Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Travel Voucher dan Manfaatnya Untuk Kemudahan Berwisata

tarvel voucherBerwisata di era yang serba mudah seperti sekarang ini, kita akan dihadapkan dengan beberapa kondisi yang praktis. Terutama dalam hal prosedur pemesanan jasa wisata, pembayaran, check in dan lain sebagainya. Ada dokumen perjalanan  yang berbentuk voucher yang merupakan salah satu bentu kemudahan dalam pelayanan jasa wisata. Fungsinya selain sebagai bukti order terhadap jasa wisata seperti halnya hotel, resto, destinasi juga sebagai alat tagih. Dimana fungsi ini berlaku jika wisatawan membayar melalui biro wisata atau travel agent atas pelayanan yang telah diberikan kepada wisatawan. Menurut Tata Nuriata dalam buku Perencanaan Perjalanan Wisata terbitan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, beberapa istilah dan jenis travel voucher akan dibahas di bawah ini.

Pengertian dan Definisi Travel Voucher

Travel voucher yang disiapkan harus sesuai dengan tour itinerary  sebagai produk, dan eservation sebagai pengolah produk. Travel voucher merupakan salah satu dokumen yang dipergunakan oleh wisatawan untuk memperoleh pelayanan yang sesuai dengan ketentuan dalam produk yang disetujuinya serta yang telah dipersiapkan oleh tour organizer.

Travel voucher dapat dipakai untuk segala keperluan yang berhubungan dengan fasilitas pelayanan dari perjalanan wisata, seperti :

1. Akomodasi

2. Pelayanan makanan

3. Pelayanan pertunjukan / daya tarik atraksi wisata

4. Pelayanan transfer

5. Pelayanan tour ( excursion, sight seeing, package tour )

6. Pelayanan angkutan, dan

7. Pelayanan perjalanan lainnya.

Travel voucher yang baik seharusnya memuat informasi sebagai berikut.

1. Nama pemegang penerima voucher dan penerbit.

2. Jenis pelayanan yang disiapkan.

3. Nama penanggung jawab pembayaran atau nama orang yang akan membayar. Cara pembayarannya adalah biaya yang terjadi tanggungan wisatawan, dibayar langsung, sedangkan biaya yang menjadi tanggungan tour organizer dibayarkan melalui tour organizer

4. Nama penanggung jawab / penerbit travel voucher.

Travel voucher merupakan dokumen yan sangat menunjang kelancaran operasi tour. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua fasilitator perjalanan (hotel – hotel, biro perjalanan, dan lain – lain) mau menerima travel voucher.

Penerimaan travel voucher perjalanan wisata harus berdasarkan uatu perjanjian dan persetujuan terlebih dahulu antara konsumen, tour organizer dan travel agency karena travel voucher ada hubungannya dengan uang. Jadi segala sesuatunya tentang travel voucher harus dilakukan berhati – hati.

Fungsi Travel Voucher

Peranan travel voucher dalam penyelenggaraann perjalanann wisata sangat penting. Adapun fungsi travel voucher dalam perjalanan wisata merupakan.

1. Dokumen yang mempunyai nilai sebagai service order atau perintah penyiapan pelayanan fasilitas perjalanan.

2. Dokumen yang mempunyai nilai sebagai penyedia pelayanan yang diperlukan wisatawan, dan

3. Dokumen yang mempunyai nilai sebagai alat tagih atas pelayanan yang diberikan perusahaan fasilitas perjalanan kepada wisatawan.

 

Pemanfaatan Travel Agency

Ada dua macam pemanfaatan travel voucher, yaitu sebagai berikut1.1.

1. Travel voucher, dapat dipakai untuk segala pelayanan yang diperlukan oleh wisatawan, termasuk pemakaian untuk pelayanan akomodasi (hotel).

2. Hotel voucher, dipakai khusus untuk pelayanan akomodasi ( hotel ) yang diperlukan oleh wisatawan.

 

Travel Voucher dibuat dalam 4 copy :

1. Original Copy, order otentik yang diberikan kepada wisatawan untuk fasilitas perjalanan, original copy tersebut harus dibawa wisatawan untuk memperoleh pelayanan yang diinginkan.

2. Contractor’s Copy, sebagai order kesiapan pelayanan tetapi harus dikirim terlebih dahulu kepada fasilitas perjalanan sebelum wisatawan memakai jasa pelayanannya.

3. Auditor Copy, diberikan kepada accounting untuk mencocokkan bila ada tagihan dari perusahaan fasilitas perjalanan.

4. Traveller’s File Copy, diberikan kepada wisatawan sebagai arsip bagi wisatawan sendiri.

Sudah jelas sekali, kegunaan sebuah travel voucher dalam menunjang lancarnya perjalanan wisata yang dinikmati wisatawan. Intinya adalah wisatawan dapat membeli beberapa produk jasa wisata seperti hotel, resto, tour dari industri jasa wisata melalui travel. Pihak travel akan menerbitkan voucher hotel jika wisatawan membeli kamar hotel melalui perusahaan perjalanan.

Berbicara mengenai perjalanan, terutama perjalanan wisata tentu pasti membutuhkan dokumen sebagai alat yang mempermudah. Apabila kalian mengambil sebuah paket wisata ke luar negeri, setidaknya ada dokumen perjalanan sebagai berikut yang harus disiapkan

1. Paspor Dan Visa

Dua jenis dokumen perjalanan wisata ini adalah dokumen yang paling umum dan harus ada jika hendak wisata ke luar negeri. Paspor adalah dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh Dinas Imigrasi sebagai Lembaga Pemerintah untuk bisa ke luar negeri. Sedangkan Visa sendiri adalah izin masuk ke sebuah negara. Visa diterbitkan oleh negara yang hendak kita tuju nantinya.

2. Fiskal

Fiskal sendiri adalah surat keterangan pembayaran pajak yang dilakukan pada negara. Hal ini dibutuhkan khususnya untuk seseorang yang sedang melakukan perjalanan diplomatik. Atau juga sebagai pejabat yang sedang mengadakan tugas kedinasan ke luar negeri. Fiskal juga berfungsi untuk mengurus seseorang yang berada di luar negeri untuk dapat bisa kembali ke dalam negeri.

3. Surat Keterangan Kesehatan

Surat keterangan sehat atau tanda bahwa kita sedang dalam kondisi baik dan sehat. Serta tidak menderita suatu penyakit menular yang berbahaya. Sehingga jika sedang mengadakan perjalanan ke luar negeri, harus bebas dari beberapa penyakit yang bisa menular. Penyakit menular yang perlu adanya vaksinasi adalah seperti cacar, penyakit kuning dan kolera. Jika terbukti sedang dalam keadaan mengalami penyakit menular tersebut, akan diambil langkah karantina dan penahanan.

4. Exit atau Re Entry Permit

Exit permit adalah surat izin untuk keluar dari sebuah negara untuk sementara waktu. Sedangkan Re Entry permit berarti surat izin untuk dapat masuk ke negaranya kembali.

Itu tadi di atas, ada setidaknya 4 dokumen yang dibutuhkan oleh seseorang yang hendak mengadakan trip ke luar negeri. Paket wisata Brunei Darussalam, Thailand, Korea  dan paket wisata Kuala Lumpur bisa kalian dapatkan di eksotikaindonesia.com. Sebuah travel agent yang menyediakan paket wisata dalam dan luar negeri dan sudah memiliki izin resmi perusahaan. Jangan lupa menyiapkan segala kebutuhan perjalanan dengan baik dan juga sertakan wisata rombongan agar harga lebih murah. Berwisata dengan banyak orang atau lebih dari 15 orang akan bisa mendapatkan harga paket wisata group.

Jika trip yang dipilih adalah Jogja dan ingin merasakan paket wisata Jogja, maka kalian bisa menghubungi Jogjakartour.com. Mulai dari paket wisata Family Jogja yang menyediakan destinasi wisata ramah anak hingga paket wisata Honeymoon Jogja. Selain itu, untuk kebutuhan perusahaan, paket corporate gathering perusahaan bisa menjadi pilihan produk wisata yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaanmu.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
Chat whatsApp