PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Hal yang Bikin Wisata Berkesan, Apa Saja?

Melakukan sebuah aktifitas perjalanan wisata berarti mengadakan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Aktifitas berpindah ini menjadi ciri khas sebuah agenda perjalanan wisata. Tentu kegiatan wisata ini pastinya berada di tempat yang jauh dan berbeda dengan tempat tinggal. Sebab biasanya dalam paket wisata terdapat fasilitas hotel untuk kita menginap dan bermalam. Nah, perpindahan ini juga  bisa berarti dari tempat kedatangan menuju hotel, dari hotel menuju destinasi wisata dan dari sana menuju ke resto. Belum menuju ke pusat oleh-oleh dan menuju ke bandara atau stasiun untuk kembali lagi ke daerah asal. Tentu ya, aktifitas berwisata ini cukup menguras energi kita karena kita bergerak dan pastinya melakukan aktifitas fisik. Agar rangkaian perjalanan dalam paket wisata yang sudah kita beli ini menjadi lancar dan menyenangkan, semua persiapan harus total agar lancar dan wisata berkesan.

wisata berkesanBegitupun dengan kegiatan berwisata ini, kondisi tubuh dan bekal yang cukup serta pengetahuan memadai akan menjadi modal perjalanan. Baiklah, senang pastinya jika kita bisa melakukan aktifitas wisata yang berarti melepas diri dari kepenatan dan rutinitas harian. Namun, karena berwisata ini berpindah ke beberapa tempat, maka harus dimaksimalkan dan jangan sampai kita tidak bisa menikmati obyek wisata dan pengalaman berwisata. Berikut ini kita perhatikan 7 hal yang bisa dilakukan di destinasi wisata agar wisata menjadi berkesan:

 

 

8 Hal yang Musti Dilakukan Agar Wisata Berkesan

 

1. Perhatikan Informasi Dan Point Of Interest Di Destinasi Wisata

Sebelum mengunjungi destinasi wisata, ada baiknya kita memang sudah mempelajari seluk beluk tempat wisata tersebut. Biasanya, kita tertarik untuk memasukkan sebuah destinasi ke dalam paket wisata, karena keunikan dan keindahannya. Keindahan, panorama alam, atau keunikan dan hal-hal yang menjadi point of interest inilah yang harus kita ketahui. Sehingga ketika sedang berkunjung, kita benar-benar bisa mendapatkan hal tersebut. Kemudian bisa menikmatinya sedemikian rupa sehingga mendapatkan experience berarti dari aktifitas wisata kita.

2. Siapkan Keperluan Personal Selama di Destinasi Wisata

Membawa keperluan personal yang mungkin dibutuhkan di destinasi wisata juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Seperti halnya jaket atau baju hangat, kacamata, sepatu dan kostum lainnya yang dibutuhkan. Jika kita mengunjungi Bromo di Jawa Timur,  atau Lava Tour Merapi dalam paket wisata Jogja kita membutuhkan perlengkapan tersebut. Begitupun masker wajah yang bisa jadi kita membutuhkannya ketika berada di obyek wisata. Untuk yang alergi dengan debu atau udara dingin juga wajib mempersiapkan obat-obatan pribadi yang harus dibawa ketika wisata.

 

3. Bawa Mineral Water Yang Cukup Agar Tidak Dehidrasi

 Begerak dari satu tempat ke tempat lainnya sangat membutuhkan energi dan juga menguras kadar air dalam tubuh. Sehingga cadangan air minum yang cukup akan sangat membantu kita menjaga tubuh dari dehidrasi. Apalagi jika paket wisata yang diambil memiliki agenda perjalanan yang padat dan menuju destinasi yang lama perjalanannya. Maka bekal air minum atau mineral water menjadi wajib buat disiapkan dan diperhatikan. Meskipun pihak travel agent yang menyediakan paket wisata sudah mempersiapkan kebutuhan mineral water ini setiap harinya.

4. Dokumentasikan Rangkaian Aktifitas Di Destinasi Wisata

Mau wisata berkesan? jangan lupakan alat ini., yaitu camera. Menjadi generasi milenial dan kekinian, tidak bisa dilepaskan dari media sosial tempat kita mengekspresikan diri. Seperti halnya aktifitas wisata di sebuah destinasi bisa menjadi materi yang kita tampilkan di media sosial. Berbagi dokumentasi, informasi dan pengalaman wisata bisa dilakukan di sini. Apalagi jika kalian seorang blogger yang pandai menulis aktifitas sehari-hari termasuk agenda wisata. Maka ini bisa menjadi hal menarik yang ditunggu oleh followermu.

dokumentasi wisata

5. Amati Dan Pelajari Pengalaman Serta Kearifan Lokal Yang Bisa Didapat

Amati dan pelajari adanya kearifan lokal yang bisa didapat ketika berada di destinasi wisata. Biasanya berwisata ke destinasi wisata yang bermuatan budaya seperti Kraton Jogjakarta untuk paket wisata Jogja dan Kotagede, memiliki nilai budaya lokal. Nilai kearifan masyarakat  ini bisa diamati dan dipelajari serta diamalkan sebab pasti mengandung unsur kebaikan. Terutama ketika mengambil Desa Wisata sebagai tempat menginap, maka kita akan dihadapkan dengan aktifitas sehari-hari masyarakat. Kesemuanya kita bisa ikut terlibat dan menjalani praktiknya dalam rangkaian kegiatan yang ada di paket wisata. Mulai dari bertanam padi, memanen padi, memasak makanan tradisional hingga mengadakan acara budaya bisa dilakukan di destinasi wisata.

 

6. Perhatikan Pilihan Makanan Di Tempat Wisata

Memilih makanan dan menu makan di obyek wisata juga harus menjadi perhatian penting selama berwisata. Sebab jika asal memilih makanan karena tidak bersih tempatnya atau rasanya yang tidak cocok bisa menjadi masalah tersendiri. Sakit perut juga bisa menjadi kendala tersendiri yang menghambat perjalanan wisata kita. Kita tidak akan bisa enjoy dan menikmati destinasi wisata dan rangkaian tripnya jika keadaan tubuh kita tidak mendukung. Jadi, akan lebih baik jika kita berhati-hati dalam memilih makanan di obyek wisata ini akan kondisi tubuh terjaga.

7. Jangan Lupa Bawa Dokumen Lengkap

Identitas diri dan juga identitas perjalanan juga harus selalu disiapkan dengan baik dan dibawa kemanapun. Apalagi jika kita bepergian ke luar negeri, maka paspor dan visa harus selalu ada dalam tas jinjing kita. Selain untuk mempermudah urusan perjalanan, dokumen pribadi seperti identitas pribadi akan selalu dibutuhkan ketika kita check in di stasiun atau bandara.

 

8. Parthner Liburan

Nah, pather juga penting nih. Dengan siapa Anda berlibur? ini akan memberikan kesan yang berbeda. Dengan Sahabat, rekan kantor atau pasangan? hmm.. Ciptkan kesan dan moment terbaik selama liburan kalian dengan pather liburan yang tepat. Jangan sampai pathner yang kita ajak justru merepotkan, usahakan cari pathner yang sama sama dapat meringankan dan memberikan keceriaans atu sama lain.

 

Di atas tadi penjabaran mengenai 7 hal yang perlu diperhatikan di obyek wisata agar aktifitas wisata kita lancar. Jika tidak, kita akan kehilangan beberapa kesempatan dan pengalaman yang seharusnya di dapatkan di obyek wisata. Ada cara lagi yang perlu menjadi perhatian yakni perihal membuang sampah. Meskipun kadangkala kita menemukan ada banyak sampah plastik berceceran di obyek wisata. Akan tetapi sebagai wisatawan yang baik, maka kita harus memperhatikan poin ini. Jangan sampai kita mengotori kawasan wisata dengan sampah-sampah yang kita bawa. Siapkan plastik khusus untuk menyatukan semua sampah makanan kita dan buanglah pada tempatnya ketika menemukan tong sampah.

Berkaitan dengan sampah, khususnya sampah botol bekas air minum ini juga sebenarnya cukup menjadi penyuplai adanya bahan sampah plastik yang susah diurai. Sehingga jika kita ingin menjadi bagian dari masyarakat dan wisatawan yang mencintai lingkungan, pilah lah sampah tersebut. Silakan buang di tempat khusus yang jika memang ada dan disediakan di bak sampah yang non organik. Ada cara lainnya juga untuk tetap menjaga lingkungan kita menjadi lebih sehat adalah dengan meminimalisir sampah plastik. Kita hanya perlu membawa botol air minum isi ulang ketika berwisata, maka ini akan menjadi salah satu cara menyelamatkan lingkungan. Bagian kecil dari apresiasi ini juga disebut sebagai salah satu prinsip dalam green tourism. Selamat berwisata dengan tetap menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. J

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja