PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

Candi Sambisari, Melengkapi Tour Melengkapi Rangkaian Tour Prambanan & Ratu Boko

candi sambisariHei rekan rekan traveler kembali lagi dengan saya, oke kali ini destinasi wisata yang akan kita bahas adalah Candi Sambisari. Mungkin masih asing kedengarannya, jika Jogja memiliki potensi wisata Candi bernama Sambisari. Biasanya kita hanya akrab dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Eits,. Masih ada lagi ternyata Candi Sambisari yang katanya berlokasi di bagian timur kota Jogjakarta. Enggak jauh-jauh amat ya ternyata apalagi jika dalam paket wisata Jogja memang ada kunjungan ke area timur Jogja.

Sebelum itu kita pasti mempunyai pertanyaan kan, nah pertama kita akan mengumpulkan pertanyaan terlebih dahulu guys sebelum kita mulai membahas Candi ini. Apa sih yang spesial dari tempat ini? Jauh nggak sih dari kota?. Perjalanan yang dilalui bagaimana? Apakah ada tiket masuknya dan Berapa?. Di dalam candi selalu ada arca nah disini apakah ada?. Usia berapa saja yang bisa menikmati? Apa saja yang bisa dilakukan di Candi tersebut. Okey itu dia pertanyaan yang akan timbul,langsung saja kita bahas tentang Candi Sambisari. Let’s go!

Seperti Apa Sih Destinasi Wisata Candi Sambisari ?

CCandi Sambisari ini adalah candi Hindu yang terletak berdekatan dengan Candi Prambanan yakni di sebelah utaranya. Kurang lebihnya adalah 12 km ke arah timur kota Jgojakarta atau ditempuh dengan 30 menit perjalanan. Candi ini dibangun saat pemerintagan Raja Rakai Garung pada abad ke-9. Apa yang spesial? Nah guys tidak seperti candi yang lain Candi ini terletak lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya. Pun juga dikelilingi pagar batu dengan ukuran 50×48 merter serta rumput-rumput yang hijau di seputaran candi. Nah untuk kalian yang ada di kota tempat ini tidak terlalu jauh guys hanya 12 kilometer saja ke arah timur dari kota Yogyakarta. Candi Sambisari ini juga berlokasi di tengah-tengah pemukiman warga sehingga akan banyak akses bertemu dengan warga lokal di sana.

Bagaimana Akses Menuju Ke Candi Sambisari ini?

Untuk rekan traveler yang mengambil paket wisata Jogja dan akan berkunjung ke tempat ini tenang saja. Sebab rute yang akan dilewati, jalan menuju Candi ini sudah full dengan aspal guys dari kota hingga ke lokasi Candi. Rute bisa dilewati jika diambil dari tugu pal putih menuju Jl.Jendral Sudirman-Jl.Urip Sumoharjo-Jl.Laksda Adisutjipto-Jl.Raya Solo Yogyakarta. Nah kira kira itu rute yang bisa dilewati para rekan rekan traveler untuk mencapai Candi tersebut. Hanya berjarak sekitra 30 hingga 40 menit saja untuk bisa datang ke sana. Kalau kamu penikmat sejarah, maka berkeliling Candi Sambisari sembari mengamati detil arsitekturnya akan menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

Nah guys di dalam kompleks candi ini kamu akan menemukan relung-relung candi yang berisikan arca, mulai dari arca Dewi Durga, arca Ganesha, hingga arca Agastya. Selain itu ada juga lingga dan yoni di dalam bilik candi yang menegaskan bahwa candi ini dulunya dipakai sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Syiwa. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lainnya, kamu bisa meluncur ke museum mini alias ruang informasi. Di museum ini kamu bisa melihat foto-foto lingkungan sawah milik petani Karyowinangun sebelum digali. Termasuk juga foto-foto proses eskavasi Candi Sambisari, termasuk foto benda-benda yang ditemukan selama penggalian.

candi sambisari jogjakarta

Candi Sambisari Sangat Pas Dan Cantik Jika  Dikunjungi Di Musim Penghujan Tiba

 Jika rekan rekan traveler ingin berfoto, di komplek Candi Sambisari memiliki pesona tersendiri bagi siapa pun yang menyambanginya. Tidak hanya terdiri dari bangunan candi saja, di kawasan ini terdapat hamparan rumput hijau dan taman yang tertata dengan rapi. Destinasi ini menjadi sangat cantik dan memukau jika dikunjungi ketika musim hujan. Sebab rerumputan yang ada di sekitaran Candi akan sangat hijau segar terlihat. Hijaunya rumput ini seolah bentangan karpet hijau atau green carpet di sekitar Candi. Dinding tanah yang mengitari candi dihiasi dengan tulisan Candi Sambisari dari perdu yang indah. Lokasi ini sangat cocok dijadikan sesi foto baik itu pre wedding atau sesi foto lainnya. Cukup menyesuaikan tema, lalu carilah angle terbaik dan Candi Sambisari akan menjadi latar yang indah untuk foto yang kamu abadikan.

Sehingga Candi ini juga sangat pas untuk kalian yang sedang merencanakan wisata honeymoon Jogja. Setelah menikmati keindahan bangunan Candi Sambisari, tidak ada salahnya jika kamu bersantai di sekitaran candi sembari menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Komplek Candi ini memang memiliki taman yang cukup luas dan ditumbuhi rerumputan hijau sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepaskan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Rebahkanlah dirimu di rerumputan atau santaplah bekal yang dibawa sembari bercerita banyak hal dengan orang-orang terdekatmu. Kamu pun bisa bercengkerama di tempat ini hingga rona jingga senja mulai memenuhi angkasa. Suasana senja akan terlihat cukup elok sembari menikmati semilirnya suasana desa dan persawahan. Sebab tempat ini dekat dengan area sawah milik warga yang menghijau dan luas.

sambisari

Berjarak Hanya 10 Menit Perjalanan Dari Candi Prambanan

Mengunjungi kota Jogja, akan kurang lengkap jika tidak menyambangi salah satu Candi Ternama dan Terkenal Dunia yakni Borobudur dan Prambanan. Jika kalian sedang menikmati trip di Jogja dan ada rangkaian kunjungan ke Candi Prambanan, tidak ada salahnya menyempatkan ke sini. Sebab hanya sekitar 10 menit saja, kalian bisa melengkapi wisata di Jogja dengan mengeksplorasi Candi Sambisari ini. Agar lebih lengkap lagi, kunjungan bisa ditambah sebentar saja menuju Candi Ratu Boko.

Sebenarnya ada fasilitas shuttle yang bisa diakses oleh pengunjung dari Prambanan ke Candi Ratu Boko ini. Sehingga tiga candi dalam satu waktu bisa kita kunjungi dengan catatan kita cukup fit dan memang sengaja mengeksplorasi candi-candi. Sebab, pasti akan sangat membikin jenuh jika kita menyatukan 3 kunjungan wisata candi dalam satu hari. Tidak perlu khawatir, sebab ada destinasi lainnya yang juga bisa dinikmati di sana. Bagian timur kota Jogjakarta ini memiliki destinasi wisata baru berupa Tebing Breksi yang bisa dikunjungi. Selain itu, rumah Teletubbies menjadi destinasi wisata yang dekat dengan Candi Prambanan dan Candi Sambisari.

Wah keren kan rekan rekan traveler tentang Candi Sambisari, jadi kapan nih ada rencana bepergian ke Candi Sambisari?. Di salah satu paket wisata Jogja, ada yang menawarkan ke Candi Sambisari ini loh untuk wisata bertema Candi dan sejarah. Jadi kalian tidak perlu repot- repot mengatur sendiri jadwal yang akan dilaksanakan selama menjalani trip di jogja ini guys. Sekian dulu ya artikel mengenai candi sambisari. See you!

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja