PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Wisata Goa Tanding, Rafting Sungai Dalam Goa

goa tanding

Goa Tanding

Hai rekan rekan traveler! Sudah mengunjungi objek wisata apa saja di jogja guys?. Agaknya perlu juga diagendakan untuk wisata ke Jogja. Sebab sekarang ini sudah hampir habisa tahun 2018 ya. Jika memang belum ada rencana, coba check lagi kapan kalian bisa punya waktu bebas dan libur kerja untuk diisi dengan wisata. Gak perlu jauh-jauh menentukan destinasi wisata untuk dikunjungi. Cukup pilih Jogja sebagai daerah tujuan wisata dan siapkan bekal informasi paket wisata Jogja murah. Dan juga jangan lupa untuk mencari destinasi wisata sekitaran Jogja yang cukup menarik untuk dikunjungi. Jika kalian datang kepada saya maka hal itu adalah hal yang tepat karena saya akan selalu membahas tentang tempat tempat wisata di Yogyakarta dan tempat yang lagi hits juga guys. Oke hari ini saya akan membahas tempat wisata yang dikenal dengan nama Goa Tanding nih.

Baiklah kita mulai sesi pertanyaan terlebih dahulu guys, mengapa bisa diberi nama Goa Tanding?. Keindahan apa yang ditawarkan?. Dimana letak Goa nya?. Berapa harga tiket masuknya?. Fasilitas apa saja yang ditawarkan disini?. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan disini?. Apakah kegiatan rafting yang ada memiliki arus yang deras? Demikian pertanyaan yang mungkin muncul,mari kita bahas melalui ulasan berikut. Kita simak yuk!

Goa Tanding, Destinasi Yang Bersebelahan Dengan Goa Pindul

Pertanyaan pertama yang akan saya jawab di ulasan kali ini adalah Dimana letak Goa Tanding ini? Nah dan jawaban akan seperti berikut. Berlokasi di Gelaran, Bejiharjo Gunung Kidul Jogjakarta. Tetapi jika rekan-rekan traveler masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Goa Tanding di Karangmojo Gunung Kidul Yogyakarta saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Goa Tanding di Karangmojo Gunung Kidul Yogyakarta di search google maps saja. Sangat mudah menemukan pencarian via google map di smart phone anda. Sebenarnya letak Goa Tanding dekat dengan  Goa Pindul lho guys kita hanya perlu berjalan tidak jauh mengarah ke selatan. Jadi jika mengambil paket wisata Jogja, sertakan pula wisata Goa Tanding ini agar tidak penasaran lagi seperti apa.

Asal Muasal Nama Goa Tanding

Nah menuju ke pertanyaan selanjutnya,mengapa bisa disebut dengan “Tanding“?. Sebenarnya alasan dinamainya tempat ini sebagai Goa Tanding karena penemu goa ini bernama Bapak Harto Tanding yang hendak menggali sumur yang kering. Dan pada suatu saat linggis milik Pak Harto tertancap di tanah dan justri malah masuk kedalam tanah tersebut. Karena merasa bingung Pak Harto menelusuri penyebab linggisnya ditelan bumi dan ditemukannya sebuah goa yang kondisi udaranya masih sangat minim tetapi masih bisa ditelusuri. Waktu itu jalan satu satunya menuju goa tersebut adalah melalui sumur Pak Harto itu sendiri. Setelah melalui beberapa cara maka dibuatlah lubang untuk saluran udara ke dalam goa tersebut. Dan kini goa disebut diberi nama Goa Tanding guys Tanding memang memiliki arti sebuah kompetisi untuk berebut hal yang menjadi pencapaian akhir dari suatu pertandingan. Tetapi nama goa ini bukan diambil dari kata tanding ya guys,melainkan dari nama penemu goa ini yaitu Bapak Harto Tanding.

Pesona Goa Tanding Yang Bisa Dinikmati Wisatawan

Baiklah kita menuju pertanyaan selanjutnya, Keindahan apa yang ditawarkan di Goa ini? Nah guys ini dia keindahan yang akan disuguhkan kepada para wisatawan yang datang ke tempat ini. Spoiler sedikit guys,keindahan khususnya berada di stalakmit dan stalaktit yang ada didalam gua ini benar benar luar biasa indah guys. Mungin bisa jadi diluar pemikiran kalian, waktu rafting didalam gua berkisar 1,5 jam nih jadi lumayan lama. Ya kita tidak tau lah jika para rekan rekan traveler belum mengunjungi tempat ini secara langsung. Selain itu suasana diluar goa juga rindang nih guys cocok untuk kalian yang mau istirahat sejenak dari rutinitas sehari hari yang bikin pusing. Jangan lupa pula sembari menikmati cemilan atau minuman sambil menikmati kicauan burung yang ada di sekitar rimbunan pohon sekitar nih guys.

tiket masuk goa tanding

Goa Tanding Wisata Susur Sungai Bawah Tanah Yang Menantang

Mungkin sudah  banyak dari kalian yang tahu dengan Goa Pindul. Nah Goa Tanding ini sebenarnya tidak begitu beda dengan Goa Pindul. Hanya saja zona yang ada jauh lebih lebar dan luas. Panjang goa ini sangat jauh lebih panjang dibandingkan dengan Goa Pindul. Persamaannya adalah wisata di kedua Goa ini sama-sama jenis wisata petualangan. Akan tetapi menyusuri sungai bawah tanah di Goa ini jauh lebih menangtang. Rasa petualangan jauh bisa dirasakan di Goa Tanding ini.

Jadi, wisata susur sungai bawah tanah di sini tentu harus siap mental dan fisik terlebih dahulu. Jika di Goa Pindul kita hanya cukup menggunakan ban dalam saja dengan satu orang mendapat satu ban karet. Akan tetapi jika di Goa Tanding, peserta akan menggunakan perahu karet dimana satu perahu diisi oleh 6 orang. Nilai petualangannya akan lebih terasa sebab pintu masuk dan pintu keluar di Goa ini juga hanya ada satu pintu yang sama. Siapkan nyalimu agar wisata petualangan susur sungai bawah tanah terasa mengasikkan.

Tiket Masuk Goa Tanding

Mau berkunjung ke Goa ini kapan guys?. Oh iya soal fasilitas tenang aja disini sudah ada  area parkir kendaraan,mushola,kamar mandi, rumah makan dan lainnya. Ada juga tempat penginapan, toko souvenir, guide rafting, boat, dayung,dan perlengkapan rafting lainnya. Disini arus raftingnya tidak deras guys aliran arusnya juga tenang panjang gua ini sekitar 480 meter, kedalamanya berkisar 3-4 meter serta lebar goa sekitar 9 meter dan tinggi gua 12 meter diatas permukaan air guys cukup lebar bukan? Kalian tidak perlu takut untuk masuk ke dalam air karena sudah ada pelampung yang bisa mengangkat beban seberat 100kg guys keep calm and stay basah basah.

Sekarang kita masuk ke sesi bayar bayar nih guys. Hampir lupa guys jam buka obyek wisata ini pukul 08.00 sampai 17.00 dan tiket masuk Goa Tanding ini seharga Rp 10.000,- guys cukup murah ya. Dan untuk menikmati rafting anda harus merogoh uang sebesar Rp150.000,- per orang untuk wisatawan lokal dan Rp200.000,- untuk wisatawan asing.

Nah gimana guys untuk kalian yang mau mengunjungi Goa ini? Baiklah sekian artikel dari saya,saya tunggu kabar dari kalian yang sudah mengunjungi goa Tanding ini rekan rekan traveler. Semoga bermanfaat yah artikel kali ini!

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja