PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Merchandise yang Jogja Banget, Sebagai Oleh-oleh Liburan di Jogja

Apa saja yang bakalan menjadi kesan yang menyenangkan selama wisata?. Biasanya sih pengalaman selama di obyek wisata, fasilitas yang didapat selama wisata dan juga makanan yang enak dan unik. Lainnya biasanya trip menyisakan foto dan dokumentasi yang bisa diposting di media sosial saat ini. Dokumentasi ini akan menjadi kenang-kenangan dan pengingat kembali akan perjalanan wisata yang sudah dilewati. Selain itu, ada lagi satu hal yang membuat kita berkesan dan teringat-ingat akan obyek wisata. Apalagi kalau bukan merchandise Jogja yang ada di tempat wisata. Sebab, dengan adanya benda tertentu yang menjadi oleh-oleh dan dibawa pulang ke rumah menjadikan kita teringat kembali. Hal ini penting banget tentunya untuk membeli benda-benda yang berciri khas daerah tujuan wisata. Sebab benda tersebut bisa menjadi bukti bahwa kita pernah mengunjungi sebuah destinasi wisata.

Apabila datang ke Jogja dan menikmatil paket wisata Jogja 3 hari 2 malam, usahakan di hari terakhir datang ke pusat oleh-oleh untuk memberi beberapa merchandise. Merchandise Jogja banget ini bisa diberikan ke teman atau buat keluarga di rumah tentunya. Bagi travel agent terbaik yang terpercaya, hal ini akan mengikat lebih dalam kepada pelanggan. Sebab, diberinya souvenir yang Jogja banget tentu akan menimbulkan chemistry tersendiri antara client dan pihak travel agent. Keuntungan lainnya juga adalah souvenir atau merchandise ini bisa menjadi sarana promosi bagi travel atau penyelenggara wisata. Nah, apa saja kira-kira merchandise yang Jogja banget buat kenang-kenanganmu nanti.

Daftar 7 Merchandise Jogja yang Khas

 

1. Kain atau Baju Batik

kain batik khas jogjaBatik atau kain Batik memang ciri khas nya Jogja dan sekaligus kekayaan budaya Indonesia. Hampir dipastikan bahwa Batik adalah souvenir atau oleh-oleh paling dicari di Jogjakarta. Sebab, Batik memang sangat universal, yang bisa dipakai oleh semua kalangan dan membumi. Batik juga hadir dalam berbagai jenisnya sesuai dengan selera konsumen. Ada Batik premium yang berasal dari Batik Tulis halus dengan pengerjaan selama 3 bulan lamanya. Ada juga Batik Cap yang sangat simple dengan harga yang tentunya sangat terjangkau. Kain Batik sangat mudah didapatkan, mulai dari Pasar Beringharjo sebagai sentra Batik dan kerajinan. Ataupun ke beberapa Outlet Batik yang berada di Jogjakarta. Seperti Batik Rumah, Batik Beteng, Batik Danarhadi, Batik Roro Jonggrang dan lainnya. Kain Batik buat Merchandise Jogja berasa mewah sekali terutama pilihan Batik yang premium yakni dari Batik Tulis Halus.




2. Syal Batik

merchandise jogja bangetSyal saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penghangat leher kala musim dingin saja. Tetapi, syal sudah menjadi semacam fashion yang melengkapi keindahan berbusana. Menemukan Batik Syal di Jogja dalam agenda wisata Yogyakarta sepertinya mudah banget. Sebab, selepas kunjungan wisata di beberapa destinasi di Jogja, kalian bisa mampir untuk memilih syal Batik yang cantik. Pilihlah syal Batik yang lembut dan berasal dari Kain yang nyaman dipakai. Oleh-oleh syal Batik ini juga bisa menjadi kenang-kenangan untuk orang terkasih di rumah dari agenda wisatamu














3. Blangkon

Blangkon sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa dan Jogjakarta ini juga layak menjadi pilihan berikutnya. Sebab, Blangkon memang Jogja banget dan sangat pas jika menjadi merchandise pilihan dari Jogja. Dalam agenda liburan di Jogja, kita bisa memilih Blangkon untuk dipakai bersama-sama dengan Group atau rombongan wisata. Tentu, pasti akan lebih menarik dan asik jika Blangkon dipakai seluruh peserta trip. Biasanya, paket wisata Gathering Trip Jogja lah yang ccocok dan pas dengan souvenir ini. Terutama jika di dalamnya ada agenda kebersamaan dengan para peserta semacam outbound, gala dinner dan sejenisnya.














4. Bantal Leher

bantal leherMengapa Bantal Leher yang bermotif klasik ataupun bermotif biasa layak menjadi souvenir wisata ketika di Jogja. Sebab, fungsional nya Bantal Leher ini bisa punya nilai ekonomis yang panjang. Selepas trip kita masih bisa menggunakan bantal leher dalam aktifitas sehari-hari terutama ketika bepergian. Bantal leher sering dijadikan sebagai merchandise trip terutama untuk perjalanan ke luar kota. Atau bisa juga kita menyebutnya dalam agenda overland trip. Contohnya adalah paket tour Jogja ke Malang, Jogja Bali dan sejenisnya. Peserta wisata bisa mulai menggunakan fasilitas bantal leher ini sembari mengikuti wisata berlangsung. Pihak Travel Agent biasanya membagikan merchandise bantal leher ini di awal mulainya wisata.












5. Kaos

kaos khas jogjaT-shirt atau kaos wisata sudah merupakan hal yang biasa untuk menjadi souvenir atau merchandise trip. Dalam program wisata manapun, pihak penyelenggara maupun pihak travel agent seringkali juga memasukkan T-Shirt dalam fasilitas wisata.  T-Shirt bisa menjadi fasilitas dan kenang-kenangan trip yang sudah umum tentunya. Bisa juga karena Jogjakarta memang kota wisata, sudah banyak produsen kaos yang memiliki brand kuat di Jogja. Siapa yang gak kenal dengan Dagadu Jogja, Jogja T-Shirt, T-Shirt Gareng dan lainnya. Produk kaos ala ala Jogja yang nyentrik ini mudah banget didapatkan di gerai-gerainya yang ada di Jogja dan sepanjang Malioboro.








6. Tas Batik

tas batikMerchandise lainnya yang memiliki peran fungsional adalah Tas Batik. Tas Batik bisa menjadi oleh-oleh khas Jogja yang keren dan tentunya identik dengan Jogja. Tas Batik akan melengkapi  fashionmu dan memiliki tampilan yang klasik. Biasanya dari golongan ibu-ibu dan komunitas sosial wanita yang menyukai jenis merchandise ini. Tas Batik juga gampang sekali didapatkan di sepanjang Malioboro, Pasar Beringharjo dan juga area obyek wisata di Jogja. Selepas jalan-jalan di Malioboro, bisa juga mampir di Beringharjo untuk mencari oleh-oleh satu ini.








7. Miniatur Becak

merchandise jogjaBentuk souvenir atau merchandise lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk wisata adalah miniatur becak. Ada banyak sekali jenis miniatur kendaraan tradisional khas Jogja yang dibuat dengan bentuk mini. Contohnya seperti miniatur andong, miniatur sepeda onthel, miniatur sepeda motor dan lainnya. Kerajinan berbentuk kayu ini bisa didapatkan di area Malioboro maupun di pusat-pusat belanja souvenir di Jogjakarta. Miniatur Becak dan sejenisnya bisa menjadi pajangan yang ada di meja kerja kita. Bisa juga menjadi pengingat sewaktu liburan di Jogja yang pernah dilakukan. Adapula bentuk miniatur kendaraan tradisonal seperti ini yang dibuat dari perak. Ya benar, Perak yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar perhiasan, dipakai untuk membuat miniatur khas Jogja. Tentu saja, harganya pasti sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan miniatur dari kayu. Kita bisa memilih tentunya sesuai dengan budget yang ada untuk menjadi pilihan merchandise trip.

Itu tadi guys, berbagai pilihan merchandise Jogja Banget yang biasanya digunakan sebagai kenang-kenangan wisata di Jogja. Sebab, pilihan akan merchandise tentu haruslah yang unik dan identik. Sebab, berfungsi sebagai media promosi tidak langsung bagi daerah tujuan wisata. Travel agent tidak akan sungkan untuk menyertakan souvenir wisata di Jogja atau merchandise jika memungkinkan. Sebab, kenangan wisata juga hadir dalam bentuk benda yang Jogja Banget. Yang Membuat kita ingin kembali ke Jogja suatu saat nanti…

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja