PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Galeri Seni Jogjakarta yang Patut Untuk Dikunjungi

Jogja merupakan salah satu kota yang menjadi bucket list para wisatawan. Pasalnya Jogjakarta memiliki beragam tempat destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata edukasi yang bisa dikunjungi ketika anda menikmati paket wisata di Jogja. Berkunjung ke galeri seni memang tidak semenarik mengunjungi destinasi yang lain. Padahal berkunjung ke galeri seni memberikan edukasi yang sangat bermanfaat. Terkadang galeri seni memiliki tempat yang tidak menarik, sehingga wisatwan enggan untuk berkunjung. Namun terdapat 8 galeri seni jogjakarta yang menarik untuk dikunjungi. Kita check satu satu yaaa…

8 Galeri Seni Jogjakarta Sebagai Destinasi Wisata

Museum Affandi

galeri seni jogjakarta

Affandi sebagaimana yang kita kenal merupakan seorang seniman seni rupa yang berkarya pada bidang seni lukis. Bahkan Affandi mendapat julukan sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia. Hasil karya lukisanya kini tersimpan di dalam satu museum yang terletak di Jogjakarta, tepatnya di Jln Laksda Adisucipto No. 167. Museum ini dinamakan Museum Affandi, dulu museum ini merupakan tempat tinggal mendiang Affandi yang juga dimakamkan di sekitar area museum.

Koleksi di museum ini tidak hanya berupa lukisan hasil karya Affandi, beberapa barang peninggalan milik Affandi pun menjadi koleksi museum. Museum ini memiliki 4 galeri seni yang masing-masing menyimpan koleksi yang berbeda. Museum ini sangat menarik untuk dikunjungi ketika anda menikmati paket wisata Jogja bertema edukasi.

Galeri Seni I

Disini pengunjung dapat menyaksikan koleksi dari barang berharga peninggalan Affandi semasa hidupnya. Seperti mobil Colt berwarna kuning, dan koleksi sepeda onthel kuno serta foto potret Affandi bersama putrinya terpajang di galeri ini. Selain itu di galeri I pengunjung bisa menikmati hasil harya seni lukis dari sang maestro ini. Berbagai macam penghargaan yang telah diraih Affandi turut serta menjadi bagian dari koleksi museum. Penghargaan dari Asia dan Eropa untuk Affandi yang di pajang disebuah lemari kaca yang terletak di bagian tengah galeri.

Galeri II

Di galeri ini terdapat koleksi lukisan hasil karya dari pelukis pemula hingga senior. Jenis aliran seni lukis yang menempati galeri ini berupa aliran realisme dan abstrak. Terdapat beberapa lukisan hasil karya pelukis Indonesia seperti Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, dan juga lukisan-lukisan terkenal milik Popo Iskandar dan lainnya. Tidak hanya lukisan, gelaran patung dan cukil kayu poles pun bisa untuk dinikmati.

Galeri III dan IV

Di galeri III ini pengunjung dapat menikmati lukisan hasil karya dari putri sang maestro yang bernama Kartika Affandi. Sedangkan di galeri IV sendiri pengunjung dapat melihat lukisan karya Didit, cucu dari Affandi. Keunikan yang dimiliki oleh museum ini menjadi lebih menarik untuk dikunjungi ketika memilih paket wisata di Jogja bernuana seni budaya.

Musem Gunung Merapi

galeri seni jogja

Museum yang terletak di kawasan kaki gunung merapi ini berhasil menarik perhatian wisatawan. Bentuk bangunan yang trapezium, dengan salah satu puncaknya mengkerucuk berbentuk segitiga menjadikan bentuk bangunan yang sangat unik. Apalagi ketika langit sedang cerah tampak kecantikan Gunung Merapi dibalik museum ini. Museum ini menyimpan koleksi seperti display letusan dan erupsi Merapi, lorong peraga simulasi LCD, peraga simulasi tsunami dan gempa.

Ketika memasuki museum, pengunjung disuguhkan dengan replica semburan awan panas dari tiga buah Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, 2006. Dengan menekan salah satu tombol semburan awan panas dan lava pijar akan terlihat menyerupai kejadian waktu itu.

Memasuki museum ini kita akan melihat displas tipe letusan api, batuan dari Gunung Merapi, koleksi benda-benda sisa letusan, hingga foto-foto Merapi dari tahun ke tahun. Koleksi benda yang menarik berupa batu bom (volcanic bomb). Batu ini merupakan bentuk lain dari lava pijar yang panasnya mencapai suhu 700-1.200 derajat celcius. Kemudian terlempar ke udara dan mengalami pendingan dengan cepat sebelum menyentuh permukaan bumi. Sebuah museum yang mengingatkan pada keagungan sang pencipta, dan sangat menarik untuk dikunjungi. Paket wisata Jogja study tour untuk pelajar bisa menyertakan Museum Merapi ini.

Museum Ullen Sentalu

liburan lebaran

Sebuah museum yang menyimpan koleksi macam-macam batik, serta menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram. Museum yang terletak di kawasan lereng Merapi, tepatnya di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Terdapat Sembilan ruangan yang memiliki fungsi  berbeda dari masing-masing ruangan.

  1. Ruang selamat datang yang difungsikan untuk menyambut tamu atau pengunjung museum.
  2. Ruang Tari dan Gamelan, berupa tempat penyimpanan gamelan yang merupan hadiah hibah dari pangeran Kesultanan Yogyakarta.
  3. Ruang Guwa Sela Giri, merupakan ruang bawah tanah yang memamerkan dokumentasi lukisan hasil karya tokoh-yokoh Dinasti Mataram.
  4. Ruang Syair, tempat ini menyimpan syair-syair yang ditulis oleh kerabat dan teman-teman GRAj Koes Sapariyam pada tahun 1939-1947.
  5. Royal Room Ratu Mas, sebuah ruangan khusus yang dipersembahkan untuk permaisuri Sunan Paku Buwana X.
  6. Ruang Batik Vorstendlanden, ruangan yang menyimpan koleksi-koleksi batik.
  7. Ruang Batik Pesisiran, memiliki fungsi yang sama dengan Ruang Batik Vorstendlanden untuk menyimpan koleksi batik.
  8. Ruang Putri Dambaan, merupakan tempat penyimpanan koleksi foto pribadi Gusti Nurul, putri tunggal Mangkunegara VII.
  9. Sasana Sekar Bawana, berisikan beberapa lukisan Raja Mataram.

Museum Ullen Sentalu banyak diminati wisatawan dari kalangan perusahaan. Yakni mereka yang mengambil paket wisata gathering Jogja.

Museum Sonobudoyo

Museum ini menyimpan banyak koleksi budaya dan sejarah, di museum ini terdapat puluhan ribu artefak bersejarah. Selain itu koleksi museum ini berupa keramik pada Zaman Neolitik dan patung perunggu. Beberapa macam bentuk wayang kulit, berbagai jenis senjata kuno, topeng jawa, karya seni yang terbuat dari bamboo, koleksi batik, dan patung yang terbuat dari emas. Museum ini rutin mengadakan pertunjukan wayang kulit, yang digelar pada pukul 20.00-22.00.

De Mata Trick Eye Museum

Museum ini mengahdirkan beragam bentuk gambar 3 dimensi, terdapat 120 gambar 3 dimensi di museum ini. Aktivitas yang dilakukan di museum ini berupa berpose untuk berfoto. Keunikan dari museum ini karena menghadirkan beraneka ragam gambar dengan tema berbeda seperti alam, olahraga, binatang dan lainnya. Destinasi ini justru menjadi tujuan bagi remaja dan generasi milenial yang hobi berfoto.

Museum Coklat Monggo

Museum ini terletak dari keramain pusat kota, tepatnya di Jln. Tugu Gentong, Bangunjiwo, Bantul. Disini tidak hanya sebuah bangunan museum, melainkan teerdapat kedai, toko, dan juga pabrik. Museum yang diresmikan pada tahun 2017 lalu ini memiliki keunikan tersendiri. Wisatwan akan disuguhkan dengan gambar dan infografik di dinding tentang coklat. Aktivitas yang ditawarkan oleh museum ini, pengunjung diberi kesempatan untuk membuat coklat bikinan sendiri. Tempat ini lebih modern dan tentunya bisa masuk dalam study trip bagi pelajar.

Museum Bahari Yogyakarta

Merupakan museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan dunia kelautan. Koleksi yang tersimpan di museum ini berupa senjata meriam, bom dan ranjau laut, torpedo, radar dan sonar, kompas magnet, dan lainnya. Museum ini terletak di jln. R.E Martadinata, Wirobrajan, Bantul.

Museum Perjuangan

Galeri seni jogjakarta berikutnya adalah museum perjuangan. Museum perjuangan merupakan museum untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia kala itu. Museum ini terletak di Jln. Kolonel Sugiono No. 24. Terdapat beberapa koleksi yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah 73 tahun yang lalu. Seperti meriam VOC yang ditemukan di Benteng Vredeburg,  miniature kapal armada laut Belanda, replica senjata serdadu VOC, dan lain-lain. Keunikan dari museum ini adalah gedung museum yang memadukan model bangunan Eropa pada bagian atas dan pada bagian bawah mengadopsi budaya local. Terdapat relief di dalam museum yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dari berdirinya Budi Utoma hingga terbentuknya NKRI.

Diatas merupakan museum-museum yang menarik untuk di kunjungi ketika anda menikmati paket wisata Jogja. Bagaimana tertarik berkunjung ke galeri seni jogjakarta?

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja