Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Referensi Kunjungan Industri untuk Jurusan Siswa

Kunjungan industi memang menjadi hal yang wajib menjadi program tahunan di Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Kunjungan industri ini merupakan kegiatan mengunjungi dunia industri atau perusahaan. Gunanya sebagai ajang untuk gambaran atau contoh kegiatan yang akan dilakoni para peserta didik nantinya setelah lulus. Dengan gambaran tersebut para peserta didik tidak akan bingung dengan pekerjaan nantinya setelah keluar dari SMK. Sehingga kunjungan industri bagi siswa SMK merupakan bekal untuk menyiapkan mereka bekerja. Agar tidak gagap nantinya memasuki dunia kerja yang baru. Begitupun, mereka juga agr terinspirasi untuk berprestasi sehingga bisa mendapatkan pekerjaan terbaik. Biasanya, agenda kunjungan insustri ke perusahaan juga sekaligus untuk menjalani kegiatan wisata bagi sekolah. Sehingga destinasi terdekat yang ada di daerah tujuan untuk kunjungan, juga didatangi oleh rombongan sekolah. Paket wisata Jakarta dan juga Wisata Bandung sangat beragam. Jadi, mengapa tidak untuk belajar di dunia indstri sekaligus mengikuti agenda wisata sekaligus?.

Referensi Beberapa Perusahaan untuk Kunjungan Industri

1. Jurusan Otomotif

Jurusan ini biasanya identik dengan suasana yang berbau bengkel dan juga mesin. Peserta didik yang mengambil jurusan ini pasti memiliki hobi mengotak – atik motor maupun mobil. Biasanya jurusan ini akan dibekali skill yang berupa permesinan, transmisi, kelistrikan otomotif, mobil niaga, mobil penumpang, dump truck, exavalator sera masih banyak lagi. Jurusan dengan berbagai keahlian ini akan berpeluang untuk bekerja di perusahaan sepeda motor maupun mobil dan kendaraan yang berat – berat. Untuk itu jurusan otomotif bisa mengunjungi perusahaan di Jakarta-Bandung seperti Yayasan Toyota dan Astra, Astra Internasional, PT Mesin Isuzu Indonesia, PT Mitsuba Indonesia, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Nissan Indonesia, serta masih banyak yang lainnya perusahaan – perusahaan yang  tersebar di daerah Jakarta dan sekitarnya. Kunjungan wisata di Jakarta bisa mengunjungi Ancol, Museum Fatahillah dan Kota tua Jakarta.

2. Jurusan Komputer dan Jaringan

Teknik komputer dan jaringan banyak orang menyebut dengan jurusan TKJ.  jurusan ini mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program – program PC. Untuk itu peserta didik yang mngambil jurusan komputer dan jaringan dapat mengunjungi perusahaan seperti PT Telkom Indonesia, PT Indosat, serta masih banyak lagi perusahaan yang lainnya yang dapat dijadikan tempat untuk mendukung berlangsungnya kegiatan kunjungan industri. Jurusan ini memiliki prospek yang bagus di era sekarang dimana teknologi komunikasi dan komputer makin berkembang. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan bisa masuk ke dalam industri apapun. Sehingga sebuah perusahaan, atau kantor dan instansi bisa menjadi tujuan kunjungan industri. Termasuk juga perusahaan-perusahaan perbankan di Jakarta. Mereka memiliki sistem jaringan informasi dan komputer yang detail dan support jaringan yang baik.

 

3. Jurusan Pariwisata dan Perhotelan

Jurusan pariwisata dan perhotelan yang menjadi favorit diantara jurusan – jurusan yang lainya.  Sebab jurusan ini banyak dirasa jurusan yng paling enak karena sering jalan – jalan. Namun disisi lain jurusan ini banyak memakan tenaga guys.. Walapun tenaga banyak terkuras namun peserta didik yang mengambil jurusan ini akan selalu tersenyum terus lhoo. Sehingga aura kecantikan dan kegantengan dari si peserta didik akan selalu terpancar. Jurusan pariwisata dan perhotelan bisa mengunjungi destinasi – destinasi wisata yang bisa djadikan tempat utuk guiding serta hotel – hotel berbintang diarea Jakarta-bandung. Jadi bisa dikatakan jurusan ini gampang mencari tempat untuk kunjungan industri serta tempat untuk  mencari pekerjaan. Bandung sebagai salah satu kota yang banyak dikunjungi wisata menawarkan beberapa hotel dan travel agent untuk kunjungan siswa. Gedung sate, Farm House, Lembang dan lainnya sekaligus menjadi destinasi untuk siswa selama kunjungan.

 

4. Jurusan Teknik Industri

Jurusan ini bisa dikatakan hampir mirip dengan jurusan pariwisata dari segi lapangan pekerjaan. Sebab banyak perusahaan industri yang tersebar di nusantara ini diantaranya ada industri makanan dan minuman, industri logam, industri peralatan rumah tang. Juga industri kebutuhan sehari – hari (seperti sabun, shampoo, pasta gigi, susu, serta masih banyak lagi). Sehingga peserta didik yang mengambil industri ini dijamin tidak akan kehabisan lapangan pekerjaan. Banyak perusahaan seperti PT Unilever, Chandra Asri Petrochemical, Semen Holchim, PT Indofood Sukses Makmur, serta masih banyak lagi tempat yang dapat dijadikan untuk tempat kunjungan industri.

 

5. Jurusan Kesehatan

Kesehatan memang menjadi hal utama di kehidupan ketika kita tidak sehat semua akan terasa hampa. Untuk itu cocok bagi kalian yang mengambil jurusan kesehatan. Jurusan ini dapat mengunjungi tempat – tempat seperti  PT Unilever, sabun cuci tangan, PT Yakult Indonesia, Perusahaan PROMINA & SUN, serta masih banyak lagi tempat yang bisa dijadikan untuk kunjungan industri dan penelitian. Rumah Sakit Besar di Jakarta dan Bandung juga bisa menjadi sasaran kunjungan industri siswa SMK.

Sebenarnya masih banyak jurusan – jurusan lainnya dan daftar perusahaan yang bisa dikunjungi. Akan tetapi di sini, hanya kami berikan contoh dan penjabarannya yang mewakili. Untuk itu agar lebih ringkas dan tidak membosankan kami akan membuat daftar tempat untuk kunjungan industri di daerah Jakarta-Bandung menggunakan tabel berikut ini.

10 Perusahaan di atas tadi adalah beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk agenda kunjungan industri kalian. Agar agenda kunjungan industri kalian tidak monoton mengunjungi perusahaan saja, perlu dikondisikan dalam tour itinerary yang menarik dan diselingi dengan wisata di obyek wisata.

Sekolah bersama dengan panitia kunjungan industrii akan merumuskan agenda wisata yang akan dijalankan. Beberapa sekolah menunjuk Travel Agent untuk mengelola kegiatan kunjungan industri ini. Akan tetapi ada juga yang menyerahkan kepada siswa untuk menunjuk travel agent yang akan menghandle wisata sekolah. Paket Wisata Bandung memiliki beragam destinasi yang bisa kalian kunjungi. Begitu juga dengan destinasi wisata di Jakarta juga sangat lengkap. Rugi rasanya jika mengadakan kunjungan industri SMK tanpa menyertakan agenda perjalanan wisata. Kalian bisa request dengan guru pembimbing kalian untuk menambah tempat wisata agar lebih berkesan dengan mengunjungi tempat wisata seperti TMII, Ancol, Trans Studio Bandung, Gedung Sate, Fram House Susu lembang, Monas, serta destinasi wisata lainnya yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp