PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Ciri dan Alasan Memilih Wisata Syariah

Paket wisata sudah sering kita dengar istilahnya dari penyedia produk perjalanan wisata. Paket wisata ini diminati oleh para wisatawan karena satu dan lain hal. Yang jelas, adalah karena dengan membeli paket wisata, kita akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik. Sebab penyedia paket perjalanan wisata sudah pasti akan memberikan layanan yang paling baik mulai dari hotel, transport hingga resto. Paket wisata juga memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk menikmati agenda perjalanan wisata.

Paket wisata ada juga yang bertema syariah yakni yang mengedepankan nilai-nilai islami.  Ada beberapa golongan wisatawan yang memang sangat berhati-hati dalam memilih fasilitas dan makan selama wisata. Karenanya paket wisata syariah hadir memenuhi kebutuhan masyarakat. Mereka akan merasa jauh lebih tenang dan nyaman selama menjalani aktifitas wisata. Paket wisata syariah tentu saja banyak ragamnya sesuai dengan destinasi yang dituju. Jogja bisa menjadi paket wisata syariah jika pemilihan destinasi dan komponennya sesuai dengan nilai-nilai agama. Setidaknya ada beberapa ciri yang menjadikan sebuah paket wisata bernilai syariah.

5 Ciri paket wisata Syariah yang Menjadi Pertimbangan Wisatawan

Sebuah paket wisata syariah bisa diihat dari komponen yang menyusunnya. Selain itu juga bisa diliha dari aktifitas atau rundown wisata yang ada di dalamnya. Sebuah paket wisata syariah tentu disusun oleh travel agent yang mengedepankan nilai-nilai islami. Dalam prinsipnya, mereka adalah perusahaan yang menitikberatkan kepada hukum-hukum islam yang benar. Ada prinsip agama dan fiqh islam yang dilibatkan dan dijadikan pertimbangan dalam paket wisata syariah. Beberapa ciri sebuah paket wisata termasuk paket wisata syariah antara lain:

1. Mengedepankan Wisata Halal

Paket wisata adalah satu kemasan paket harga dan fasilitas yang disusun oleh travel agent. Di dalamnya memuat beberapa komponen fasilitas, harga dan kondisi yang diinginkan oleh wisatawan. Wisata syariah tentu mengedepankan wisata halal yakni mulai dari mengunjungi tempat wisata yang aman secara nilai agama. Tidak melanggar norma agama yang berlaku dan mengunjungi club malam yang dilarang islam. Terutama dalam menu makanan yang dipilih adalah memastikan resto tersebut memiliki label halal dalam menunya.

2. Memilih Hotel Halal Atau Berbasis Hotel Syariah

Paket wisata halal tentu saja di dalamnya mempertimbangkan fasilitas yang aman dan halal. Pilihan hotel lebih dititik beratkan pada hotel halal dan hotel syariah. Jogja memiliki beberapa hotel halal dan syariah yang sudah tersertifikasi. Wisatawan juga tidak dicampur antara laki-laki dan perempuan di akomodasinya. Hote syariah dan hotel halal ini juga memiliki sertifikat Halal MUI untuk beberapa produk makanannya. Hotel syariah dan hotel halal sering menjadi pertimbangan bagi wisatawan tertentu yang ingin aktifitasnya berkah.

3. Mengunjungi Destinasi Yang Bernafaskan Islam atau Sejarah Islam

Selanjutnya, sebuah paket wisata syariah tentu saja dalam rangkaian wisatanya memilih tempat islami. Meskipun tidak semua destinasi wisata adalah merupakan tempat bersejarah islam. Ada kunjungan ke salah satu masjid besar bersejarah misalnya. Untuk paket wisata Jogja bisa memilih masjid Besar Kauman misalnya untuk wisata Islami. Ada Juga Masjid Jogokaryan yang terkenal sangat bagus pengelolaan manajemen masjidnya. Selain itu, Jogja masih memiliki napak tilas sejarah berdiri Muhammadiyah di kauman yang bisa dikunjungi juga.

4. Menggunakan  Akad Dan Prinsip KejujuranDan Amanah Pelayanan

Selain dalam hal teknis dan aktifitas wisatanya, paket wisata syariah juga mengedepankan prinsip ekonomi islam. Ada akad yang jelas dalam bentuk tertulis yang diberikan kepada wisatawan akan dipenuhi dengan baik. Adanya semangat kejujuran menjadi prinsip islam yang diterapkan di sini. Wisatawan akan mendapatkan fasilitas terbaik sesuai dengan harga dan kesepakatan. Tidak ada yang dicurangi dan juga dirugikan dalam transaksi ini. Apabila ada destinasi atau fasilitas wisata yang tidak diambil oleh wisatawan, mereka akan mengkomunikasikan kembali. Jika diperlukan untuk dikembalikan maka akan diberikan haknya kembali kepada wisatawan.

5. Menggunakan Prinsip Pembayaran Yang Sesuai Kaidah Islam

Dalam hal pembayaran atau transaksi wisata ini ada akad yang disepakati bersama di awal. Dalam proses pembayaran juga sangat adil dan tidak ada hal yang tidak jelas di dalamnya. Tidak ada budaya memberi uang suap kepada ketua rombongan agar memperlancar tender wisata. Travel agent syariah sangat mengantisipasi dan menolak dengan baik jika ada upaya yang melanggar nilai-nilai syariah.

6. Tertib Dengan Jadwal Dan Waktu-Waktu Shalat

Waktu-waktu shalat menjadi perhatian tersendiri dari paket wisata syariah ini. Sehingga di waktu shalat berhenti di masjid terdekat yang searah dengan tempat wisata. Jika tidak, pemandu wisata akan mengarahkan untuk menjamak shalat selama berwisata. Tetapi, menjalankan ibadah wajib selama mengikuti perjalanan wisata syariah.

Destinasi Wisata Syariah di Jogja

Paket wisata syariah tadi sudah dibahas ciri-ciri yang menyertainya. Sangat mudah membedakan sebuah paket wisata cenderung syariah atau melanggar norma syariat. Umumnya, mereka yang menghendaki paket wisata syariah ini sudah mengkomunikasikan terlebih dahulu. Mereka ingin begini dan begitu dan menghindari destinasi yang tidak sesuai dengan prinsip islam. Tidak harus ke Bangkok dan lainnya untuk mendapatkan paket wisata syariah. Ada jenis wisata di Jogja yang masuk dalam paket wisata syariah yang bisa dipertimbangkan oleh wisatawan. Beberapa destinasi wisata di Jogja berikut ini menjadi sasaran kunjungan bagi wisatawan tertentu yang menghendaki trip islami. Checkitdot ya mana saja destinasinya..

1. Masjid Agung Mataram

Jogja sebagai sebuah kerajaan awalnya dan pernah berjaya, saat ini masih memiliki masjid tertua. Adalah Masjid Gede Mataram sebagai masjid yang pertama kali berdiri di Jogjakarta. Terletak di Kotagede yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang sekaligus ingin berziarah di Makamnya.

2. Masjid Agung Kauman

Masjid Agung Kauman juga sebagai masjid tua kedua yang ada di Jogjakarta dan masih berdiri. Menjadi tempat diadakannya berbagai upacara adat islami Kraton Jogja seperti halnya sekaten.

3. Masjid Jogokaryan

Akhir-akhir ini banyak yang menghendaki paket wisata Jogja islami dan mengunjungi masjid Jogokaryan.Wisatawan yang biasanya kelompok pengajian yang ingin mempelajari managemen masjid di sana.

4. Napak Tilas Sejarah Muhammadiyah

Kauman sebagai destinasi wisata di Jogja masuk dalam paket wisata Jogja syariah. Di sini kita bisa mempelajari napak tilas dan sejarah berdirinya Muhammadiyah.

5. Masjid Suciati Saliman

Masjid Suciati termasuk masjid baru yang dimiliki perorangan dan sekarang sedang hits untuk dikunjungi. Masjid ini berbentuk miniatur Mekkah sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Di atas tadi beberapa destinasi wisata yang masuk untuk paket wisata Jogja syariah. Memilih paket wisata syariah jauh lebih menentramkan dan menyejukkan hati. Tentunya didukung juga sumber daya manusia yang islami. Wisata tenang hati senang dan ibadah tidak dilewatkan tentunya. Salam wisata syariah JogjakartaJ

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja