PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Museum Tani Jawa Indonesia, Koleksi Alat-alat Pertanian Tradisional

museum taniHaii Guys, sudahkan anda merencanakan paket wisata liburan sekolah anda atau cuti bersama anda, atau akhir pekan anda di Jogjakarta? Saat ini wisata yang kekinian mungkin sedang trend dan marak untuk dikunjungi. Banyak di antara nya berada di daerah Imogiri. Atau sekitar 30 menit ke arah selatan menuju Kota Bantul. Nah, sembari anda memilih destinasi yang bisa untuk photo hunting ala ala seputaran Imogiri, saya akan kupas sedikit mengenai Museum Tani Jawa.

 

Koleksi Museum Tani

alat bertani tradisionalWell Guys, sesuai namanya seperti Museum pada umumnya. Berarti tempat ini menyediakan berbagai koleksi di dalamnya. Koleksinya tentu seputaran alat-alat pertanian ya guys karena namanya aja Museum Tani Jawa. Disana kita akan melihat alat-alat pertanian kuno dan tradisional yang memang sampai sekarang masih terus digunakan untuk bertani masyarakat. Alat-alat tersebut antara lain: cangkul, parang, garu, luku, sabit dan lain-lainnya. Kesemuanya alat tersebut dahulunya digunakan untuk bertani masyarakat, dan kini telah menjadi koleksi di museum.

 

Museum Tani, Satu Lokasi Dengan Desa Wisata Kebon Agung

Oiya Museum Tani ini menyatu dengan Desa Wisata Kebonagung ya guys. Salah satu Desa Wisata Pertanian terbaik di Daerah Bantul Jogjakarta. Desa Wisata Kebonagung ini memang unggul dan alasan dijadikan Desa Wisata adalah karena memang Desa ini berturut-turut menjadi pemenang dalam varietas produk pertanian mulai dari tahun 1998 hingga tahun 2000an. Siapakah yang mendirikan Museum Tani ini ya guys? Beliau adalah Bapak Kristya Bintara salah satu Lurah pada waktu itu dan juga selanjutnya menjabat sebagai ketua pengelola Desa Wisata Kebonagung. Pendirian Musuem Tani ini disengaja untuk membuat destinasi tambahan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Dan, tidak hanya itu, bagi mereka yang menghendaki paket wisata edukasi, maka Museum Tani ini bisa masuk sebagai salah satu nominasi.

praktek menanam padiSelain mengunjungi Museum Tani, Kebon Agung juga menawarkan konsep live in. Yaitu tinggal beberapa waktu di desa dan berbaur bersama masyarakat. Di sini, kalian akan menemukan pengalaman pengalaman seru yang tidak kalian dapat di kota. Misalnya: Mengikuti acara genduri, ikut menanam padi di sawah, ikut membajak sawah dengan kerbau/sapi serta kegiatan masyarakat setempat. Bagaimana, tertarik? Cobain dong, dengan kawan pasti seru.

 

Memberikan Pengetahuan, Wawasan dan Pengalaman Baru

Berkunjung ke Museum Tani ini memuat kita menjadi lebih melek, yakni menjadikan berfikir bahwa betapa para petani yang mengusahakan proses menanam hingga memanen dan menjadikan beras siap makan sebagai kebutuhan kita sehari-hari ini sangat berjuang dan bekerja keras ya guys. Tidak hanya itu, apabila mengikuti rangkaian kegiatan selama didesa, maka akan mendapat mengalaman bertani. Dan yang pasti kalian akan memahami dan memaknai mengenai kebudayaan daerah.

So, apabila paket tour Jogja yang anda inginkan adalah wisata pencerahan yang cocok untuk keluarga dan edukasi langsung, maka jadikan Museum ini referensi untuk buah hati anda berwisata ke Jogja by Jogjakartour.com tentunya ya….salam Tani.

 

Destinasi Wisata yang Dekat Dengan Museum Tani

Karena museum Tani ini berada di sebelah selatan kota Jogja, berikut ini beberapa obyek wisata yang dapat kalian kunjungi dalam satu waktu, karena berada dalam satu arah. Diantaranya:

  • – Makam Raja-raja Imogiri
  • – Hutan pinus
  • – Goa Cerme
  • – Pantai Parangtritis
  • – Gumuk Pasir
  • – Desa wisata Watu Lumbung

Kuliner yang Berada Dalam Jangkaian Kunjungan

  • – Sate klathak pak pong
  • – Mangut lele Mbah Marto
  • – Pecel Imogiri
 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja