengantar, memberi saran. Tugas paling utama  seorang guide adalah harus bisa memberikan informasi kepada para wisatawannya yang sedang melakukan sebuah perjalanan wisata. Karena tujuan utama wisata adalah untuk bersenang-senang kita juga harus memilih guide yang sudah professional. Dan juga seorang guide yang mampu membawa kita menjadi lebih rileks dan tidak tegang selama berwisata.

Ada beberapa keuntungan ketika kita memilih untuk menggunakan jasa seorang pemandu wisata profesional. Kita akan merasakan banyak kemudahan yang ditemukan selama menikmati perjalanan wisata. Hal lainnya adalah berkaitan dengan informasi, kita akan mendapati informasi wisata yang jelas dan akurat dari seorang pemandu wisata. Selain informasi, guide akan dengan senang hati memberikan bantuan dan keperluan selama perjalanan wisata. Hal inilah yang tidak kita dapatkan ketika kita wisata sendirian.

Fasilitas Pemandu Wisata Sudah Termasuk Dalam Sebuah Paket Wisata

Menggunakan jasa seorang pemandu wisata ini biasanya sudah termasuk dalam fasilitas wisata. Contohnya ketika kita membeli paket wisata Jogja untuk rombongan, maka sudah ada tour guide jogja di fasilitas paketnya. Khusus untuk rombongan kita akan mendapatkan fasilitas pemandu selama berwisata. Akan tetapi untuk jenis tour individual atau dengan sedikit orang, jasa pemandu wisata belum  termasuk di dalamnya. Jika kita ingin menambahnya, maka ada harga tambahan yang perlu dibayarkan kepada travel agent. Contohnya adalah paket wisata honeymoon Jogja dan paket wisata family Jogja.

Paket wisata yang bukan rombongan tidak terdapat jasa pemandu wisata dan hanya ditemani oleh seorang driver wisata. Akan tetapi driver wisata mampu memberikan pelayanan tambahan seperti pemberlian tiket wisata dan rekomendasi resto. Hanya saja mereka bukanlah pemandu wisata atau perjalanan sehingga tugas dan kompetensinya jauh berbeda dengan seorang guide. Nah di bawah ini ada beberapa tips untuk memilih guide yang professional dan berlaku untuk guide lokal. Guide lokal adalah guide yang berada di obyek wisata seperti halnya di Candi Borobudur dan Candi Prambanan, yaitu sebagai berikut :

1. Pastikan Lisensi Atribut yang Dipakai

Sebelum memilih guide pastikan terlebih dahulu dia sudah punya ID atau sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) apa tidak. Jika dia memiliki keduanya berarti dia sudah resmi dan bisa dipertanggung jawabkan. Lisensi yang disandang juga mengambarkan komeptensi yang dimiliki. Pastikan memilih guide yang resmi dan berlisensi. Ada beberapa obyek wisata tertentu yang mengharukan menggunakan guide bersertifikasi, contohnya candi prambanan dan candi borobudur. Pemandu wisata yang tidak memiliki lisensi dapat dikenakan sanksi karena tidak sesuai dengan prosedur pariwisata.

2. Perhatikan Sikap, Sifat dan Tingkah Lakunya

Jika kita ingin perjalanan wisata yang dilaksanakan itu menyenangkan, pilihlah guide yang berkelakuan baik, punya sopan santun, dan tata krama yang baik. Jangan hanya melihat paket wisata yang ditawarkan tetapi perhatikan juga mengenai guidingnya. Sikap dan sifat seorang pemandu wisata sangat penting. Dimana guide merupakan garda depan pelayanan saat di lapangan. Sikap dan tingkah laku pastinya akan memberikan kesan terhadap peserta tour. Sedangkan karakter juga mencerminkan cara kerjanya. Pilihlah guide dengan karakter yang sopan, menyenangkan, jujur, disiplin dan supel.

3. Cari yang Berpengalaman dan Terampil

Cari dan pilihlah guide yang sudah berpengalaman dan terampil. Dengan cara kita memperhatikan cara dia berkerja, sudah pernah datang ke daerah mana saja. Telah membawa tamu dari perusahan atau daerah mana saja. Dengan begitu kita jadi tau bahwa guide yang akan memandu rombongan kita itu sudah perpengalaman atau belum. Pentingnya guide berpengalaman adalah ia dapat menguasai medan. Beragamnya karakter peserta wisata, membutuhkan penanganan dari guide yang berpengalaman.

4. Cari guide yang Menguasai Bahasa asing

Jika kita mencari guide utamakan carilah guide yang menguasi satu Bahasa asing seperti Bahasa inggris. Penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya menjadi nilai plus bagi seorang pemandu wisata profesional. Maka dari itu pilihlah guide yang bisa menguasai Bahasa asing. Meskipun peserta wisata adalah wistawan lokal dari Indonesia, namun kemampuan berbahasa asing (inggris) adalah kompetensi utama dari seorang pemandu wisata. Oleh karenanya, guide dengan kemampuan berbahasa asing akan semakin memiliki integritas yang tinggi.

5. Lihat Review Dari Media Sosial

Untuk mengetahui kualitas dari guide yang akan kita pilih, kita bisa mencari tahu lewat media social. Karena dimedia sosial kita bisa melihat review komentar-komentar netizen yang sudah pernah memakai jasa mereka. Dari review komentar-komentar tersebut kita jadi tau kualitas dari guide yang akan kita pilih tersebut. Selain itu, kebiasaan dan kegiatan-kegiatan seorang pemandu wisata akan dipublish di media sosialnya sebagai media show up. Oleh karenanya media sosial dapat dijadikan sebagai media analisa.

6. Perhatikan Rekomendasi Dari Orang-orang yang Anda Kenal

Kalau dari review media sosial kurang meyakinkan, kita bisa tanya-tanya langsung kepada teman atau keluarga yang sudah pernah memakai jasa dari guide tersebut. Kan bisa saja review dari internet itu tidak jujur. Tetapi jika kita bertanya langsung kepada orang yang terdekat dengan kita, kita bisa mendapatkan jawaban yang lebih terpercaya dan tentunya akan lebih meyakinkan kita untuk menggunakan jasa guide tersebut.

Rekomendasi yang jelas terpercaya adalah yang berasal dari instansi profesional sekelas HPI. HPI singkatannya adalah Himpunan Pramuwisata Indonesia yang mendidik dan melatih para guide menjadi lebih profesioanal. Selain dari lembaga resmi, kita bisa meminta rekomendasi yang tepat dari travel agent. Travel agent adalah sebuah bisnis perjalanan wisata yang mempekerjakan banyak pemandu wisata. Tentu mereka mempunyai catatan dan data dari para guide yang pernah bekerja dengannya. Pilihan ditujukan kepada yang paling kompeten dan mendapat banyak bintang dari para wisatawan.

Guide Disarankan untuk Peserta (Wisatawan lokal) Minimal 15 Pax

Guide atau pemandu wisata sangatlah diperlukan untuk menjaga dan memastikan rangkaian wisata bisa dijalankan. Guide atau pemandu wisata juga menjadi perwakilan dari pihak travel agent yang melayani para wisatawan yang datang. Contohnya misalnya ada sekelompok orang membeli paket wisata Jogja, jika pesertanya lebih dari 15 orang maka disarankan menyertakan guide di dalamnya. Sebab, sebuah kelompok wisata bisa disebut kategori group jika terdiri dari 15 orang lebih. Dengan adanya pemandu wisata maka wisata bisa dipastikan berjalanan sesuai rencana.

Tidak sedikit kasus dalam pelaksanaan wisata, ada beberapa hal yang harus dihandle. Misalnya ada peserta yang sakit, ada kebutuhan untuk menuju ke toilet dan juga membeli oleh-oleh wisata tertentu. Kebutuhan ini akan dibantu oleh seorang pemandu wisata untuk memberikan rekomendasi. Hal lainnya adalah berkaitan dengan penjemputan dan pengantaran tamu rombongan ke stasiun atau bandara. Diperlukan seseorang khusus yang menyambut dan juga mengantarkan kembali para wisatawan yang membeli paket wisata kita. Tugas penting lainnya yang tidak ketinggalan adalah dalam pengurusan check in dan juga check out rombongan di hotel. Pastinya dibutuhkan seorang pemandu wisata yang harus menghandle tugas tersebut dengan baik.

Itu tadi semua adalah tips untuk memilih guide yang professional. Dengan menggunakan guide yang profesional berarti guide tersebut sudah mempunyai keahlian atau komptensi memandu rombongan wisata. Guide yang perofesional juga sudah bisa menguasi informasi mengenai suatu obyek wisata. Sehingga ketika sedang memandu atau menyampaikan informasi guide tersebut menyampaikannya informasinya mudah dimengerti oleh para wisatawan. Selain itu, jangan lupa untuk memilih guide yang ramah karena dengan menggunakan guide yang ramah kita jadi lebih mudah untuk berkomunikasi. Alasan lainnya, menggunakan guide yang ramah dapat menghidupkan suasana perjalanan wisata yang sedang berjalan.

Jika Anda membutuhkan pemandu wisata jogja, bisa menghubungi kami di Jogjakartour.com

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja