PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Batik Rorojonggrang, Tempat Belanja dan Praktik Membatik di Jogja

Sudah tidak asing lagi dengan sebutan batik di masyarakat Indonesia ini.  Sebab batik sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang sampai sekarang masih ada. Batik ini bermacam – macam jenisnya yakni seperti batik jogja, batik solo, batik cilacap, batik cirebon, serta masih banyak lagi beraneka ragam batik yang ada di nuasantara ini. Kalau di Jogja tentunya batik jogja dong… Udah pada tau belum nihh apa yang unik dari batik jogja? Kalau belum tau yukk kita baca artikel ini…

Jogja yang telah ditetapkan sebagai kota batik dunia ( World Batik City ) oleh Dewan Kerajinan Dunia atau World Craft Council. Sebagai kota batik tentunya Jogja memiliki banyak variasi batik yang beraneka ragam. Dilihat dari cara pembuatannya ada batik tulis, batik cap hingga batik printer. Salah satu perusahaan di Jogja yang bergerak dibidang industri pembuatan dan perdagangan batik adalah Batik Roro Jonggrang.

Apa itu Batik Roro Jonggrang?

batik rara jonggrangBatik Roro Jonggrang adalah sebuah perusahaan batik yang didirikan sejak 25 Oktober 1958. Dibuat dengan membutuhkan ketelitian dan kecermatan sehingga menghasilkan batik yang berkualitas tinggi. Batik yang  masih mempertahankan proses batik asli yaitu tulis tangan, batik cap, dan batik kombinasi tulis dan cap sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Disamping proses tersebut batik, Roro Jonggrang juga memiliki teknik modern seperti memproduksi kain dengan teknik print tangan, kombinasi batik, dan teknik berdasarkan permintaaan. Setelah produk kain sudah dibuat, batik Roro Jonggrang akan mengembangkan kain tersebut menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomi lebih tinggi. Salah satunya seperti baju, gamis, sandal, bando, accecories kalung, dan juga produk yang lebih unik yaitu syal batik.

Batik Roro Jonggrang ini memiliki kurang lebih 360 sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif dalam bekerja. Sehingga membuat batik Roro Jonggrang berkembang dengan pesat di daerah Jogja. Selain sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif perusahan ini juga mendidik para pekerjanya memiliki semangat bekerja keras, disiplin, dan tepat waktu dalam bekerja.

 

Alamat Batik Roro Jonggrang

Kantor pusat batik Roro Jonggrang berada di Jalan Tirtodipuran 6A ( 18 ) Yogyakarta. Selain digunakan sebagai kantor pusat, tempat ini juga digunakan sebagai pabrik pembuatan batik Roro Jonggrang. Tempat produksi ini juga terdapat artshop atau galeri. Kantor cabangnya berada di jalan Imogiri Barat km.5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Di kantor cabang ini digunakan sebagai pabrik pembuatan batik roro jonggrang juga digunakan sebagai tempat praktek industri.

Dalam upaya melestarikan kebudayaan Indonesia yang sudah diturunkan oleh nenek moyang kita khususnya kebudayaan jawa. Batik Roro Jonggrang Jogja akan mempersilahkan para tamu – tamunya yang akan datang dan berkunjung.  Mereka diperbolehkan untuk melihat proses pembuatan batik di pabrik ini yang terletak dibelakang toko tanpa dipungut biaya. Selain itu tempat ini juga menyediakan dan membuka kursus singkat membatik yang diadakan setiap hari dengan minimal peserta lima orang pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Produk – produk yang  dihasilkan mulai dari bahan aneka kemeja dan dewasa aneka pakaian wanita maupun pria, taplak, hiasan dinding dan lain sebagainya. Selain itu tempat ini juga melayani jasa penjahitan express service dengan pelayanan setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dan semuanya itu berada di Art Shop batik Roro Jonggrang yang terletak di Jalan Tirtodipuran.

Nahh untuk kalian yang ingin mengunjungi tempat ini buruan kesana agar bisa menambah wawasan serta melihat warisan dari nenek moyang kita yang turun menurun dan masih ada hingga sekarang.

Cocok untuk Program Family Trip

Paket wisata Jogja yang disajikan untuk para wisatawan sangat beragam variasinya. Terutama untuk jenis wisata keluarga atau yang disebut dengan paket wisata Family Jogja. Mereka bisa memasukkan beberapa destinasi wisata ramah anak di Jogjakarta. Salah satunya biasanya mengandung unsur pendidikan yang bermanfaat untuk anak. Wisata keluarga umumnya merupakan jenis wisata kecil dengan hanya satu keluarga saja. Yakni meliputi kedua orangtua beserta anak-anak dan jika memungkinkan kakek atau nenek juga menjadi peserta wisata.

Pilihan paket wisata family Jogja saat ini mungkin sudah bersifat umum dan mainstream, sehingga diperlukan kreatifitas dalam menyajikan kepada wisatawan. Akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus hal baru jika dalam wisata keluarga ditambahkan paket membatik. Mereka tidak hanya belajar mengenai bagaimana pengetahuan dan sejarah tentang batik saja. Akan tetapi pemandu lokal di Batik Roro Jonggrang bisa menjelaskan filosofi batik antara satu corak dengan corak lainnya.

Urutan dan Cara Membatik

Yang cukup penting dalam sebuah membatik adalah prosesnya yang berurutan. Dalam membatik memang sudah ada langkah-langkahnya yang harus dikerjakan satu tahap ke tahap lainnya. Seperti dari menentukan pola dan gambar batik, kemudian menggambara batik pada kain, dilanjutkan dengan proses memberikan malam. Proses menggambar dengan malam adalah mengaplikasikan lilin yang akan menutup pola garis dan gambar yang sudah dibuat. Dalam proses ini diperlukan kehati-hatian agar hasil aplikasi lilin tadi rapi dan tidak banyak yang tumpah. Langkah selanjutnya setelah membatik adalah melakukan pewarnaan dengan warna yang suda dipilih. Apabila menginginkan warna putih, kita bisa memblok kain untuk ditutup dengan lilin bernama malam tadi.

Selepas dilakukan blok dengan malam, kita bisa memilih pewarnaan batik dengan mencelupkan kepada warna yang dikehendaki. Yakni pada larutan garam dan pewarna yang telah disiapkan. Langkah berikutnya adalah melakukan pelorotan, yakni melepaskan malam yang masih menempel pada kain. Jika sudah selesai melakukan pelorotan dengan cara memasukkan kain batik dalam air yang mendidih. Maka langkah selanjutnya tinggal menjemur hasil kain agar kain batik siap digunakan.

Kain batik yang dibuat untuk praktik para pengunjung biasanya berukuran kecil berupa sapu tangan. Setelahnya pengunjung bisa membawa pulang serta hasil karya batiknya untuk bukti bahwa dia berhasil membuat karya. Menariknya, jika paket ini bisa dijadikan destinasi untuk paket wisata keluarga di Jogja. Seorang anak akan belajar banyak mengenai proses membuat batik yang cukup panjang. Mereka akan semakin menghargai karya kreatif dan juga belajar tentang filosofi batik yang bisa diangkat dalam kehidupan.

Sering Menjadi Kunjungan Study Tour Siswa, Praktik Membatik

Selain keluarga, ada lagi jenis tamu wisata yang bisa mengunjungi Batik Roro Jonggrang ini ketika di Jogja. Yakni para pelajar yang sedang mengadakan kunjungan industri dalam paket wisata study trip Jogja. Mereka bisa mengeksplorasi secara pengelolaan industri, managemen pemasaran dan lainnnya yang dihubungkan dengan teori pembelajaran. Jogja, sebagai kota wisata memang gudangnya media belajar dan kunjungan untuk pelajar dan mahasiswa. Ayo membatik di Roro Jonggrang Batik dalam agenda wisata di Jogjamu nanti.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja