Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Daftar Museum di Jogja, Cocok untuk Wisata Edukasi Siswa

Kunjungan museum biasanya dimasukkan dalam agenda wisata edukasi yang diadakan oleh sekolah. Mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas masih sangat relevan untuk mengunjungi museu. Kegiatan ini sangat dianjurkan oleh pemerintah dan Dinas Pendidikan untuk mengenang jasa – jasa pahlawan.  Serta melestarikan budaya Indonesia yang kini sudah mulai memudar. Pemerintah bahkan mewajibkan setiap sekolah untuk mengadakan program Visit Museum atau mengunjungi museum. Untuk itu kita akan memberikan beberapa rekomendasi museum di Jogja untuk kegiatan kunjungan study trip pelajar. Hal tersebut bertujuan sebagai inspirasi agar teman – teman mempunyai gambaran museum yang akan dikunjungi ketika mengambil paket wisata Jogja. Langsung saja berikut ini ada 8 museum di Jogja yang bisa dijadikan referensi oleh sekolah maupun bapak ibu guru. Check yaa

 

8 Museum di Jogja Cocok untuk Study Tour Siswa

 

1. Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentaluMuseum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia. Ullen sentalu menyuguhkan peninggalan budaya dan Kerajaan Mataram lama. Museum ini terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kaliurang Barat, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Memiliki 4 beberapa ruangan diantaranya Ruang Seni dan Gamelan, Ruang Pamer, Ruang Sasana Sekar Buwana, dan Koridor Letja Randa. Ketika memasuki kawasan museum ini anda harus mematuhi peraturan yang ada seperti dibagian tertentu ada larangan memotret atau mengambil gambar. Jika melanggar larangan tersebut maka akibatnya akan ditanggung anda sendiri. Tidak hanya rombongan sekolah, rombongan perusahaan dalam company gathering trip Jogja pun banyak yang mengunjungi museum ini.

 

2. Museum Gunung Merapi ( MGM )

museum gunung merapiMuseum gunung merapi adalah salah satu yang dijadikan sebagai sarana pendidikan kegunungapian yang bersifat rekreatif dan edukatif. Serta memberikan berbagai tujuan untuk memberikan wawasan tentang aspek ilmiah, maupun sosial – budaya. Museum ini menyediakan banyak pameran gambar mengenai gunung berapi juga miniaturnya yang sedang mengeluarkan api dan asap. Museum ini diresmikan oleh mentri energi dan sumber daya mineral pada tahun 2009. Bertempat di Jalan Boyong, dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Kalian yang berencana mengadakan study trip Jogja bisa menjadikan museum ini sebagai destinasi wisata.

3. Museum Affandi

wisata museum di jogjaMuseum Affandi ialah salah satu museum seni yang terkenal sampai ke pelosok tanah air dan luar negeri. Salah satu pusat pariwisata dengan luas 3.500 meter persegi ini memamerkan 300-an karya dari sekitar 4000 karya Affandi. Museum ini terbagi menjadi tiga galeri, studio, café, restoran dan beberapa bangunan. Museum ini terletak tidak jauh dari Bandara Internasional Adisucipto yaitu Jalan Laksda Adisucipto No.167 Yogyakarta tepatnya didekat sungai gajah wong. Buka dari hari senin hingga sabtu mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB tetapi setiap hari senin pertama setiap bulannya dan hari libur nasional museum ini akan tutup. Jika kalian sedang merencanakan paket wisata keluarga ke Jogja pun tempat ini juga sangat cocok buat dikunjungi.

 

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum ini terletak disepanjang Jalan Malioboro dan berada didepan gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Tempat ini dulunya dikelilingi oleh sebuah parit dan menara pengawas disetiap sudutnya. Memiliki empat diaroma yang berisi peninggalan – peninggalan sejarah pada masa penjajahan Belanda. Di salah satu diaroma ada sebuah ruangan yang digunakan untuk pemutaran film masa perjuangan melawan penjajah. Museum ini dibuka dari hari selasa hingga jumat pada pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Pada hari senin dan hari libur  nasional museum ini akan ditutup.

 

5. Museum Sonobudoyo

Museum yang terletak di Jalan Trikora No.9 Yogyakarta tersebut merupakan museum sejarah dan kebudayaan Jawa. Termasuk bangunan yang khas dengan nuansa klasiknya. Ditempat ini bisa melihat pertunjukan seni sendratari Ramayana dan pertunjukan wayang kulit. Museum ini juga menyimpan buku – buku kuno tentang budaya Jawa. Sonobudoyo termasuk museum terlengkap kedua setelah museum utama di Jakarta. Jam buka museum ini berbeda – beda yakni pada hari selasa – kamis ( dari pukul 08.00 sampai 13.00 ), hari jumat ( 08.00 – 11.00 ) dan hari sabtu ( 08.00 – 12.00 ) pada hari senin dan minggu juga hari libur nasional museum ini akan ditutup.

 

6. Museum Keraton Ngayogyakarta

Museum ini terletak berdekatan dengan kawasan Malioboro juga alun – alun utara Jogjakarta. memiliki nuansa budaya Jawa dengan daya tarik utama Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Disini kalian dapat melihat peninggalan raja – raja yogyakarta melalui koleksi Kristal, kereta, kain batik, gamelan pusaka hingga koleksi pribadi Sri Sultan Hamengkubuana IX. Buka dari setiap hari dari jam 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Destinasi Kraton ini merupakan obyek wisata Jogja yang tidak ketinggalan untuk rombongan dikunjungi pelajar yang berwisata di Jogja.

 

7. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta adalah museum batik pertama di yogya yang didirikan atas prakarsa Hadi Nugroho, pemilik museum. Terletak di Jalan Dr. Sutomo No. 13 A Yogyakarta ini sangat lengkap isinya. Berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia akan dipamerkan di museum tersebut seperti batik pekalongan, batik cilacap, batik ngayogyakarta, dan masih banyak lagi. Selain kain batik yang dipamerkan, museum ini juga memperlihatkan karya sulaman tangan ibu Sukaningsih dengan ukuran 90 X 400 cm ini mendapatkan piagam penghargaan dari MURI sebagai sulaman terbesar. Tempat ini juga menyediakan workshop membatik untuk pengunjung yang ingin mempraktikan membatik. Buka setiap hari kecuali hari minggu dan libur nasional, dari jam 09.00 – 15.00 WIB.

 

8. Museum Sasmitaloka Jendral Sudirman

Museum ini merupakan salah satu tempat untuk ajang memperingati pahlawan Indonesia yang berjuang membela negara yaitu Panglima Besar Jendral Sudirman. Berada di Jalan Bintaran Wetan No.3 Pakualaman, Yogyakarta ini memiliki bentuk bangunan limasan dengan dilengkapi dengan pendapa, bangunan utama, dan sayap di sisi kanan dan kiri. Museum dengan 599 koleksi yang terdiri atas senjata, perabot rumah tangga, kendaraan, pakaian, tandu serta masih banyak yang lainnya dipamerkan kedalam 14 ruangan yang tetap. Museum buka dari hari senin hingga jumat pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Nahh banyak sekali kan museum di jogja ini, sangat disayangkan apabila museum yang sudah didirikan tetapi tidak banyak yang mengunjungi. Sebagai generasi muda kita harus menambah wawasan kita agar lebih luas sehingga kita tidak akan mudah terpengaruh dengan budaya luar. Museum  adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan yang bisa menjadi obyek pembelajaran sejarah dan budaya. Untuk itu, kami siap memberikan paket wisata Jogja khusus pelajar dan termasuk kunjungan museumnya. Selamat belajar sembari berwisata semoga banyak inspirasi dan edukasi yang didapatkan dalam setiap paket wisata edukasi. Jangan lupa untuk membuat laporan singkat kunjungan wisatamu ya agar ilmu yang didapat bisa didokumentasikan dengan baik.  Salam Visit Museum..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
Chat whatsApp