PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Destinasi Tempat Wisata Di Jogja yang Dapat Diakses Menggunakan Trans Jogja

wisata naik trans jogjaBerwisata memang perlu direncanakan dan diagendakan jauh sebelumnya. Sebab wisata memang membutuhkan biaya dan budget tersendiri apapun jenis wisatanya. Terutama jika menghendaki wisata yang menggunakan hotel berbintang sebagai fasilitasnya. Hotel berbintang jelas beda dan harganya jauh lebih tinggi apabila kita bandingkan dengan penginapan kelas hotel melati. Karenanya ada kalanya kita memang harus bisa mengkondisikan budget atau anggaran wisata apalagi ketika kebutuhan sedang banyak-banyaknya. Oleh karena itu, perlu juga untuk sekali-kali mencoba wisata backpacker ke Jogja. Yakni melakukan trip ke Jogja dengan menggunakan jasa trans Jogja sebagai fasilitas umum yang murah meriah. Meskipun wisata menggunakan kendaraan umum, namun ada banyak tempat wisata di jogja yang dapat dijangkau menggunakan trans jogja. Bagi yang budgetnya hemat, yuk wisata naik trans jogja, dan mengunjungi destinasi berikut ini:

Wisata Naik Trans Jogja? Mengapa Tidak
Ada 20 Destinasi lho, Cek yuk

1. Malioboro

Jelas sekali, bahwa Malioboro berada di jalur strategis yang bisa diakses dari manapun. Wisata ke Malioboro juga free alias gratis karena tidak ada tiket masuknya. Nah Malioboro ini merupakan inti dari wisata di Jogja, jangan sampai trip di Jogja tapi tidak mengunjungi Malioboro.

 

2. Kraton Jogjakarta

Letak kraton Jogja berada di sebelah selatan Malioboro, atau berdekatan dengan alun-alun utara Malioboro. Kraton Jogja ini merupakan ciri khas Jogja karena menampilkan arsitektur dan budaya Jawa serta konsep Jawa dalam seluruh aspeknya.

 

3. Taman Pintar

Siapa yang berwisata di Jogja dan membawa serta anak-anak dalam paket wisata Family Jogja. Jangan lupa berkunjung ke Taman Pintar yang merupakan destinasi wisata edukasi di Jogja. Terletak di Sebelah timur Malioboro, membuat destinasi ini berada di lokasi yang strategis.

 

4. Benteng Vreedeburg

Benteng Vredeburg ini terletak di jalan strategis satu lokasi dengan Malioboro. Tepatnya disebelah selatan persis malioboro. Jika kalian berada di malioboro, untuk menuju museum benteng vreedeburg cukup berjalan kaki. Benteng Vredeburg merupakan destinasi wisata edukasi yang juga merupakan obyek wisata ramah anak-anak.

5. Museum Anak Kolong Tangga

Menuju ke arah timur dan masih berada di lokasi atau area Malioboro, kita bisa berbelanja buku-buku dengan harga terjangka di Shopping Center. Bersebelahan dengan itu, terdapat Museum Anak Kolong Tangga yang juga menampilkan koleksi mainan anak tempo dulu.

 

6. Pasar Beringharjo

Berbelanja pernak-pernik dan Batik khas Jogja, pilihan nya ada di pasar Beringharjo jika kita menghendaki harga yang terjangkau. Berada di satu jalur dengan Malioboro, membuat pasar terbesar di Jogja ini selalu ramai dan buka hingga malam hari.

 

 

7. Titik Nol Kilometer

Titik paling ramai di Jogja ini berada di ujung selatan Malioboro yang selalu ramai di sore hingga malam harinya. Spot di sini memiliki ciri khas bangunan sejarah tempo dulu dengan arsitektur Belanda yang hingga sekarang masih difungsikan seperti Bank Indonesia, BNI, dan Kantor Pos Besar.

rute trans jogja

rute trans jogja

 

 

 

8. Gedung Agung

Gedung Agung ini berhadapan dengan Museum Benteng Vredeburg dan berada di lokasi Malioboro sebelah ujung selatan. Bangunan ini merupakan destinasi sejarah yangmenjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia. Tempat ini dahulunya pernah dijadikan sebagai Istana Negara oleh pemerintahan RI.

 

9. Tugu Jogja

Tugu Jogja selalu bisa menjadi magnet bagi mereka para wisatawan yang datang ke Jogja. Betapa tidak, berfoto di depan Tugu Jogja saat malam hari bisa menjadi dokumentasi yang menyenangkan dan penuh kenangan ketika di Jogja.

 

10. Museum Perjuangan

Museum perjuangan ini berada di selatan Taman Pintar, menyimpan berbagai koleksi tentang sejarh dan perjuangan bangsa Indonesia merebut kemedekaan.  Anak-anak bisa menjadi subyek untuk mempelajari sejarah sembari berwisata di Jogja.

 

11. Monumen Jogja Kembali

Begitu pula dengan Monumen Jogja Kembali yang terletak bersebelahan denga  Taman pelangi. Destinasi ini juga menyimpan koleksi tentang sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan.

 

12. Alun-alun Jogja

Berwisata keluarga bisa dilakukan dengan mengunjungi alun-alun selatan di petang hingga malam hari. Gowes, jangung Bakar dan 2 pohon Beringin menjadi bagian tak terpisahkan dari destinasi keluarga satu ini.

 

13. Kraton Pakualaman

Kraton Pakualaman merupakan bagian dari budaya dan sejarah Kejayaan Mataram di masa lalu. Dapat dikunjungi untuk menambah pengetahuan dan kefahaman tentang sejarah untuk anak-anak.

14. Taman Pelangi

Melanjutkan destinasi wisata di Jogja berikutnya yang bisa dikunjungi via bus trans Jogja adalah Taman Pelangi. Taman Pelangi ini berada dekat dengan Museum atau Monumen Jogja kembali

 

15. Gembira Loka Zoo

Gembiraloka Zoo adalah satu-satunya obyek wisata kebun binatang yang ada di Jogja dan eksis hingga sekarang. Anak-anak yang berwisata bersama keluarga bisa diajak mengunjungi destinasi wisata edukasi satu ini.

 

16. De’mata Museum

Menikmati wisata buatan di tengah kota yang tidak biasa karena sisi kreatifnya, bisa kita dapatkan di De Mata Eye Trick Museum. Hanya berjarak 10 menit saja dari Malioboro. Di komplek yang sama juga terdapat De Mata Statue Museum dan juga De Walik Museum.

 

17. Selfie Park Taman Pule

Selfie Park Taman Pule merupakan destinasi wisata di Jogja yang baru dan bisa dikunjungi via bus trans Jogja. Tempat ini berlokasi satu area dengan De Mata Eye Trick Museum.

 

18. Museum Affandi

Berkunjung ke Museum Affandi dan menikmati karya-karya yang fenomenal dan mendunia bisa dilakukan via jalur trans Jogja. Destinasi ini berada di Jalan Solo yang berlokasi dekat dengan pusat perbelanjaan Ambarukmo Plaza.

 

19. Candi Prambaan

Siapa yan tidak kenal dengan kemegahan dan  keindahan Candi Prambanan?. Tempat ini berlokasi sekita 7 km ke arah timur kota Jogja. Candi Prambanan bisa dikunjungi semua kalangan dan melengkapi agenda paket wisata di Jogja.

 

20. Perak Kotagede

Kotagede Silver Center adalah pusat kerajinan perak yang dapat ditemui di pusat kota Jogjakarta. Berjarak 20 menit saja dari Malioboro ke arah selatan Jogja, tempat ini menjadi pusat oleh-oleh kerajinan khas Jogja. Kotagede juga merupakan kota tua yang masih memiliki banyak bangunan tua yang unik nyentrik. Kotagede dahulunya  juga merupakan pusat pemerintahan kerajaan Mataram Lama yang pernah jaya. Cincin, kalung, Gelang dan segala perhiasan dari Perak bisa kita dapatkan dengan harga yang bisa ditawar di Kotagede ini.

Itu tadi di atas, adalah destinasi di Jogja sebanyak 20 Destinasi yang bisa dijangkau dengan bus trans Jogja. Ada kalanya kita butuh jalan-jalan dengan fasilitas umum yang disediakan oeh pemerintah seperti halnya trans Jogja ini. Berwisata kota menggunakan bus trans Jogja memang sangat murah dan bisa menghemat ongkos wisata. Akan tetapi kita harus siap berdesakan, mengunjungi obyek wisata yang terbatas dan kurang flexible. Akan tetapi, hal ini tidak akan menjadi masalah sebab merupakan ciri khas dari paket hemat atau paket backpacker Jogja. Jika kalian mengambil paket wisata Jogja nanti, coba sekali-kali naik bus trans Jogja merasakan asiknya berkeliling kota dengan fasilitas publik ini. Selamat Berwisata…

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja