PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Wisata Religi Jogja, Cocok untuk Trip di Bulan Ramadhan

Wisata Religi Jogja – Bulan Puasa yang sebentar lagi tiba membuat kita menyiapkan banyak hal dan terutama jika ada agenda liburan di dalamnya. Liburan di bulan puasa biasanya diikuti agenda silaturahim atau berkunjung ke tempat saudara. Jika kebetulan Jogja adalah tempatnya, untuk dikunjungi di bulan puasa ini tentunya sangat menarik. Sebab Jogja punya puluhan spot dan point of interest yang bisa dinikmati di momen Ramadhan nanti. Emm…kemana ya kira-kira tempat di Jogja yang nyaman dan cocok untuk berwisata saat puasa tiba.

Puasa tidak menjadi halangan bagi kita buat berwisata ria. Tetapi mungkin butuh penyesuaian khusus untuk liburan di bulan ramadhan pastinya. Sebab kondisi tubuh sedang berpuasa, maka aktiifits wisata adventure bisa jadi tidak diambil dan diganti dengan wisata yang lebih ringan. Wisata sejenis petualangan yang menguras banyak energi tidak menjadi pilihan trip saat puasa. Wisata yang soft dan tidak melelahkan adalah jenis wisata indoor atau yang berada di dalam ruangan. Sebab kita tidak akan bertemu dengan terik matahari yang menyengat yang membuat kita tidak cepat merasa haus. Nah mana saja spot di Jogja yang bisa melengkapi kunjungan anda dibulan puasa ini, yang mmebuat Anda tidak hanya mendapatkan kesenagan semata, namun wisata sembari menambah pengetahuan dan sejarah islam. Berikut ini daftar tempat wisata religi jogja yang tepat dikunjungi saat bulan ramadhan.

Tempat Wisata Religi Jogja, Cocok di Kunjungi Saat Bulan Puasa

 

1. Masjid Jogokaryan

wisata religi jogjaMasjid Jogokaryan ini memang terkenal di Jogjakarta sebagai Masjid dengan Managemen terbaik di Indonesia. Banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia datang untuk belajar pengelolaan masjid di sini. Masjid Jogokaryan dijadikan sebagai role model masjid terbaik yang ditiru dan dicontoh oleh banyak masjid di Indonesia. Paket Wisata Jogja religi bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi dan referensi kunjungan. Masjid Jogokaryan selain bagus dalam pengelolaan dan transparansinya, juga memiliki semacam penginapan yang disewakan. Hal ini merupakan point plus sebab jarang sekali sebuah masjid memiliki tempat bermalam yang bisa dsewa oleh pengunjung. Harga sewa per malamnya juga sangat terjangkau yakni hanya sekitar Rp 200.000  saja.

Masjid ini juga sangat ramai dengan jamaahnya di setiap waktu-waktu shalat tiba. Sehingga jika berkesempatan trip ke Jogja, sempatkan dalam satu waktu untuk bisa berjamaah di masjid ini. Terlebih jika subuh hari, pengelola masjid memberikan teh hangat dan sarapan pagi setiap harinya. Point ini bisa menjadi daya tarik tersendiri saat di luar bulan puasa tentunya. Jika pas bulan Ramadhan, setiap harinya ada buka puasa bersama yang disediakan khusus seribu porsi setiap harinya. Terdapat juga Kampung Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan berpusat di Masjid. Wisata religi di Jogja bisa mengambil space ini untuk dikunjungi dan dijadikan aktifitas menarik selama di Jogja.

 

2. Pasar Ramadhan di Jl. Jogokaryan

Masih menyatu dengan Masjid Jogokaryan dan merupakan bagian dari program masjid nya, Pasar Ramadhan atau biasa disebut Kampung Ramadhan bisa ditemui di sepanjang Jalan Jogokaryan ini. Terdapat berbagai menu buka puasa dan jajanan yang bisa dibeli untuk melengkapi buka puasamu. Jika kebetulan kalian sedang wisata di Jogja, tidak ada salahnya mampir dan menikmati hidupnya Pasar Ramadhan ini. Wisata murah meriah di bulan puasa dan termasuk wisata bernuansa religi di Jogjakarta. Pasar Ramadhan Jogokaryan ini sudah lama berjalan dan memberikan inspirasi bagi masjid-masjid di seputaran Jogja untuk menggelar program serupa.

Beberapa wisatawan muslim yang ada di Jogja di momen Ramadhan, hampir sebagiannya menyempatkan untuk  berkunjung ke tempat ini. Ramdahan di Jogja semakin hidup dengan adanya Kampung Ramadhan Jogokaryan yang sudah berjalan selama kurang lebih 10 tahun lamanya. Jogokaryan mampu memberikan ide dan menginisiasi tempat-tempat lain untuk menghidupkan Ramadhannya dan menjadikan agenda tersebut menarik. Momen dan program semacam ini bisa disebut sebagai point of interest dalam sebuah kawasan wisata. Ada juga yang menyebutnya sebagai Tourist Attraction, karena terdapat semacam kegiatan yang bisa dilihat dan bisa dilakukan bagi wisatawan.

 

3. Masjid Kauman Jogjakarta dan Napak Tilas Muhammadiyah

masjid kaumanTempat wisata religi Jogja berikutnya adalah Masjid kauman. Masjid Kauman Jogjakarta ini merupakan Masjid tertua kedua di Jogjakarta setelah Masjid Mataram Kotagede. Tetapi banyak yang mengira bahwa Masjid Kauman inilah sebagai masjid pertama yang berdiri di Jogjakarta. Bagi wisatawan yang berkunjung di Jogja selama bulan puasa, seringkali harus menyempatkan diri untuk mampir di masjid Kauman ini. Tidak saja lokasinya yang strategis di jantung kota Jogja yang dekat dengan Malioboro dan Kraton Jogjakarta. Masjid Kauman ini merupakan masjid dengan arsitektur Jawanya yang Khas dan  secara tata kota didesain sedemikian rupa oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dekat dengan Alun-Alun Utara Jogjakarta.

Kauman juga merupakan kawasan tempat Kyai Ahmad Dahlan memulai dan menyebarkan dakwahnya dengan jalur dagang dan jalur agama. Jamaah Muhammadiyah basisnya ada di daerah Kauman ini. Sehingga jika kita berkeinginan untuk napak tilas perjuangan Kyai Ahmad Dahlan maka Kauman lah tempatnya. Terdapat trip atau Paket tour Jogja khusus napak tilas Muhammadiyah ini yang bisa dicoba dan dilakukan nanti ketika puasa tiba. Biasanya trip napak tilas ini hanya membutuhkan waktu satu hari saja untuk eksplorasi Kauman dan Muhammadiyah. Masjid Kauman ini sangat legendaris, salah satunya  pernah dipakai untuk shoting film sang pencerah. Selain itu leteknya juga tepat di antara kraton jogja dan malioboro. So, tempat ini sangat mudah untuk di akses. Agendakan masjid kauman sebagai destinasi wisata religi jogja kalian ya.

 

4. Jalur Gaza

Jalur Gaza adalah singkatan untuk sebuah jalan yang disulap menjadi pasar Ramadhan di bulan puasa. Tepatnya berada di Jalan Nitikan, sebelah selatan kota Jogjakarta. Jalur Gaza ini singkatan dari “Jajanan Lauk Gorengan serba ada”. Ramainya pembeli yang berburu buka puasa dan puluhan penjual jajanan menu pembuka, ikut menyemarakkan agenda Ramadhan di Kota Jogjakarta bagian selatan. Jika kalian menjadi wisatawan di moment puasa kali ini jangan lupa untuk mampir dan menikmati berbagai pilihan kuliner lezat khas bulan puasa. Tidak hanya itu, berbagai acara keagamaan juga siap memeriahkan jalanan Jalur Gaza ini di sore harinya. Sehingga jalan raya ini semakin semarak oleh pengendara yang kebetulan lewat dan kemudian mampir untuk membeli menu buka puasa. Paket liburan Jogja bulan Puasa kalian, jangan lupa mengagendakan moment berburu jajanan dan sekaligus shalat tarawih di masjid terdekat ini.

 

5. Wisata Jelajah Borobudur Versi Peninggalan Sulaiman

relief nuh di candi borobudurCandi borobudur, kita kenal dengan candi peninggalan sejarah Budha. Namun, ada versi terbaru terkait penelian candi borobudur ini loh. Seoarang dosen sekaligus peneliti (ustadz Fahmi Basya) dalam versi penelitiannya, bahwa Candi borobudur merupakan peninggalan kerjaaan nabi sulaiman. Memang jika kita terjun dan melihat sendiri terdapat beberapa relief di Candi Borobudur yang sangat cocok dengan kandungan Alquran.

Relief tersebut seperti kisah Nabi Nuh dan Kapalnya, Seorang Ratu yang menyingsingkan bajunya, relief burung hud-hud dan aneka relief lainnya dimana menjelaskan kisah nabi-nabi terdahulu dan kisah Nabi Sulaiman dengan Ratu Balqis. Ratu Balqis memiliki kerajaan yang  juga saat ini berupa candi yakniCandi Ratu Boko. Maka di Jogjakarta kita kenal daerah Sleman yang diambil dari kata Sulaiman. Di Indonesia sendiri terdapat banyak daerah dengan sebutan Saba atau Sobo seperti Wonosobo dan sebagainya karena menurut penelitan Ust.Fahmi Basya, Indonesia inilah yang disebut sebagai Negeri Saba yang Makmur. Tertarik mengikuti trip Solomon ini? Call Jogjakartour.com dan kami arrange kan wisata religi Jogja untuk trip bulan puasamu nanti. Chayoo…

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja