PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Manfaat Souvenir Wisata, Baik untuk Perusahaan Maupun Customer

Merchandise wisata atau Souvenir wisata  biasaya dibawa oleh seseorang yang telah usai berwisata sebagai kenang-kenangan. Merchandise ini diberikan oleh pihak perusahaan kepada para pelanggan. Merupakan hal yang menyenangkan ketika sepulang berwisata kita bisa membawa merchandise sekaligus. Tidak hanya pengalaman dan rasa senang yang didapat, tetapi merchandise bisa menajdi semacam oleh-oleh. Oleh-oleh ini dari pihak travel agent kepada para wisatawan sebagai bagian dari service. Ada Biro Perjalanan Wisata atau Travel Agent yang hampir selalu menyertakan souvenir dalam setiap agenda wisata. Tetapi juga tidak semua paket wisata mendapatkan fasilitas souvenir wisata ini. Beruntung sekali tentunya jika dalam trip yang kita ikuti ada merchandie lucu dan bermanfaat yang bisa kita dapat. Lantas apa lagi manfaat dari souvenir wisata tersebut tidak hanya sebagai kenang – kenangan saja.  Ada banyak sekali pesan dan manfaat adanya souvenir wisata ini. Sehingga jika ada anggarannya pastikan souvenir masuk dalam fasilitas setiap paket wisata.

7 Manfaat Merchandise Wisata

 

1. Media Pengingat

Seseorang yang telah melakukan wisata ke banyak tempat, bisa jadi lupa apa saja yang telah dikunjunginya. Oleh karena itu merchandise wisata dapat djadikan sebagai media untuk pengingat  kembali. Biasaya orang – orang akan meletakkan merchandise wisata kedalam lemari berkaca agar lebih rapi apabila dilihat. Selain disimpan dalam lemari Kaca bisa jadi merchandise wisata ini akan dipajang oleh pemiliknya.

 

2. Sebagai Ucapan Terimakasih Kepada Wisatawan

Merchandise sebagai ajang untuk ucapan terimakasih kepada wisatawan. Sebab mereka telah menggunakan jasa perusahaan perjalanan tersebut. Di antara banyak perusahaan travel, seorang wisatawan telah menentukan pilihannya pada satu travel tersebut. Tentunya hal ini haruslah diberikan apresiasi agar wisatawan berkesan. Ketika wisatawan berkesan sejak awal mereka akan merasa puas. Efek dari kepuasan wisatawan pastilah berujung pada loyalitas. Suatu saat mereka akan menjadi repeater, atau pembeli ulang paket wisata. Jika tidak, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan travel agent kita.

 

3. Media Promosi Perusahaan

Souvenir wisata yang diberikan dapat menjadi tempat untuk mempromosikan perusahaan. Media ini tidak hanya menghemat biaya tetapi juga menghemat sumber daya. Souvenir yang akan diberikan umumnya disediakan berdasarkan konsultasi dan desain yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Pelanggan cukup memberikan informasi mengenai jenis event dan budget yang yang disediakan. Setelah pelanggan memberitahu tentang hal tersebut, kemudian perusahaan akan memberikan penawaran mengenai souvenir yang akan diberikan. Dengan adanya merchandise tersebut maka perusahaan tentu akan menuliskan nama istansinya kedalam souvenir yang akan diberikan.

4. Meningkatkan Nilai Penjualan

Dengan adanya souvenir wisata tentu hati para calon pembeli akan terpikat. Memang tidak mudah memikat hati pelanggan. Namun jika perusahaan perjalanan berupaya mempersembahkan produk terbaik tanpa hal akan menambah nilai positif dihati wisatawan. Pemberian souvenir atau merchandise tersebut merupakan langkah awal untuk menunjukkan kualitas perusahaan. Jika  merchandise yang diberikan memberi nilai manfaat hal ini akan lebih banyak lagi pengaruhnya. Apalagi jika dapat digunakan sehari-hari seperti halnya topi, jam dinding, tas dan payung. Pelanggan yang puas dan senang dengan pelayanan tersebut, akan merekomendasikan perusahaan ke rekanannya. Sehingga otomatis penjualan akan mengalami kenaikan.

merchandise wisata

 

5. Sebagai Differensiasi Dengan Perusahaan Travel Lainnya

Pemberian souvenir kepada konsumen ini bisa dijadikan sebagai alat pembeda dengan perusahaan travel lainnya.  Sebab, tidak semua perusahaan akan memberikan souvenir kepada wisatawan. Dengan pemberian souvenir kepada konsumen, perusahaan akan memiliki nilai lebih tinggi daripada perusahaan travel yang lainnya. Tentu saja perusahaan yang memberikan souvenir akan memiliki nilai kenang yang akan didapatkan. Walaupun sederhana namun pemberian souvenir akan memberikan dampak tersendiri dihati konsumen. Selain sebagai sebuah pembeda atau differensiasi perusahaan, souvenir wisata bisa menjadi wow service. Yakni semacam pelayanan kejutan yang akan membuat pelanggan kaget dan terkesima dengan pemberian tak terduga. Sebuah bisnis atau perusahaan apapun dalam menjual produk dan jasanya harus memiliki nilai pembeda. Hal pembeda inilah yang akan menjadi alasan pelanggan untuk menggunakan produk dan jasa.

Bahkan bisa terjadi pembelian ulang untuk kedua ketiga dan kesekian kalinya. Untuk istilah dalam bidang pariwisata, jika mereka membeli paket wisata lagi untuk kesekian kalianya disebut repeater. Repeater adalah wisatawan yang datang kembali untuk membeli paket wisata karena puas dengan pelayanannya. Contohnya adalah paket wisata Jogja yang banyak diminati wisatawan. Tidak sedikit pelanggan yang kembali datang ke Jogja menggunakan biro perjalanan yang sama. Alasannya tentu mereka senang dengan pelayanannya dan yang kedua mereka tidak bosan dengan paket wisata Jogja. Jogja bahkan tetap bagus untuk dinikmati kesekian kalinya. Maka, jika kita menggunakan kesempatan ini dengan baik, bisa juga kita mengutip quote dari brand kaos Jogja yang terkenal. Dagadu sebagai merk dagang lokal Jogja menggunakan kata-kata “Kapan Ke Jogja Lagi” untuk mempengaruhi emosi wisatawan yang datang ke Jogja. Mereka akan mudah mengingat kata tersebut dan berencana ke Jogja meskipun sedang dalam proses menikmati paket wisata yang pertama.

 

6. Branding Untuk Perusahaan Perjalanan

Proses branding, atau mengenalkan sebuah merk usaha ke pelanggan adalah proses yang panjang. Kegiatan branding usaha ini bahkan berjalan sepanjang perusahaan itu berdiri. Maka dengan adanya merchandise atau souvenir wisata bisa menjadi sarana mengenalkan dan menjaga merk. Lama-lama pelanggan akan semakin sadar dan faham mengena brand perusahaan travel mana yang sering dilihat. Brand ini akan semakin kuat jika terus muncul dan disebuy-sebut melalui media promosi. Dengan adanya merchandise ini apalagi semacam produk yang bisa digunakan sehari-hari orang awam akan penasaran. Branding bisa dibilang berhasil jika banyak yang sudah kenal dan hafal dengan merk tertentu yang identik dengan produk tertentu.

 

7. Sebagai Pesan Yang Disampaikan Perusahaan

Ada kalanya dalam sebuah merchandise wisata, kita mendapati pesan atau quote tertentu. Hal ini akan menjadi penyampai pesan yang efektif untuk pelanggan. Bisa berupa slogan perusahaan, quote tentang traveling, dan pesan lingkungan. Merchandise bisa menjadi penyampai pesan perusahaan kepada pelanggannya. Tinggal tentukan kampanye mengenai cinta indonesia atau promosi suatu daerah tujuan wisata melalui merchandise ini. Pelanggan akan langsung menerima dan membaca pesan yang disampaikan. Akan lebih baik jika edukasi juga dilakukan secara bertahap dan langsung melalui audio visual kepada wisatawan. Contohnya adalah pesan untuk mencintai terumbu karang, menjaga kelestarian lingkungan, green tourism dan lainnya.

Demikian 7 manfaat merchandise atau souvenir wisata yang memiliki manfaat tersendiri untuk perusahaan travel maupun wisatawan. Tidak hanya menyenangkan pelanggan dengan merchandise wisata ini, tetapi bisa menjadi sarana promosi, branding dan pendongkrang penjualan. Pilihlah merchandise yang tepat sesuai dengan core travel yakni pariwisata.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja