Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Pasar Sore Ramadhan, Tempat Berburu Menu Buka Puasa di Jogja

Ramadhan adalah fase yang dinantikan bagi umat muslim seluruh dunia. Kita akan mendapati bulan ramadhan sebagai bulan spesial untuk kaum muslim. Selama bulan ini kita akan dihadapkan berbagai aktifitas keislaman dan agenda amalan selama puasa. Ada yang merayakannya dengan memberikan banyak sedekah kepada orang lain. Ada juga yang merayakan ramadhan dengan berbagai kegiatan sosial untuk menambah pahala.

Menikmati Ramadhan di sore hari identik dengan adanya aktifitas yang digunakan untuk menunggu buka. Kita bisa menikmatinya dengan memilih agenda yang bermanfaat seperti halnya kajian keislaman. Ada agenda lainnya yang juga sudah familiar untuk dilakukan sebagian besar kaum muslim. Benar sekali, aktifitas semacam ngabuburit atau menunggu waktu buka dinantikan oleh orang yang berpuasa.

Bereburu Menu Buka Puasa Sambil Ngabuburit

Ngabuburit sebagai aktifitas menunggu buka puasa banyak sekali ragamnya yang bisa dipilih. Ada saja orang-orang yang memanfaatkan waktu berbuka ini untuk diisi dengan kegiatan yang positif. Selain aktifitas di masjid, kegiatan ngabuburit ada yang melakukannya di tempat wisata. Seperti halnya mereka memanfaatkan waktu untuk menikmati pemandangan sore hari. Pilihannya dilakukan di tempat wisata yang notabene punya spot menarik.

Jogjakarta sebagai kota wisata memiliki banyak sekali potensi wisata untuk dikunjungi di sore hari. Bagi wisatawan yang kebetulan sedang di Jogja menikmati agenda wisata di bulan puasa, mereka bisa memilih tempat ini. Yakni ada beberapa destinasi asik seputaran Malioboro, alun-alun Jogjakarta, tebing breksi, hutan pinus pengger dan puncak sosok. Ada juga misalnya sebagian besar anak muda yang berkuliah di Jogja juga memanfaatkan waktu ngabuburitnya di tempat wisata. Kita bisa menyebutnya dengan istilah wisata ngabuburit di Jogjakarta.

Beberapa Pasar Sore Ramadhan Jogja yang Meriah

Di saat bulan Ramadhan Kota Jogja menawarkan beragam destinasi wisata kuliner untuk berburu takjil. Kota Jogja merupakan surganya untuk berburu kuliner takjil lho, karena di Jogja terdapat beragam pasar khusus yang menjual takjil Ramadhan. Nah berikut ini adalah beberapa pasar Ramadhan yang menjadi surganya berburu takjil untuk buka puasa.

1. Pasar Ramadhan Jogokariyan

pasar sore ramadhanPasar Ramadhan Jogokaryan berbeda dengan pasar sore Ramadhan Kauman yang terletak di dalam gang kampung. Terletak di sepanjang jalan Jogokariyan yang cukup luas lho. Pasar ini mulai ada sejak tahun 2005 dan diselenggarakan oleh pengurus masjid Jogokaryan. Pasar Ramadhan Jogokaryan ini adalah salah satu pasar Ramadhan di Jogja yang rekomended untuk dikunjungi sebagai tempat untuk ngabuburit. Di pasar ini menyajikan berbagai macam kuliner tradisional hingga kuliner kekinian.

Selain menyelenggarakan pasar Ramadhan Jogokariyan pengelola masjid juga menghadirkan berbagai agenda menarik selama bulan Ramadhan. Acara seperti buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh masjid jogokaryan, masjid ini menyediakan 1000 lebih menu berbuka puasa gratis untuk para pengunjung dan pedagang, itikaf 10 hari penuh, dan tarawih ala Madinah dan gaza. Masjid Jogokaryan terkenal sebagai masjid dengan pengelolaan terbaik di Indonesia. Sehingga masjid ini layak dikunjungi sebagai study banding bagi masjid-masjid lainnya di Indonesia.

2. Pasar Sore Ramadhan Kauman

Pasar sore Ramadhan Kauman merupakan pasar pertama sebelum adanya pasar kaget Ramadhan lainnya di Jogja. Berada di Jalan Ahmad Dahlan, lebih tepatnya di Kampung Kauman RW 10 RT 13. Pasar Ramadhan Kauman ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an, pasar ini ada karena inisiatif dari masyarakat sekitar. Di sini kita bisa membeli berbagai jenis masakan dan minuman. Mulai dari camilan, sayur, lauk-pauk serta aneka es-es segar. Sehingga banyak orang yang berkunjung kesini untuk berburu takjil.

Kampung Kauman ini memang terkenal dengan masyarakatnya yang religius, karena lokasi pasar ini berdekatan dengan Masjid Agung Keraton Yogyakarta pasar ini tak pernah sepi pengunjung. Banyak orang yang sengaja datang untuk berburu takjil sekaligus menunggu waktu berbuka puasa di masjid peninggalan mataram islam ini. Pastinya selain berburu takjil pengunjung juga bisa sekalian berwisata religi dong. Kauman ini juga terkenal sebagai daerah berbasis islami karena tempat lahirnya Muhammdiyah. Wisata jelajah napak tilas Muhammadiyah bisa dilakukan di tempat ini.

3. Pasar Ramadhan Pakualaman

pasar ramadhan jogjaPasar Ramadhan Pakualaman atau yang secara resmi bernama Gajah Mada ini merupakan pasar kaget Ramadhan terbaru di Jogja. Memiliki keunikan tersendri yaitu di pasar ini terdapat hiasan payung warna-warni yang dijadikan sebagai dekorasi utama. Payung-payung cantik ini digantung sepanjang 100 meter. Bukan hanya dijadikan dekorasi utama saja payung-payung yang digantung juga dipercayai sebagai lambang keguyupan warga sekitar. Pasar Ramadhan Pakualaman ini dimeriahkan dengan adanya pertunjukan music, nasyid dari masjid-masjid se-pakualaman dan donor darah.

4. Jalur Gaza Nitikan

jajajn sore ramadhanPasar Ramadhan kali ini mempunyai nama yang unik ya yaitu Jalur Gaza. Jalur Gaza ini adalah singkatan dari jajanan, lauk, sayur, gubuk, ashar, zerba ada. Karena berlokasi di Nitikan maka disebut dengan Jalur Gaza Nitikan. Di pasar ini terdapat 130 pedagang yang menyajikan berbagai macam kuliner yang sangat lengkap mulai dari kuliner berat hingga jajanan pasar. Jalur Gaza ini menggelar pasar Ramadhan selama 30 hari penuh dibawah pengurus masjid Muthohhirin. Selain mmenyelenggarakan pasar kaget Ramadhan tempat ini juga memiliki berbagai macam agenda menarik lho selama bulan puasa. Salah satunya yang paling terkenal yaitu dulu pernah diadakannya promosi film sang penceramah yang dihadiri langsung oleh sang actor Lukman Sardi dan Giring Nidi.

Berikut tadi adalah beberapa pasar sore Ramadhan yang ada di Jogja yang bisa dijadikan wisata ngabuburit disaat sore hari menjelang waktu buka puasa. Pasar-pasar tersebut memiliki keunikan sendiri lho, sehingga memiliki daya Tarik tersendiri untuk mendatangkan pengunjung. Buat kalian yang penasaran dengan pasar-pasar Ramadhan yang ada di Jogja kalian bisa coba mengunjungi salah satu pasar Ramadhan diatas. Pastinya di sana kalain bisa membeli bermacam-macam makanan dan minuman yang kamu sukai.

Safari Ramadhan

Ramadhan di Jogja rasanya tidak akan membosankan karena kita disuguhkan dengan banyak pilihan ngabuburit. Bagi anak kos yang tinggal karena kuliah di Jogja tentu ini akan membantu sekali. Bagi kalian yang sengaja memilih wisata di bulan puasa, pastikan mengunjungi beberapa destinasi di atas. Kampung sore Ramadhan di atas bisa menjadi inspirasi untuk daerah lainnya.

Jogjakartour sebagai penyelenggara tour di Jogja memiliki banyak sekali paket wisata  Jogja. Semuanya berdasarkan kebutuhan dan permintaan wisatawan yang ingin ke Jogjakarta. Ada beberapa tamu wisatawan yang menghendaki paket wisata safari Ramadhan. Mereka sengaja berwisata dari satu masjid ke masjid lainnya selama bulan Ramadhan di Jogja. Selain melihat kehidupan Ramadhan di Jogja, mereka merasakan dan ikut tarawih yang diselenggarakan di masjid-masjid pilihan di Jogja. Jadi, paket wisata Jogja edisi religi bisa diisi dengan safari Ramadhan ke beberapa masjid.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp