PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Alasan Mengapa Harus Wisata di Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul, Berbicara tentang Jogjakarta dan potensi wisatanya tentu tidak akan ada habisnya. Kota ini selalu menarik untuk dikunjungi dan didatangi kembali. Setiap kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Jogjakarta ini pun masing-masing mempunyai potensi wisatanya yang beragam. Mulai dari Kota Jogjakarta yang kaya akan wisata sejarah, budaya atau heritagenya. Sedangkan Kabupaten Sleman ini mempunyai potensi wisata alam dan adventure nya yang menarik seperti Lava Tour Merapi. Kabupaten Kulon Progo ini mempunyai destinasi wisata alam nya berupa Kalibiru yang fenomenal. Sedangkann kabupaten Bantul sangat terkenal dengan sentra Kerajinan nya yang beragam.

Kabupaten Gunungkidul ini yang banyak dilirik oleh wisatawan yang ke Jogja untuk berkunjung. Hampir setiap Paket Wisata Jogja selalu menawarkan program kunjungan ke gunung kidul. Banyak potensi wisata alam dan pantai pasir putih yang sangat indah untuk dieksplore lebih jauh. Apabila bertepatan dengan Long Weekend Periode, dimana banyak hotel di kawasan Kota Jogja yang penuh maka dibutuhkan altenatif homestay atau hotel yang berada di Gunungkidul. Sudah banyak guesthouse maupun homestay yang ada di Gunungkidul yang bisa digunakan sebagai tempat menginap dalam agenda wisata di Jogja. Berikut ini 7 alasan mengapa kita harus menginap di Gunung Kidul Jogjakarta ini?

 

Alasan Mengapa Harus Wisata Gunung Kidul

wisata gunung kidul

1. Mempunyai Banyak Homestay Pinggir Pantai yang Menarik

Gunungkidul memiliki beberapa homestay pinggir pantai yang sangat asik dan menarik untuk dicoba. Paket Wisata Honeymoon Jogja tentu sangat cocok untuk memasukkan Homestay ini ke dalam fasilitas wisata yang ada. Dengan deburan ombak yang syahdu di malam hari dan menikmati Dinner di sepanjang pinggir pantai ini semakin melengkapi paket wisata Jogja. Beberapa homestay yang menarik dan bisa dicoba ada di pinggir Pantai Indrayanti dan Pantai Sadranan.

 

2. Kuliner Tradisional yang Enak dan Khas

Kuliner dan makanan khas Gunungkidul yang menarik adalah Sambel Lombok Ijo- Tempe Tahu Bacem- Empal dan Nasi merahnya yang harus dicoba. Rasa khas daerahnya membuat lidah kita mencicipi rasa yang berbeda. Apalagi selepas Wisata Adventure di Gunung kidul, kita bisa menikmati sajian masakan tradisional ini dengan lahapnya. Tidak sulit menemukan makanan khas ini dan tentu dengan harga yang sangat murah pastinya.

 

3. Oleh-Oleh Belalang yang AntiMainstream

Jika oleh-oleh yang biasa kita kenal selama ini di Jogjakarta adalah seperti Bakpia, Yangko, dan berbagai makanan khas lainnya. Maka di Gunungkidul kita akan temukan serangga sebagai makanan dan camilan khas buat oleh-oleh. Bagi penyuka belalang ini, menikmati sajian pedas manisnya belalang seperti kita makan udang. Sungguh gurih dan lezat rasanya bagi para penikmatnya. Oleh-oleh belalang ini bisa dengan mudah kita temukan di sepanjang jalan yang ada di Gunungkidul maupun pusat oleh-oleh yang ada di sana. Oleh-oleh lainnya adalah makanan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong seperti gethuk, tape, gaplek dan thiwul. Yuks kita coba beberapa makanan tradisional ini dan oleh-oleh belalang yang antimainstream.

 

4. Mempunyai Banyak Destinasi Wisata Alam Indah

Siapa yang tidak kenal dengan Gua Pindul, Pantai  Indrayanti, Goa Jomblang, Air Terjun Srigethuk, Wisata Cave Tubing Kalisuci dan pantai Timang yang penuh Adrenalin. Kesemuanya ada dan bisa kita dapati di Gunungkidul. Destinasi wisata yang ada hampir semuanya berupa wisata alam yang masih terjaga keasliannya. Karena bersih alami dan menyatu dengan alam, maka sensasi petualangannya bisa juga kita rasakan untuk memacu adrenalin. Inilah salah satu alasan mengapa wisata gunung kidul itu harus masuk dalam paket tour jogja kalian. Karena destinasi alam favorit berada di daerah ini.

 

5. Geopark Pegunungan Sewu yang Diakui UNESCO

Kawasan Gunungkidul sendiri merupakan kawasan Geologi Park yang sudah diakui oleh UNESCO. Kalian baru tahu kan? itu karna ada banyak wisata gunung kidul yang tersembunyi, artinya belum di explore. Bentangan tanah dan bebatuan Karstnya berjajar dan berdiri kokoh sisa-sisa zaman purba. Sehingga disebutlah Gunungkidul ini sebagai gugusan gunung sewu yang artinya banyak gunung-gunung dan endapan Karst yang menjadi perbukitan saat ini. Karakteristik pantai yang unik yang seolah berada di Pegunungan ini, menandakan pada masa lampau Gunungkidul adalah semacam lautan bawah tanah dan pesisir yang terendam oleh air. Sehingga hamparan karst nya memang sangat unik dan kita juga bisa dapati salah satunya adalah Gunung Api Purba yang berada di Dusun Nglanggeran. Kawasan ini sekarang dijadikan sebagai Kawasan Ekowisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

6. Mempunyai Sunset dan Sunrise yang Indah

Ingin melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam yang berkesan, tentu hal ini bisa kita dapati di Gunungkidul. Sunrise dan Sunset nya yang unik dan indah bisa kita nikmati dari destinasi yang ada di sana. Pantai Indrayanti dan Pantai Kesirat juga Pantai Drini dan puluhan pantai lainnya siap memanjakan mata anda dengan sunrise dan sunsetnya. Apalagi jika kita mau camping dan naik ke Gunung Api Purba Nglanggeran jangan lewatkan sunrise dan sunsetnya yang menawan. Pemandangan ini akan memukau karena kita akan melihat sang surya dari ketinggian yang memacu Adrenalin. Lengkap benar ya destinasi Gunungkidul ini untuk dimasukkan dalam agenda paket liburan Jogja mu dekat- dekat ini.

 

7. Destinasi Wisatanya Tidak Cukup Dikunjungi Dalam Satu Hari

Nah, mengapa harus wisata Gunung Kidul ini tentunya kita akan mendapatkan jawaban yang sangat mendukung pertanyaan ini. Gunungkidul memiliki lebih dari 50 pantai pasir putih yang indah. Wisata pantai gunung kidul ini  sangat digandrungi baik anak muda maupun orang tua. Kawasan Ekowisata dan Desa Wisatanya yang masih asri seperti Desa Wisata Jelok juga bisa menjadi alternatif kunjungan. Selain itu potensi wisata petualangannya juga seperti Pantai Timang, Goa Jomblang, Air Terjun Srigethuk, Cave Tubing Kalisuci dan Cave Tubing Gua Pindulnya layak untuk dikunjungi. Kesemuanya ini ada di Kabupaten Gunungkidul yang seringa disebut sebagai lantai dua nya kota Jogjakarta. Gunungkidul ini memiliki potensi wisata yang lengkap dan beragam  yang jumlahnya cukup banyak. Sehingga jika kita ingin mengeksplorasinya tentu ini tidak bisa dilakukan dalam satu hari saja. Apabila ingin mengunjungi dengan maksimal dan merasakan banyak destinasi pilihan tadi maka sediakan 3hari2malam saja.

Well, lengkap sudah ya berbagai alasan mengapa harus wisata Gunung Kidul Wonosari ini. Apalagi jika kita sedang dalam perjalanan menuju ke Jogjakarta dan melewati kawasan bukit bintang daerah Pathuk, ini merupakan zona yang indah dan menarik. Kita bisa berhenti untuk sekedar melepas penat sambil menikmati kopi dan jagung bakar di kawasan ini. Jika ingin berlama-lama terdapat juga Bukit Indah Resto yang bisa menemani santap malam dan dinner spesialmu. Sambil menikmati kerlap kerlip lampu kota Jogja dari atas bukit yang bertaburan seperti bintang. Karena dilihat dari atas bukit maka lampu-lampu tersebut seperti jutaan bintang sehingga disebutlah kawasan ini sebagai bukit bintang. So, datanglah ke Jogjakarta dan menginap di Gunungkidul sebagai alternatif wisatamu ya guys..

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja