Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Kuliner Ekstrem Jogja yang Tak Biasa dan Patut untuk Dicoba

Jogja merupakan salah satu wilayah yang berada di Daerah Istimawa Yogyakarta. Jogja sangat di kenal dengan tempat wisatanya, banyak sebutan untuk kota Yogyakarta seperti kota gudeg, kota batik, kota budaya, kota sejarah, kota becak, dan masih ada banyak. Namun tak ketinggalan dengan wisata kulinernya yang bikin nagih wisatawan yang tak kalah lezatnya dengan kuliner lain. Oleh karenanya, artikel berikut ini akan membahas seputar kuliner Jogja. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah kuliner ekstrem Jogja. Meskipun unik tapi tetap aman dan halal untuk dimakan. Apa saja? Yuk simak lebih lanjut.

Menikmati kuliner di Jogja bisa menjadi bagian dari paket wisata Jogja. Sayang banget rasanya jika di Jogja tapi tidak sempat menikmati menu kulinernya. Jadi, jika wisata di Jogja setidaknya sediakan 2 hari satu malam di akhir pekan. Agar kalian punya cukup waktu untuk menikmati wisata kulinernya. Buat kamu yang suka kulineran harus coba kuliner ekstrem yang ada di Jogja. Kali ini ada yang beda dengan kuliner yang ektrem yang bisa dicoba untuk menghabiskan waktu kalian di Jogja. Karena kuliner ini bisa jadi tidak ditemukan di daerah wisata lainnya.

Kuliner dan Wisata adalah Kegiatan yang Melekat

Bagi penyuka kuliner, rasanya ada saja menu baru yang nyeleneh untuk dicoba. Mereka biasa sengaja datang keluar kota atau mencari destinasi dengan kuliner uniknya. Mencoba kuliner setempat bisa menjadi bagian dari aktifitas wisata. Dalam rangkaian paket wisata Jogja, ada yang namanya fasilitas makan siang dan makan malam. Agenda atau waktu makan ini bisa dialokasikan mengunjungi tempat makan yang unik dan nyeleneh. Sehingga merasakan sensasinya, bisa menjadi petualangan dan pengalaman tersendiri.

Wisata di Jogja, seringkali dihadapkan dengan beberapa menu makanan yang relatif manis. Ya benar, kota Jogja memang terkenal dengan gudegnya yang memiliki citarasa cenderung manis. Sehingga tidak banyak lidah yang cocok dan sesuai dengan sensasi rasa masakan ini. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika Jogja juga memiliki kuliner yanng beragam. Tidak hanya gudeg tetapi juga menu berbagai olahan kambing, menu bakmi Jawa, masakan khas ndeso dan menu lainnya. Sehingga bagi wisatawan yang menikmati paket wisata Jogja tidak perlu ragu dan khawatir.

Kuliner Extrem Jogja yang Tidak Biasa

Kuliner ekstrem Jogja ini bukan berrti menakutkan dan tidak bisa dimakan. Di sini disebut ekstrem karena memang tidak ada duanya dan jarang ditemukan di kota lainnya. Jogja sebagai kota wisata memang harus memiliki keunikan dan keunggulannya. Termasuk juga dari sektor kuliner, dimana kuliner ini menjadi bagian dari unsur wisata yang bisa dinikmati. Kuliner ekstrem Jogja di sini ada beberapa dan kalian patut mencobanya ketika berwisata di Jogja. Apa saja kiranya? Checkitout dan jangan lupa makan dan rasakan ketika kalian menikmati paket wisata Jogja nantinya.

1. Belalang Goreng Krispi

makanan ekstrim jogjaBelalang goreng krispi juga sangat digemari oleh wisatawan karena rasanya yang renyah. Namanya saja sudah krispi pasti akan nikmat dan gurih, pengolahan belalang goreng ini sangat mudah. Biasanya belalang goreng ini dapat ditemukan di daerah Gunungkidul karena belalang masih mudah ditemukan. Belalang ini memiliki rasa yang gurih dan renyah bagi mereka yang menyukainya. Belalang banyak ditemukan di daerah Gunung Kidul. Yakni sisi sebelah timur Jogjakarta yang terdapat banyak destinasi wisata seperti pantai. Bagi wisatawan yang sedang menikmati paket wisata Jogja, jangan lupa menyertakan destinasi seperti gua pindul, pantai ngrawe, teras kaca dan lainnya. Kesemuanya ada di Gunung Kidul yang punya kuliner unik belalang goreng tadi.

2. Kuliner Sate Kelinci

kuliner unik jogjaMengapa sate kelinci kami jadikan list kuliner esktrim? KArena banyak orang yang beranggapan kelinci adalah hewan yang imut dan lucu. Meskipun halal, banyak orang merasa kasihan dan tak tega dengan kelinci yang imut. Namun daging kelinci ini menjadi alternatif untuk dijadikan menu makanan yang berbeda dengan daging kambing atau ayam. Salah satunya di Jogja yang menjadikan daging kelinci sebagai masakan sate. Ketika dimasak rasa daging kelinci empuk dan kenyal. Menu ini biasanya cocok dan pas untuk dimakan di daerah dingin. Sate kelinci ini banyak terdapat di area Kaliurang yakni bagian utara Jogjakarta. Merapi ini adalah kaki gunung yang relatif memiliki suasana yang dingin.

3.  Tengkleng Gajah

tengkleng gajahTengkleng gajah bukan berarti kita makan olahan dari tulang gajah yang dimasak. Kuliner ini disebut unik dan ekstrem karena namanya dan penyajiannya. Tengkleng gajah memang disajikan dalam porsi besar, sehingga disebut dengan gajah. Bagi yang suka dengan olahan kambing, kuliner ini cocok untuk dicoba ketika sedang berwisata di Jogjakarta. Tengkleng Gajah berada di Jalan Kaliurang yang bisa ditempuh dengan perjalanan sekitaR satu jam dari kota Jogjakarta

4. Oseng Mercon

wisata kuliner di jogjaOseng Mercon adalah kuliner khas Jogja berikutnya yang bisa didapatkan di pusat kota Jogjakarta. Makanan ini memiliki citarasa yang khas dan pedas sangat. Kepedasan nya yang begitu pedas ini yang membuatnya disebut mercon. Mercon adalah sejenis petasan yang memekakkan telinga sehingga mengagetkan dan membuat pedas telinga. Sehingga sapapun yang mencoba makan oseng mercon bisa panas dan kaget dengan rasa pedasnya. Tertarik mencobanya?. Kalian bisa membeli oseng mercon yang terbuat dari kikil sapi ini di jalan Kauman yang dekat dengan Malioboro.

5. Bakso Klenger

bakso klengerBakso Klenger ini adalah salah satu kuliner ekstrem dan nyeleneh berikutnya yang ada di Jogja. Kuliner ini menjadi salah satu menu yang bisa dicoba ketika menikmati paket wisata Jogja. Bakso klenger sebenarnya menu yang biasa kalau dilihat dari namanya. Hal yang bikin beda dan ekstrem adalah dari tampilannya yang sangat besar dan bisa membuat klenger atau mabok. Bakso Klenger ini sudah sangat viral di media sosial dan berbondong orang datang untuk mencicipi. Bakso yang tersedia disana dari ukuran normal sampai seukuran bola basket. Beratnya sekitar 5 Kilogram dan wooow besar banget yaaa. Satu bakso Klenger yang beratnya 5 Kilogram atau ukuran 5XL ini bisa untuk makan 20 orang. Tertarik mencobanya?. Bisa banget pas kalian sedang berwisata di Jogja.

Itu tadi 5 Kuliner ekstrem dan nyeleneh yang bisa ditemui di Jogjakarta ketika tertarik untuk berpetualang kuliner. Walaupun namanya ekstrem tapi rasanya tetap enak dan khas untuk dicoba. Menikmati kuliner ekstrem khas Jogja bisa pas sekaligus mengunjungi destinasi wisata yang terdekat.

6. Sate Kere Gajih Sapi

sate kereNah namanya saja sudah bisa terbaca ya. Sate kere adalah sate yang berbahan lemak sapi. Cirinya adalah jika dibakar akan mengeluarkan banyak asap. Dan aromanya sangat memikat. Sate kere khas jogja ini mudah ditemui di sekitar malioboro, yaitu tepatnya di daerah pasar beringharjo. Atau sering kali dijajakan di depan benteng vredeburg, tempat nongkrongnya para anak muda. Rasa sate ini sangat gurih, namun setelah menyantapnya akan terasa berminyak di mulut. Hmm, penasaran? Cobain deh kalau pas ngetrip di Jogja.

7. Sayur Rebung

sayur rebungSayur rebung sering juga disebut dengan sayur bambu. Ya, karena memang bahan baku utama sayur ini adalah bambu. Ga kebayang kalian makan bambu? Eit, tunggu dulu bambunya ini bukan bambu yang keras dan panjang sperti yang ada di pikiran kalian. Rebung merupakan bambu muda yang masih tunas. Diambil, dicuci dan dipotong tipis seeprti ceriping kemudian dimasak menggunakan santan dan bumbu. Sayur rebung ini menurut wikipedia (…wiki/Rebung, Diakses 11 Juli 2019) , berasal dari jawa tengah. Di Jogja pun banyak masayarakat yang masih mengkonsumsi rebung, karena memang geografisnya banyak ditumbuhi oleh pohon bambu. lalu bagaimana rasanya ya, cobain deh saat ada di Jogja.

Kadangkala, setelah kita datang ke Jogja dan menikmati kulinernya, hal ini lah yang membuat kangen. Selain selain daftar kuliner ekstrem Jogja di atas, ada juga nasi kucing yang sangat terkenal di Jogjakarta. Biasanya kita mendapatinya di sepanjang angkringan yang ada di Jogja. Karena menunya yang sederhana dengan porsi nasi sedikit, dinamakanlah dengan istilah nasi kucing. Wah, ada-ada saja yaa istilahnya dan kalian bisa mencobanya ketika menikmati paket wisata Jogja nanti.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp