PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Tips Membeli Oleh-oleh di Tempat Wisata

Pernak- pernik, makanan khas, kaos, aksesoris atau yang lainnya merupakan bagian dari cinderamata dari daerah tujuan wisata. Kita sebagai pelancong biasanya memang menjadikan belanja bagian dari aktivitas wisata. Rasanya kurang lengkap apabila berwisata tanpa membawa buah tangan untuk keluarga atau sahabat tercinta. Oleh-Oleh sendiri merupakan bagian yang melekat dari sebuah destinasi wisata. Sehingga rasanya hambar atau kurang lengkap bagai sayur tanpa garam jika dalam wisata tidak ada agenda belanja. Oleh karenanya kami berikan beberapa tips membeli oleh-oleh, agar pengeluaran tidak membengkak. Sehingga budget untuk wisatamu dapat maksimal.

Ada lagi manfaat oleh-oleh dari sebuah kawasan wisata. Oleh-oleh atau cinderamata yang bisa berupa benda atau makanan khas ini juga bisa menjadi sarana promosi bagi kawasan wisata. Sebab karena keunikannya dan tidak dapat ditemukan di tempat lain, makanan khas akan membuat wisatawan teringat dan terkesan. Dengan adanya hal ini secara otomatis wisatawan akan mudah mengingat daerah tujuan wisata yang pernah disambanginya.

Nah, dalam hal belanja dan beli-beli ini biasanya kaum wanita ahlinya. Sebab disamping naluri mereka sebagai pelaksana pembelanja dalam rumah tangga, wanita biasanya lebih jeli. Apalagi dalam hal tawar menawar dan mendapatkan harga yang murah. Ketika sedang berwisata, khususnya wisata di Jogja nih kita tahu hampir semua barang di Jogja itu harganya murah dan terjangkau. Akan tetapi ketika di obyek wisata, misal kita tidak jeli dalam membeli dan menawar harga barang, kita bisa dapat harga agak mahal. Sebab di kawasan wisata lah seorang pedagang bisa menjual sesuatu dengan harga yang lebih tinggi. Baiklah, di sini ada beberapa tips pintar yang akan menjadi patokan kita dalam berbelanja di kawasan wisata. Ada 10 hal-hal yang bisa diperhatikan agar belanja kita tepat dan tidak salah. Tidak berlebihan tetapi juga bisa membawa serta buah tangan dari hasil acara wisata kita. Yuks kepoin..

Tips Membeli Oleh-oleh Di Tempat Wisata

 

1. Cari Informasi Pusat Oleh-Oleh

Sebelum mengunjungi daerah tujuan wisata, ada baiknya kita mencari beberapa informasi berkaitan dengan daerah tujuan. Mulai dari destinasinya yang oke, tempat makan yang enak dan juga tempat beli oleh-oleh yang terjangkau. Apabila kita membeli paket wisata dari travel agent terbaik, kita akan bisa meminta saran dan petunjuk pusat oleh-oleh yang direkomendasikan.

 

2. Buat Daftar Beli

Membuat daftar beli di awal, akan memudahkan kita dalam mengalokasikan anggaran belanja. Daftar beli ini berisi jenis oleh-oleh apa saja yang akan kita beli serta untuk siapa saja yang menjadi daftar penerimanya.

3. Siapkan Anggaran Khusus Belanja Oleh-Oleh

Membeli oleh-oleh meskipun termasuk hal yang penting akan tetapi juga bukan hal yang wajib. Jika dengan terpaksa kita tidak membawa buah tangan sebab budget belanja di wisata kita tidak cukup, ini bukan menjadi hal berarti. Sebab membeli oleh-oleh ini merupakan hal yang sebaiknya dilakukan atau disarankan ketika berwisata. Jika kita ingin dapat mengelola anggaran dengan baik, maka sedari awal siapkan estimasi biaya belanjanya. Setidaknya siapkan 4 pos ketika kita akan mengunjungi daerah tujuan wisata. Pos pertama dan kedua adalah untuk tiket kita pulang dan pergi serta membeli paket wisata. Pos ketiga dan keempat adalah untuk makan di obyek wisata sekaligus untuk belanja di obyek wisata.

4. Pilih Yang Unik Dan Khas

Memilih jenis oleh-oleh wisata, tentu pilihlah yang paling beda dan unik serta langka. Dimana hanya bisa kita dapatkan di daerah tujuan wisata tersebut. Benda ini bisa berupa makanan khas, fashion maupun pernak pernik lainnya.

 

5. Tentukan Kemasan Yang Efisien

Pilih oleh-oleh dengan kemasan yang efisien dan ringkas sehingga tidak merepotkan. Jika perlu tata ulang dan kemas menjadi satu paket untuk kemudahan dalam membawanya. Serta dalam membawa di kereta atau pesawat menuju kepulangan ke daerah asal.

6. Jangan Lupa Tentukan Oleh-Oleh Yang Aman Dibawa

Keamanan ini juga menjadi penting sehingga perhatikan kemasan atau paket oleh-oleh yang akan kita bawa. Jika perlu beri doubel plastik dan bungkus dengan kardus. Agar oleh-oleh masih tetap aman selama berada di bagasi pesawat.

 

7. Tawar Harga, Jangan Lupa

Menawar ini sepertinya menjadi hobi bagi siapapun kita. Akan tetapi kemampuan menawar memang tidak dimiliki oleh setiap orang. Setidaknya jangan lupa untuk mencoba menawar siapa tahu kita bisa mendapat tambahan barang atau bahkan potongan harga.

 

8. Pilih Waktu Belanja Yang Pas

Memilih waktu belanja pastikan bukan dalam kondisi siang hari yang sedang padat-padatnya. Disamping kita akan merasakan sesak dan berjejalan yang tidak nyaman, memilih waktu belanja adalah bagian dari trik. Membeli di waktu pagi dimana pedagang baru buka bisa menjadi jaminan kita mendapat harga khusus. Pedagang jauh akan lebih murah hati untuk para pembeli dagangan pertamanya. Begitupun juga memilih waktu sore atau malam hari dimana pedangan akan mulai menutup kiosnya, juga menjadi langkah jitu. Sebab, mereka terburu untuk segera menutup toko dan memberikan harga yang relatif oke agar tidak berbelit.

 

9. Siapkan Budget Pengiriman

Jika kita membeli oleh-oleh terlalu banyak dan cukup repot membawanya, maka siapkan budget untuk mengirim via pos. Pengiriman via pos ini menjadi pertimbangan agar kita tidak perlu menambah biaya bagasi di pesawat. Selain itu kita tidak akan direpotkan membawa banyak barang dari bandara menuju ke rumah.

 

10. Bawa Uang Tunai

Uang tunai adalah alat tukar yang cukup flexible,sehingga kemanapun kita harus membawanya. Apalagi jika kita belanja di semacam pusat oleh-oleh tradisional maka kita akan dimudahkan dengan uang tunai ini. Siapkan juga uang tunai untuk tips ketika kita membutuhkan jasa porter dan lainnya dan jangan lupa memberinya tips. Tips dalam dunia wisata sudah sangat biasa sebab itu bagian rasa terimakasih kita atas pelayanan yang memuaskan.

Well, inilah 10 tips yang bisa dicoba untuk kalian para wisatawan yang akan menuju ke kawasan wisata. Jangan lupa untuk membawa dan menjaga barang bawaaan di tempat wisata dengan baik. Sebab seringkali kita terlalu asik menikmati belanja dan alpa dengan hal-hal yang mungkin merugikan semacam kriminal di pusat-pusat belanja seperti pencopetan dan lainnya. Jika ingin membeli paket wisata  Jogja termasuk rekomendasi belanja yang murah di Jogja bisa hubungi Jogjakartour.com yaa

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja