Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Macam-macam & Jenis Wisata Tematik Pilihan Wisatawan

Melakukan sebuah agenda perjalanan wisata bisa disesuaikan dengan beberapa hal. Jika wisatawan booking sebuah paket wisata, maka Travel Agent yang ditunjuk akan memberikan beberapa saran. Hal ini berkaitan dengan jenis wisata apa yang ingin dikunjungi dan dijadikan tema wisata. Ada setidaknya 10 jenis wisata minat khusus yang bisa menjadi pilihan wisata tematik kalian, diantaranya:

10 Macam Wisata Tematik

1. Scientific Tour

Tour ini mengunjungi objek yang bersifat ilmu pengetahuan. Sehingga wisatawan bisa mendapatkan ilmu pengetahun baru yang bisa menambah khasanah keilmuannya. Adanya unsur pendidikan adalah salah satu ciri khas jenis wisata tematik satu ini. Umpamanya Bogor Scientific Tour, mengunjungi lembaga ilmu yang ada kaitannya dengan pertanian/kehutanan. Jika di Jogjakarta maka Taman Pintar juga bisa masuk dalam paket wisata Jogja dengan tema Scientific Tour ini.

2. Musea Tour

Tour ini mengunjungi museum dan mengeksplorasi koleksi museum yang ada. Adanya aktifitas pembelajaran dan pengenalan koleksi musuem menjadi agenda wisata dan perjalanannya. umpamanya Jakarta Musea Tour, mengunjungi Museum Nasional, museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Bahari, dan Museum Kereta Api. Jika di Jogja dalam paket wisata family Jogja bisa mengunjungi Museum Benteng Vredeburg dan juga Museum Sonobudoyo.

 

3. Industrial Tour

Tour ini mengunjungi tempat – tempat industri. Umumnya aktifitas wisata satu ini dilakukan oleh pelajar dari SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan. Mereka akan mengadakan study Banding dan mempelajari seluk beluk dunia industri. Kunjungan ke industry atau sentra industri, seperti Cilegon Industrial Tour dapat dilaksanakan bagi peminat industri logam. Jika di Jogja dalam paket study trip Jogja bisa mengunjungi Dagadu dan juga industri pengolahan susu Sari Husada.

4. Art and Craft Tour

Tour ini mengunjungi sentra kerajinan tangan dan padepokan seni. Bahkan wisatawan bisa terlibat aktif di dalamnya dan menghasilkan sebuah karya dari kegiatan tersebut. Daerah Bali dan Yogyakarta sangat potensi untuk tour sejenis ini. Untuk Jogja biasanya paket wisata Study Trip Jogja yang banyak mengunjungi Kasongan sebagai sentra Gerabah dan Imogiri sebagai Sentra Batik.

5. Plantation Tour

Tour ini mengunjungi perkebunan sebagai objek wisata. Umpamanya North Sumatera Plantation, mengunjungi perkebunan karet, kelapa sawit, tembakau, teh, dan kopi yang terdapat di Sumatera Utara. Untuk Jogjakarta, aktifitas di Hutan Bakau atau Hutan Mangrove Kulon Progo bisa masuk dalam agenda wisata tematik ini.

6. Architectural Tour

Tour inii mengunjungi bangunan – bangunan yang mempunyai nilai arsitek tinggi. Umpamanya Java Architectural Tour mengunjungi Gedung MPR, Istiqlal, Gedung Sate, Gereja Blenduk, dan Candi Borobudur. Juga titik nol kilometer Jogja dan Taman Sari juga merupakan destinasi yang masuk dalam  tema ini untuk paket wisata Jogja.

7. Hunting Tour

Tour ini sebagai kegiatan utama dalam perjalanannya melakukan perburuan, yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup. Hunting tour ini sifatnya terbatas sekali. Pada saat ini yang dapat dilakukan hanyalah berburu babi hutan karena babi hutan merupakan hama bagi petani. Untuk Jogjakarta, jarang sekali ada spot yang bisa dilakukan untuk aktifitas perburuan.

8. Marine Tour atau Wisata Bahari

Tour ini di Indonesia sangat potensial. Kegiatannya dapat berupa penyelaman ( untuk melihat taman laut ), pelayaran, berselancar ( berselancar angina atau selancar ombak ), dan kegiatan bahari lainnya. Wisata Karimunjawa bisa masuk dalam agenda tema wisata sejenis ini,

9. Adventure Tour atau Wisata Petualangan

Di Indonesia dapat dijadikan lahan untuk adventure tour ini, seperti Alas River Adventure Tour yang mengarungi Sungai Alas yang deras dan penuh jeram, Cross Kalimantan Tour, yang di mulai dari Samarinda, Kalimantann Timur menyelusuri Sungai Mahakam yang bertemu dengan Sungai Kapuas dan berakhir di Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk tour sejenis ini, makin tinggi derajat kesulitan makin disenangi oleh wisatawan. Untuk Jogja, rafting sungai Elo Magelang dapat menjadi salah satu agenda wisata bertema petualangan sejenis ini. Lainnya adalah lava Tour Merapi juga masuk dalam paket wisata Jogja dengan tema adventure atau petualangan.

10. Antropological Tour

Tour ini sebagai sasarannya adalah daerah yang secara antropologi mempunyai nilai tinggi untuk kelompok wisatawan ini. Indonesia merupakan surga eksplorasinya, wisatawan tinggal memilih ke pulau Nias, Mentawai, Kubu, Dayak, Flores, Sumba, Irian atau daerah mana saja yang dipilih. Jogja bisa mengunjungi beberapa desa wisata dan kawasan pengrajin yang masih eksis hingga sekarang. Sehingga wisatawan bisa melakukan banyak kajian dan pembelajaran berkaitan dengan kearifan lokal yanng masih melekat di sana.

Kesemuanya adalah jenis-jenis wisata tematik yang sudah dikategorikan dalam keilmuan pariwisata. Sehingga jika ada hal yang berbeda yang hadir dalam bentuk paket wisata tematik, maka berarti itu adalah pengembangan. Pariwisata sebagai aktifitas dan sebaagai ilmu akan terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Manusia sebagai pelaku wisata juga turut berperan sebagai subyek yang menentukan arah dan tren wisata. Apalagi selera pasar dan selera wisatawan yang terus berkembang bisa menjadi faktor dinamisnya pertumbuhan pariwisata. Paket wisata Jogja juga terus berbenah untuk bisa selaras dengan kebutuhan wisatawan lokal maupun internasional. Keduanya memiliki karakter selera yang berbeda dilihat dari wisatawan sebagai penikmat atau subyeknya.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
Chat whatsApp