Wisata Jogja: Paket Liburan & Tour Custom

"Couple Honeymoon, Family Trip, Company Gathering"

085-329-196777 (AS)        BBM: 5E5C3FAE / JG196777
087-837-196777 (XL)        WA: 087 837 196777
Email: [email protected]

Wisata ke Candi Borobudur? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Tradisional Magelang

Bagaimana kabar traveler di awal tahun 2019 ini. Apakah sudah selesai membuat resolusi satu tahunnya. Jangan lupa masukkan target untuk wisata atau liburan di sepanjang tahun 2019 ini. Cara memilih waktu wisatanya cukup mudah lho, pantengin aja jadwal liburan sepanjang 2019 di kalender. Di sana ada beberapa hari libur nasional dan cuti bersama untuk bisa kalian manfaatkan buat traveling. Jika belum pernah ke Jogjakarta, masukkan daftar destinasi wisata di Jogja untuk menjadi tujuan kunjungan. Dan tentu tanpa melupakan wisata ke Candi Borobudur. Sebab Candi Borobudur ini meskipun terletak di Magelang, Jawa Tengah termasuk ikon wisata Jogja. Mereka yang mengambil paket wisata Jogja seringkali menyertakan Candi Borobudur ini dalam destinasi wisata. Candi Borobudur ini berada di Magelang yang memiliki jarak 2 jam perjalanan dari Jogja. Sepanjang perjalanan ke Borobudur dan kembali ke Jogja ada banyak tempat oleh-oleh khas magelang yang menarik. Sehingga kita bisa berhenti sejenak untuk membeli buat bekal traveling.

Ngomongin Candi Borobudur ini tentu kita akan berada di daerah Magelang. Sebagai bagian dari Propinsi Jawa Tengah, Magelang juga memiliki potensi wisata kuliner dan oleh-olehnya. Kali ini  kita akan membahas mengenai oleh oleh makanan khas Magelang. Oleh-oleh ini akan menemani wisata ke Borobudur dan sebagai buah tangan telah datang ke Kota Magelang. Oleh-oleh ini bisa dibawa pulang untuk orang-orang terkasih yang ada di rumah. Sepulangnya kita berwisata di Jogja mengunjungi Warisan Dunia bernama Candi Borobudur. Berikut ini ada 7 oleh-oleh khas Magelang yang siap diborong wisatawan.

6 Makanan Khas Yang Bisa Didapatkan di Magelang

1. Wajik Salaman

oleh-oleh khas magelangNah kita mulai dari makanan ringan atau kudapan khas Magelang guys,wajik. Kalian tau gak sih guys apa itu wajik? Nah bagi yang belum mengerti, wajik adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik.

Magelang juga memiliki wajik khasnya sendiri guys yang populer dijual di gerai bernama Wajik Salaman Ny.In. Disana kalian akan disuguhkan berbagai makanan khas Magelang dan yang paling mencolok disini adalah Wajik Salamannya. Wajik Salaman mempunyai cita rasa yang sangat pas di semua lidah sehingga siapapun yang mencobanya tidak akan merasa bosan atau enek karena rasa dan teksturnya yang tidak tepat di mulut. Coba deh kalian berkunjung ke gerai wajik salaman ini yang terletak di Jl. Raya Salaman 110, Magelang.

2. Grubi

makanan khas magelangGrubi, merupakan makanan yang menjadi oleh-oleh khas Magelang yang terbuat dari ubi jalar yang telah diolah lalu disiram dengan gula jawa atau gula merah guys. Rasanya yang manis ini membuat grubi ini menjadi buruan wisatawan asing atau lokal yang ingin merasakan kelezatannya.

Grubi ini sudah ada sejak era 70an guys dahulu biasa dijual di warung warung kecil guys namun karena grubi menjadi makanan yang mampu bersaing di pasaran camilan ini akhirnya sudah dijual di pasar untuk masyarakat luas guys. Pokoknya kalian harus mencicipi sendiri manis dan lezatnya grubi khas Magelang ini nih guys.

 

 

3. Getuk Trio

oleh-oleh dari jawa tengahOke guys, di daerah Magelang ini terdapat sebuah gerai getuk yang cukup populer serta menjadi buruan wisatawan karena kelezatannya serta rasanya yang legit nih guys. Gerai Getuk Trio,tak heran jika dinamakan begini karena toko tersebut memberi warna getuk ini biasanya terdiri dari tiga warna nih guys.

Magelang yang disebut sebagai Kota Getuk ini tentunya memiliki citarasa getuk yang berbeda dengan getuk buatan kota lain. Mulai dari rasa dan tekstur kue getuknya legit dan rasanya manis. Getuk Trio tidak mengandung bahan pengawet sehingga daya tahannya hanya mencapai dua hari saja. Biasanya getuk ini sudah dikemas kedalam wadah yang biasa diberi nama besek guys untuk menjaga citarasa tradisionalnya.

 

 

4. Slondok

slondokSatu lagi kuliner khas Magelang yang terbuat dari bahan dasar singkong. Olahan yang satu ini berbentuk krupuk yang biasanya bisa mengganjal lapar diperut namun juga bisa membuat kenyang perut anda. Slondok ini telah berkembang karena memiliki beberapa varian rasa seperti keju,balado,pedas dan masih banyak yang lainnya nih guys. Harga yang dibandrol untuk krupuk slondok ini cukup murah, sehingga kalian bisa memborongnya dong hehe. Cocok sekali buat kalian yang akan ngetrip ke Borobudur karena akan menjadi kudapan yang wajib kalian beli. Untuk menemani perjalanan selama didalam bus wisata atau mobil pribadi.

 

 

 

5. Tape Ketan Muntilan

tape ketan muntilanSelain tape singkong yang biasa kita kenal, ada satu lagi jenis tape yang berasal dari Magelang.  Tape ketan Muntilan berasal dari bahan ketan yang dibuat semacam tape atau difermentasi dengan ragi. Ada dua jenis tape ketan Muntilan yakni yang berwarna hijau dan putih. Muntilan diambil dari tempat bernama Muntilan yang berada di kota Magelang. Paling cocok tape ketan ini dibuat dengan ditambahi es dan sirup di siang hari sehingga rasanya segar dan manis.

 

 

 

6. Pothil

Satu lagu alternatif oleh-oleh dari Magelang setelah berwisata ke Borobudur yakni Pothil. Pothil terbuat dari singkong yang diolah dan dimasak serta ditambahkan bumbu gurih. Kemudian dibentuk kecil-kecil dan digoreng sehingga teksturnya lebih keras dan renyah. Pothil termasuk camilan atau kletikan yang keras dan butuh gigi yang kuat untuk mengunyahnya. Cocok jadi oleh-oleh dalam agenda wisata di Jogja nantinya.

Kerupuk adalah salah satu makanan kletikan atau gurih yang akrab di berbagai kalangan. Selain krupuk dari gandum dan tepung beras, Magelang punya krupuk yang terbuat dari tahu. Bahan tahu yang digoreng sehingga renyah menjadi oleh-oleh yang melengkapi liburan ketika di Jogjakarta. Rasanya yang gurih dan asin membuat kita tidak ingin berhenti makan.

Well, itu dia guys  7 alternatif makanan khas Magelang Jawa Tengah yang cocok bagi kalian sebagai kudapan . Ketika ingin berkunjung ke Candi Borobudur nih guys kalian bisa dong sesekali mencoba camilan  ini. Bisa juga untuk referensi oleh- oleh yang kalian bawa selepas wisata di Candi Borobudur. Wisata di Jogja cukup murah dan terjangkau dengan dompet kalian. Jadi kalian bisa membawa  sebanyak mungkin oleh-oleh dari Jogja ini. Pun juga dari kota Magelang yang punya  Gethuk Trio, Pothil, Wajik Salaman dan sebagainya tadi. Mungkin sekian dulu guys artikel saya di hari ini, semoga bisa menambah wawasan kalian yah see you on the next article!. Salam wisata Jogja dan jangan lupa pilih paket wisata Jogja dari Jogjakartour.com ya guys.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja I Paket wisata Jogja
× Chat whatsApp