PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Paket Wisata Bisnis Jogja, Potensi Pemberdayaan UMKM Lokal

wisata bisnis

Proses pembuatan kerjajinan Perak

Pertumbuhan sektor dan industri wisata terus mengalami kemajuan dan juga kenaikan dalam satu dekade terakhir ini. Wisata adalah industri besar yang melibatkan banyak bidang bisnis sehingga saling bisa bersinergi. Wisata menjadi alternatif potensi pendapatan asli daerah dan negara yang besar terutama devisa negaranya. Hal ini didapatkan dari banyaknya turis mancanegara yang masuk ke Indonesia. Devisa inilah yang menjadi potensi pendapatan negara untuk bisa dikelola pemerintah. Pada tataran lokal daerah, pariwisata menyuplai pemasukan untuk pendapatan asli daerah atau yang disingkat dengan PAD.

Jogjakarta, seperti yang kita ketahui menyimpan potensi lokalnya berupa wisata dan juga kerajinan dan industri kecil menengah. Ada ratusan UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah yang tumbuh subur di kota wisata ini. Sehingga selain dikenal sebagai kota wisata, Jogja menempati urutan atas sebagai kota kreatif. Banyak sekali produk kerajinan lokal masyarakat yang tidak hanya tembus ke level nasional. Akan tetapi sudah banyak produk kerajinan khas Jogja yang bisa tembus ke pasar Internasional.

Wisata Kerajinan Jogja Menyokong Industri Pariwisata

Industri wisata adalah sebuah industri yang besar dan massif. Industri ini akan sangat berdampak positif pada beberapa sektor lainnya. Karena itu, pariwisata yang tumbuh di suatu kawasan akan ikut memajukan beberapa sektor industri lainnya. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa tumbuh industri pariwisata ini akan membawa keuntungan yang besar bagi daerah. Terutama dari sisi pertumbuhan ekonomi yang terus melejit dan kesejahteraan masyarakat lokal di daerah wisata.

Jogjakarta, memang mengalami pertumbuhan wisata yang signifikan dan terus melejit. Terbukti dari berapa ribu paket wisata Jogja terjual setiap tahunnya. Jogja menyimpan banyak magnet dan potensi yang menarik sebanyak mungkin wisatawan untuk datang. Jogjakarta ini menjadi pilihan bagi beberapa wisatawan domestik yang menghendaki paket wisata jogja murah. Selain karena harganya terjangkau, paket wisata Jogja selalu bisa beragam dipilih oleh wisatawan.

Adanya berbagai destinasi wisata kekinian akhir-akhir ini turut menyumbang sebagai faktor penarik wisatawan untuk datang. Ditambah lagi perilaku sebagian besar masyarakat milenial yang menghendaki destinasi wisata yang hits. Mereka mendatangi sebuah tempat wisata tidak hanya untuk alasan berlibur semata. Akan tetapi ada tujuan semacam eksistensi diri yang harus dipenuhi. Caranya adalah dengan memposting berbagai destinasi wisata di media sosial. Agar secara posisi dan juga eksistensi bisa seperti kebanyakan pengguna medias sosial. Sebut saja saat ini destinasi wisata haruslah instagrammable. Agar wisatawan yang berkunjung bisa menikmati spot foto dan mendapatkan dokumentasi terbaik.

paket wisata bisnis kerajinan

Inovasi Paket Wisata yang Beda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa potensi wisata Jogjakarta ini sangatlah beragam. Mulai dari destinasi wisata kekinian yang instagrammable hingga wisata alam, budaya dan sejarah. Tidak sedikit wisatawan yang datang dari kalangan siswa dan mahasiswa untuk mempelajari sesuatu di Jogja. Mereka mengadakan semacam study banding yang dilakukan di kampus-kampus di Jogjakarta. Adanya paket wisata study tour Jogja akan terus laku dan diminati karena brand image Jogjakarta sebagai kota pelajar dan pendidikan.

Selain dilihat dari potensi banyaknya kampus dan media yang bisa dijadikan tempat belajar, ada banyak potensi lain. Salah satunya adalah posisi Jogjakarta yang terkenal sebagai kota seni dan budaya. Telah dibahas sebelumnya bahwa sebagai destinasi wisata seni, Jogja menyimpan banyak desa kerajinan. Desa kerajinan ini ada yang tergabung menjadi satu dengan desa wisata. Ada juga yang murni sebagai desa wisata saja dan desa penghasil kerajianan saja.

Potensi kerajinan di Jogjakarta ini sangat beragam, terutama untuk wilayah Jogja bagian selatan. Jogja di sisi selatan ini terkenal dengan sebutan kota Bantul dan puluhan desa kerajinan tersebar. Adanya desa kerajinan ini setidaknya harus dimanfaatkan oleh pengelola wisata. Potensi tersebut sebaiknya dipelajari dan juga diangkat untuk dijadikan sebagai sebuah produk wisata. Sudah saatnya Jogja menyiapkan dan mengeluarkan berbagai inovasi wisata baru dalam bentuk paket wisata Jogja.

Destinasi yang Dituju Merukan Sentral Industri

wisata bisnis kerajinanPaket wisata bisnis Jogja adalah sebuah produk lama sekaligus produk baru yang bisa dinikmati wisatawan. Saat ini kecenderungan generasi milenial adalah sangat mudah mendapatkan informasi. Kemudahan demi kemudahan cenderung gampang diperoleh melalui sebaran informasi yang cepat. Terutama karena faktor perkembangan teknologi dan media sosial yang terus melesat. Anak-anak muda saat ini juga banyak yang sudah mulai sadar tentang dunia bisnis. Ada banyak sekali kelas entrepreneurship yang diikuti oleh para generasi milenial.

Peluang ini, setidaknya harus diambil oleh para pengelola wisata. Yakni untuk menciptakan sebuah produk wisata yang mampu menjawab kebutuhan mereka generasi milenial. Meskipun secara teori yang namanya wisata adalah identik dengan bersenang-senang. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga untuk menyertakan destinasi wisata tambahan yang berbeda. Destinasi yang dikhususkan dengan tema wisata yang akan dijalankan. Seperti halnya paket wisata edukasi pasti akan menikmati destinasi bertema pendidikan seperti museum dan sejenisnya.

Paket wisata bisnis Jogja, pastinya akan mengunjungi tempat-tempat kerajinan yang ada di Jogja. Mereka akan diajarkan bagaimana mengenal seluk beluk bisnis dan usaha. Agar jiwa kewirausahaan tumbuh dalam diri mereka dan itu semua didapatkan dalam rangkaian wisata. Paket wisata bisnis Jogja ini tentunya agak berbeda, karena selain berwisata mengunjungi tempat menarik kita ada tugas. Tugas yang diberikan adalah bagaimana peserta wisata terlibat secara langsung dengan diskusi dan praktik berbisnis. Mereka akan dikenalkan dengan pengetahuan mengenai produksi, segmen pasar dan juga proses pemasaran. Berwisata bisnis seperti ini sebenarnya cocok untuk semua kalangan. Segmentasinya tidak melulu anak muda dan kalangan pelajar atau mahasiswa. Akan tetapi komunitas, ibu rumah tangga dan juga para pekerja yang baru saja pensiun bisa mengikutinya.

Wisata Bisnis Jogja, Didukung Oleh Pengusaha Kreatif

Jogja selain sebagai kota wisata juga dikenal banyak menelurkan para pengusaha kreatif. Banyak pengusaha muda yang sudah terkenal secara Nasional berasal dari kota gudeg ini. Ada saptuari Sugiharto dengan kedai Digitalnya dan juga Tengkleng Hohah. Selain itu juga ada Jody Brotosuseno yang berhasil mengembangkan usaha kuliner dengan 80 cabang se Indonesia. Warung steaknya adalah industri kuliner yang tumbuh pesat di Indonesia. Ada Yoyok S yang sukses dengan Warung SS atau Spesial Sambalnya juga berasal dari Jogjakarta. Sudah banyak sekali contoh wirausaha muda yang berhasil dan menginspirasi berasal dari Jogja.

Para pengusaha dan juga bidang bisnisnya masing-masing tadi bisa menjadi pilihan kunjungan wisata bisnis. Kami Jogjakartour.com akan membantu menghubungkan dengan mereka untuk membuat semacam kelas kunjungan. Selain para pengusaha, ada desa kerajinan yang bisa menjadi daftar kunjungan dalam paket wisata bisnis Jogja. Usaha kecil Mikro dan Menengah juga banyak yang tumbuh subur di kota gudeg ini. Dengan konsep yang unik berhasil mencetak omset Milyaran setiap bulannya. Sebut saja seperti halnya industri Kaos Kreatif Dagadu Jogjakarta.

Siswa atau pelajar Sekolahh Menengah Kejuruan sebenarnya sudah mencoba jenis wisata satu ini. Hanya saja kunjungan yang sangat singkat semacam wisata kunjungan industri terkesan kurang. Untuk paket wisata bisnis Jogja ini setidaknya dibutuhkan satu hari penuh hanya untuk mempelajari seluk beluk bisnis. Jika perlu para peserta juga terlibat di dalamnya dan termasuk ada praktiknya sekaligus. Mau belajar bisnis di Jogja?.Ambil saja paket wisata bisnis Jogja.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja