PT. EKSOTIKA INDONESIA INVESTA - TOUR ORGANIZER     (0274) 2810683        jogjakartour@gmail.com              0853-2919-6777        0878-3719-6777

7 Inspirasi Tema Kostum Wisata (Dress Code) Untuk Acara Gathering

Berwisata, atau agenda melepas kepenatan semacam liburan bisa dilakukan oleh semua kalangan dan juga kelompok. Termasuk juga wisata semacam Family Gathering dari sebuah perusahaan. Agenda sejenis ini adalah termasuk program tahunan perusahaan yang pasti direalisasikan. Betapa tidak, banyak sekali manfaat paket wisata Family Gathering yang biasanya diikuti oleh segenap karyawan perusahaan beserta keluarganya. Selain untuk keakraban bersama, outing kantor sejenis ini bisa menumbuhkan motivasi bagi seluruh anggota perusahaan. Sehingga secara tidak langsung juga akan berdampak positif terhadap produktifitas dalam sebuah perusahaan. Nah ada banyak sekali konsep wisata Family Gathering ataupun Corporate Gathering yang diagendakan oleh sebuah perusahaan. Konsep tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang menyelenggarakan. Konsep trip biasanya berhubungan dengan kostum wisata yang akan dikenakan selama event berjalan. Nah, apa tema tripmu, dan dress code apa yang cocok untuk piknik? yuk dapetin inspirasinya di sini.

Ada agenda outing kantor sekaligus bertepatan dengan Anniversary perusahaan dan sejenisnya yang bisa dijadikan tema agenda. Nah, tentu sekali dalam penyelenggaraan setiap agenda perusahaan, pasti membutuhkan semacam kostum atau dress code yang sama untuk peserta. Umumnya dan yang paling simple untuk digunakan adalah semacam Kaos atau T-shirt dari perusahaan. Nah, ada banyak sekali jenis dress code yang sebenarnya bisa dipilih untuk dijadikan tema kostum untuk peserta trip. Ada beberapa manfaat ketika dalam agenda gathering perusahaan, atau sejenis outing kantor, para peserta trip menggunakan kostum yang sama.

 

Manfaat Dress Code Dalam Agenda Wisata Rombongan

kostum wisata

1. Untuk Mencirikan Perusahaan / Brand Image Perusahaan

Brand sebuah perusahaan selalu diwakili dan dicirikan dengan atribut yang dikenakannya. Terlebih juga dalam agenda wisata di luar aktifitas perusahaan, jika ada peserta wisata dalam jumlah banyak tentu mereka diwajibkan menggunakan seragam. Seragam ini meskipun hanya berupa kaos saja, tetapi akan mencitrakan brand perusahaan yang dibawanya. Sehingga ada pesan yang melekat dengan perusahaan yang dibawa oleh para peserta, yang nantinya akan membuat peserta tidak berani melakukan hal-hal yang tidak baik. Sarana branding perusahaan atau promosi juga secara tidak langsung bisa dilakukan dengan adanya kostum bersama ini.

2. Menambah Keseruan Dan Kekompakan

Tentu, jika sebuah kelompok terutama group wisata mereka menggunakan kostum yang sama makan akan terkesan seru. Kekompakan juga bisa terlihat dari kesamaan pakaian atau dress code yang dikenakan. Apalagi jika seragam trip tersebut disesuaikan konsepnya dengan destinasi wisata yang dikunjungi. Disesuaikan pula dengan konsep wisata indoor maupun outdoor yang dipilih.

 

3. Mudah Mengenali Peserta Trip Ketika Di Obyek Wisata

Ada saja berbagai kejadian ketika peserta berada di obyek wisata khususnya outdoor. Entah ketinggalan rombongan, kesasar maupun hilang dari rombongan wisata. Dengan adanya dress code ini tentu akan lebih memudahkan untuk mengenali sesama peserta wisata.

 

4. Hasil Foto Maupun Video Wisata Jauh Lebih Bagus Dan Meriah

Salah satu output dari sebuah agenda wisata adalah pengalaman menyenangkan selama kegiatan. Ada lagi jenis kenangan yang terdokumentasikan sehingga lebih awet dan memberikan kesan dan pengingat. Apa itu kalau bukan foto dokumentasi wisata dan video wisata. Nah, hasil foto dari kegiatan ini jauh terlihat manis dan meriah apabila peserta menggunakan dress code yang sama.

 

5. Sebagai Souvenir Atau Kenang-Kenangan Agenda Gathering Perusahaan

Seragam atau T-shirt wisata biasanya dikelola dan disediakan oleh pihak perusahaan. Jika tidak, pihak travel agent atas permintaan perusahaan juga bisa menyiapkan kebutuhan T-shirt ini. Akhirnya selepas wisata selesai atau agenda corporate gathering trip berakhir, mereka bisa menggunakan dress code tersebut sebagai kenangan. Jika seperti T-shirt maka memiliki nilai ekonomis tinggi sebab bisa dipakai untuk ke sekian kalinya dan sangat awet.

 

7. Jenis Dress Code Yang Bisa Digunakan Untuk Wisata Gathering Perusahaan

Ada setidaknya 7 jenis dress code yang biasanya dipilih oleh para peserta trip rombongan untuk mereka gunakan. Pemilihan dress code atau kostum wisata ini tentu berdasarkan kesepakatan dan diskusi bersama. Pertimbangan selain warna atau brand perusahaan, juga ditentukan oleh destinasi wisata yang mereka kunjungi. Terutama jika peserta wisata berasal dari sebuah komunitas, maka konsep kostum akan jauh lebih berwarna dan meriah lagi. Berikut ini ada 7 tema kostum atau dress code yang bisa dipilih oleh para peserta trip untuk wisata rombongan.

dress code wisata

1. T-shirt Warna Cerah

T-shirt atau kaos memang sudah mainstream, atau kebanyakan dipilih oleh peserta rombongan. Akan tetapi penggunaan kaos wisata ini paling banyak dipilih oleh peserta wisata sebab sangat nyaman. Pilihlah yang berbahan katun yang menyerap keringat sehingga sangat enak untuk dipakai beraktifitas. Pilih T-shirt yang berwarna cerah sehingga akan sangat meriah dan hasil di foto domentasi juga lebih bagus.

2. Casual Atasan Warna Putih dan Jeans

Selain tema Kaos yang paling banyak digemari peserta wisata rombongan, pilihan kedua jatuh pada tema casual. Tema ini sangat cocok untuk wisata indoor atau berada di dalam ruangan. Selain wisata indoor, tema casual dengan atasan kemeja putih dan bawahan celana jeans ini bisa juga digunakan untuk agenda malam hari. Agenda semacam dinner dan gathering di sore atau malam hari sangatlah sesuai dengan kostum model ini.

3. Army atau Kostum Tentara

Kostum wisata corak tentara atau berkonsep Army ini memang antimainstream atau jarang dipilih oleh para wisatawan. Konsep ini sangat sesuai untuk dikenakan ketika wisata yang bertema petualangan. Khususnya di Jogja, untuk paket wisata Jogja yang berkonsep adventure, seperti halnya wisata di Lava Tour Merapi. Jika tidak, untuk wisata yang berkonsep army atau tentara ini juga sesuai dengan paket gathering yang memasukkan agenda outbound. Agenda permainan dan game seru seringkali membuat kita beraktifitas fisik yang menyenangkan.

4. Feminim Long Dress

Ahaa.., salah satu konsep kostum kali iniĀ  tentu hanya cocok jika digunakan oleh kaum wanita. Biasanya mereka yang berasal dari komunitas perempuan, organisasi wanita dan juga kelompok pengajian. Yang jelas pilih warna cerah ya agar nanti hasil dokumentasi wisatanya lebih seru.

5. Kebaya atau Adat Jawa

Ada juga mereka para peserta trip di Jogja yang ingin merasakan bagaimana menggunakan kostum Jawa. Sehingga ketika berada di tempat wisata di Jogja mereka memilih tema pakaian Jawa untuk photo moment.

6. Sweet Seventeen Kostum

Ada salah satu client perusahaan di Jogjakartour.com yang memiliki konsep kostum gathering menarik. Yakni peserta menggunakan tema baju SMA putih abu-abu yang terkesan muda dan segar. Bumi Putera Group pernah menggunakan tema ini untuk agenda dinner gathering beserta acara kebersamaan di malam hari ketika trip.

7. Dress Code Outer Warna Senada

Nah ini pilihan yang pernah digunakan oleh group Notaris Engawati sebelumnya yang berwisata ke Jogja. Konsep ini lebih mudah dipilih untuk jumlah peserta wisata yang tidak terlalu banyak. Yang pasti harus hunting dress code senada dulu sebelum menyelenggarakan paket wisata gatheringmu

 
© Jogjakartour.com I Tour and Travel Terbaik Jogja