PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Liburan Hemat, Cocok Buat yang Mau Backpacker ke Jogja

liburan hematWisata saat ini sudah menjadi kebutuhan manusia dan termasuk salah satu agenda yang belum mendesak tapi sangat penting. Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa menjalani kehidupan seimbang antara bekerja dan tetap bisa berwisata. Pastinya kegiatan wisata alias bersenang-senang ini juga membutuhkan anggaran atau budget. Jika kita bisa dengan baik mengelola keuangan kita, tentu wisata setiap tahun bisa menjadi agenda rutin. Apa saja nih tips yang bisa dilakukan agar kita tetap bisa berwisata tanpa menguras isi kantong. Berikut simak 11 tips liburan hemat dan on budget yang bisa dilakukan :

 

11 Tips Liburan Hemat, Mengelola Budget Sesuai yang Dimiliki

 

1. Pilih Dan Survey Destinasi Wisata Yang Akan Dikunjungi

Memilih destinasi wisata terlebih dahulu, bisa menjadi strategi yang dilakukan untuk mengelola anggaran. Kita bisa mencari destinasi wisata via media sosial maupun rekomendasi rekan. Memilih destinasi wisata dan mengajukan nya kepada pihak travel agent yang terpilih, akan membantu travel membuatkan biaya wisata. Sehingga dengan paket wisata custom seperti ini, kemungkinan kita bisa memilih fasilitas wisata yang terjangkau.

 

2. Ajak Teman Dan Jangan Berwisata Sendiri Agar Lebih Murah

Mengajak rekan, sahabat dan keluarga untuk berwisata bisa menjadi strategi berikutnya yang dilakukan. Sebab harga sewa mobil di tempat wisata akan bisa ditanggung bersama dan tentu menjadi jauh lebih murah. Pilih setidaknya minimal 2 orang untuk berwisata, sehingga tanggungan biaya bisa dihandle dua orang atau lebih. Hotel 1 kamar juga bisa sharing berdua, dan ini akan bisa menghemat biaya.

 

3. Buatlah Rincian Biaya Transport, Paket Wisata Dan Belanja

Pastikan kita sudah membuat batasan anggaran untuk rencana liburan hemat dan on bdget yang direncanakan. Caranya dengan memberi batasan dan anggaran setiap biaya kereta atau pesawat pulang pergi, biaya paket wisata dan belanja. Pilihlah paket wisata Jogja atau paket wisata Jawa yang notabene memiliki harga relatif terjangkau.

 

4. Hindari Memilih Hotel Berbintang 3 Ke Atas

Pilihan hotel tempat kita menginap juga akan mempengaruhi jumlah pengeluaran biaya wisata. Kita bisa mengalokasikan anggaran menginap di hotel berintang untuk budget oleh-oleh wisata. Pilihan hotel agar terjangkau bisa dipilih hotel bintang tiga ke bawah seperti hotel melati, villa, homestay dan guesthouse. Apalagi jika pilihan nya adalah paket wisata Family, tentu kita bisa mengambil pilihan homestay untuk menginap.

 

5. Hindari Membeli Oleh-Oleh Berlebihan

Biasanya kaum wanita mengalami kalap jika dihadapkan pada aktifitas belanja. Sehingga pastikan berapa budget untuk membeli oleh-oleh sedari awal. Pilih juga jenis oleh-oleh yang tidak terlalu mahal harganya. Sehingga keluarga atau rekan di rumah bisa mendapatkan buah tangan dari hasil perjalanan wisata kita.

 

6. Pilih Makanan Khas Atau Wisata Kuliner Setempat Yang Terjangkau

Sengaja mengisi perut di jenis makanan khas daerah tujuan wisata adalah langkah untuk mengelola biaya. Sebab makan di restoran dan di hotel akan sangat jauh lebih mahal. Dengan mencoba kuliner lokal, disamping bisa menghemat biaya kita juga mencoba wisata kuliner sekaligus. Ada banyak pilihan jika kalian berwisata ke Jogja kita bisa mencoba menu oseng mercon, gudeg dan menu lainnya yang murah.

 

7. Pilih Tiket Promo Dan Check Jaih-Jauh Hari

Tips liburan hemat berikutnya ini cukup mempengaruhi budget, yaitu tiket pesawat/kereta. Menggunakan tiket promo dan mecoba booking  jauh-jauh hari juga bagian dari mengelola anggaran wisata. Harga tiket promo biasanya berlaku untuk tiket pesawat. Dan jika budget untuk tiket pesawat memang tidak ada, gunakan kendaraan lainnya. Kendaraan darat seperti bus, kereta dan jasa travel bisa menjadi solusi.

8. Kunjungi Destinasi Wisata Baru Yang Masih Murah

Mengunjungi destinasi wisata baru yang masih memiliki harga tiket murah juga bisa dicoba lho. Sebab obyek wisata baru biasanya masih dalam tahap promosi dan belum memberlakukan tiket yang mahal. Destinasi wisata baru suatu daerah biasanya lebih instagrammable dan juga bisa menjadi trip kekinianmu.

 

9. Ambil Perjalanan Malam Hari Dan Menginap Di Perjalanan

Melakukan perjalanan menuju daerah tujuan wisata menggunakan bus atau kereta bisa dilakukan di malam hari. Hal ini bertujuan agar kita bisa menghemat biaya untuk menginap di hotel. Sehingga paket wisata yang kita ambil hanya perlu menginap 1 malam atau 2 malam saja di hotel. Selebihnya kita habiskan di perjalanan menuju dan pulang dari daerah tujuan wisata. Seperti halnya perjalanan menggunakan kereta kita bisa lakukan sore dan malam hari. Sehingga tiba di lokasi wisata bisa pagi hari dan dilanjutkan untuk memulai acara wisata. Begitupula kepulangan dari selesaianya berwisata bisa kita pilih di siang atau sore hari sehingga wisata bisa maksimal.

 

10. Bawa Botol Air Minum

Mungkin hal ini kesannya kurang oke dan tidak banyak wisatawan mau repot membawa botol air minumnya. Padahal cara ini adalah salah satu cara penghematan ketika kita sedang berwisata on budget. Kita bisa melakukan isi ulang air minum ketika berada di hotel dan tempat umum lainnya. Meskipun belum banyak tempat di obyek wisata menyediakan air minum isi ulang untuk umum. Hal lainnya disamping sebagai sarana berhemat, cara ini juga cukup menjaga lingkungan. Kita tidak akan banyak membuang sampah plastik di destinasi wisata untuk mengurangi efek pemanasan global.

 

11. Cari Paket Wisata Promo Atau Minta Paket Wisata Dibuatkan Sesuai Budget

Paket wisata juga bisa promo lho jika travel agent memang sedang mengadakan agenda promonya. Kamu bisa meminta pihak travel untuk menginfokan kapan adanya promo paket wisata. Jika tidak, misalkan kamu memiliki budget tertentu minta saja pihak travel untuk membantu mengelola budget agar bisa berwisata ria. Apalagi jika kamu punya langganan travel yang sudah sering menggunakan jasanya, maka kamu bisa mendapatkan harga khusus. Ya, harga sebagai pelanggan yang menggunakan jasanya kesekian kali bisa disebut sebagai repeater.

 

Menarik bukan?, kesemuanya tadi adalah 11 langkah atau cara untuk membuatmu mendapatkan paket liburan hemat. Nah, selebihnya tinggal atur keuanganmu dengan baik agar tiba saatnya wisata kamu memiliki bekal uang yang cukup. Kemudian jika masih memungkinkan ajak serta temanmu untuk berwisata agar harga paket menjadi lebih murah. Melakukan perjalanan wisata memang menjadikan kita mengeluarkan uang lebih untuk membiayai kita.

Akan tetapi pengalaman atau experience perlu dibeli agar bisa menambah wawasan kehidupan. Khususnya berwisata, kegiatan ini merupakan aktifitas yang menyenangkan dan sekaligus bagian dari mensyukuri kehidupan. Banyak kearifan lokal yang bisa kita temui di daerah tujuan wisata. Nilai masyarakat yang masih murni tersebut bisa menjadi bekal kebijaksanaan dan pengetahuan untuk diri. Jadi, jangan ragu untuk menyiapkan anggaran wisatamu tahun ini. Jika perlu, anggaran ini masuk dalam alokasi bulanan yang sudah kalian siapkan pos nya setiap bulan. Ayo berwisata ayo berbahagia.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja