PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Jenis-Jenis Hotel dan Klasifikasinya

klasifikasi hotelAkomodasi atau penginapan merupakan salah satu fasilitas dan komponen dalam paket wisata. Ada beberapa istilah atau klasifikasi hotel dalam ilmu kepariwisataan. Sehingga mengenal seluk beluk hotel bisa menjadi bagian pengetahuan dalam perencanaan perjalanan wisata. Informasi seperti ini harus dikuasai oleh seorang perencana perjalanan atau Tour Planner. Seorang Tour Planner yang ahli pasti akan sangat memberikan saran dan masukan berkaitan dengan kebutuhan menginap tamunya.

Pilihan jenis kamar hotel ini juga disesuaikan dengan minat dan selera dari para tamu. Selain itu faktor kedua yang menjadi pertimbangan seorang tamu memilih jenis kamar tertentu adalah faktor budget atau anggaran. Pengetahuan tentang akomodasi atau hotel ini akan membantu bagi kamu yang akan merencanakan perjalanan wisata. Ketika mengambil sebuah paket wisata melalui Biro Perjalanan Wisata, kita tidak akan bingung jika berhadapan dengan istilah perhotelan. Yuk kita simak apa saja istilah yang sering ada di dunia perhotelan menyangkut kamar hotel.

Apa saja Jenis Akomodasi Atau Penginapan Berdasarkan Klasifikasinya

Pilihan menginap di sebuah hotel akan dilatarbelakangi oleh beberapa kebutuhan. Salah satunya adalah kemampuan finansial dalam melakukan reservasi tersebut. Seseorang yang menghendaki wisata kelas budget akan beda kebutuhan dengan VIP atau Very Important Person.Wisatawan yang memiliki budget wisata lebih bisa mengambil hotel dengan kelas yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri kelas penginapan terdiri dari :

Klasifikasi Hotel Menurut Kelasnya

1. Hotel Bintang ( Bintang 1, 2, 3, 4 dan 5 )

Pertimbangan hotel bintang ini jelas dilihat dari fasilitas kamar hotel dan juga standar pelayanan. Selain itu juga fasilitas lainnya seperti kolam renang, bar dan gym yang ada di hotel. Contohnya adalah untuk hotel dengan kelas bintang 4 dan 5 terdapat fasilitas pool serta spa di dalam hotel yang bisa disewa oleh tamu.

2. Hotel Melati ( Melati 1, 2 dan 3 ),

Penginapan melati yaitu kelompok hotel yang biassa disebut losmen atau penginapan. Jenis penginapan satu ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan fasilitas yang ada di hotel. Mulai dari kondisi kamar, menu sarapan dan fasilitas penginapan lainnya. Hotel kelas Melati diperuntukkan bagi wisatawan yang menghendaki trip murah meriah.

 

Klasifikasi Hotel Menurut Fungsinya

Selain itu, klasifikasi Bintang dan Melati ini berdasarkan jumlah kamar yang tersedia serta fasilitas kamar dan hotel secara keseluruhan. Menurut fungsi, industri hotel ini terdiri dari :

1. Commercial Hotel, Business Hotel, Transit Hotel, Short – stay Hotel. Hotel – hotel ini dipakai untuk tujuan bisnis pada umumnya non – pariwisata. Sehingga hanya untuk para pebisnis yang menginginkan akomodasi dan tempat menginap sementara yang strategis. Mereka datang dan menginap bukan untuk berlibur, akan tetapi untuk menjalankan tugas bisnisnya.

2. Resort Hotel, hotel dipersiapkan dengan tujuan pariwisata. Biasanya resort ini berada di area yang jauh dari keramaian. Keunggulan yang biasanya ditawarkan dari akomodasi jenis ini biasanya dari pemandangan alam nya yang indah. Akomodasi jenis ini lebih banyak memilih area pegunungan atau bukit sebagai kawasannya.

3. Resident Hotel, hotel dipersiapkan untuk tempat tinggal. Sehingga tamu yang datang dan menyewa mereka menggunakan tempat ini untuk jangka waktu yang lama. Bukan lagi untuk keperluan menginap sembari berwisata tapi sudah menjadi tempat dan area menetap.

istilah perhotelan

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Lokasinya

Ada piihan hotel yang biasa menjadi pertimbangan bagi wisatawan berdasarkan lokasi. Pertimbangan ini untuk memberi kemudahan bagi para wisatwan sendiri dan sesuai dengan selera yang mereka inginkan. Menurut tempat atau lokasi hotel itu didirikan berdasarkan berikut :

1. City Hotel, bila terdapat di kota. Kota besar atau pusat kota yang terdapat bangunan berupa hotel sering disebut dengan City hotel. Sehingga tempat ini cenderung memiliki akses yang strategis untuk menuju ke manapun. Kekurangannya adalah suasana sekitar hotel yang cukup padat, bising dan berpotensi macet.

2. Country Side Hotel, bila terdapat di luar kota. Lokasi hotel satu ini biasanya berada di area pinggiran kota. Area ini sengaja dipilih untuk wisatawan yang menghendaki suasana menginap yang relatif tenang. Jauh dari kepenatan dan kebisingan kota besar menjadi keunggulan hotel yang berlokasi di country side

3. Airport/Station Hotel, disiapkan dekat bandara atau stasiun. Pilihan kemudahan akses menuju ke airport dan stasiun adalah nilai plus yang dimiliki hotel yang di area ini. Bagi pebisnis yang menginginkan kecepatan dan kemudahan menuju Bandara atau stasiun relatif memilih penginapan di area seperti ini.

4. Motel, hotel yang didirikan dii pinggir jalan raya bebas hambatan ( jalan tol, high – way ). Pilihan Motel ini bisa menjadi alternatif bagi wisatawan tertentu yang menginginkan harga menginap terjangkau. Motel lebih cenderung memiliki harga yang murah dibandingkan dengan city center hotel.

jenis-jenis hotel

 

Apa Saja Jenis kamar Hotel Yang Harus Kita Ketahui

Jenis kamar hotel terdiri sebagai berikut, yang harus kita ketahui sebagai bekal ketika suatu saat membutuhkan jasa penginapan waktu berlibur.

1. Single room, kamar dengan satu tempat tidur diisi satu orang. Pada umumnya jarang hotel membuat untuk satu orang, tetapi sebagian besar hotel membuat kamar untuk dua orang. Tarif kamar Single ini diterapkan seperti kamar untuk dua orang, tetapi dipakai untuk satu orang ( sole used atau juga disebut Single Occupancy ).

2. Twin room, kamar dengan dua tempat tidur diisi untuk dua orang ( setiap satu tempat tidur untuk satu orang ).

3. Double room, kamar dengan satu tempat tidur diisi untuk dua orang ( satu tempat tidur untuk dua orang ).

5. Triple room, kamar dengan tiga tempat tidur atau dua tempat tidur ( tempat tidur double + tempat tidur single ) diisi tiga orang. Triple room ini dapat juga disiapkan dngan penambahan tempat tidur ekstra ( Ekstra bed ) pada kamar twin atau kamar double.

6. Quad room, kamar dengan empat tempat tidur atau dua tempat tidur ( dua tempat tidur double ) diisi empat orang.

7. Cottage / Bungalow System, satu bangunan dengan satu atau dua kamar.

8. Suite room, kamar mewah yang disiapkan tifdak hanya untuk keperluan menginap saja, tetapi dilengkapi dengan perlengkapan lain, seperti ruang tamu, ruang kerja, bar kecil, dapur, dan lain – lain.

macam-macam kamar hotel

 

Apa Saja Kelas Atau Tingkatan Kamar Yang Ada di Hotel

Beberapa kelas atau tingkatan kamar hotel yang bisa dipilih untuk kita menginap. Pilihan ini akan mempengaruhi harga dan fasilitas yang didapatkan. Apa saja pilihannya..

1. Kelas Deluxe, terdiri dari : Superior Deluxe, Deluxe, Moderate Deluxe.

2. First Class, terdiri dari : Superior first class, first class, moderate first class.

3. First class ini disebut juga kelas standar.

4. Kelas Turis, terdiri dari : Superior Tourist Class, Tourist Class, Moderate Tourist Class.

5. Kelas ekonomi / kelas Budget

Well, sudah banyak sekali uraian mengenai seluk beluk dan istilah perhotelan. Pengetahuan ini layaknya informasi mengenai destinasi wisata, dimana kita sebagai calon wisatawan sebaiknya mempelajarinya. Okay selamat memilih jenis hotel berdasarkan kebutuhanmu dan pesan paket wisata yang kamu inginkan via travel agent terbaikmu.

 

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja