PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Destinasi Wisata Jawa Tengah

Jawa Tengah sebagai provinsi yang cukup luas wilayahnya, juga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Posisi Jawa Tengah ini cukup strategis dan dekat dengan Jogjakarta. Sehingga beberapa tempat wisata di sana bisa menjadi alternatif liburan setelah dari Jogja. Umumnya wisatawan menghabiskan waktu di Jogja untuk wisata sekitar 3 hari 2 malam. Meski demikian 2 Hari 1 Malam sebenarnya sangat cukup untuk mengunjungi tempat wisata pilihan di Jogja. Berikut ini kita berikan ada 15 destinasi untuk memperpanjang waktu wisatamu. Sebab Jawa Tengah ini hanya berjarak empat jam perjalanan saja dari Jogja, khususnya untuk kota Semarang. Checkitout..

15 Tempat Wisata Jawa Tengah

1. Karimun Jawa


karimun jawa

Karimun Jawa saat ini makin populer karena keindahannya. Panjang garis pantai dan pasir putih ini sangat indah yang cocok untuk dikunjungi. Pulau kecil yang berada di darah Jepara, Jawa Tengah ini makin populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kegiatan yang bisa di lakukan di karimun jawa diantaranya berjemur, berjelajah di perairan yang jernih, berenang atau snorkeling serta melakukan beberapa olahraga air disana. Menariknya jika paket wisata Honeymoon yang diambil, memadukan destinasi Jogja dan kemudian Karimun Jawa. Dibutukan 3 hari 2 malam setidaknya untuk menikmati Karimunjawa ini.

2. Dataran Tinggi Dieng

wisata dieng jawa tengah

Berlibur sampil menikmati pesona alam? Jangan lupa mendatangi dataran tinggi Dieng. Tempatnya yang berada di dataran tinggi menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang dingin dan menyejukkan. Sejumlah landmark juga disajikan di dataran tinggi Dieng yang bisa membuat Anda nyaman, seperti Telaga Warna Dieng, Bukit Sikunier Dieng, dan Sumur Jalatunda serta beberapa candi hindu juga ada di tempat ini. Romantisnya adalah Sunrise Sikunir yang bisa kita dapati di pagi hari.

3. Candi Borobudur

wisata jawa tengah

Wisata lama yang selalu popular dan memiliki sejarah yang luar biasa, candi Borobudur adalah tempat yang tepat untuk dikunjugi dan dapat dijadikan tempat yang sempurna untuk mengambil moment ketika berada di Jawa Tengah.  Pemandangan di sekitarnya pun juga sangat mempesona sehingga para wisatawan yang berkunjung di tempat ini tidak akan menyesal atau kapok. Candi Borobudur menyajikan kurang lebih 504 stupa Budha dan 1.460 relief di kompleks tersebut. Paket wisata Jogja pasti menyertakan Candi Borobudur ini dalam kunjungannya.

4. The Heritage Palace

Wisata baru yang lagi hits di Jawa Tengah saat ini adalah The Heritage Palace. Awalnya tempat ini merupakan pabrik gula Gembongan. Kawasan wisata yang baru di buka 2018 lalu mempu menarik banyak pengunjung karena suasananya yang kental dengan nuansa Eropa Klasik tempo dulu. Satu bangunan yang menjadi daya tarik pengunjung salah satunya adalah bangunan gaya romawi yang mewah nan megah.

5. Sam Po Kong

Sam Po Kong merupakan bukti bahwa tempat ini memiliki peninggalan dan perkembangan khas budaya Tiongkok di Indonesia. Bangunan klenteng ini bertujuan sebagai tempat pemujaan atau ibadah bagi agama mereka. Walaupun kini tempat tersebut menjadi destinasi wisata namun ada beberapa tempat yang dilarang untuk dikunjungi karena dianggap suci. Ketika berada di tempat ini tentunya kamu harus tetap menjaga kesopanan, karena mengingat fungsi utama sebagai tempat ibadah.

6. Kota Lama Semarang

Keliling kota Semarang jangan lupa mampir ke Kota Lama Semarang. Menikmati kota dnegan arsitektur tempo dulu yang tentunya akan membawa suasana Anda ke peradaban zaman belanda. Kota lama juga masih memiliki bangunan – bangunan zaman dahulu seperti Pabrik Rokok Praoe Lajar, Stasiun Tawang, persimpangan tengah Kota Lama. Walaupun masih memiliki bangunan kuno namun banyak bangunan yang memiliki desain berbeda seperti Semarang Contemporary Art Gallery. Kunjungi kota Lama Semarang selepas menghabiskan waktu dalam agenda wisata di Jogja.

7. Umbul Ponggok

Buat kalian yang gemar dengan wisata yang berbau air dapat mengunjungi wisata Umbul Ponggok yang ada di Klaten, Jawa Tengah. Kolam renang dengan air yang jernih menjadikan tempat ini menjadi objek wisata yang menarik. Apalagi di beberapa titik terdapat pula dekorasi rekayasa dan spot foto di dalam air yang membuat terlihat lebih unik di pandang.

8. Lawang Sewu

Siapa sih yang tidak kenal dengan wisata yang satu ini. Wisata yang terkenal memiliki kisah mistis. Namun jangan terburu – buru kaget ya mendengar kisah tersebut. Walau begitu, banyak pesona yang tersimpan dari tempat ini. Kalian akan mengagumi keindahan arsitektur belanda kuno, belajar sejarah mengenai museum kereta api, serta mengabadikan moment Anda dengan berfoto – foto di kawasan Lawang Sewu.

9. Old City 3D Trick Art Museum

Wisata Old City 3D Trick Art Museum ini hampir mirip dengan wisata De Mata Museum yang ada di Jogja. Namun tentunya banyak hal yang membedakan. Tempat tersebut memiliki ruangan dengan memamerkan 108 foto gambar 3D yang dapat dijadikan background  foto yang unik dan instagramable. Background yang dipamerkan pun bermacam – macam mulai dari icon dunia, kartun, film serta wisata yang ada  di Semarang.

10. Brown Kayon

Pernah melihat indahnya wisata Grand Cayon di Amerika? Tidak perlu jauh – jaauh menuju Amerika untuk melihat pemandangan itu. Di Jawa Tengah juga terdapat Brown Cayon yang tidak kalah menarik dan indah. Sebuah bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau menjadikan tempa ini dijuluki sebagai Brown Cayon. Sampai detik ini  tidak sedikit pula pengunjung yang datang untuk berwisata di Brown Cayon.

11. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan wisata baru yang ada di kawasan semarang. Wisata tersebut muncul karena terinspirasi dari legenda rawa pening. Ia juga akan memanjakan kalian dengan puluhan wahana yang menyenangkan. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga yang akan memberikan pengalaman liburan yang sulit untuk dilupakan.

12. Museum Purbakala Sangiran

Museum ini merupakan bukti bahwa adanya tempat bersejarah di Solo. Solo memang merupakan kota persinggahan dengan banyak destinasi wisata sejarah hingga budaya. Satu hal yang menarik dari tempat ini ialah koleksi yang dimiliki museum ini. museum yang menyimpan fosil – fosil lmanusia purba dengan umur 200.000 – 2 juta tahun yang lalu. Serta memiliki koleks mueum sekitar 13.000 fosil manusia purba yang menjadikan tempat tersebut menjadi museum fosil terlengkap di Asia.

13. Junkyark Autopark

Tempat yang memakai konsep mobil bekas ini ternaya sekarang menjadi menarik sebagai objek wisata, Jukyark Autopark salah satunya. Objek wisata yang memiliki daya tarik mobil bekas untuk spot foto yang keren serta dilengkapi dengan café yang dapat digunakan untuk kalangan anak muda nongkrong asyik.

14. Ketep Pass

Ketep pass merupakan lokasi yang cocok untuk melihat Gunung Merapi, objek wisata yang menarik perhatian dengan pemandangan bukit sreta gunung yang menawan hati. Tidak hany itu, lokasi ini juga menyajikan pelataran panca arga, teropong, museum vulkanologi, gardu pandang juga ada di ketep pass. Melalui teropong Anda dapat melihat banyak gunung seperti gunung slamet, merbabu, sumbing, sindoro dan merapi.

15. Tawangmangu

Tawang mangu atau grojogan sewu ini merupakan wisata alam yang populer di Solo. Menyajikan panorama air terjun yang indah berwarna hijau dan berhawa sejuk karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Lawu. Bermain di area air tersebut tentunya harus hati-hati karena banyak didapati bebatuan yang besar dan licin.

Di atas tadi, kesemuanya merupakan 15 destinasi yang bisa dikunjungi selepas menikmati keindahan Jogja. Paket wisata Jogja yang biasanya dihabiskan dalam dua hingga tiga hari, bisa ditambahkan destinasi wisata Jawa Tengah. Selamat berlibur menikmati tempat wisata  di Jogjakarta dan Jateng.

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja