PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

10 Tempat Potensial untuk Dijadikan Study Komparasi di Jogja

Jogjakarta sebagai destinasi wisata yang masuk dalam jajaran favorit, memang memiliki ratusan potensi untuk ditelaah. Tidak hanya itu, Jogja yang secara letak geografis sangat strategis ini juga memiliki banyak potensi untuk edukasi. Sebab Jogja yang merupakan kota pelajar, memiliki puluhan universitas yang termasuk unggul di Indonesia. Selain kampus yang unggul, destinasi wisata juga banyak mengandung unsur edukasi atau pendidikan. Hal ini lah yang semakin menguatkan Jogja untuk dikunjungi sekaligus dijadikan tempat wisata edukasi. Wisata edukasi yang menyertakan destinasi untuk studi banding biasanya disebut dengan study tour. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah studi komparasi. Sehingga, nantinya jika kalian akan mengadakan wisata di Jogja, jika berasal dari sekolah maupun kampus, maka sekaligus pilihlah tempat study komparasi di Jogja yang tepat. Mana sajakah tempat yang bisa diandalkan untuk wisata studi banding di Jogjakarta? berikut ini pilihan nya :

Daftar 10 Tempat Study Komparasi Jogja yang Recomended

 

1. UGM (Universitas Gadjah Mada)

Kampus di Jogja yang paling terkenal dan paling tua adalah Universitas Gadjah Mada. Tidak hanya menyandang dua predikat tersebut, UGM biasa disebut sebagai kampus dengan predikat terbaik di Indonesia dalam jajaran 10 kampus besar. Atau juga masuk dalam 100 kampus terbaik dunia. Sehingga cukup tepat apabila rencana studi komparasi nanti yang akan dilakukan ketika di Jogja ya di kampus UGM ini.

2. UNY (Universitas Negeri Yogyakarta)

Universitas Negeri Yogyakarta menyandang sebagai kampus terbaik kedua setelah kampus UGM di Jogjakarta. Banyak mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di jalur pendidikan memilih kampus ini. UNY adalah kampus yan terletak tepat bersebelahan dengan kampus UGM.

3. UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Sebagai kampus swasta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini terkenal dengan kampus unggul yang mendunia. Kampus di bawah Yayasan Muhammadiyah ini berhasil menorekahkan beberapa prestasi yang diakui dunia. Pengelolaan dan managemen kampus yang ada bisa menjadi pembelajaran perbandingan kampus lain yang ingin mengetahui lebih lanjut. Yayasan Muhammadiyah memang unggul dalam bidang pendidikan dengan memiliki banyak institusi pendidikan dan kampus di Indonesia. Universitas bernafaskan islam yang cocok dengan nilai-nilai agama islam menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, UMY memang memiliki banyak prestasi yang mendunia dan termasuk unggul dalam pengelolaan sistem serta managemen kampus.

 

4.  AMIKOM

Kampus swasta berikutnya ini, seringkali menjadi destinasi studi komparasi dari SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan seluruh Indonesia. Pembelajaran mengenai Animasi dan Ilmu Komputer di kampus ini sangat unggul dan bisa menjadi inspirasi. Tak jarang, kampus lain yang memiliki jurusan yang sama juga memilih AMIKOM sebagai partner untuk studi banding antar kampus.

 

5. Institut Seni Indonesia

Mencetak banyak seniman Indonesia, kampus besar yang berada di Jogja bagian selatan ini masih menjadi favorit mahasiswa seni. Berbagai jurusan seni yang ada, menjadikan kampus ini paling dicari oleh calon mahasiswa seni dari seluruh Indonesia. Studi komparasi untuk SMK jurusan seni bisa dilakukan di Kampus ISI Bantul Jogjakarta

 

6. Sari Husada

Bagi Sekolah Menengah Kejuruan yang menginginkan kunjungan Industri ke Jogja bisa memiliki perusahaan ini. Sari Husada merupakan perusahaan yang sudah berjaya dan unggul di Indonesia dengan beberapa produk nya dari pengolahan susu. Sari Husada bisa juga menjadi destinasi studi komparasi bagi kampus yang hendak mempelajari tentang menagemen industri atau teknik industri.

 

7. Waroeng Steak

Ada kalanya studi komparasi bisa dilakukan di sebuah bisnis kuliner swasta yang sudah besar dan berkembang dengan apik. Waroeng Steak adalah contoh bisnis di Jogja yang berkembang pesat dengan model pengelolaan Spiritual Company. Pendekatan spiritual menjadi model pengelolaan yang saat ini banyak digunakan oleh para pengusaha muslim di Indonesia. Bagi siswa khususnya yang berasal dari SMK, tempat ini menjadi inspirasi dan destinasi studi komparasi yang cocok dan sesuai. Sebab jiwa kewirausahaan bisa tumbuh dan ditempa melalui contoh nyata yakni Waroeng Steak yang sudah menunjukkan Kiprahnya di industri kuliner di Indonesia.

 

8. Desa Wisata Nglanggeran

Salahs atai daerah tujuan wisata yang bisa dikunjungi adalah desa wisata. Sebab banyak potensi desa dan potensi lokal dapat dijual dan dihadirkan sebagai alternatif wisata untuk wisatawan. Salah satunya di Jogjakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran yang memiliki segudang potensi alam dan potensi Sumber Daya Manusia. Keduanya jika digabungkan dengan tepat akan bisa menjadi penyokong ekonomi  kreatif dan industri wisata lokal. Desa Wisata Nglanggeran juga diakui oleh dunia sebagai Eco Heritage atau warisan alam berupa gunung api purba yang langka. Sekolah maupun institusi dan bahkan Dinas Pariwisata se Indonesia bisa menjadikan tempat ini untuk belajar dan studi komparasi di Jogja.

 

9. Batik Roro Jongrang

Siapa yang tidak mengenal batik dan siapa yang tidak tahu bahwa batik sudah masuk dalam jajaran warisan budaya dunia. Batik atau baju batik saat ini sudah menjadi bagian dari Indonesia dan dijadikan sebagai baju resmi nasional. Sehingga batik merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Batik asalnya dari Jawa dan Jogja ini juga merupakan lumbung dan kantong-kantong pengrajin batik bahkan hingga saat ini. Sehingga bagi siswa dan mahasiswa yang mengharapkan studi komparasi tentang batik bisa datang ke Jogja. Tepatnya adalah di Batik Roro Jonggrang Jogja yang memiliki tempat produksi serta showroom Batik dalam satu area. Roro Jonggrang batik ini memiliki koleksi batik tulis halus dan kita bisa datang untuk praktik membatik sekaligus.

 

10. Dagadu Jogja

Industri pariwisata tentu tidak akan bisa lepas dari adanya usaha pangan sebagai oleh-oleh dan juga merchandise yang identik dengan wisata. Terlebih lagi di Jogja dimana Jogja kota wisata dann juga gudangnya para seniman. Tentu, mendapatkan produk-produk unik dan khas Jogja di sini tidaklah sulit. Salah satunya yang merajai industri oleh-oleh fashion yakni Dagadu Jogja. Hingga saat ini Dagadu masih sangat melekat dengan Jogja sebagai tempat dan asalnya usaha kaos unik dan lokal brand ini. Siswa dari jurusan Tata Busana Sekolah Menengah Kejuruan sangat pas untuk mengunjungi Dagadu Center ini sebagai tempat studi komparasi. Tidak hanya mengenai usaha fashion saja, berkaitan dengan pengelolaan dan pemasaran bisnis juga bisa menengok ke Dagadu Jogja untuk studi komparasi.

Demikian berbagai destinasi di Jogja yang sangat tepat untuk studi banding bagi sekolah, kampus maupun institusi. Paket Wisata Jogja yang ada untuk pelajar dan mahasiswa memang sekaligus menyertakan destinasi study trip seperti di atas. Apabila menghendaki studi komparasi akan lebih baik jika dikomunikasikan dengan pihak travel agent yang mengelola. Sehingga kebutuhan akan studi banding nanti bisa dicover dan diwujudkan. Selamat menentukan destinasi wisata di Jogja berikut dengan destinasi untuk studi komparasi nya sesuai dengan kebutuhan.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja