Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Desa Wisata Jamu Gendong Kiringan

desa wisata jamu gendong

Mempunyai hobby berwisata tentunya menjadi kesenangan sendiri saat merasakannya. Apalgi menginat jenis – jenis wisata yang disuguhkan sangat beragam. Daya tarik yang dimiliki menjadi suatu bentuk ciri khas. Kemudian yang menjadi alasan orang -orang mengunjungi destinasi wisata tersebut seperti hal nya pada sebuah Desa Wisata. Berwisata bukan hanya mengenai panorama alam atau suatu bangunan bersejarah. Tetapi pedesaan pun bisa dikemas menjadi sebuah destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih desa tersebut menawarkan suatu ciri khas yang hanya ditemukan pada desa tersebut, khususnya pada Desa Wisata jamu gendong Kiringan yang ada di Kabupaten Bantul Kota Jogja. Apa sih daya tarik yang dimiliki oleh Desa tersebut?. Kalian tentunya bertanya – tanya tentang hal ini.

MInat seseorang untuk berkunjung tidak hanya dipengaruhi oleh keindahan alam suatu kawasan wisata. Keunikan masyarakat, adat dan kondisi lainnya bisa menjadi daya Tarik yang bisa dikaji. Contohnya dalam paket wisata Jogja yang mengunjungi desa wisata. Keunikan dan budaya masyarakat menjadi salah satu daya Tarik yang bisa dinikmati. Wisatawan yang datang bisa melihat, mengamati dan juga terlibat aktif di dalamnya. Bahkan bukan hal yang tidak mungkin jika mereka ikut praktik melakukan sesuatu di tempat tersebut.

Menawarkan Jamu Sebagai Daya Tarik Utama Minuman Tradisional Di Era Modern

Pada Zaman sekarang sudah terdapat perubahan yang luar biasa dari berbagai hal. Apalagi kita sudah memasuki di Era Modern dimana semua keperluan sangat mudah ditemukan. Banyak bermunculan sesuatu hal yang baru yaitu seperti teknologi, fashion, bahkan kuliner. Minuman Jamu tentunya menjadi minuman yang sudah ada sejak jaman dahulu. Sehingga minuman ini bisa dikatakan sebagai minuman khas tradisional.  Jamu tentunya memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh. Mengingat bahan yang digunakan berasal dari rempah-rempah alam asli yang menyehatkan. Hal tersebut ternyata dipilih sebagai daya tarik utama di Desa Wisata Kringinan.

Desa Wisata jamu gendong Kringinan menawarkan Jamu dengan metode pembuatan yang masih tradisional oleh masyarakat asli desa. Wisatawan yang datang ke Desa Kiringinan akan disuguhkan berbagai macam jenis jamu yang bisa dicoba secara langsung khususnya bisa di minum oleh semua jenis kalangan. Desa ini memberikan suatu ciri khas tradisional yang tidak pernah ditemukan ditempat lain. Tujuannya adalah untuk mempertahankan suatu ciri khas tradisional yang dimiliki di Jawa maupun Indonesia. Wah, asik banget rasanya jika mengunjungi tempat ini dalam agenda paket wisata Jogja yang dipesan.

Membuat Racikan Jamu Oleh Mbok – Mbok Desa

desa wisata jamu gendong

Istimewa dari Desa Wisata Kiringan ini adalah para pembuat racikan jamu ini dari kalangan masyarakat khusunya pada ibu – ibu setempat yang dikenal sebagai mbok- mbok desa. Hampir 80% dari mereka berminat menghabiskan waktu mereka untuk turut serta membuat racikan jamu tradisional sebagai daya tarik utama desa wisata ini. Mereka membuat berbagai jenis racikan jamu yang sebelumnya sudah dipelajari secara bersama- sama. Bahan yang digunakan tentunya di ambil langsung dari tumbuana maupun pohon yang di tanam sendiri oleh pihak pengelola. Hal ini menjadikan suatu hal yang menarik yang dimiliki oleh jamu dari Desa Wisata Kiringan Bantul.

Selain membuat racikan jamu, mbok-mbok desa juga turut memperjualkan hasil olahan jamu dengan metode jualan jamu keliling. Hampir semua dari mereka turut antusias dalam memperjualkannya. Racikan yang dijual terbagi dalam dua bentuk yaitu jamu dalam bentuk cairan yang bertahan 1-3 hari. Ada juga jamu kemasan yang bertahan hingga satu minggu. Ibu-ibu dari desa merasa enjoy dan senang saat memperjualkannya. Mengingat jamu merupakan minuman berkhasiat bagi kesehatan. Apalagi bahan yang digunakan tentunya tidak terlepas dari bahan – bahan herbal.

Suguhuan Menarik Desa Wisata Kiringan Untuk Para Wisatawan

Wisatawan yang berkunjung ke Desa wisata jamu gendong Kiringan bukan hanya sebatas untuk membeli jamu tersebut. Melainkan, wisatawan bisa melihat langsung proses pembuatan bahkan turut serta bergabung dalam meracik olahan jamu. Para mbok-mbok desa akan membantu para wisatawan tentang bagaimana cara pengolahannya beserta metode yang diberikan. Informasi mengenai pembuatan jamu tentunya menjadi sesuatu hal yang selalu diberikan dan dibagikan oleh mbok – mbok jamu.  

Wisatawan yang datang , mereka akan diberi suguhan welcome drink yaitu segelas minuman jamu yang diracik langsung oleh mbok – mbok jamu. Hal tersebut menjadi sesuatu yang selalu diberikan kepada semua wisatwan yang datang. Wisatawan hanya perlu mebayar Rp. 35.000 sudah bisa menikmati semua suguhan yang diberikan. Pada desa Wisata ini lebih tepatnya mengajak wisatawan untuk mempertahankan minuman tradisional Indonesia. Dengan wisatawan tertarik untuk berkunjung sudah menjadi sesuatu hal yang istimewa dan menarik. Istimewanya Jogja bagian selatan ini memiliki potensi desa yang bisa dijual. Paket wisata Jogja ke industri jamu rumahan merupakan aktifitas yang menarik.

Memberikan Kelebihan Daya Tarik Lain Untuk Wisatawan

Kelebihan lain yang ditawarkan pada Desa Wisata Kiringan adalan mereka menawarkan seorang Guide. Guide ini yang akan mengajak wisatawan keliling desa melihat aktifitas sehari – hari oleh masyarakat setempat. Wisatawan tidak akan dibuat jenuh saat mengunjungi Desa Wisata Kiringan. Banyak sekali sesuatu hal yang ditawarkan dan diberikan. Apalagi pada Desa Wisata Kiringan sudah banyak diminati oleh masyaratkat untuk turut serta menawarkan daya tarik yang dimiliki yaitu Jamu Tradisional.

Bagi wisatwan yang lebih ingin mengetahui proses pembuatan jamu dan melihat aktifitas msyarakat desa, di Desa Kiringan menyediakan HomeStay untuk para wisatwan. Home Stay yang ditawarkan tentunya tidak terlepas dnegan fasilitas – fasilitas mendukung lainnya. Menikmati paket wisata Jogja edisi menginap di desa Jamu ini menjadi pengalaman tak terlupakan. Ini juga bisa menjadi alternatife wisata edukasi bertema obat herbal. Jejamuan memiliki manfaat menyembuhkan dari sisi kesehatan. Sehingga banyak hal yang bisa dipelajari secara langsung di sana.

Aksesbilitas Dan Lokasi Desa Wisata

Desa Wisata jamu gendong Kiringan terletak di Dusun Kiringan, Kelurahan Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lokasi ini berada di sebuah pedesaan. Kalian akan merasakan suasana desa yang asri dan menyegarkan. Dari pusat kota lokasi ini berada sekitar 16 Km ke selatan. Aksesibilitas yang terdapat pada Desa ini cukup baik dan memadai. Jalan yang dilalui pun mudah ditemukan. Sehingga tidak terlalu sulit untuk bisa menjangkau desa wisata Jamu di Kiringan ini.

Berwisata ke Desa Wisata tentunya akan membuat wisatawan mengetahui aktifitas suasana desa. Selain bisa menikmati daya tarik yang disuguhkan, wawasan juga akan didapatkan melaului masyarakat desa yang turut antusia memberikan suatu ilmu – ilmu   baru bagi wisatawan. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung dalam paket wisata Jogja edisi wisata Jamu. Jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekat untuk bisa menikmati daya tarik ada Desa Wisata Kiringan yang ada di Jogjakarta.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp