Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

10 Desa Wisata Penghasil Kerajinan di Jogja

Eh para traveller sejati, apa kabar disanaa?. Kembali bertemu dengan saya nih ya guys saya juga nggak ada bosennya untuk menuliskan artikel wisata buat kalian semua. Eh btw udah jalan kemana aja ni?. Awal tahun cocok nih buat nulis jurnal atau target di tahun 2019. Dan buat kalian yang masih di Jogja atau ingin traveling kesana saya punya saran buat kalian nih. Yaitu destinasi wisata belanja kerajinan di Jogja yang bisa menjadi referensi berbagai produk kreatif.

 Jogja sebagai kota pelajar ternyata juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata kerajinan. So kalian bisa cobain maen kesana dong sesekali dan kunjungi satu persatu destinasi belanja kerajinan yang ada disana. Kerajinan yang ada di Jogja bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri dalam paket wisata Jogja. Bahkan sangat mungkin wisatawan terlibat langsung dalam proses pembuatannya. Kerajinan ini juga bisa sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa dari Jogja. Baiklah, nggak perlu panjang lebar saya akan menjelaskan destinasi wisata belanja kerajinan yang berada di Jogja, kita simak ulasannya yuk!

 

Daftar 10 Kerajinan di Jogja

1. Batik Giriloyo Dan Tirtodipuran

kerajinan batik tulisSebagai kota batik nih,  kalian akan sangat dengan mudah menemui toko batik di kota Jogja. Hampir di setiap pinggiran jalan kalian akan menemui berbagai macam toko batik berdasar jenis dan merknya. Tetapi taukah kalian jika ada wisata kerajinan batik tulis yang diperuntukkan untuk warga keraton atau kerajaan?.

Ya batik tulis yang masih diproduksi secara tradisional masih dengan malam dan canting ini kalian masih bisa temui di Jogja. Tepatnya di desa batik bernama Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Di kota Jogja terdapat di sepanjang Jalan Tirtodipuran Jogjakarta. Pengunjung bisa melihat proses pembuatannya, termasuk belajar bagaimana cara membatik. Dimana desa wisata ini fokus pada wahana edukasi kultural, mengenalkan batik kepada wisatawan.

 

2. Gerabah Kasongan

kerajinan di jogjaYa kerajinan ini berasal dari bentukan gerabah nih guys, bukan gabah lho ya. Kerajinan gerabah berasal desa wisata Kasongan, Jalan Bantul. Disana kalian dapat menjumpai beraneka macam tembikar dan gerabah seperti guci, patung maupun lainnya.

 Handicraft asli Jogja ini diburu para wisatawan untuk souvenir. Jangan salah guys kerajinan gerabah dari Kasongan ini sudah terkenal hingga mancanegara lho. Kerajinan tersebut juga sudah diekspor ke berbagai belahan dunia, sebagai orang Jogja saya bangga dong dengan hal ini. Kerajinan ini cocok ditempatkan di ruang tamu,teras atau ruang tengah rumah anda sesuai dengan ukurannya guys. Paket wisata Study Trip khusus pelajar juga sangat cocok untuk diadakan di kasongan ini.

3. Kayu Batik Krebet Kasongan

batik kayu jogjaNah taukah kalian apabila membatik tidak hanya diatas kain saja?. Batik yang diapilkasikan pada kayu bisa ditemui di desa wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan kayu.   Motif dan bentuknya unik diantaranya model furniture interior rumah, hiasan dinding, pernak-pernik aksesoris. Batik yang dimaksud bukan digambar dengan malam lho guys. Akan tetapi diukir diatas kayu dan bukan sembarang kayu yang digunakan karena bergantung pada tingkat kelapukan kayu dan kualitasnya. Tak kalah dengan batik yang dilukis diatas kain, kayu batik ini justru harganya sendiri dibandrol lebih tinggi tergantung tingkat kerumitan ukirannya. Kayu batik ini sudah menjadi ‘buronan’ dari berbagai macam negara karena keindahan desain 3 dimensi nya.

 

4. Keris Pucung, Imogiri

Sebagai senjata tradisional rakyat kejawen keris juga merupakan warisan budaya Jawa nih guys. Jangan salah keris ini kesaktiannya ada yang melebihi kekuatan meriam jaman Belanda guys. Santai saja guys tidak semua keris memiliki kekuatan seperti itu kok, kalian bisa menemui kerajinan senjata kuno paling terkenal di Jogja ini di Dusun Banyusumurup, Desa Girirejo, wilayah Imogiri. Dan kalian bisa mencoba membuat keris kalian sendiri dipandu oleh empu yang ada disana.

 

 

 

5. Perak Kotagede

merchandise jogjaSebagai salah satu logam mulia ini kalian bisa menemuinya di Jogja. Tepatnya di sentra kerajinan perak di Kotagede nih. Kalian akan menemui banyak sekali toko grosir atau eceran yang menjual aksesoris atau hiasan yang terbuat dari perak. Ada juga toko yang membiarkan atau menunjukkan anda proses pembuatan perhiasan atau aksesoris berbahan perak ini. Coba deh kalian kunjungi wisata belanja kerajinan dari Kotagede ini dalam agenda wisata keluarga di Jogja.

 

 

6.Wayang Kulit Imogiri

wayang kulitKerajinan satu ini adalah salah satu warisan budaya sejak jaman lampau. Wayang kulit ini sudah diakui oleh UNESCO merupakan warisan budaya asli dari Indonesia. Tak hanya itu kerajinan wayang seringkali diincar pelancong sebagai souvenir. Paling diminati tokoh figur Mahabarata dan Ramayana seperti Arjuna, Srikandi, Bima, Gathotkaca, Werkudara, Rama, Shinta, Anoman, serta banyak lagi. Baik dikoleksi maupun sebagai hiasan dinding.

 

 

 

7. Blangkon, Sorjan, Jarik Bantul

Pakaian adat Jawa ini sangat menarik sebagai ciri khas tradisional. Blangkon sendiri digunakan sebagai penutup kepala khas Jogja. Sedangkan Sorjan adalah baju panjang bermotif garis vertikal warna coklat, biru dan lainnya. Batik Jarik motif jenisnya bermacam-macam. Busana adat tradisional Jawa tersebut biasanya dipakai pada acara adat. Tak hanya itu ada beberapa filosofi yang diyakini masyarakat Jawa untuk setiap pakaian adat Jawa tersebut lho guys. Juga festival budaya dan pada hari tertentu, pakaian tradisional tersebut dikenakan oleh pelajar dan pegawai.

 

 

 

 

 

 

8. Gamelan di Banguntapan

gamelan jogjaGamelan ini merupakan alat musik tradisional dari Jawa. Khususnya di Jogja kalian bisa menemui tempat dimana alat musik gamelan ini ditempa yaitu berlokasi di Baturetno, Banguntapan, Bantul, DI Yogkarta. Memang dari segi harga fantastis, tergantung mutu bahan kualitas. Itu untuk satu paket perangkat gamelan. Tak lain karena bunyi yang dihasilkan akan semakin bagus diiringi dengan harga yang semakin membius.

 

 

 

 

9. Lukisan di Bantul

Nah Jogja juga memiliki daerah perkampungan dengan rata rata penduduknya merupakan pelukis yang terkenal sampai mancanegara lho guys. Yaitu berada di daerah Nitiprayan, Bantul. Bagi para penikmat seni lukis kaian bisa mengunjungi daerah ini karena ada sebuah gallery khusus untuk seni lukis 2 dimensi dan 3 dimensi guys. Hasil karyanya juga sudah sampai ke luar negri lho guys. Coba deh bagi kalian para penikmat seni berkunjung ke daerah ini  dalam paket wisata Jogja. Karena ada beberapa karya seni lukis yang diburu banyak sekali orang yang berada di Jogja lho guys.

 

10. Kerajinan Kulit Manding

Suka fashion berbahan kulit, pergilah ke desa wisata Manding. Letaknya di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Desa Manding, Sabdodadi, Bantul. Jalan Parangtritis KM 11, bila menuju Pantai Parangtritis pasti akan menjumpai. Di sentra kerajinan kulit Manding, yang berkunjung bisa menengok proses pembuatan dan menemukan bermacam kerajinan yang terbuat dari kulit asli. Diantaranya tas, jaket, sepatu, ikat pinggang, dompet, topi hingga pernah-pernik. Mutu berkualitas, harganya pun terjangkau guys.

Nah guys itu tadi adalah destinasi wisata belanja kerajinan dari Jogjakarta. Tempat belanja kerajinan tersebut sangat disayangkan apabila kalian lewatkan. Jangan lupa untuk berkunjung salah satu dari tempat Populer diatas lho. Jalanjalan di siang hari ada batu yang menghalangi, uang bisa dicari tetapi waktu tak bisa diulangi. Demikian dari saya guys see you on the next article!

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
Chat whatsApp